Danau Tamblingan, Wisata Alam di Buleleng yang Pesonanya Memiliki Tiga Danau Kembar

Ide Wisata46 Dilihat


Danau Tamblingan di Buleleng merupakan destinasi wisata alam menawan dengan keunikan tiga danau kembar yang menyuguhkan pemandangan alam indah dan suasana alam khas Bali.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Munduk, Kecamatan. Banjar, Kab. Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasi

Danau Tamblingan bisa menjadi salah satu tempat terbaik jika ingin menikmati keindahan alam Pulau Dewata Bali. Terletak di utara Gunung Lesung, kawasan wisata ini sangat populer karena keindahannya dan merupakan tempat suci dengan 11 pura.

Objek wisata Buleleng merupakan salah satu dari tiga danau kembar yang terbentuk dalam sebuah kaldera besar sehingga cukup unik. Dua danau lainnya – Buyan dan Beratan – terletak berjajar di sebelah timur.

Karena letaknya di dataran tinggi dan dikelilingi hutan, memberikan udara sejuk alami. Apakah anda ingin datang ke tempat wisata ini? Sebelum berkunjung ke Tamblingan, harap membaca penjelasan berikut ini.

Objek Wisata Danau Tamblingan

Objek Wisata Danau Tamblingan
Foto Ika di Instagram

Bagi warga kawasan Buleleng, telaga ini bisa menjadi destinasi wisata menarik. Jika Anda masih ragu untuk pergi ke tempat wisata ini, simaklah tempat wisata berikut ini.

1. Sejarah danau

Sejarah Danau Tamblingan juga menjadi daya tarik tersendiri: terbentuk dari letusan Gunung Lesung yang kemudian menimbulkan kawah besar. Selain itu, faktor lainnya adalah tanah longsor pada abad ke-19 yang menciptakan tiga danau terpisah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun, ada cerita lain di balik terbentuknya danau yang dikenal dengan nama Tamblingan. Pada saat itu, ada seorang suci yang mengambil air dari danau untuk menyembuhkan berbagai wabah penyakit.

2. Pemandangan yang sangat indah

Bicara soal tempat wisata, jawabannya adalah pemandangan dari Danau Tamblingan Buleleng. Dikelilingi hutan tropis yang lebat, danau ini mampu memancarkan ketenangan bagi wisatawan.

Baca Juga  Cantiknya Rainbow Alamanda, Taman Hiburan di Bekasi yang Kaya Pesona

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam di kawasan danau sehingga menciptakan pesona yang luar biasa. Karena letaknya jauh dari pusat kota, ketenangan bisa terasa di sini.

3. Terdapat wisata religi pura.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada beberapa pura di sekitar danau. Anda dapat mengunjungi pura untuk kegiatan wisata religi yang sangat istimewa di tempat ini.

Terdapat beberapa nama pura di sekitar danau seperti Candi Naga Lokal, Pura Tertha Mengening, Pura Embang, Pura Tukan Timbang, Pura Batu Lepang dan masih banyak lagi. Anda bisa merasakan ketenangan saat mengunjungi pura.

4. Terdapat tempat untuk camping.

Kawasan wisata ini juga menjadi tempat camping favorit para wisatawan. Pasalnya di kawasan tersebut terdapat area camping yang cukup luas untuk digunakan wisatawan.

Anda bisa berkemah di sini bersama teman atau keluarga dan menjadikan liburan Anda menyenangkan dan berkesan. Jika ingin berkemah di sini, Anda bisa menyewa perlengkapan dan perlengkapan berkemah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau Tamblingan
Foto oleh Noviana Armancia di Instagram

Ingin berwisata ke Danau Tamblingan? Anda bisa datang ke Desa Munduk, Kecamatan Banjar, tepatnya di Kabupaten Buleleng, Bali. Tempat ini sebenarnya dekat dengan Danau Beratan sehingga mudah ditemukan.

Jika Anda ingin datang ke tempat ini, Anda bisa memilih beberapa rute. Misalnya wisatawan datang dari Bandara Ngurah Rai akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Dimulai dari jalan utama Bedugul menuju Singaraja, kemudian Anda bisa mendaki medan perbukitan hingga Anda melihat sebuah salib dengan nama telaga tersebut. Untuk menuju ke sana, Anda bisa berkendara melalui desa Panchasari, desa Vanagiri dan terakhir desa Munduk.

Agar perjalanan Anda lebih cepat dan terjangkau, kami sarankan untuk menyewa sepeda motor. Tak perlu khawatir bosan karena sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang sangat indah.

Baca Juga  Pesona Virgin Beach, Wisata Pantai Eksotis Nan Menawan di Karangasem

Biaya masuk dan jam buka

Sama halnya dengan tempat wisata Bali lainnya, pengunjung Danau Tamblingan Buleleng juga harus membayar biaya masuk. Biaya masuknya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 10.000 per orang.

Namun, pemilik sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000, sedangkan mobil dikenakan biaya Rp5.000. Biaya parkir sangat murah dibandingkan parkir di kawasan wisata lainnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Danau Tamblingan
Foto oleh Ahmad Faizal Muttaqin di Google Maps

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Danau Tamblingan. Jadi jika Anda tidak tahu harus berbuat apa, Anda bisa memilih beberapa aktivitas yang tercantum di bawah ini.

Berkemah

Aktivitas yang paling menarik di danau eksotis ini adalah berkemah yang sangat cocok bagi pengunjung yang berjiwa petualang. Fasilitas setempat sendiri juga menyediakan tempat rekreasi untuk kegiatan tersebut.

Partisipasi dalam acara ritual keagamaan di Danau Tamblingan.

Jangan lupa untuk mengikuti ritual sakral keagamaan di beberapa pura. Beberapa candi tersebut antara lain Candi Gubug, Candi Dalem Tamblingan dan lain-lain.

Tur danau dan memancing

Jangan lewatkan kesempatan berkeliling danau dengan menyewa perahu kecil di sana. Selain jalan-jalan, jangan lupa untuk mengikuti aktivitas memancing yang sangat seru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau Tamblingan
Foto oleh Noviana Armancia di Instagram

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000, pengunjung akan bisa menikmati sejumlah kesempatan menarik. Namun, situs-situs tersebut masih belum selesai dibandingkan tempat wisata lainnya.

Fasilitas tersebut antara lain toilet, warung atau restoran, dan tempat perkemahan. Bumi ke tempat wisata lainnya. Jika ingin berkemah di sini, pastikan membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri.

Bali ternyata punya beberapa spot mirip danau yang cukup menarik dan menawarkan pesona alam yang sungguh indah. Silakan datang berwisata ke Danau Tamblingan untuk menikmati keindahan alam Bali.

Baca Juga  Pulau Abang, Pulau Indah di Batam yang Menjadi Habitat Terumbu Karang Blue Coral




databaru.my.id