Candi Kalasan, Candi Bersejarah di Sleman yang Identik dengan Kerajaan Hindu Budha

Ide Wisata12 Dilihat


Candi Kalasan, candi bersejarah di Sleman yang kaya akan peninggalan Hindu-Buddha, menawarkan kesempatan untuk menelusuri sejarah kerajaan kuno di tengah keindahan arsitektur klasiknya.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Kech. Danurejan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Salah satu tempat wisata bersejarah yang terletak di Yogyakarta adalah Candi Kalasan. Kota ini selalu menjadi pusat kebudayaan dengan peninggalan sejarah yang cukup populer. Tentu akan sangat menarik jika dijadikan destinasi liburan.

Dikenal juga dengan nama Candi Kalibening, objek wisata ini menyimpan peninggalan sejarah kerajaan Hindu-Buddha. Pesona keindahannya begitu megah dipadukan dengan gaya arsitektur yang menawan dan unik. Ada juga prasasti candi yang menceritakan kisahnya.

Tentu saja, Anda bisa merencanakan perjalanan ke candi ini tidak hanya pada hari libur, tetapi juga pada hari kerja. Pesona sejarah tempat ini memang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.

Atraksi Candi Kalasan

Atraksi Candi Kalasan
Foto Andik Arief Riyanto di Instagram

Berkunjung ke pura ini pasti akan semakin menyenangkan jika mengetahui apa saja daya tariknya. Selain itu kawasannya sangat terawat dan bersih sehingga pengunjung semakin merasa nyaman saat menghabiskan waktu. Berikut atraksinya:

1. Patung Dewa

Salah satu daya tarik utama kawasan wisata Candi Kalasan adalah patung dewa yang berdiri kokoh dengan bunga teratai. Bagi yang sering berwisata, keunikan ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang familiar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Apalagi ada keindahan lain yang bisa dinikmati dari patung ini. Yakni singgasana berbentuk singa yang dipasang di sini sehingga mampu menarik perhatian pengunjung sehingga bisa berfoto dan mengabadikan momen-momen selama berlibur.

2. Keindahan relief candi

Daya tarik lain dari Candi Kalasan adalah relief candi yang sangat indah. Relief-relief ini masuk dalam daftar jendela sejarah yang sebenarnya menggambarkan agama Buddha. Termasuk kehidupan Siddhartha Gautama Buddha.

Baca Juga  Goa Pinus, Goa Jepang dengan View Alam Eksotis Nan Memukau di Kota Batu

Pada relief candi ini Anda juga akan disuguhkan adegan-adegan dari mitologi kehidupan masyarakat pada masa lalu. Detail reliefnya menambah nilai seni rupa yang tinggi dan merupakan bukti tingginya keterampilan seni masa lalu.

3. Getah tanaman itu seperti lem.

Salah satu daya tarik yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah candi ini menggunakan getah tumbuhan sebagai perekatnya. Hal ini dapat ditemukan pada relief atau desain candi yang ditempel menggunakan bahan tersebut sehingga sangat unik.

Tentunya penggunaan lem ini dapat menambah daya tarik tersendiri bagi tamu lokal maupun mancanegara. Anda bisa melihat sendiri seperti apa saksi bisu zaman kerajaan Indo-Buddha dengan jejak di setiap struktur reliefnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Candi Kalasan
Foto oleh Kunto Susilo di Google Maps

Jika Anda tertarik dengan wisata Candi Kalasan, Anda bisa mengunjungi Jalan Jl. Solo – Yogyakarta. Letaknya di Desa Suryatmajan Kecamatan. Danurejan, Kab. Sleman,Yogyakarta. Pengunjung dapat dengan mudah mencapai alamat tersebut.

Selain itu jalannya sudah beraspal sehingga perjalanan menjadi lancar dan nyaman. Temukan saja tempat ini dengan melihat tanda-tanda yang dipasang di sekitar jalan. Dimulai dari pusat kota dan diakhiri dengan alun-alun candi.

Keluar saja dari pusat kota Yogyakarta, lalu masuk ke Jalan Laksda Adisucipto, lalu jalan lurus menuju Jl. Raya Solo-Yogyakarta. Kemudian ikuti jalan tersebut sambil melihat petunjuk arah hingga sampai di tempat tersebut.

Biaya masuk dan jam buka

Yogyakarta sangat terkenal dengan banyaknya berbagai bangunan candi. Destinasi “Candi Kalasan Sleman” sendiri memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya, dan harga tiket masuknya pun cukup terjangkau.

Apalagi Anda bisa menjadikannya destinasi liburan yang paling cocok untuk seluruh keluarga atau rombongan Anda lainnya. Anda pasti akan bisa melihat lebih dekat keindahan dan pesona candi bersejarah di Kabupaten Sleman ini.

Baca Juga  Tempat Wisata Terindah Dunia: 10 yang Indahnya Kebangetan

Biaya masuk yang harus Anda bayar sendiri mulai dari Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp10.000 untuk wisatawan asing. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat liburan tanpa perlu khawatir dompet akan kosong.

Kegiatan yang menarik

Peristiwa menarik di Candi Kalasan
Foto oleh Oni Ispriyanto di Instagram

Kunjungan ke candi bersejarah ini tidak lengkap tanpa melakukan sesuatu yang menarik. Anda akan dapat merasakan langsung warisan budaya Yogyakarta yang tak ternilai harganya dan menjelajahi keharmonisan kerajaan Hindu-Buddha. Berbagai acara menarik bisa diadakan di sini:

Saksikan pesona arsitektur candi

Candi Kalasan Sleman merupakan perpaduan unsur Hindu dan Buddha dan berukuran 45 x 34 meter. Sebanyak 52 stupa terdiri dari 3 bagian. Mulai dari bagian atas, badan, dan kaki candi juga tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Atap candi sendiri mempunyai 2 tingkat yang berbentuk segi delapan. Di tingkat pertama Anda akan menemukan patung Buddha. Di tingkat kedua terdapat patung Dhayani Buddha dan beberapa stupa lainnya.

Fotografi di sekitar Candi Kalasan.

Kalasan merupakan candi yang tidak hanya menjadi tempat bagi para pecinta seni, namun juga surganya para pecinta fotografi. Karena itulah kawasan wisata bersejarah ini wajib dikunjungi untuk dijadikan spot foto terbaik.

Anda akan dapat mengabadikan keindahan relief, arsitektur dan lingkungan sekitar candi. Apalagi setiap sudut kawasannya juga memiliki keindahan yang luar biasa dan nilai seni yang tinggi. Tentunya dapat menghasilkan gambar dengan efek visual yang menarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Bangunan Candi Kalasan
Foto oleh Masruchin Nananga di Instagram

Candi ini merupakan salah satu candi tertua di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hingga kini pun masih ramai dikunjungi wisatawan untuk mempelajari sejarah dan menikmati keindahannya. Belum lagi, fasilitasnya juga lengkap.

Pengunjung dapat menemukan tempat parkir yang memadai, pusat layanan informasi, papan informasi pura, kamar mandi dan toilet, air bersih, warung makan, tempat rekreasi, kios cinderamata dan spot foto yang sangat menarik.

Baca Juga  Curug Payung, Menikmati Panorama Air Terjun dengan Bebatuan yang Mempesona di Kuningan

Objek wisata ini juga merupakan warisan budaya Yogyakarta yang perlu dilestarikan. Setiap bangunan candi mempunyai desain yang sangat unik dan bernilai seni tinggi. Kawasan pura sendiri berada di ketinggian 20 meter, menyuguhkan pemandangan hijau yang menakjubkan.

Candi Kalasan bisa Anda jadikan tempat wisata sejarah terbaik di Yogyakarta. Pengunjung dapat menjelajahi setiap sudut candi menggunakan tangga yang disediakan untuk pengalaman yang lebih seru.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *