Pesona Pantai Gatra, Pantai Indah Nan Cantik Bak Raja Ampat di Malang

Ide Wisata159 Dilihat


Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo. Sumbermanjing, Cab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Indonesia kaya akan daerah wisata yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya Malang. Kawasan ini berada pada ketinggian 440 hingga 667 meter di atas permukaan laut. Malang mempunyai beberapa ciri khas seperti kota apel, kota pariwisata dan kota bunga. Hal ini tidak mengherankan mengingat Malang memiliki banyak tempat wisata, salah satunya Pantai Gatra.

Wisata alam di Malang memang tiada duanya. Deretan pantai cantik nan eksotik siap menyambut wisatawan yang datang berkunjung. Pantai terpopuler di Malang adalah Balekambang. Namun, masih ada kawasan wisata pantai lainnya di Malang. direkomendasikan mengunjungi. Pantai ini dianggap sebagai Raja Ampat Jawa Timur.

Disebut Raja Ampat karena pesona pantainya sangat mirip dengan Raja Ampat di Papua yang sesungguhnya. Sehingga rasa penasaran para wisatawan pun semakin meningkat dan banyak diantara mereka yang menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Gatra saat menginjakkan kaki di Malang. Pesona pantainya sungguh indah, menghadap ke laut biru dan pasir putih bersih.

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Atraksi Pantai Gatra

Shutterstock Atraksi Pantai Gatra
Foto oleh Andy Cristanto di Shutterstock

Disebut Raja Ampat Jawa Timur.

Tak perlu jauh-jauh ke Papua karena Jawa Timur juga punya wisata pantai mirip Raja Ampat yang sangat populer. Tak heran jika pantai bernama Gatra ini menawarkan panorama laut dengan warna gradasi yang sangat menawan. Warna air laut yang murni biru tua dan biru kehijauan berpadu satu sama lain dan memanjakan mata.

Pantai Gatra juga memiliki pasir putih bersih dan lembut yang terhampar di sepanjang pantai. Air lautnya sangat jernih sehingga batu-batu karang di dasar laut terlihat jelas. Menariknya lagi, pantai ini dihiasi gugusan pulau-pulau hijau, mirip sekali dengan Raja Ampat di Papua, objek wisata yang begitu akrab di telinga wisatawan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ini adalah kawasan konservasi alam

Wisata Raja Ampat di Jawa Timur termasuk salah satu cagar alam karena letaknya di dalam batas wilayahnya. Konservasi hutan bakau Klungup. Pantai ini terletak bersebelahan dengan pantai mini dan pantai Klungap. Selain itu pantai ini juga satu kawasan dengan pantai batu pecah, pantai Sapana, dan pantai tiga warna.

Karena Pantai Gatra merupakan bagian dari kawasan konservasi yang dilindungi, maka siapa pun yang mengunjungi Pantai Gatra dilarang membuang sampah sembarangan. Bahkan, barang-barang yang dibawa wisatawan akan didaftarkan setibanya di loket pintu masuk. Barang-barang yang mungkin mencemari kawasan akan diperiksa saat wisatawan pulang.

Baca Juga  Air Terjun Janji, Pesona Air Terjun Indah yang Sarat Sejarah di Humbang Hasundutan

Sifat ombak pantainya lebih tenang

Malang terkenal dengan objek wisata pantainya yang menawan. Namun sebagian besar pantai memiliki ombak yang kuat. Yang menarik dari Pantai Gatra adalah pola ombak pantai ini secara umum lebih tenang dibandingkan pantai lain di Malang. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Ombak pantai yang tenang ini disebabkan karena pantai ini dikelilingi oleh gugusan batu karang besar di sekitar pantai serta beberapa pulau kecil seperti pulau bernama Sempu. Oleh karena itu, gelombang besar pecah dan menimbulkan gelombang yang biasanya lebih tenang sehingga aktivitas wisata menjadi lebih aman.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Gatra
Foto oleh Andy Cristanto di Shutterstock

Dikenal dengan nama Raja Ampat Jawa Timur, wisata pantai ini terletak di Jawa Timur, tepatnya di kawasan Malang. Lokasi Pantai Gatra hanya berjarak 40 kilometer dari pusat kabupaten Malang.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Malang, perjalanan menuju pantai tujuan akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan sepeda motor dan sekitar 3 jam dengan mobil.

Jalur yang bisa Anda tempuh adalah menuju Gadang, Touraine lalu menuju Pantai Sendang Biru. Setelah sampai di tengah jalan, Anda akan melihat belokan kanan dan ikuti rute menuju Pantai Klungap.

Begitu sampai di perempatan, Anda bisa mengikuti rambu pelelangan ikan. Ikuti jalan tersebut hingga mencapai gerbang utama Pantai Gatra. Setelah sampai di gerbang utama, wisatawan yang membawa mobil harus parkir terlebih dahulu di pintu masuk dan berjalan kaki sekitar 1,3 km untuk mencapai pantai.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan sepeda motor bisa lebih menghemat tenaga karena sepeda motor bisa dikendarai sepanjang jalan beraspal hingga ke pos keamanan.

Sesampainya di pos jaga, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter melewati Pantai Klungup. Bagi wisatawan dengan mobil yang tidak ingin berjalan kaki, tersedia layanan ojek. tinggal di pintu masuk utama yang dapat mengantarkan wisatawan menuju pantai hanya dengan membayar biaya ojek sebesar Rp 10 ribu.

➥ Promosi hotel di Malang

Biaya masuk dan jam buka

Tempat wisata tepi pantai di Malang selatan ini dibuka untuk umum setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Biaya masuknya Rp 10 ribu per orang. Wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan denda parkir sebesar Rp5-10 ribu. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima karena perjalanan menuju Pantai Gatra cukup sulit.

Baca Juga  Pantai Kutang Lamongan: Harga Tiket Masuk, Alamat, Asal Usul dan Gambar Terbaru

Pastikan juga kondisi fisik Anda benar-benar prima karena wisatawan harus berjalan kaki untuk sampai ke pantai. Wisatawan harus memahami rute menuju pantai agar tidak tersesat. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah musim kemarau.

Hindari musim hujan karena jalan menuju tujuan Anda sangat licin saat musim hujan. Bagi anda pengendara mobil yang ingin menggunakan jasa ojek dari pintu masuk utama pantai, anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10 ribu untuk jasa ojek tersebut.

Tersedia juga pemandu yang menemani dan memberikan informasi mengenai pantai dengan biaya layanan Rp 50-100 ribu. Sewa sampan biayanya Rp 25 ribu, dan sewa tempat perkemahan beserta tenda dan tanahnya Rp 100 ribu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Unsplash Gatra
Foto oleh Gallana Romancia di Unsplash

1. Berenang dan bermain air.

Karena ombak di pantai ini biasanya tenang, wisatawan bisa berenang dan bermain air dengan aman. Air lautnya jernih berkilau dengan warna biru cerah. Berenang dan bermain air, wisatawan akan merasakan kesegaran setelah menyentuh air laut. Jadi pantai ini tidak pernah sepi wisatawan.

2. Berkano

Yang menarik dari Pantai Gatra adalah wisatawan bisa menikmati aktivitas bermain kano. Terdapat persewaan kano di pinggir pantai yang bisa digunakan wisatawan. Tentu saja kegiatan ini sangat menarik bagi wisatawan karena bisa menikmati pemandangan pantai dari berbagai sudut dengan menggunakan kano.

3. Berkemah

Wisatawan yang suka berkemah juga bisa berkemah di pantai indah ini. Mereka bisa mendirikan tenda di tepi pantai dan bermalam di sana. Sensasinya akan sangat berbeda dengan wisatawan yang bermalam di akomodasi. Selama berada di pinggir pantai, tidur akan ditemani dengan suara deburan ombak yang syahdu.

4. Menyaksikan matahari terbenam di Pantai Gatra.

Raja Ampat, Jawa Timur merupakan salah satu tempat di mana Anda bisa menyaksikan matahari terbenam. direkomendasikan. Agar tidak melewatkan momen matahari terbenam, wisatawan disarankan datang ke pantai ini pada sore hari, menjelang senja.

5. Berburu foto

Karena disebut-sebut sebagai Raja Ampat Jawa Timur, banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Pantai Gatra karena tertarik dengan faktanya. Apalagi pantai ini menawarkan pemandangan menarik dari berbagai sudut sehingga ada saja wisatawan yang sengaja ingin mencari tempat terbaik untuk berburu foto.

Baca Juga  Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Akomodasi murah dekat pantai

1. Penginapan Ariesta

Lokasi hotel dekat dengan pantai, di kawasan Sendang Biru. Fasilitasnya lengkap dan terawat dengan baik. Biaya hidup per malamnya cukup terjangkau yakni Rp 180 ribu. Akomodasi ini juga strategis karena dekat dengan Kondang Bantung, Waru Waru dan Medium Blue.

2. Hotel Labda Asri

Biaya hidup per malam di hotel ini adalah Rp 301 ribu. Tempatnya terletak di kawasan Sendang Biru tepatnya di desa Tambak Regio. Fasilitas hotel lengkap dan pelayanan ramah dan baik.

3. Pondok Bambu

Hotel mewah ini memiliki AC. Mengingat kehadiran AC, tak heran jika biaya hidup per malamnya lebih mahal dibandingkan di perumahan lainnya yakni 337 ribu per malam. Hunian ini berlokasi di Sendang Biru yakni di kawasan Tambakrejo.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Gatra
Foto oleh Andy Cristanto di Shutterstock

Berbicara mengenai fasilitas, pengelola Pantai Gatra telah menyediakan fasilitas umum seperti kamar mandi, tempat parkir, jasa penyewaan ojek, penyewaan kano, penyewaan tenda dan jasa pemandu. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas seru dan menarik seperti berkano, berkemah, fotografi, berburu matahari terbenam, berenang, dan permainan air.

Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga wisatawan bisa berenang dengan aman. Pihak pengelola pantai menyediakan tenda untuk berkemah, namun melarang wisatawan menyalakan api. Pasalnya, pantai ini merupakan kawasan wisata alam yang dilindungi sehingga keindahan pasir pantainya tetap terjaga.

Pihak pengelola pantai Gatra juga menyediakan beberapa kompor yang terletak di dekat pemandian sebagai fasilitas bagi wisatawan yang berkemah di pinggir pantai. Beberapa kompor tersebut bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin memasak.

Wisatawan dapat membawa sendiri perbekalan makanan untuk menginap di pantai, karena tidak terdapat warung di kawasan lindung pantai. Karena ini merupakan kawasan lingkungan yang dilindungi, maka setiap wisatawan wajib menjaga kebersihan pantai.

Di pintu masuk, pihak pengelola mencatat barang-barang yang dibawa wisatawan dan akan memeriksanya kembali saat wisatawan pulang. Jika barang bawaan wisatawan ternyata sampah, akan dikenakan denda Rp 100.000.

Pantai Gatra sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena menawarkan panorama alam yang indah mirip dengan Pantai Raja Ampat Papua. Wisatawan tak perlu harus ke Papua jika ingin menikmati pemandangan alam berupa gugusan pulau-pulau kecil berwarna hijau dengan permukaan laut yang biru dan bersih.


databaru.my.id