Air Terjun Efrata, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Samosir

Ide Wisata63 Dilihat


Air Terjun Ephrata yang tersembunyi di antara dua bukit mewakili eksotisme alam Samosir yang luar biasa, menawarkan pengalaman surga yang tak terlupakan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sosor Dolok, Kecamatan. Harian, Kecamatan. Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Pulau Samosir. Pulau ini selalu bisa memberikan tempat wisata alam yang menakjubkan.

Salah satunya adalah kawasan wisata Danau Toba yang sangat terkenal dan populer di kawasan Asia. Namun tak hanya Danau Toba, Air Terjun Ephrata juga bisa Anda temukan di sana.

Air terjun ini merupakan tempat wisata di Samosir yang sangat indah dan cukup populer, walaupun tidak sepopuler Danau Toba.

Air terjun yang mampu menyuguhkan keindahan alam yang begitu menakjubkan hingga membuat Anda terpesona. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tempat wisata ini selalu menarik pengunjung.

Bagi Anda yang sangat suka bersantai di tempat wisata Air Terjun Ephrata, mengunjungi air terjun ini adalah keputusan yang tepat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Di sini Anda bisa menemukan keindahan dan keseruan yang pastinya tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya. Maka dari itu, ketika mendekati hari raya, Anda wajib segera menuju tempat ini.

Atraksi Air Terjun Ephrata

Atraksi di Air Terjun Ephrata
Foto oleh Suzzy Harahap di Facebook

Memiliki nama yang unik

Air Terjun Ephrata memang merupakan air terjun dengan nama yang unik. Awalnya air terjun ini bernama Sosor Dolok. Warga sekitar atau warga cenderung lebih familiar dengan nama tersebut.

Jadi bagi anda yang ada disana dan bertanya pada warga setempat, nama Sosor Dolok perlu disebutkan. Sedangkan nama Efrat sendiri merupakan nama yang diberikan oleh tamu asing asal Eropa.

Hingga saat ini nama Efrat lebih dikenal di media sosial. Bahkan, karena letak objek wisata ini di dekat menara observasi Tele, sebagian pengunjung menyebutnya Air Terjun Tele.

Terletak di dekat pasar

Keistimewaan lain yang menarik dari Air Terjun Ephrata adalah lokasinya yang dekat dengan pasar. Untuk sampai ke air terjun Anda hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Nantinya Anda akan bisa mendengar suara air terjun yang begitu kuat dan indah. Selain itu, dinding batunya tampak memukau dengan kemegahannya.

Diketahui, air terjun ini tidak hanya terletak di dekat pasar saja, namun juga berada di tengah hutan lebat. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda banyak menemukan pohon-pohon besar dan tinggi di sana. Apalagi Anda tidak akan kesulitan menemukan berbagai jenis hewan liar seperti burung, serangga, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Indahnya Pantai Yeh Leh, Tempat Pertemuan Antara Laut dengan Sungai di Bali

Suasana air terjun saat senja pun tak kalah menarik. Anda yang kebetulan bermalam di tempat ini akan melihat kunang-kunang berkelap-kelip di sekitar air terjun pada malam hari.

Batuan yang indah

Daya tarik selanjutnya dari air terjun ini adalah pemandangan bebatuan yang indah serta aliran air yang sangat deras.

Aliran air yang turun dari air terjun ini memang sangat besar, dan air tersebut berasal dari aliran sungai yang berada di atas air terjun tersebut. Diketahui sungai ini tidak pernah kering, meski di musim kemarau.

Apalagi jika datang saat musim hujan, aliran airnya akan berkali-kali lipat lebih deras sehingga menimbulkan suara yang sangat deras.

Air dari tebing tersebut jatuh melalui celah batu yang terjal dan sangat curam. Aliran Air Terjun Ephrata begitu deras hingga sungai di bawahnya menjadi penuh.

Ketinggian bebatuan di tempat wisata ini mencapai 26 meter. Garis bebatuan yang bertingkat terlihat jelas, dan warna dominan di sini adalah hitam sehingga terlihat sangat garang.

Ada tempat untuk tenda

Liburan air terjun di Pulau Samosir akan memungkinkan Anda menikmati berkemah dan penjelajahan alam.

Letaknya yang berada di tengah hutan membuatnya terisolasi dari dunia luar. Namun, saat berencana pergi berkemah, pastikan Anda memiliki semua yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Dikelilingi oleh dua bukit

Yang tak kalah menarik dari Air Terjun Ephrata adalah dikelilingi oleh dua buah bukit. Pemandangan ini tentu akan membuat air terjun semakin indah.

Selama berada di sana, Anda bisa merasakan suasana sejuk, asri, dan damai. Apalagi selama perjalanan Anda juga bisa melihat pemandangan persawahan.

Kondisi air terjun yang dibangun sangat indah.

Kondisi air terjun ini terlihat sungguh indah. Area kolam didesain sedemikian rupa sehingga sangat rapi dan indah. Hal inilah yang akhirnya membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Selain itu, karena lokasi air terjun ini berada di dekat menara observasi televisi, pada akhirnya memungkinkan Anda untuk melihat keindahan Danau Toba dari lokasi ini. Hal ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan menarik.

Baca Juga  Intip Pesona Pantai Menganti Kebumen, Surga Bahari Tersembunyi di Selatan Jawa

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Ephrata
Foto oleh John Fran Sidauruk di Google Maps

Bagi anda yang berencana mengunjungi tempat wisata sebaiknya segera menuju ke Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Samosir. Air Terjun Ephrata terletak persis di desa Sosor Dolok, kecamatan Kharian.

Jalan menuju air terjun ini tidak sesulit ketika ingin mencapai lokasi air terjun pada umumnya.

Jalan utama menuju lokasi saat ini sudah cukup baik untuk dilalui kendaraan. Selama perjalanan, Anda akan dihibur dengan pemandangan pegunungan dan perkebunan yang indah.

Tempat wisata ini memang cocok untuk wisata keluarga. Sebab, akses jalannya bagus dan bisa dilalui roda empat atau dua.

Jalan menuju air terjun dari lokasi hanya sekitar 10 menit saja. Tracking pertama dari lokasi akan melalui jalan setapak yang berbentuk tembok dan juga cukup lebar.

Di sebelah kanan jalan Anda akan melihat pembatas berbentuk tembok. Karena aliran air yang sangat deras di area bawahnya, maka pembatas merupakan struktur yang menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Di sisi kiri Anda akan menemukan lapisan batu yang tersusun rapi, berwarna hitam dan merah. Masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut menyebutnya sebagai tembok penahan batu.

Mengikuti rute ini akan mengungkap lokasi Air Terjun Ephrata. Untuk mencapai kolam air terjun, pengunjung harus menuruni anak tangga kokoh atau melintasi jembatan tembok yang menghubungkan langsung dengan kolam.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket untuk melihat keindahan air terjun ini cukup terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang. Namun perlu diketahui bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola objek wisata tersebut.

Namun kalaupun ada kenaikan harga, pasti tidak jauh dari harga yang disebutkan di atas. Air Terjun Ephrata memang menjadi salah satu tempat wisata murah. Anda yang ingin ke tempat ini bisa datang kapan pun Anda mau. Tempat wisata buka 24 jam sehari.

Kegiatan yang menarik

Harga tiket Air Terjun Ephrata
foto Berita Bonpas di Twitter

1. Bermain air

Ada banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Ephrata. Salah satu kegiatan tersebut adalah bermain air. Kegiatan ini pasti akan membuat siapa pun bersemangat. Di sini Anda bisa mencelupkan kaki Anda ke dalam air, berendam, berenang atau mandi.

Baca Juga  Taman Alam Lumbini, Taman Wisata Hits dengan Replika Pagoda Shwedagon di Karo

2. Menikmati keindahan alam

Jika Anda senang bermain air, maka aktivitas selanjutnya adalah bersantai dan menikmati indahnya panorama alam yang tersaji di sana.

Anda bisa duduk di tepi sungai dan mencelupkan kaki Anda ke dalam air. Kesegaran air di kaki Anda bisa terasa, dan suasananya yang tenang membuat Anda merasa nyaman.

3. Mendaki ke Air Terjun Ephrata.

Kegiatan ini pastinya sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahraga alam. The Falls memang menawarkan aktivitas pelacakan kepada pengunjungnya.

Pasalnya, Air Terjun Ephrata berada jauh di dalam hutan sehingga Anda harus melewati hutan yang sangat lebat.

4. Berkemah

Berkemah bersama teman atau saudara tentunya menjadi kegiatan menyenangkan yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda yang ingin bermalam.

Jangan lupa untuk membawa bekal makanan agar nantinya ketika malam tiba, Anda bisa menikmati santapan sambil menyaksikan indahnya malam di kawasan wisata.

5. Berburu foto

Kegiatan terakhir adalah berburu foto. Saat berkunjung ke Air Terjun Ephrata, Anda akan menemukan banyak spot foto menarik. Keindahan alamnya yang menawan pasti akan menghasilkan foto-foto yang layak untuk dipamerkan di laman Instagram Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Air Terjun Ephrata
Foto oleh Peter Chandra Alam di Google Maps

Saat memutuskan untuk berlibur, sebaiknya pertimbangkan kemampuan objek wisata tersebut.

Air Terjun Ephrata merupakan objek wisata yang dikelola dengan sangat baik dan memiliki fasilitas yang cukup memadai. Tersedia tempat parkir yang luas dan aman.

Fasilitas umum seperti toilet juga tersedia, namun lokasi toilet cukup jauh dari air terjun. Toilet di tempat ini belum banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena toiletnya sangat bersih.

Bagi Anda yang tidak membawa bekal sendiri, jangan khawatir karena di dekatnya terdapat warung atau restoran. Jarak antara air terjun dan loket tiket sendiri kurang lebih 100 meter, dan jalur trekking yang perlu Anda lalui pun tidak terlalu sulit.

Demikianlah ulasan singkat tentang Air Terjun Ephrata yang perlu Anda lihat dan ketahui. Air terjun ini sungguh menawarkan keindahan yang berbeda dibandingkan air terjun pada umumnya.

Mengunjungi tempat ini pasti akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Oleh karena itu jangan ragu dan segera menuju tempat ini.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *