Intip Pesona Pantai Elyora, Pantai Pasir Putih yang Menakjubkan di Batam

Ide Wisata16 Dilihat


Temukan pesona Pantai Elior di Pulau Batam. Ini adalah pantai pasir putih yang menakjubkan dengan pemandangan hutan bakau yang menakjubkan, tempat yang sempurna untuk petualangan Anda.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Galang Baru. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasi

Wisata belanja bisa menjadi hal biasa di Batam karena banyak tempat untuk dikunjungi. Bagaimana dengan wisata alam? Tentu saja banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi utama.

Misalnya saja Pantai Elyora, wisata tepi laut ini menawarkan panorama alam yang indah dan suasana laut yang nyata. Hamparan pasir putihnya sangat luas, membentang di sepanjang garis pantai.

Pengunjung biasanya menggunakan pasir ini sebagai sarana bermain. Terutama anak-anak yang menjadikan liburan semakin menarik dan berkesan.

Air lautnya berwarna transparan kebiruan, menciptakan gradasi yang sempurna: di pinggir pantai berwarna biru tua, dan di tengahnya berwarna biru agak muda.

Pantai indah di Batam ini tidak pernah sepi karena menawarkan beragam aktivitas. Fasilitas yang disediakan sudah lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan Anda selama berlibur.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kesan semakin indah dengan hadirnya hutan bakau hijau di beberapa titik terpisah. Disarankan datang ke sini secara rombongan agar lebih menarik.

Atraksi Pantai Eliora

Atraksi Pantai Eliora
Foto oleh Alvin Toh di Google Maps

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Sebenarnya hal ini wajar, karena banyak sekali atraksi yang bisa ditemukan di sini. Pemandangannya indah, ombaknya tenang, pasir putihnya membentang, ada tempat untuk foto.

1. Keindahan Pantai Eliora

Keindahan menjadi daya tarik wisata bahari di Batam. Sesampainya di lokasi, hal pertama yang akan Anda temukan adalah pasir putih lembut. Cukup luas, bahkan di sepanjang garis pantai.

Pasir ini lebih luas saat air surut, dan ukurannya sedikit mengecil saat air pasang atau surut. Tentunya tak hanya pasir putihnya saja, keindahan Pantai Eliora Batam terletak pada jernihnya airnya.

Saking jelasnya, wisatawan bisa melihat dasar laut yang dipenuhi pasir berbutir halus. Bebatuan karang bawah lautnya terlihat jelas sehingga membuat pesona alamnya semakin eksotis.

Baca Juga  Pantai Mirota, Pantai Indah di Batam yang Menyuguhkan Suasana Asri Khas Perbukitan

2. Pantai dengan ombak yang tenang.

Pantai indah di Batam ini cukup tenang menyaksikan deburan ombak datang. Jarang sekali terjadi gelombang tinggi. Hal ini juga termasuk daya tarik yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Dengan ombak yang minim, aktivitas air relatif lebih aman. Pengunjung bisa berenang di sini atau sekedar basah-basahan sambil bermain air. Daya tarik wisata Pantai Eliora terlihat jelas dengan permukaan laut yang mulus mirip jalan beraspal.

Kalaupun ada ombak, sebagian besar hanyalah riak-riak kecil yang mengalir menuju bibir pantai. Angin yang bertiup perlahan membuat suasana semakin santai. Oleh karena itu wisata bahari ini dikatakan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

3. Suasana asri berkat kehadiran pohon bakau.

Berbeda dengan pantainya yang terkesan kering, tempat ini sebenarnya cukup indah. Bukan tanpa alasan, yakni karena banyak tumbuh-tumbuhan hijau menghiasi garis pantai.

Kebanyakan didominasi oleh pepohonan perdu yang tumbuh subur. Hal ini tidak hanya membuat ruangan lebih sejuk, tetapi kualitas udara juga meningkat.

Tepat di tengah Pantai Elior Anda bisa melihat beberapa pohon bakau yang cukup besar. Kayu ini justru melindungi dari abrasi saat air pasang.

Namun tak bisa dipungkiri kehadirannya menambah suasana asri dan hijau layaknya di pegunungan.

4. Atraksi dan spot foto

Untuk meningkatkan daya tarik guna menarik wisatawan, pihak pengelola merencanakan beberapa atraksi air yang menarik.

Contohnya adalah banana boat, Anda pasti pernah mendengarnya atau mencoba keseruannya. Ada juga wahana perahu yang membawa wisatawan melintasi lautan luas.

Pantai Elyora di Bata Mini merupakan salah satu spot foto unik berbentuk ayunan. Bukan ayunan biasa tentunya, namun lokasinya sedikit menjorok ke laut.

Saat air pasang, pengunjung bisa bersantai dengan terombang-ambing di permukaan laut. Tempat lain yang tak kalah indahnya adalah berfoto dengan latar belakang pohon bakau dan laut lepas.

Baca Juga  Ohana Waterpark, Taman Wisata Air di Bekasi yang Berkonsep Kepulauan Hawaii

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Eliora
Foto oleh Ardi Ario Seno di Google Maps

Mengunjungi wisata pantai Batam memang jauh sekali jika anda berada di pusat kota sekarang. Jarak dari Batam Square sekitar 76 kilometer dan harus melewati beberapa jembatan.

Biasanya jarak ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dalam kondisi jalan mulus dan kecepatan kendaraan normal. Kawasan wisata Pantai Eliora sendiri terletak di Galang Baru, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Katakanlah Anda sekarang berada di pusat kota Batam, gunakanlah Jembatan Barelang 6 sebagai landmark utama Anda, Jarak yang perlu Anda tempuh sekitar 60 kilometer, biasanya memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Setelah melintasi jembatan menuju Jalan Trans Barelang. Ikuti jalan ini hingga sampai di bundaran Pulau Galang di km 0, belok kiri.

Tidak lebih dari 500 meter dari titik ini Anda sudah sampai di sebuah tempat wisata. Untuk memudahkan perjalanan Anda dan menghindari tersesat, gunakan aplikasi Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Ketika Anda tiba, pastikan untuk menyiapkan sedikit biaya untuk membeli tiket masuk Anda. Pantai Eliora di Batam terbuka untuk umum, namun tidak gratis. Biaya satu pengunjung adalah 10.000 rupee.

Sebenarnya cukup murah, apalagi banyak sekali atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan selama tur. Meskipun ada biaya tambahan, namun tetap murah karena yang diperlukan hanyalah biaya parkir.

Siapkan dana tambahan sebesar Rp 5.000 jika membawa mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor. Jika ingin menyewa gazebo untuk bersantai bersama seluruh rombongan, siapkan uang sebesar Rp 50.000. Pantai cantik ini buka setiap hari 24 jam, datang kapan saja.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Eliora
Foto oleh Muhammad Fired Hulu di Google Maps

Alasan wisatawan datang ke sini sebenarnya bukan hanya karena daya tariknya saja. Apalagi pantai ini menawarkan berbagai aktivitas menarik yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Peristiwa apa saja yang sedang kita bicarakan, berikut beberapa di antaranya yang berhasil kami rangkum!

Nikmati keindahan Pantai Eliora

Indah dan mempesona – inilah perasaan pertama yang muncul saat Anda tiba di Pantai Eliora. Tidak dapat dipungkiri keindahan alamnya sungguh menakjubkan.

Baca Juga  Pantai Wediombo, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Gunung Kidul

Akan sangat disayangkan jika hanya dipandang remeh dan tidak dinikmati. Laut yang jernih, pasir putih, nuansa indah semuanya membentuk harmoni alam yang sempurna.

Berenang dan bermain air

Aktivitas menarik berikutnya di Pantai Eliora adalah berenang dan bermain air. Meski Batam memiliki banyak pantai yang eksotik, namun tidak semuanya bisa dijadikan tempat hiburan.

Pasalnya, ombak yang bergulung cukup banyak sehingga kurang aman. Di sini silahkan berenang sepuasnya atau sekedar bermain air di pinggir pantai.

Cobalah naik banana boat

Memang tidak banyak atraksi yang ada di sini, namun setidaknya ada beberapa yang bisa melengkapi hiburan Anda di Pantai Elior Batam.

Banana Boat merupakan atraksi yang bentuknya seperti perahu namun bentuknya seperti buah pisang. Wisatawan harus mendakinya lalu mengelilingi pantai untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mendebarkan.

Berburu spot foto

Kawasan wisata Pantai Eliora memiliki beberapa spot foto yang bisa dijadikan backdrop. Anda bisa menggunakan ayunan yang menjulur ke laut seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tak kalah menariknya adalah pepohonan bakau dengan formasi unik. Anda juga bisa menggunakan panorama pantai dan laut biru sebagai backdrop.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Eliora
Foto oleh Raja Simamora di Google Maps

Untuk melengkapi informasi sebelum berkunjung, Anda juga perlu mengetahui fasilitas apa saja yang tersedia di lokasi. Karena pantai ini dikelola secara profesional, maka fasilitas yang dimilikinya sangat lengkap.

Tersedia tempat parkir dan toilet serta wastafel. Selain itu terdapat gazebo, warung makan, tempat ibadah dan masih banyak lagi.

Batam memiliki kategori wisata lengkap yang bisa dijadikan tujuan utama selama liburan Anda. Misalnya saja Pantai Eliora dengan segala daya tariknya yang layak untuk dimasukkan dalam daftar liburan Anda berikutnya. Apalagi banyak aktivitas menarik di sini yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *