Goa Selarong, Goa Bersejarah dengan Panorama Air Terjun Memukau di Bantul

Ide Wisata74 Dilihat


Jelajahi keindahan sejarah dan panorama menakjubkan Air Terjun Goa Selarong, situs bersejarah yang mencakup Goa Kakung dan Goa Putri di Bantul.

Harga tiket: 6000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Waktu Gedug, Guvosari, Kecamatan. Tampilan, Area. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Gua Selarong merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Bantul Yogyakarta yang keberadaannya selalu dikaitkan dengan situs sejarah dan hal mistis. Banyak orang yang memanfaatkan gua ini sebagai tempat wisata religi. Dahulu, gua ini digunakan sebagai tempat pertapaan Pangeran Diponegoro.

Kemudian juga digunakan sebagai markas perang gerilya melawan Hindia Belanda. Lokasi ini dipilih karena tempat tinggalnya diserang dan dibakar oleh Hindia Belanda. Pengunjung datang ke gua ini biasanya karena ingin mengenang kisah perjuangan Pangeran Diponegoro.

Dengan demikian, bagi Anda yang berkunjung ke Gua Selarong, dijamin pemahaman Anda akan sejarah akan semakin bertambah. Selain kekayaan sejarahnya, gua ini juga menawarkan keindahan yang tiada habisnya. Oleh karena itu tidak mengherankan jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di negara ini.

Objek Wisata Gua Selarong

Shutterstock Atraksi Gua Selarong
Foto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Tempat yang keren

Komplek Goa Selarong terletak di atas bukit kapur yang tingginya sekitar 35 m, letak goa ini cukup terjal, sehingga untuk menuju kesana perlu menaiki beberapa ratus anak tangga yang jaraknya sekitar 400 m. Selarong ini bisa disebut sempit. karena lebarnya hanya sekitar 3m.

Apalagi tingginya sendiri bahkan tidak mencapai 2 m, panjang gua di dalamnya sekitar 3 m, Gua yang dijadikan markas Pangeran Diponegoro ini berbentuk bukit batu dan memiliki dua bukaan. Konon kedua lubang ini digunakan sebagai tempat perlindungan Pangeran Diponegoro saat dikejar Hindia Belanda.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Udara di kawasan Goa segar

Sesampainya di Gua Selarong yang terkenal ini, Anda akan terkesima dengan sejuknya udara. Pasalnya, di dalamnya terdapat air terjun dan juga dipenuhi pepohonan hijau subur. Jadi, suasana yang tercipta di kawasan ini terkesan sangat asri.

Baca Juga  Air Terjun Tirta Buana, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Bali

Tak heran, sebagian besar pengunjung yang datang ke sini berasal dari daerah perkotaan yang padat penduduknya. Udara segar di tempat ini akan membuat siapapun bisa bersantai dan melupakan permasalahan sehari-hari.

Gua Kakung dan Gua Putri

Masih ada dua gua lagi yang masih menjadi bagian dari Gua Selarong. Kedua gua yang dimaksud tak lain adalah Goa Kakung dan Goa Putri yang juga turut memamerkan keindahannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Goa Selarong
Foto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Gua Selarong terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jawa Tengah. Lebih tepatnya di Kembangputihan, Guwosari, Kecamatan Pajangan. Untuk mencapai lokasi gua sebaiknya hanya menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum tidak dapat mencapai lokasi.

Jarak gua dengan kota Yogyakarta hanya 30 km, waktu tempuh sekitar 45 menit. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di Yogyakarta jika ingin perjalanan Anda lebih nyaman dan aman.

Jika memulai dari kilometer nol menuju lokasi gua hanya membutuhkan waktu sekitar 32 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 12,7 km. Dari titik Kilometer Nol arahkan kendaraan anda ke arah timur melalui Jalan Panembahan Senopati, kemudian akan ada perempatan berbelok ke selatan melalui Jalan Bridgend Katamso.

Setelah itu terus lurus hingga menemukan perempatan, belok barat hingga mencapai Kalan Maijend Sutoyo dan menuju ke selatan menuju Jalan Pandjaitan. Nah, dari Jalan Pandjaitan Anda akan sampai pada sebuah perempatan.

Berkendara ke arah barat melalui Jalan Suryodiningratan, lalu terus lurus hingga melewati Jalan Bantul. Kemudian belok barat melewati Jalan Selarong hingga mencapai Jalan Goa Selarong yang berarti Anda sudah sampai di tempat wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk Gua Selarong bisa dibilang murah yakni 6 ribu rupee. Biaya tiket berlaku setiap hari, Senin hingga Minggu, jam buka pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Dengan harga tersebut, setiap pengunjung akan bisa melihat keseluruhan isi gua yang pada zaman dahulu merupakan kediaman Pangeran Diponegoro. Selain biaya masuk, pengunjung juga dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

Baca Juga  Situ Janawi, Pesona Danau Indah dengan Panorama Memukau di Majalengka

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Parkir kendaraan roda empat berupa mobil penumpang akan dikenakan biaya sebesar Rs 5 lakh. Namun untuk parkir bus akan sedikit lebih mahal yakni Rp 10 ribu.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Kegembiraan di Gua Selarong
Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock

1. Menikmati keindahan Gua Selarong.

Tujuan banyaknya pengunjung yang datang ke Gua Selarong tak lain adalah untuk terpesona dengan keindahan alamnya yang berhasil menarik banyak perhatian. Gua ini merupakan tempat wisata yang lekat dengan sejarah dan Pangeran Diponegoro. Saat memasuki kawasan wisata, Anda akan disuguhkan patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kuda dan peta wisata.

Setelah ini Anda harus berjalan sejauh 200 meter dan menaiki beberapa anak tangga yang cukup tinggi. Perjalanan pastinya tidak akan membosankan karena Anda akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan dan perbukitan kapur. Sesampainya di lokasi, Anda akan semakin dimanjakan dengan keindahan gua beserta isinya.

2. Nikmati gemericik air terjun Goa.

Selain sebagai objek wisata berupa goa, di sekitar objek wisata ini juga terdapat air terjun yang bisa dikunjungi pengunjung. Air terjun ini tentunya menawarkan keindahan dan keunikan yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, aliran air yang deras membuat suasana di teras sangat segar.

Suara gemericik air begitu menenangkan sehingga rasa penat di pundak Anda akan langsung hilang. Namun saat memasuki musim kemarau, aliran air terjun tidak akan sekuat biasanya. Meski begitu, air terjun ini tetap menarik untuk dikunjungi.

3. Makan makanan di wilayah Goan.

Pengelolaan Gua Selarong sendiri bisa dikatakan cukup baik, dimana pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada pengunjung cukup lengkap dan terjamin. Salah satu layanan yang akan diberikan adalah akan berjejer beberapa warung makan di kawasan tersebut.

Bosan berjalan-jalan di sekitar gua dan menaiki tangga, tak ada salahnya mencoba berbagai masakan yang mereka sajikan di sana. Tidak hanya sekedar berlibur menikmati keindahan alam goa, Anda juga harus berwisata kuliner.

4. Berburu oleh-oleh

Sungguh mempesona, Gua Selarong merupakan pusat oleh-oleh dimana pengunjung dapat memilih dan membeli berbagai oleh-oleh. Adanya toko oleh-oleh ini tentu memudahkan banyak pengunjung dalam membeli oleh-oleh.

Baca Juga  Candi Gunung Gangsir, Menyaksikan Keindahan Candi Hindu Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Pasuruan

Apalagi pasti ada rasa ada yang kurang kalau jalan-jalan tapi tidak beli oleh-oleh. Ditambah lagi, biasanya keluarga Anda di rumah juga menantikan oleh-oleh dari Anda yang hendak berlibur.

5. Ambil foto lucu

Jangan biarkan aktivitas menyenangkan seperti fotografi asyik menimpa Anda saat berada di Gua Selarong. Berbagai bukti sejarah yang Anda temukan di gua bersejarah ini bisa Anda abadikan dengan jepretan kamera yang indah. Memiliki bukti berupa foto akan membuat Anda teringat momen-momen seru saat menghabiskan waktu berlibur.

Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan kamera terbaik yang bisa Anda bawa saat mengunjungi gua ini. Jika Anda tidak mempunyai kamera, Anda juga bisa menggunakan fitur kamera pada smartphone Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Struktur gua Selarong
Foto oleh Selamat.Std di Shutterstock

Meski Gua Selarong tidak bisa diakses dengan kendaraan umum, namun objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Terdapat fasilitas umum berupa tempat parkir yang aman dan toilet yang bersih. Pengunjung yang datang sendiri maupun rombongan besar tetap dapat memarkir kendaraannya selama wisata berlangsung.

Di lokasi gua juga disediakan musholla karena sebagian besar pengunjung tempat ini beragama Islam. Jadi, bagi Anda yang ingin salat tidak perlu bingung mencari tempat. Selain itu, gua ini memiliki taman bermain anak-anak yang terletak tepat di bawah bukit.

Taman bermain ini menjadi salah satu tempat menarik bagi mereka yang mengunjunginya bersama anak-anaknya. Dengan begitu, anak-anak tidak akan bosan saat bepergian. Tak hanya itu, gua ini juga menawarkan tempat membeli oleh-oleh untuk keluarga Anda di kampung halaman.

Sekian informasi mengenai tempat wisata unik bernama Gua Selarong di Yogyakarta. Bagi Anda yang berencana berlibur ke Yogyakarta, goa ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Dengan mengunjungi gua ini niscaya liburan Anda akan semakin berkesan dan bermanfaat.


databaru.my.id