Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Eksotis Nan Alami di Bantul Jogja

Ide Wisata78 Dilihat


Kurug Pulosari, Air Terjun Eksotik dan Alami, Objek Wisata di Bantul, Yogya memukau pengunjung dengan suasana alami dan asri yang sungguh memanjakan mata dan jiwa.

Harga tiket: 2000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kech. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Jogja dikenal sebagai surganya wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini terbukti dengan banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan, mulai dari wisata religi, museum, wisata kuliner, dan tentunya wisata alam. Berbicara soal wisata alam, Kurug Pulosari dengan pesonanya yang mempesona patut untuk dikunjungi.

Bantul merupakan salah satu daerah yang berkontribusi besar terhadap pengembangan wisata alam di Jogya. Di sinilah letak air terjun atau air terjun yang kita bicarakan kali ini. Lokasi tepatnya berada di bawah tebing terjal, sehingga perjalanannya membutuhkan keberanian dan kebugaran jasmani yang prima. Namun hal tersebut bukannya menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung, melainkan karena penasaran dengan pesonanya.

Tempat wisata di Bantul ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang terkesan eksotis. Tanaman hijau subur, kontur bebatuan, serta aliran air yang mengalir memberikan kesan damai bagi setiap orang yang berkunjung ke tempat ini. Apalagi tempat ini jauh dari hiruk pikuk kota, pastinya indah sekaligus alami.

Objek Wisata Air Terjun Pulosari

Objek Wisata Air Terjun Pulosari
Foto oleh Muhana Syafikuddari di Shutterstock

Disebut Kurug Pulosari karena air terjun ini terletak di kawasan Pulosari, Bantul, Jogja. Tidak ada nama atau alias lain yang diberikan, jadi kecil kemungkinan Anda akan berada di tempat yang salah. Alasan kenapa kamu harus mengunjunginya tak lain adalah atraksi berikut ini!

Keindahan air terjun Pulosari

Cantik dan menawan, mungkin itulah yang terlintas di benak Anda saat tiba di tempat tersebut. Aliran air terjun terlihat jelas berupa tirai putih yang membentang dan menutupi bebatuan di belakangnya. Ketinggiannya sekitar 5-7 meter, bisa dibilang tidak terlalu tinggi untuk ukuran air terjun di Jogja.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tapi tetap saja dari segi keindahannya tidak kalah dengan yang lain. Selain aliran airnya yang membentuk tirai karena lebarnya, bebatuan di lokasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Pepohonan tumbuh subur di sekitar air terjun dan sedikit di sela-sela bebatuan, membentuk jalur aliran air, menambah pengalaman indah dan menyejukkan mata.

Baca Juga  Pantai Indrayanti Jogja: Harga Tiket Masuk, Lokasi, Sejarah dan Penginapan Terdekat Terbaru

Kejernihan cekungan

Aliran air Curug Pulosari tidak langsung jatuh ke dalam kolam, melainkan terlebih dahulu menyentuh batu-batu yang ada di bawahnya. Hal ini membuat suara gemericik air menjadi lebih jernih, mirip nyanyian alam. Kolamnya yang bersih dan berwarna hijau toska menjadi daya tarik wisatawan yang ingin segera berenang di dalamnya.

Kejernihan airnya semakin dipercantik dengan hadirnya bendungan batu di dalam kolam sebelum akhirnya air mengalir ke tujuan selanjutnya. Di samping kolam terdapat sebuah batu besar yang biasa dijadikan lokasi utama untuk mengabadikan momen. Batu-batu ini pun menambah nilai eksotis pada air terjun cantik ini.

Suasana alami dan indah

Bagi Anda yang mendambakan liburan nyaman dengan pemandangan indah, Kurug Pulosari adalah pilihan yang tepat. Pasalnya di tempat wisata alam ini tidak terdapat bangunan apa pun. Toko hanya buka pada hari libur dan minggu. Suasananya yang tenang menimbulkan perasaan asri dan nyaman terutama bagi wisatawan yang datang dari perkotaan.

Namun, di hari yang sama saat Anda tiba di lokasi, Anda tetap menarik perhatian pengunjung lainnya. Namun kehadirannya tidak mengganggu hiburan dan pesona alam. Aliran air dengan ciri khas suaranya masih terdengar jelas. Demikian pula, pepohonan mempertahankan warna hijau alaminya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Pulosari
Foto oleh Ifstwelv di Shutterstock

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kurug Pulosari setelah melihat objek wisata di atas, sebaiknya langsung menuju ke Jalan Krebet, Sendangsari, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota Yogya yang jaraknya sekitar 28 kilometer memakan waktu sekitar 1 jam.

Dengan asumsi Anda sedang berada di pusat kota Jogya, mampirlah ke Jalan KH. Ahmad Dahlan adalah yang pertama. Kemudian lanjutkan ke Jalan Watts dan melewati Jalan Lingkar Barat. Setelah berkendara beberapa menit, Anda akan sampai di Jalan Nasional III dan melewati Jalan Rindang.

Saat ini jalur selanjutnya adalah Jalan Bibis Raya. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jalan Bangunjiwo, Jalan Gua Selarong dan Jalan Pandu Devonto. Tempat wisatanya dekat, gunakan rambu yang ada di pinggir jalan. Jika Anda masih bingung, sebaiknya ambil petunjuk dari aplikasi Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan Kurug Pulosari tentunya tidak harus mahal, cukup membayar harga tiket sebesar Rs 2.000 per orang. Harganya tentu saja sangat murah dibandingkan liburan yang tak terlupakan. Biaya lain yang perlu dibayar adalah parkir mobil yang tentunya juga sangat terjangkau.

Baca Juga  Pantai Sawangan, Pantai Indah dengan Pasir Putih Eksotis di Badung Bali

Jika datang dengan mobil, biaya parkirnya hanya INR 5.000, sedangkan pengunjung yang membawa sepeda motor dikenakan biaya INR 2.000 per unit. Air terjun cantik di Bantul ini buka setiap hari selama 24 jam. Disarankan berkunjung saat musim hujan atau setelah hujan, karena pada musim kemarau aliran airnya tidak terlalu deras sehingga keindahannya kurang maksimal.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di air terjun Pulosari
Foto oleh Zidane Ferdian di Shutterstock

Hanya karena ini air terjun bukan berarti tidak ada hal menarik yang bisa dilakukan di sini. Di sisi lain, Kurug Pulosari menawarkan berbagai aktivitas seru untuk membuat festival semakin berkesan dan berkesan. Di bawah ini adalah ikhtisar lengkap aktivitas yang dapat Anda lakukan di lokasi!

1. Pelacakan lokasi

Ternyata tarif masuk yang murah harus tergantikan dengan perjuangan untuk sampai ke lokasi air terjun. Kendaraan hanya bisa membawa Anda sampai ke tempat parkir, kemudian harus berjalan kaki. Perjalanan diawali dengan melewati jalan yang kondisinya buruk dan licin.

Jalan terjal selalu mengiringi setiap langkahnya, karena lokasinya berada di bawah jurang. Selanjutnya, jembatan yang terbuat dari bilah bambu mengarah ke penyeberangan sungai. Perjalanan Anda tidak langsung menuju kaki Kurug Pulosari, melainkan di atasnya.

Untuk sampai ke bawah, Anda harus menyusuri jalan setapak dengan tanjakan yang cukup terjal. Jalannya licin dan berbatu. Bagi pecinta petualangan, kegiatan ini bukan menjadi kendala, malah membuat liburan semakin seru. Meski dianggap tugas yang sulit, namun pemandangan sekitar membuat perjalanan tak terlupakan.

2. Berenang dan menikmati kesegaran air kolam.

Sesampainya di bagian utama Kurug Pulosari, tak ada salahnya Anda terjun ke dalam kolam dan merasakan segarnya air bersih. Kegiatan ini semakin menyenangkan karena kolamnya tidak terlalu dalam dan cukup aman bagi yang ingin berenang. Namun kehati-hatian dan keselamatan tetap disarankan.

3. Bermain air di pinggir kolam

Selain berenang, aktivitas seru lainnya yang bisa Anda nikmati adalah bermain air. Kelihatannya tidak terlalu menarik, tetapi kesegaran airnya mengubah pendapat tersebut. Berdiri di atas bebatuan di sekitar kolam membuat bermain air di Kurug Phulosari semakin menyenangkan, apalagi jika Anda mengunjunginya bersama anggota keluarga.

Baca Juga  Grafika Cikole, Perpaduan Wahana Permainan & View Alam Indah di Bandung Barat

4. Menikmati keindahan alam

Keindahan alamnya mempesona dan menarik perhatian setiap wisatawan yang berkunjung. Bersantai sambil menikmati panorama alam sangat cocok jika Anda tidak ingin melakukan aktivitas apa pun. Sulit untuk melupakan pesona aliran air terjun yang membentang bagaikan tirai. Pepohonan rindang di sekitar lokasi pun semakin menyejukkan dan memanjakan mata.

Apalagi jika melihat bebatuan yang tersebar di beberapa titik, kesannya tentu eksotis dan menawan. Birunya air kolam menciptakan suasana lebih tenang dan diharapkan dapat menghilangkan rasa lelah dan stres mental. Memang menikmati keindahan alam terkesan pasif, tapi percayalah, bisa menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran.

5. Cari spot foto di Air Terjun Pulosari.

Salah satu aktivitas yang menarik dan wajib dilakukan saat berwisata alam adalah berburu spot foto. Air Terjun Pulosari berbeda keindahannya dengan air terjun di tempat lain karena memiliki ciri khas tersendiri. Jangan lupa untuk mengambil foto terbaik untuk diabadikan atau dipublikasikan di jejaring sosial.

Biasanya pengunjung memanfaatkan bebatuan di sekitar kolam sebagai backdrop air terjun utama. Anda bisa berkreasi, misalnya dengan mengambil foto saat melakukan aktivitas menyenangkan seperti berenang atau bermain air. Intinya, persembahan alam terlalu bagus untuk dilewatkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Pulosari
Foto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

Fasilitas yang tersedia di Kurug Phulosari dibangun sendiri oleh warga sekitar. Namun fasilitasnya bisa dikatakan lengkap. Silakan gunakan parkir dengan tarif yang ditunjukkan di atas. Ada beberapa warung makan di sekitar, meski tidak banyak yang menunya sederhana.

Fasilitas lainnya antara lain toilet dan ruang ganti yang pastinya berguna setelah berenang atau bermain air. Bagi yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam sebaiknya memanfaatkan gazebo dan beberapa area tempat duduk yang disediakan. Tempat wisata alam ini juga menyediakan fasilitas penyewaan ban bagi anda yang ingin bersantai di kolam air terjun.

Gambaran Kurug Pulosari di atas cukup menarik, mulai dari atraksi, hiburan, dan fasilitas yang disediakan. Jika Anda tertarik dan ingin berkunjung, pastikan membawa baju ganti dan memakai sepatu yang nyaman. Usahakan juga datang saat musim hujan, saat aliran air sedang deras hingga tirai putih terlihat jelas.


databaru.my.id