Situ Cibeureum, Menikmati Keindahan Alam Mempesona yang Mirip Danau Toba di Bekasi

Ide Wisata22 Dilihat


Jelajahi keindahan alam Situ Sibeureum di Bekasi, pemandangan mempesona yang mengingatkan kita pada Danau Toba. Tingkatkan petualangan Anda di sini.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Lambanjaya. Tambun Selatan, Kab. Bekasi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Bekasi, kota yang terletak di dekat ibu kota Indonesia ini menyimpan sejuta pesona alam yang tak disangka-sangka. Salah satunya adalah Situ Cibeureum, tempat wisata alam di Bekasi yang menakjubkan. Saking indahnya tempat ini, pengunjung bahkan lupa bahwa disekitarnya merupakan kawasan industri yang sangat besar.

Dana, atau yang oleh penduduk setempat disebut Situ, dulunya sangat luas. Fungsi utamanya adalah untuk mengairi sawah di sekitarnya yang luasnya lebih dari 38 hektar. Apalagi masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya mencari ikan dengan jaring dan memancing, mencari kangkung, serta air minum dan mandi.

Kini luasnya tak lebih dari 2 hektare yang semakin berkurang akibat dibangunnya kompleks perumahan. Namun keindahan dan pesonanya tidak pernah berkurang selama berabad-abad. Suasana sejuk dan asri tercipta dari banyaknya semak-semak yang mengelilingi hampir seluruh tepian danau.

➥ Cek hotel murah di bekasi

Atraksi Situ Sibeureum

Objek wisata Situ Sibeureum Bekasi
Foto I Made Suryadi di Google Maps

Situ Cibeureum Bekasi mempunyai banyak atraksi yang menarik pengunjung. Tidak hanya dari penduduk setempat yang ingin bersenang-senang, tetapi di seluruh kota. Jaraknya yang dekat dengan Jakarta menjadikan objek wisata alam ini strategis dan mudah untuk dikunjungi.

1. Mirip Danau Toba.

Pasti banyak orang yang mengetahui tentang Danau Toba dengan segala kemegahannya. Kali ini tak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara untuk melihat pesonanya. Bekasi juga punya, meski belum sepenuhnya. Setidaknya Anda akan mendapatkan suasana hampir sama dengan danau terbesar dan terbesar di Indonesia.

Di tengah Situ Sibeureum terdapat sebuah pulau kecil yang ditumbuhi rerumputan liar dan semak belukar. Bukit daratan yang berada di tengah danau ini mirip dengan Pulau Samosir di Danau Toba. Airnya tenang, hampir tidak ada ombak. Suasananya asri sekali, serasa berada di danau yang berada di tengah hutan.

Baca Juga  Candi Ratu Boko, Wisata Keraton Purbakala di Jogja Bukti Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno

Padahal tempat wisata yang sedang Anda kunjungi berada di pusat kota. Bekasi merupakan kawasan industri terbesar di Indonesia, dengan banyak pabrik berlokasi di sekitarnya. Namun berada di sini, Anda seolah melupakan lingkungan sekitar. Menariknya, pengunjung juga bisa mencapai pulau kecil di tengah danau tersebut dengan menggunakan transportasi yang disediakan.

➥ Periksa tiket Go! Taman air basah bekasi

2. Keindahan alam memang mempesona.

Daya tarik Situ Cibeureum Bekasi selanjutnya adalah keindahan alam disekitarnya. Sejauh mata memandang, warna di sini adalah hijau. Tampilan hijau ini berasal dari rerumputan yang tumbuh subur di sepanjang tepi danau. Selain itu, terdapat semak belukar yang mengelilingi hampir setiap titik yang menjadi objek wisata di Bekasi.

Keindahannya pun semakin sempurna karena air di danau ini begitu tenang. Kunjungan ke tempat ini sangat cocok untuk pemulihan, yakni melepas penat sehari-hari sambil menikmati pemandangan alam. Udaranya sejuk, seperti di pegunungan atau di tengah hutan. Suasana semakin sempurna saat langit senja, saat ini terciptalah gradasi warna.

3. Wisata kuliner yang nikmat

Berkunjung ke Situ Cibeureum di Bekasi tidak hanya sekedar menikmati keindahan alam sekitar. Selagi berada di sini, Anda juga bisa berburu kuliner lezat. Ada banyak kios yang dibangun di tepi danau. Konsep bangunannya sangat unik yaitu dibangun secara semi permanen dari bahan bambu. Jadi sambil menikmati santapan, Anda akan bisa melihat pesona alam sekitar.

Menu yang tersedia di warung tersebut beragam, mulai dari makanan hingga minuman. Misalnya saja makanan khas Bekasi yang biasanya menjadi incaran wisatawan. Selain itu, ada makanan dan jajanan lainnya. Sebagai minuman, sebagian besar warung menjual es kelapa muda yang rasanya sangat menyegarkan.

➥ Tiket Waterboom Lippo Cikarang

4. Tempat memancing favorit

Tak jauh berbeda dengan danau pada umumnya, Situ Seabereum juga cocok dijadikan tempat memancing. Di antara sekian banyak pengunjung, ada pula yang bersemangat menangkap ikan. Hal ini wajar karena banyak tempat yang bisa dikunjungi. Tepat di tepi danau banyak terdapat ikan-ikan yang bersembunyi dan mencari makan.

Baca Juga  Embung Batara Sriten, Pesona Alam Eksotis yang Memukau di Gunung Kidul

Perairannya yang jernih menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan, antara lain ikan mas, nila, dan lele. Bawalah alat pancing Anda dan nikmati liburan Anda sambil menunggu ikan menggigit. Uniknya, ikan hasil tangkapan Anda bisa dibawa ke konter untuk dimasak. Tentu saja ini tidak gratis, Anda harus membayar jasa juru masak warung.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Situ Cibeureum Bekasi
Foto Napak Thilas Tasikmalaya di Instagram

Untuk mengunjungi objek wisata alam ini Anda harus menghabiskan banyak waktu jika menempuh perjalanan dari pusat kota. Jarak Situ Cibereum dengan Alun-Alun M Hasibuan sekitar 15 kilometer. Biasanya jarak ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit dengan kendaraan pribadi. Tentunya dengan kecepatan rata-rata dan kondisi jalan normal.

Alamat lengkapnya adalah Desa Lambanjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jadi jika Anda datang dari pusat kota, pergilah ke Jalan Veteran dulu. Kemudian menuju ke Jalan RA. Kartini dan Jalan Chairil Anwar. Ambil arah tol Jakarta – Cikampek dan ikuti jalur utama.

Tujuan Anda selanjutnya adalah Jalan Grand Wisata hingga mencapai Jalan Celebration Boulevard. Jarak Situ Ciberureum dari titik ini sekitar 2 kilometer, Anda hanya perlu mengikuti rambu yang ada. Jika perlu tanyakan kepada penduduk setempat, mereka mungkin tahu segalanya. Penggunaan aplikasi Google Maps juga mempermudah pencarian.

Setelah Anda menemukan tempat, carilah tempat yang aman untuk parkir. Siapapun bisa mengunjungi objek wisata di Bekasi ini tanpa perlu membayar biaya masuk. Sama halnya dengan parkir, tidak perlu mengeluarkan uang. Sederhananya, karena tempat parkir berada di depan toko, Anda harus membelinya sebagai syarat untuk memarkir mobil Anda.

Kegiatan yang menarik

Acara di Situ Cibeureum Bekasi
Foto Napak Thilas Tasikmalaya di Instagram

Pengunjung Situ Cibeureum Bekasi sebagian besar adalah keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama. Ada pula pasangan muda yang menghabiskan liburannya dengan menikmati pemandangan alam dan kuliner. Siapapun yang datang pasti banyak hal menarik disini.

Baca Juga  Pantai Kutang, Destinasi Wisata Bahari dengan Panorama Hutan Bakau Eksotis di Lamongan

Menikmati pemandangan alam

Menikmati pesona alam merupakan suatu keharusan di objek wisata alam ini. Hal ini wajar karena keindahan seperti itu tidak dapat ditemukan di tempat lain. Apalagi banyak yang bilang kalau tempat ini mirip dengan Danau Toba. Mereka pun tertarik dengan keindahannya: di tengah danau terdapat pulau kecil yang tampak eksotis.

Berburu kuliner lezat di kawasan Situ Cibereum.

Situ Cibeureum di Bekasi menjadi tempat berburu kuliner enak yang patut untuk dicoba. Hal ini tidak sia-sia, karena banyak terdapat warung makan berkonsep “saung” di pinggir danau. Sembari menikmati makanan, keindahan alam di depan mata semakin sempurna. Apalagi menu yang ditawarkan sangat banyak dan bervariasi, termasuk makanan ringan dan minuman.

Penangkapan ikan

Tak ada salahnya jika Anda gemar memancing dan menjajal spot-spot di danau ini. Bukan rahasia lagi kalau danau ini menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan air tawar. Memancing di danau lebih mudah dibandingkan di laut. Ikan yang menghuninya mulai dari ikan lele, nila, mujair, hingga ikan gabus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Situ Cibeureum Bekasi
Foto I Made Suryadi di Google Maps

Meski harga tiket masuknya tidak tetap dan tidak gratis, namun Situ Ciberureum menawarkan layanan yang lengkap. Seperti tempat wisata lainnya, tersedia juga lahan parkir yang luas. Terdapat juga toilet yang tersebar di beberapa lokasi. Tempat sampah, perahu wisata, dan musala kecil juga tersedia sebagai alat bantu.

Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata tidak harus mahal. Ada beberapa tempat di Bekasi yang bisa Anda jadikan tempat untuk menghabiskan waktu luang. Misalnya saja Situ Cibeureum, tempat ini masih layak untuk dikunjungi karena memiliki banyak kelebihan. Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *