Coban Putri, Wisata Air Terjun Eksotis Nan Indah di Kota Batu

Ide Wisata21 Dilihat


Koban Putri, wisata air terjun yang eksotis dan indah di kota Batu, memberikan pengalaman berkendara off-road yang menegangkan menambah keindahannya.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Tlekung, Kecamatan. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Koban Putri merupakan salah satu tempat wisata favorit di Batu, Jawa Timur. Udara dingin dan sejuk kerap menyelimuti tempat air terjun ini setiap harinya. Tempat ini masih mempertahankan keaslian alamnya karena jarang dikunjungi wisatawan. Anda bisa menghirup udara segar sambil bermain di air terjun.

Berbagai kegiatan telah dilakukan pemerintah dan masyarakat setempat untuk memperkenalkan destinasi wisata ini secara online agar semakin terkenal dan dikunjungi lebih banyak wisatawan. Padahal, tempat ini memiliki harga tiket masuk yang relatif murah dan puluhan wisata alam. Pelayanan istimewa ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Air terjun di tempat wisata ini mengalir deras dan berubah menjadi kolam kecil yang tenang. Kolam berukuran kecil akan terlihat berkilau dan indah jika terkena sinar matahari dari pagi hingga sore hari. Koban Putri sendiri tingginya sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh berbagai macam rumput dan bebatuan.

➥ Tiket masuk Batu Love Garden

Atraksi Koban Putri

Atraksi Koban Putri
Foto oleh Sergei Mugashev di Shutterstock

Tempat-tempat menarik untuk foto

Daya tarik destinasi wisata Koban Putri yang pertama adalah kawasannya memiliki beberapa spot foto yang keren. Banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi air terjun tersebut hanya untuk berfoto di spot foto bernama Tangan Deva atau Panchavara. Spot foto ini dibangun dari beberapa dahan kayu kokoh bergambar lima jari manusia berwarna kuning.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Siapapun yang mengambil foto di lokasi ini akan mendapatkan pemandangan alam terbaik sebagai latar belakangnya. Banyak anak muda yang mengajak pasangannya untuk berfoto romantis di “Tangan Para Dewa”. Sebaiknya pengambilan foto pada siang atau malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena efek panorama alamnya.

Tempat foto lainnya adalah Gardu Pohon yang bentuknya bintang unik dan terlihat modern. Anda yang menyukai spot foto yang memacu adrenalin bisa mencoba Sky Swing di tempat wisata ini. Mencoba terbang di atas perbukitan akan sangat menegangkan, namun hasil gambarnya akan sungguh menakjubkan.

Putri Koban yang menawan

Air terjun ini menjadi tempat utama destinasi ini yang biasa dikunjungi wisatawan untuk melepas kepenatan sepulang kerja. Air terjun ini mengalir ke dua arah dan berakhir di kolam di bawahnya. Anda bisa bermain air, berenang atau sekedar menikmati pemandangan dari air terjun.

Baca Juga  Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Anda bisa berjalan melintasi jembatan bambu di depan Air Terjun Putri. Tak hanya air terjunnya, bebatuan dan tumbuhan di sekitarnya juga menciptakan pesona indah yang menjadikan tempat ini sempurna. Anda bisa memanjakan mata dengan duduk di atas bebatuan sambil menikmati segarnya angin.

Perjalanan off-road

Kobana Putri memiliki daya tarik lain berupa pengalaman berkendara yang sangat seru dan menegangkan bernama Wahana Offroad. Objek wisata ini menawarkan medan berlumpur sepanjang 2 kilometer yang bisa dilalui kendaraan. Anda bisa menaiki atraksi ini bersama teman-teman Anda untuk menjadikan liburan Anda unik dan menyenangkan.

Kendaraan khusus tersedia untuk memainkan game mengemudi offroad ini. Mengendarai mobil di trek yang sangat sulit dan terjal pasti membutuhkan konsentrasi Anda hingga akhir. Kini berkendara off-road menjadi tujuan favorit banyak wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini.

➥ Tur satu hari ke air terjun Koban Sriti dan Tumpak Sevu dari Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Koban Putri
Foto oleh Muhammad Solikin di Shutterstock

Koban Putri terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, yang merupakan wilayah Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Penduduk setempat biasa menyebut kawasan ini Oro-oro Ombo. Meski objek wisata ini baru dibuka selama 4 tahun, namun jumlah wisatawan yang mengunjunginya terus meningkat setiap saat.

Jalur menuju destinasi wisata ini berada di jalan yang cukup mudah dilalui oleh berbagai kendaraan baik itu mobil, sepeda motor maupun bus. Dari Pusat Kota Batu, Anda hanya perlu mencari Jalur Lingkar Barat di Desa Tlengkung. Setelah melewati jalur ini, berkendaralah sekitar 500 meter untuk mencapai tempat wisata air terjun.

Namun bagi Anda yang datang menggunakan mobil, tidak bisa memarkir mobil langsung di tempat wisata tersebut. Anda harus memarkir mobil Anda di tempat parkir di pintu utama. Setelah itu, Anda bisa naik ojek sebanyak dua kali dengan biaya sekitar Rp 20 ribu.

Anda bisa berkendara langsung melewati pintu gerbang jika mencapai Koban Putri dengan menggunakan sepeda motor. Sebaiknya anda lebih berhati-hati karena jalan sepeda motor menuju tempat wisata ini penuh dengan bebatuan dan cukup berbahaya.

➥ Cek promosi hotel di Batu Malang

Biaya masuk dan jam buka

Untuk memasuki pusat wisata Koban Putri, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu dengan harga Rp 10.000 per orang. Namun untuk tarif parkirnya sendiri sebesar 3.000 dan 5.000 rupee untuk sepeda motor dan mobil. Jika Anda menggunakan bus bersama, harga parkir bisa berubah dan mungkin lebih mahal dibandingkan kendaraan lain.

Baca Juga  Pantai Bidara, Mengenal Pantai Sakral Dimana Sultan Hamengkubuwono IX Pernah Bertapa di Kulon Progo

Namun, harga tiket tersebut hanya untuk tiket masuk ke air terjun dan belum termasuk wahana off-road atau kesempatan berfoto di dalamnya. Untuk menikmati berkendara off-road, Anda harus membayar Rs 35.000. Sedangkan biaya masuk setiap spot foto di tempat wisata ini hanya sebesar Rp 10.000 saja.

Tempat wisata ini tidak boleh dikunjungi wisatawan selama 24 jam, kecuali yang sudah meminta izin untuk berkemah disana. Pasalnya destinasi ini memiliki jam buka pada pukul 09.00 pagi dan tutup pada pukul 17.00 sore. Anda bisa menikmati wisata sehari penuh dengan harga yang relatif murah.

Kegiatan yang menarik

Acara menarik Koban Putri
Foto oleh HW Photowork di Shutterstock

1. Berenang

Aktivitas seru pertama yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Koban Putri adalah berenang di kolam yang bersumber dari Air Terjun Putri. Kolam renangnya memiliki air berwarna putih yang sangat bersih dan transparan sehingga nyaman untuk berenang. Anda bisa mengajak anak atau teman Anda untuk merasakan asyiknya bermain di kolam renang.

Anda bahkan diperbolehkan membawa beberapa perlengkapan renang dari rumah untuk digunakan di air terjun ini. Namun wisatawan yang berkunjung ke tempat ini biasanya berenang dan mengambil foto dengan hasil yang lebih keren.

2. Berkemah

Tempat ini memiliki tempat perkemahan bagi anda yang ingin bermalam dan menikmati keindahan alam air terjun selama 24 jam. Setelah berkemah, Anda akan bisa melihat panorama matahari terbenam atau matahari terbit dari segala sisi pegunungan di lokasi ini. Pastikan untuk membawa perlengkapan berkemah yang lengkap agar Anda bisa menghabiskan beberapa hari di sana dengan nyaman.

Sebaiknya, Anda membentuk rombongan terlebih dahulu saat trekking menuju destinasi Koban Putri. Hal ini disebabkan masih sedikitnya wisatawan yang melakukan camping di sini. Pastikan juga Anda dan rombongan menginformasikan dan meminta izin kepada warga setempat sebelum mendirikan kemah dan mengikuti aturan yang berlaku di kawasan tersebut.

3. Bersepeda

Selain mengendarai mobil atau sepeda motor, bermain di tempat wisata ini menjadi lebih menarik jika menggunakan sepeda selama perjalanan. Anda bahkan bisa menjelajahi sekitar air terjun dan tempat lainnya dengan sepeda ini. Menggunakan sepeda ini akan lebih mudah karena jalan menuju tempat wisata tersebut sempit.

Namun Anda harus tetap fokus karena jalur menuju destinasi ini cukup terjal sehingga membuat sepeda Anda mudah terpeleset. Bermain di air terjun ini sambil bersepeda memang asyik jika bersama teman-teman. Anda bisa dengan mudah menjelajahi berbagai tempat menarik tanpa harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Baca Juga  Intip Pesona Candi Ijo, Candi Hindu Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Sleman

4. Berfoto di Tangan Tuhan dan Air Terjun Putri.

Aktivitas seru berikutnya yang bisa Anda lakukan di Cobana cantik adalah berfoto di lokasi tertentu. Anda pasti menyesal jika berlibur ke tempat wisata ini dan tidak mengambil foto disana. Sebab, spot favorit destinasi wisata ini dihadirkan sedemikian rupa sehingga wisatawan bisa mengambil foto terbaik di sana.

Ada dua tempat favorit untuk fotografi: Air Terjun Putri dan Tangan Tuhan. Foto akan terlihat indah dan estetis jika Anda mengambil foto di bawah sinar matahari. Cahaya alami yang dipantulkan ke arah air terjun atau Tangan Tuhan akan membuat lokasi pada foto yang diambil menjadi lebih cerah dan sempurna.

5. Bermain air dengan perahu karet.

Koban Putri menyediakan perahu karet bagi anda yang ingin bersantai dan melepas penat sambil bersantai di kolam air terjun. Anda bisa menikmati semilir angin sepoi-sepoi atau gemuruh air terjun sambil membaca buku, makan siang atau bercanda bersama teman.

Untuk mendapatkan perahu karet ini, Anda harus menyewanya terlebih dahulu kepada panitia destinasi wisata ini. Kegiatan ini akan membantu memanjakan mata dan menenangkan pikiran setelah perjalanan melelahkan ke tempat wisata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Benda Koban Putri
Foto oleh HW Photowork di Shutterstock

Karena masih merupakan destinasi wisata baru, fasilitas yang ada di Koban Putri belum sepenuhnya lengkap. Terdapat beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir yang mampu menampung puluhan mobil. Anda dan keluarga dapat bepergian dengan tenang karena kendaraan Anda tersimpan aman di tempat parkir.

Terdapat juga beberapa toilet umum yang akan memudahkan Anda berganti pakaian setelah bermain di air terjun. Apalagi Anda tidak perlu khawatir saat ingin beribadah karena tersedia musala yang mampu menampung puluhan orang. Anda dan keluarga bisa bersantai sambil makan siang di gazebo tempat wisata ini.

Selain kemeriahan seperti biasa, Anda juga bisa berwisata kuliner, mencicipi berbagai kuliner khas Kota Batu di tenda-tenda sekitar air terjun. Bahkan, destinasi ini menyediakan villa dan hotel bagi wisatawan dari luar kota. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda sehingga tidak perlu khawatir dalam mencari akomodasi selama berwisata ke sana.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tempat wisata Koban Putri di kota Batu yang sangat menarik. Saat berkunjung ke daerah Jawa Timur cobalah untuk datang dan menikmati destinasi wisata ini. Selain dekat dengan pusat kota, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dan aktivitas lainnya yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *