De Ranch Lembang, Objek Wisata Unik Sambil Belajar Berkuda di Bandung

Ide Wisata37 Dilihat


De Ranch Lembang, destinasi wisata alam dengan suasana unik di Bandung. Nikmati suasana sekitar sambil belajar menunggangi gaya Koboi yang wajib dilihat di Bandung.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 09.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Maribaya No.17, Cayuambon, Quech. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Bandung Mendengar namanya saja kita sudah bisa membayangkan keindahan dan kuliner khas dari salah satu tempat wisata di Lembang ini. Di akhir pekan, Bandung juga ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah, khususnya dari Jakarta. Banyak tempat wisata sendiri yang menarik waktu bersama keluarga.

De’Ranch Lembang menjadi salah satu tempat wisata yang mengusungnya. makanan, rekreasi dan pengetahuan. Dibuka pada bulan Desember 2007, objek wisata ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Kota Bandung. Nuansa peternakan kuda membuat tempat ini terkenal dengan gaya koboi pedesaan Paman Sam.

Rancho De’ awalnya dimaksudkan untuk menampung beberapa sapi perah dan menunggang kuda. Kontur dan pemandangan alam yang memadai serta letak kawasan seluas 5 hektar inilah yang menginspirasi terciptanya kawasan wisata ini. Nama De’ Ranch sendiri dipilih karena cocok dengan suasana peternakan Eropa yang sedang diciptakan.

Cek tiket Bumi Pankasona Sports Club

Kegiatan yang menarik

Acara Unsplash De Racnh Lembang
Foto oleh Yolanda Jajakesukma di Unsplash

De’ Ranch Lembang tak hanya menyuguhkan pemandangan mirip peternakan kuda Eropa. Tempat wisata ini juga memiliki beragam atraksi dan fasilitas yang bisa Anda nikmati bersama seluruh keluarga. Tampilannya yang bagus akan membuat Anda lupa waktu bermain bersama seluruh keluarga.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Klub Pelana De Ranch

Komunitas ini diciptakan oleh De’ Ranch untuk siapa saja yang tertarik dengan kuda. Semua orang akan berkumpul di sini untuk mempelajari bagaimana kuda bekerja sebagai mitra manusia. Selain itu komunitas ini juga bertujuan untuk berbagi ilmu tentang kuda, pelatihan kuda dan bertemu dengan para pecinta kuda lainnya.

2. Menunggang kuda

De’ Ranch juga menawarkan kesempatan menunggang kuda. Pengunjung juga mempunyai kesempatan untuk berkeliling peternakan. Jangan takut untuk mencoba. Setiap pengunjung akan dibekali pendamping yang berkualifikasi tinggi di bidangnya. Kuda-kuda yang dipilih cukup jinak untuk ditunggangi pengunjung.

Baca Juga  Blue Lagoon Nusa Ceningan, Pantai Indah di Klunkung yang Dikelilingi Tebing Eksotis

De’ Ranch memiliki lebih dari 20 kuda yang siap memanjakan pengunjung. Selain menunggang kuda, pemandu juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman merawat kuda. Namun perlakuannya ditujukan kepada pengunjung yang datang secara rombongan.

3. Naik Delman

Jika Anda takut atau memiliki anak kecil, Anda bisa memilih naik kereta sebagai alternatif menunggang kuda. Kusir akan membawa Anda melintasi lapangan. Gerbong yang ada berukuran kecil dan hanya mampu menampung 2-3 orang. Inilah yang Anda butuhkan jika Anda ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama bayi Anda.

4. Fotografi gaya koboi

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen liburan Anda. Karena itulah De’ Ranch menyediakan tempat untuk foto ala koboi negeri Paman Sam. Latar belakang tersedia dengan hamparan hijau dan atribut tambahan seperti pakaian, topi, dan sepatu bot koboi. Foto gaya koboi Anda bernuansa barat dan siap diunggah ke media sosial.

5. Permainan air

De’ Ranch menawarkan lebih dari sekedar menunggang kuda. Tempat wisata populer ini juga memiliki permainan air. Ada berbagai jenis: perahu seru, bola air, kolam pancing, kolam pancing balita dan masih banyak lagi. Ini mungkin bisa menjadi pilihan jika Anda senang bermain kuda.

6. Area bermain untuk anak-anak

De’ Ranch menawarkan aktivitas luar ruangan tanpa akhir yang membuat segalanya tetap menarik. Tempat ini juga memiliki berbagai macam permainan lainnya. Atraksinya antara lain track bike, trampolin anak, trampolin, panahan dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu juga terdapat perosotan, ayunan, ayunan yang bisa dimainkan si kecil sambil bersantai.

Cek tiket Joy n Fun Panama Park 825 Bandung

7. Kursus pelatihan lanjutan

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan, De’ Ranch menawarkan banyak kursus menarik. Salah satunya adalah Cook n’ Cookies. Kursus ini diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin mencoba membuat kue khas De Ranch. Setelah menyelesaikan kursus, De’Ranch juga akan memberikan sertifikat penghargaan.

Baca Juga  Intip Pesona Candi Ijo, Candi Hindu Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Sleman

Manajemen juga mengadakan kelas keterampilan lain, seperti mengecat celengan keramik besar, mengecat ransel, dan belajar memerah susu sapi. Kapan lagi Anda berlibur sambil mempelajari keterampilan baru?

8. Nikmati memasak

Manajemen De’ Ranch melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Namun pihak pengelola telah menyediakan tempat snack dan makanan yang menggugah selera. Baik yang bernuansa Amerika seperti pizza dan sosis, maupun yang khas bandung seperti siomay, tahu pelet dan lain-lain.

De’ Ranch memiliki menu andalan yang pastinya patut untuk dicoba saat Anda berkunjung, yaitu sosis bakar. Menu ini sangat populer di kalangan pengunjung. Harga pangan yang dipatok memang lebih tinggi dari biasanya, namun tetap terjangkau untuk keluarga. Bukankah wajar jika kita berada di tempat wisata?

9. Toko suvenir

Setelah menikmati jalan-jalan dan mengisi perut, Anda juga bisa membawa kembali beberapa oleh-oleh untuk dikenang. Ada toko pabrik di De’Ranch yang menjual berbagai macam suvenir. Ada produk sapi seperti susu, yoghurt, sosis mentah dan lain-lain. Selain itu, Anda masih bisa menemukan berbagai pernak-pernik koboi dan kerajinan khas De’Ranch.

10. Pasar tanaman hias

Jika Anda pecinta tanaman, De’ Ranch Lembang adalah tempatnya Anda bisa mengunjungi pasar tanaman hias. Tanaman ini didatangkan langsung dari masyarakat sekitar, khususnya dari petani tanaman hias. Alternatifnya, Anda juga bisa membeli bunga potong. Pasar tanaman hias ini akan Anda temukan di tempat parkir De Ranch.

Cek promosi hotel di bandung

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Shutterstock De Ranch Lembang
Foto oleh Tridrian di Shutterstock

De’ Ranch Lembang memiliki semua fasilitas umum yang diperlukan. Pihak manajemen menyediakan tempat parkir yang luas, toilet di setiap lokasi, musala, jalur yang dapat diakses kursi roda dan masih banyak lagi. Jika berkunjung pada hari Jumat, pengunjung pria muslim masih bisa menunaikan kewajiban salat Jumat di masjid yang hanya berjarak 250 meter dari kawasan wisata tersebut.

Manajemen De’ Ranch juga bermitra dengan “Asosiasi Pariwisata Delman” untuk membawa Anda ke berbagai tempat menarik di Lembang. Selain itu, tersedia pula mobil wisata “De Ranch Lembang n Beyond” yang akan menjemput Anda dari hotel tempat Anda menginap dan mengantarkan Anda ke berbagai tempat wisata di Lembang.

Baca Juga  Tempat Wisata Terindah Dunia: 10 yang Indahnya Kebangetan

Biaya masuk ke De’Ranch

Harga objek wisata De’Ranch Lembang masih tergolong murah dan terjangkau yaitu Rp 20.000. Tiket ini juga berfungsi sebagai voucher yang dapat ditukarkan dengan susu murni. Namun tiket ini belum termasuk berbagai atraksi yang tersedia. Anda perlu membeli tiket tambahan.

Kisaran harga yang ditawarkan untuk permainan di kawasan wisata berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 40.000. Sedangkan biaya angkut gerobak ke luar kawasan wisata sekitar Rp 100.000 per jam untuk 3 orang.

Jika ingin menunggang kuda di luar kawasan wisata, De’ Ranch menawarkan paket ini untuk minimal 2 pengunjung dengan biaya Rp 200.000 per orang per jam. Kisaran harga kursus pelatihan lanjutan mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 200.000.

Sedangkan durasi dan jumlah orangnya tergantung pada jenis kursus pelatihan lanjutan yang perlu diambil. De Ranch juga menawarkan tarif khusus untuk pengguna paket grup. Kisaran harga paket rombongan bisa Anda cek langsung kepada pihak pengelola objek wisata Jawa Barat ini.

Biaya masuk dan jam buka

Jam Buka Shutterstock De Ranch Lembang
Foto oleh Tridrian di Shutterstock

De’ Ranch Lembang buka dari hari Selasa hingga Minggu bahkan saat hari libur nasional. Jangan coba-coba datang di hari Senin, dijamin harus kembali karena pihak pengelola menutup objek wisata di hari tersebut. Jam buka De’ Ranch Lembang : 09.00 s/d 17.00 WIB. Jam buka ini berlaku pada masa New Normal.

Alamat dan rute menuju lokasi

Jika Anda menggunakan transportasi umum, ambil saja St. Aula – Lembang dari Bandung. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan transportasi lain seperti van atau ojek untuk mencapai depan De’Ranch. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, tempat wisata ini berjarak sekitar 1 km dari Bundaran Lembang.

Berikut informasi yang perlu Anda ketahui tentang De Ranch Lembang sebelum berlibur ke sana. Liburan seru di peternakan bertema koboi bisa semakin berkesan jika dinikmati bersama orang tersayang. Selamat berlibur!


databaru.my.id