Indahnya Danau Tolire, Wisata Alam di Ternate yang Sarat Legenda

Ide Wisata26 Dilihat


Danau Tolire yang terletak di kaki Gunung Gamalama Ternate memikat pengunjung dengan pemandangan alam yang mempesona serta legenda lokal yang sarat mitos dan keindahan.

Harga tiket: 2000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kabupaten Tacoma. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara; Map: Periksa lokasi

Berkunjung ke Maluku Utara akan semakin menarik, apalagi jika Anda berkunjung ke Danau Tolire. Sebuah lembah di kaki Gunung Gamalama yang menawarkan keindahan mempesona dan menyejukkan mata.

Tempat wisata alam di Ternate ini sudah banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Karena bentuknya yang seperti panci raksasa dengan luas 5 hektar, danau ini menawarkan panorama unik dengan keindahan dan ciri khas yang jarang ditemukan di tempat lain.

Danau ini berwarna hijau saat musim panas tiba. Belum lagi keindahan ini bisa berubah warna menjadi coklat saat musim hujan. Siapapun yang mengunjungi objek wisata ini pasti langsung terpikat dengan keindahannya.

Pemandangan Danau Tolire

Pemandangan Danau Tolire
Foto oleh Samuel Pakpahan di Google Maps

Danau kawah ini membuat setiap pengunjung yang mengunjunginya terpesona. Pemandangan dari kawah ini sangat menakjubkan, ditambah lagi dengan masih banyak objek wisata lain yang menambah keindahannya.

Legenda Buaya Putih

Ternyata di balik keindahan Danau Tolire Ternate yang memukau juga terdapat legenda mistis. Penduduk setempat percaya bahwa kawasan ini adalah rumah bagi buaya berkepala putih yang merupakan raja di kawasan ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Konon buaya ini merupakan perwujudan dari sesepuh setempat. Akibat kesalahannya, desanya dikutuk dan diubah menjadi danau. Apalagi, faktanya danau ini masih menjadi habitat buaya liar.

Keindahan Puncak Gamalama

Gunung Gamalama, sebagai salah satu gunung terkenal di Maluku Utara, menjadi simbol kebanggaan masyarakat Ternate. Meski termasuk gunung berapi aktif, namun keindahan alamnya tetap menakjubkan dan aman untuk dikunjungi.

Baca Juga  Aan Secret Waterfall, Air Terjun Tersembunyi yang Menakjubkan di Klungkung

Keindahan telaga ini juga dipengaruhi oleh pesona keagungan puncak Gamalama dan kerucutnya yang mempesona sehingga menjadi lokasi ideal untuk spot foto alam yang mempesona bagi wisatawan.

Mitos Melempar Batu ke Danau

Pembahasan mengenai keajaiban alam danau ini memang tiada habisnya. Namun ada hal lain yang menarik perhatian, yakni mitos pelemparan batu ke danau.

Saat pengunjung melempar batu, seringkali mereka terkejut karena tidak melihat batu tersebut jatuh atau bahkan mendengar suaranya. Menurut mitos, sekeras apa pun seseorang melempar batu, batu tersebut tidak akan pernah sampai ke dasar danau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Danau Tolire
Foto oleh Saifullah Fatah di Google Maps

Jika Anda tertarik berwisata keliling Danau Tolire, pastikan berangkat dari pusat kota Ternate, Maluku. Jaraknya sekitar 10 km sehingga perlu bersabar untuk mencapai danau cantik ini.

Jika menggunakan mobil, perjalanan kesana bisa memakan waktu sekitar 36 menit. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan Bandara Sultan Babullah sekitar 12,6 menit sehingga perjalanan hanya memakan waktu sekitar 24 menit saja.

Lokasinya juga dekat dengan jalan raya besar. Mencari tempat wisata alam yang menakjubkan ini pastinya semakin mudah dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Ditambah lagi, pintu masuk properti sudah beraspal dan dalam kondisi baik.

Biaya masuk dan jam buka

Tempat wisata alam ini tidak mematok harga mahal bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahannya. Pasalnya, harga tiket masuk yang disarankan mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000 per pengunjung.

Apalagi Danau Tolire selalu buka setiap hari dan terletak di kota Ternate, Pulau Ternate, Maluku Utara. Kawasan danau bahkan dikelilingi tebing andesit yang tinggi dan curam. Tak heran jika keindahannya tak tertandingi.

Dengan biaya masuk yang terjangkau, tak ada salahnya menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan saat musim liburan. Air di danau ini berwarna hijau transparan dan luasnya mencapai 5 hektar. Pemandangannya juga berhadapan langsung dengan danau.

Baca Juga  Embung Kleco, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset & Sunrise yang Mempesona di Kulon Progo

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Danau Tolire
foto IG:@Lingkar Indonesia di Twitter

Di Ternate, Danau Tolire kerap menjadi destinasi utama bagi mereka yang mencari pemandangan alam yang mempesona.

Kawasan ini masih terbilang salah satu yang terindah dibandingkan tempat wisata lain di sekitarnya. Berikut beberapa hal menyenangkan yang dapat dilakukan di sana:

Berjalan-jalan menjelajahi danau

Aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan adalah menjelajahi Danau Tolire di Ternate. Anda bisa berkeliling seluruh area danau, termasuk danau kecil di sebelahnya. Pasalnya jarak keduanya hanya sekitar 250 meter.

Tentunya pengunjung akan mendapatkan pengalaman baru saat menikmati keindahan telaga ini. Menurut legenda setempat, danau besar adalah tempat tenggelamnya ayah terkutuk itu, dan danau kecil adalah tempat tenggelamnya putranya.

Kami berfoto dan melempar batu ke Danau Tolire.

Setelah mengunjungi tempat wisata ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan danau hijau yang menakjubkan, bentuknya menyerupai loyang raksasa. Hal ini tentu menjadi pemandangan unik yang patut diabadikan.

Selain itu, Anda mungkin bertanya-tanya apakah mitos melempar batu ke danau dan tidak pernah mencapai dasar danau itu benar. Anda bisa mencoba merasakan sendiri sensasi melempar batu ke danau cantik ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Danau Tolire
foto Perjalanan Detik di Twitter

Saat Anda berkunjung ke objek wisata alam ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Fasilitas tersebut antara lain toilet, tempat parkir, saung, gazebo dan tempat makan dengan berbagai menu lokal yang lezat.

Sayangnya, mencari akomodasi di kawasan ini cukup sulit. Meski begitu, pengunjung bisa memanfaatkan Kota Ternate jika ingin bermalam di kawasan danau.

Bangunan lain yang bisa Anda temukan adalah musala yang bisa digunakan sebagai tempat beribadah umat Islam. Pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner dengan banyaknya warung yang menjual makanan dan minuman.

Baca Juga  Taman Sari Jogja, Pesona Keindahan Istana Air & Mitos yang Membaluti

Danau Tolire di Ternate mempunyai pesona alam yang sangat indah dan menarik untuk dilihat secara langsung. Pemandangan alam di sekitarnya begitu menarik sehingga wisatawan pasti ingin mengunjunginya lebih dari satu kali.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *