Kolam Alami Air Sanih, Pesona Pemandian Alami yang Super Jernih di Bali

Ide Wisata9 Dilihat


Kolam Alam Air Sanih merupakan perpaduan harmonis antara pesona pemandian alam murni dan kehadiran pura memberikan nuansa Bali yang elegan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 07.00–17.00 VITA, Alamat: Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Daerah. Kubuchepat, Kab. Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasi

Kolam Renang Alam Air Sanih merupakan salah satu tempat wisata di Buleleng yang menampilkan sumber mata air tawar alami di pinggir Pantai Lovina. Air di kolam ini bersih dan jernih. Berasal dari sumber alami sungai bawah tanah. Wisatawan bisa menikmati sensasi segarnya air.

Kolam alami ini terletak di pinggir Pantai Lovina. Letaknya di Buleleng Bali. Keberadaan kolam alami ini bukanlah hal baru. Penduduk setempat sudah mengetahui kolam ini sejak tahun 1930-an. Bahkan ada mitos yang menyatakan siapa pun yang berenang di air kolam alami ini akan menemukan jodohnya selamanya.

Oleh karena itu, saat musim liburan, Anda akan melihat anak-anak muda datang untuk merasakan sensasi segarnya air alami.

Wisatawan bisa menyaksikan indahnya pemandangan alam di sekitar kolam yang ditumbuhi pepohonan hijau dan luasnya lautan sambil berenang di kolam. Inilah nuansa yang membuat jiwa terasa lebih tenang.

Daya Tarik Kolam Renang Alam Air Sanih

Daya Tarik Kolam Renang Alam Air Sanih
Foto Kolam Alami Air Sanih di Google Maps

1. Lokasi strategis

Kolam Alam Air Sanih terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Lebih tepatnya terletak di kawasan Pantai Lovina. Pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis, dihiasi dengan lumba-lumba yang melompat-lompat di tengah laut. Pantai Lovina benar-benar rumah bagi lumba-lumba, hewan lucu dan cerdas.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Lovina, terdapat kolam renang tepat di depan pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Letaknya tepat di seberang pantai. Ya, kita berbicara tentang kolam alami ini.

2. Sumber alam

Kebanyakan manajemen mengisi kolam dengan air. Namun berbeda dengan kolam alami yang satu ini. Sesuai dengan namanya, mata air alami mengalir secara alami dari dalam tanah.

Mata air mengalir tiada henti dan memberikan rasa segar. Bebas klorin dan bebas klorin. Jadi air alami ini sangat bermanfaat. Anda bisa menikmatinya sambil berenang, mandi atau sekedar duduk di tepi kolam dengan kaki di dalam air.

Baca Juga  Sunrise Point Cukul, Spot Terbaik Menikmati Panorama Matahari Terbit di Bandung

3. Suasana wisata yang asri dan asri.

Di sepanjang tepian kolam terdapat beberapa pepohonan hijau rindang yang menciptakan suasana asri. Sembari menikmati berenang atau berenang, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan lautan luas di Pantai Lovina.

Bahkan di momen yang tepat, wisatawan bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba yang kerap muncul ke permukaan sambil melompat-lompat di tengah lautan. Pesona tersebut tentunya akan semakin menambah keseruan selama berlibur di Pulau Dewata, apalagi di tepi kolam alaminya.

4. Tempat populer untuk foto

Ada beberapa photo reel modern yang bisa dijadikan background foto. Misalnya saja di dekat bangunan pura, gapura dengan tulisan “Kolam Alam Eir Sanih”, pemandangan laut luas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang terpenting persiapkan kamera terbaik untuk liburan Anda di kolam alami. Wisatawan yang terbiasa dipotret dan dipotret biasanya tidak kesulitan dalam mengidentifikasi spot foto yang bagus.

5. Rasa air tawar

Kolam alami yang terletak di dekat Pantai Lovina ini rasanya seperti air tawar. Pada umumnya mata air yang letaknya dekat dengan laut mempunyai rasa yang asin. Namun berbeda dengan sumber di kolam alami Eir Sanich.

Inilah salah satu keunikan kolam alami. Oleh karena itu tak heran jika tamasya ini menambah rasa penasaran pengunjung. Dan digunakan sebagai tempat upacara sakral bagi umat Hindu. Keberadaannya patut untuk dilindungi dan dilestarikan.

6. Terdapat bangunan candi.

Di sekitar kolam alami Eir Sanih terdapat pura yang sering digunakan umat Hindu untuk beribadah. Pasalnya, kolam alami ini sering dijadikan tempat upacara keagamaan Hindu.

Namun masyarakat muslim juga kerap mengunjungi objek wisata ini untuk merasakan sensasi segarnya air alami. Apalagi di hari kedua Idul Fitri, banyak wisatawan muslim yang berbondong-bondong mengunjungi perairan Sanih.

Bahkan, kolam mata air alami ini sering dijadikan sebagai tempat silaturahim antara umat Islam dan Hindu. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Bali menganut paham kesetaraan dan toleransi antar umat beragama dan antar suku.

Alamat dan rute menuju lokasi

Daya Tarik Kolam Renang Alam Air Sanih
foto Berita Pariwisata Bali di Twitter

Kolam Alam Air Sanih terletak di Pulau Bali, di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Kubchepatn. Letaknya di Jalan Air Sanih, Desa Ulik. Jika Anda berkunjung ke Pantai Lovina, Anda akan melihat kolam menawan di sana. Anda hanya perlu berjalan kaki dari pantai menuju kawasan wisata.

Baca Juga  Pulau Panjang, Pulau Eksotis di Jepara yang Menawarkan Sejuta Pesona

Cekungan Air Sanih terletak di sebelah timur kota Singaraja, dengan jarak sekitar 17 kilometer. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan rute mudah menuju suatu tempat.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin datang ke sini untuk menikmati air kolam alami ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Kolam Alam Air Sanih cukup terjangkau.

Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Anda bisa menikmati sensasi kesegaran air murni alami. Selain itu, pihak pengelola juga memisahkan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Jadi setiap orang yang akan berenang pasti akan merasa nyaman.

Kegiatan yang menarik

Asyiknya di Kolam Alam Air Sanih
Foto Kolam Alami Air Sanih di Google Maps

Berenang

Berenang sepertinya wajib dilakukan saat Anda masuk ke kolam alami ini. Rasa segar air yang bersih, jernih, dan bebas bahan kimia tentu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Wisatawan bisa berenang sepuasnya. Anda juga bisa sekadar bermain air, seperti berendam atau mencelupkan kaki ke tepian kolam. Sambil bermain air, tentunya Anda akan disuguhi pemandangan sekitar yang menakjubkan. Apalagi di Pantai Lovina dengan pasir putihnya.

Berburu foto

Setiap momen liburan Anda pasti akan tetap menjadi kenangan yang tak terlupakan. Salah satu cara untuk mengabadikan kenangan tersebut adalah dengan mengambil foto. Lokasi Kolam Alam Air Sanih mempunyai beberapa spot foto yang menarik.

Wisatawan biasanya tidak melewatkan spot foto di papan yang terbuat dari semen dengan tulisan “Kolam Alam Air Sanih Buleleng Bali”. Selain menjadi ciri khas destinasi wisata, latar belakang laut yang sejuk dan luas juga menjadi landmark yang patut diabadikan.

Pergi ke pantai

Mengingat Kolam Alam Air Sanih terletak di dekat Pantai Lovina, maka wisatawan juga bisa menikmati suasana pantai. Usai berolahraga di kolam alami, wisatawan bisa berjalan-jalan menuju pantai untuk menikmati suasana berbeda sambil merasakan semilir angin sepoi-sepoi.

Nikmati pemandangan laut

Terbayangkah rasanya melayang sambil menikmati pemandangan tenang hamparan pasir putih dan lautan tak berujung? Ini sungguh hal yang sangat bagus.

Baca Juga  Dolan Deso Boro, Menikmati Beragam Wahana Outbound yang Menantang Adrenalin di Kulon Progo

Pikiran yang awalnya penat karena aktivitas sehari-hari, seakan sirna seketika saat melihat sejuknya keindahan alam. Bahkan, Anda akan betah berlama-lama.

Santai

Usai berenang atau bermain di kolam renang, wisatawan dapat bersantai dan melepas penat di area relaksasi yang telah disediakan. Anda bisa menikmati makan siang sambil bercanda bersama sanak saudara.

Momen kemeriahanmu pastinya akan semakin seru. Rasanya seperti saya datang ke tempat yang sama untuk kedua kalinya.

Nikmati memasak

Tak hanya pesona keindahan alam saja yang tersedia di lokasi kolam alami tersebut. Wisatawan juga bisa mencoba masakan Bali atau beragam hidangan seafood di restoran terdekat. Tidak perlu khawatir soal harga. Pedagang memberikan harga yang terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Kolam Alam Air Sanih
Foto oleh Ria Sukma Sari di Google Maps

1. Lokasi parkir

Area parkir di Kolam Alam Air Sanih ini cukup luas. Banyak wisatawan yang datang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

2. Kamar mandi

Kamar mandi di kolam ini bisa digunakan wisatawan untuk mandi setelah berenang di sumber air alami. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk sekali menggunakan toilet.

3. Loker untuk menyimpan barang

Berenang tentunya tidak membutuhkan perlengkapan pribadi. Nah, agar barang bawaan Anda tetap aman, sebaiknya sewalah loker untuk menyimpan barang bawaan Anda. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk menyewa satu pintu loker.

4. Sewa kapal terapung

Wisatawan yang tidak bisa berenang tidak perlu bersedih. Anda bisa menyewa pelampung dengan harga murah. Yakni pembayaran Rp 15.000 per pelampung.

5. Restoran

Terdapat beberapa restoran di sekitar kolam renang yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Bahkan ada menu seafood karena lokasinya dekat dengan pantai.

6. Akomodasi

Jika kurang puas menjelajahi kawasan, Anda bisa menyewa tempat menginap. Berkat lokasinya yang dekat dengan Pantai Lovina, wisatawan juga bisa menemukan beberapa resort dengan harga berbeda-beda.

Demikian review hotel yang terletak di kawasan Buleleng Bali. Semoga menjadi referensi tambahan bagi anda yang ingin mengunjungi kolam alami ini. Perasaan segar dan pemandangan mempesona patut untuk dicoba. Selamat berlibur.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *