Puncak Sawiyah, Menikmati Panorama Alam Eksotis dari Ketinggian di Majalengka

Ide Wisata40 Dilihat


Nikmati keindahan panorama alam yang eksotis dari atas di Puncak Saviya, Makhalengka, dengan tambahan area camping yang memungkinkan pengunjung merasakan keajaiban alam lebih dekat dan intim.

Harga tiket: 7000 rupee Indonesia, Jam kerja: 07.00–05.00 WIB, Alamat: Distrik San Giang. Banjaran, Kab. Mahalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Mahalengka merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki beberapa tempat wisata indah. Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi jika anda berkunjung bersama seluruh keluarga. Salah satu tempat wisata alam Mahalenzka yang menjanjikan adalah Puncak Savia.

Liburan anda akan semakin berkesan jika berkunjung ke Puncak, apalagi bagi anda yang menyukai puncak gunung yang sering mencapai puncaknya dan sayang sekali jika tidak melewati kawasan pegunungan ini. Wisata alam ini menyuguhkan keindahan alam dari atas seperti gunung, persawahan atau udara yang indah.

Meski objek wisata alam ini belum sepopuler tempat wisata luar negeri lainnya, namun dalam kondisi saat ini objek wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit dan digemari warga Mailengka. Untuk itu Anda wajib banget mampir ke Puncak Saviya saat berada di Mahalengka.

Atraksi Puncak Saviya

Atraksi Puncak Saviya
Foto Mwa Dolaemon di Google Maps

Daerah puncak

Sesuai dengan nama objek wisatanya, icon Puncak Saviya menjadi fokus utama objek wisata yang akan Anda lihat. Begitu sampai di kawasan puncak, Anda akan menyaksikan hamparan keindahan alam yang indah. Area hijau yang membentang di sekitar bidang penglihatan Anda.

Informasi yang diperoleh menunjukkan bahwa ketinggian puncaknya sekitar 1600 meter di atas permukaan laut, termasuk sangat tinggi sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan aduhai yang ditawarkan, seperti Gunung Papandayan, serta hamparan sawah yang luas. Anda juga bisa melihat Bandara Internasional Jawa Barat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Udara sejuk dan bersih di Puncak Saviya tidak akan bisa Anda temukan di tempat lain. Selain itu, tempat ini cukup dingin untuk suhu cuacanya, sehingga disarankan untuk mengenakan pakaian hangat agar tidak kedinginan akibat angin dingin yang Anda rasakan.

Dari bukit yang tinggi ini menarik banyak pengunjung, apalagi dengan pemandangan yang sangat menarik untuk diabadikan. Sifatnya yang estetis membuat Anda tertarik untuk berfoto dengan latar belakang ini. Tentunya bisa anda alami bersama keluarga dan teman anda, sungguh perjalanan yang sangat berkesan.

Baca Juga  Pantai Mirota, Pantai Indah di Batam yang Menyuguhkan Suasana Asri Khas Perbukitan

Air terjun Saviya

Kurug Saviya merupakan objek wisata air terjun. Selain keindahan perbukitan Puncak Saviya, Anda juga bisa memanjakan mata dengan bermain air di air terjun ini. Menurut penduduk setempat, air terjun ini disebut juga Air Terjun Kerang karena konon konon tumbuh kerang di kawasan Sungai Chigenklang hingga Air Terjun Saviya.

Selain itu, Anda juga akan melihat penduduk setempat menjual berbagai hasil pertanian seperti sayuran, jagung rebus atau umbi-umbian, yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh atau disimpan untuk dimakan. Tanaman ini terlihat segar karena berasal langsung dari kebun.

Daerah berkemah

Puncak Saviya merupakan salah satu tempat wisata alam yang tidak hanya akan membuat Anda puas, namun Anda juga bisa mendirikan tenda atau camping bersama keluarga dan teman Anda. Sensasi berbeda akan Anda rasakan, karena menyatu dengan alam memang menyenangkan.

Anda akan menikmati pemandangan pagi dan sore hari yang akan menjadi pengalaman berharga, apalagi jika Anda bersama orang yang Anda cintai. Karena daerah ini biasanya dingin, pastikan untuk membawa semua perlengkapan yang diperlukan!

Tempat yang mengutamakan keselamatan, sehingga Anda tidak akan khawatir atau takut untuk mendirikan tenda. Selain itu, banyak juga pengunjung yang mendirikan tenda, Anda akan bisa bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki tujuan yang sama untuk berkemah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak Saviya
Foto Mei98 di Google Maps

Tempat wisata alam menarik Puncak Saviya ini terletak di Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Tempat ini berada di kawasan yang sangat strategis untuk dikunjungi karena terletak di kawasan pegunungan Chermai.

Namun bagi Anda yang berkendara, sayangnya harus bersabar dan mengeluarkan sejumlah biaya karena kawasan tersebut sulit dijangkau mobil karena terbatasnya akses jalan. Oleh karena itu, lebih aman menggunakan sepeda motor.

Jika Anda dari pusat Mahalengka, sebaiknya ambil jalur Mahalenka menuju Jalan Mahalengka lalu belok kiri dari SPBU Tegalsari. Setelah itu Anda akan melanjutkan perjalanan menuju desa Tejanulya.

Anda bisa menggunakan mobil untuk melakukan perjalanan ini, namun saat sampai di belokan kiri, jalanan menjadi terjal dan jalan semakin mengecil.

Baca Juga  Candi Ratu Boko, Wisata Keraton Purbakala di Jogja Bukti Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno

Karena tidak baik melanjutkan perjalanan dengan mobil, Anda bisa berinisiatif melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor. Waktu tempuh dari Makhalengka menuju objek wisata ini memakan waktu sekitar 60 menit.

Biaya masuk ke tempat wisata

Wisata alam ini tidak memerlukan biaya yang mahal, satu tiket masuknya hanya seharga Rp 7.000 saja. Dengan harga yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa menikmati fasilitas dan suasana pemandangan yang menjanjikan.

Lalu tarif parkir sepeda motor hanya Rp 2.000 dan tarif parkir mobil hanya Rp 7.000. Dari segi jam buka, Puncak Sawiyah buka mulai pukul 07.00 hingga 05.00. Anda dapat berkunjung dari Senin hingga Minggu.

Kegiatan yang menarik

Puncak Saviya, menikmati panorama alam yang eksotik dari atas di Majalengka
Foto oleh Heru Febrianto di Google Maps

1. Bersepeda

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Puncak Saviya adalah bersepeda. Bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang banyak disukai pengunjung. Anda bisa bersepeda mengelilingi puncak gunung bersama keluarga. Ada jalan yang biasa dilalui pengendara sepeda. Ada beberapa pabrik di kiri dan kanan jalan.

Tumbuhan hijau ini merupakan jenis rumput yang merambat. Selain tanaman hijau, Anda akan melihat hamparan sawah yang sangat luas. Sawah ini milik petani lokal. Selain sawah, beberapa tanaman lain ditanam di sini seperti pisang, jagung, sawi dan lain-lain.

Waktu terbaik untuk bersepeda adalah pagi dan sore hari. Melihat matahari terbenam dan matahari terbit di puncak merupakan pengalaman yang sangat menarik. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan pakaian yang tebal karena cuaca biasanya dingin terutama di pagi hari.

2. Tempat-tempat menarik untuk foto

Salah satu alasan untuk mengunjungi objek wisata alam indah ini tentu saja untuk mengabadikan momen-momen tersebut dalam bentuk kenangan yang dapat dicetak dan dilihat. Salah satu caranya adalah dengan memotret. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda jadikan backdrop untuk keluarga atau teman Anda.

Banyak spot foto menarik yang bisa dilihat di sini, seperti Puncak Savia. Sesuai dengan nama tempatnya, tentu saja yang diutamakan adalah pengambilan foto langsung di atas sambil memandang hamparan sawah dan pegunungan yang masih sangat asri.

Pagi dan sore hari merupakan waktu puncak pengambilan foto yang paling diminati pengunjung. Anda bisa menggunakan kedua waktu tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih estetis. Lingkungan di puncak ini sungguh sangat asri, hamparan sawah hijau sangat luas, juga banyak pepohonan dan rerumputan yang memanjakan mata.

Baca Juga  Wisata Alam Wai Tiddo, Pemandian Alami dengan Sumber Mata Air Abadi di Luwu

Selain di puncak, Anda juga bisa berfoto di rumah balon dan Jembatan Cinta. Kedua tempat ini memang menarik dan selalu menjadi spot favorit pengunjung, apalagi jika membawa pasangan. Selanjutnya Anda bisa mengambil foto elang raksasa tersebut. Seperti monumen elang buatan raksasa, sangat indah untuk difoto.

3. Berkemah di Puncak Savia.

Kegiatan menarik ini memerlukan perlengkapan tambahan yaitu berkemah. Anda bisa membawa tenda dan mengajak keluarga serta teman Anda untuk berkemah di puncak. Selain tenda, Anda juga perlu membawa perlengkapan lainnya, pastikan tidak ada yang tertinggal!

Setiap bulannya banyak pengunjung yang berkemah di puncak, jadi Anda tidak perlu khawatir karena banyak orang yang mendirikan tenda dan suasananya terlihat bagus di malam hari. Anda juga dapat mengabadikannya untuk difoto. Berhubungan kembali dengan keluarga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Puncak Saviya
Foto oleh Mukhya Bagus Arjuna di Facebook

Seperti halnya wisata alam lainnya, Puncak Saviya juga memiliki fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Dimulai dengan tempat parkir yang luas. Setelah Anda mencapai puncak, Anda tidak akan kesulitan memarkir mobil Anda.

Selain itu, beberapa gazebo telah dibangun untuk pengunjung, cocok untuk bersantai. Di bagian atas juga terdapat kantin, sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari makanan atau minuman. Selain ruang makan, tersedia toilet yang bagus dan bersih untuk Anda gunakan.

Khusus bagi pengunjung yang beragama Islam, tersedia tempat khusus seperti musala untuk berdoa agar tidak terlambat dan tidak perlu khawatir dalam menunaikan kewajiban. Tempat wisata alam ini sangat bersih dan asri karena selalu diperiksa oleh beberapa petugas yang menjaganya.

Puncak Saviya merupakan salah satu tempat wisata alam yang masih belum banyak diketahui masyarakat umum, tempat ini wajib anda kunjungi bersama keluarga, apalagi jika anda memasukkannya ke dalam daftar liburan anda. Selain melihat pemandangan pegunungan yang sejuk, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik di sini.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *