Air Terjun Tirta Buana, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Bali

Ide Wisata10 Dilihat


Temukan keindahan tersembunyi Air Terjun Tirta Buana Bali dengan spot foto menawan di tengah alam yang eksotis.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Silangjana, Kecamatan. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasi

Kabupaten Buleleng, Bali memiliki wilayah yang sebagian besar berada pada dataran tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika kawasan ini terkenal dengan banyaknya air terjun.

Salah satunya adalah air terjun Tirta Buana. Merupakan daya tarik wisata utama desa Pegadungan. Tempat yang awalnya merupakan pembangkit listrik tenaga air ini kini dipenuhi wisatawan yang datang untuk berlibur.

Keindahan air terjun yang mempesona di tengah perbukitan hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mengalir cukup deras dan memiliki kolam tempat wisatawan sering berenang. Airnya sangat sejuk karena berasal dari mata air alami yang keluar dari celah-celah bebatuan.

Meski terletak di kawasan perbukitan yang agak terpencil, namun objek wisata alam ini sudah memiliki infrastruktur yang cukup lengkap. Wisatawan dapat dengan nyaman menghabiskan liburannya bersama keluarga, kolega, sahabat, dan orang tercinta. Menyajikan pemandangan indah dan suasana asri, Air Terjun Tirta Buana cocok bagi Anda yang membutuhkan penyegaran.

Objek wisata air terjun Tirta Buana

Objek wisata air terjun Tirta Buana
Foto Suartini Kadek di Google Maps

Pemandangan indah

Bali sudah terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk di kawasan Buleleng. Pemandangan indah panorama perbukitan hijau yang menyegarkan menjadi pemandangan alam yang menarik perhatian banyak wisatawan. Pada akhir pekan dan hari libur, cukup banyak wisatawan yang datang untuk berwisata di air terjun tersebut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sesampainya di lokasi air terjun, Anda akan dikelilingi perbukitan dengan pepohonan rindang. Alamnya yang indah dan tentunya udaranya yang bersih. Lokasinya juga tidak terlalu dekat dengan jalanan kota sehingga cocok bagi Anda yang ingin menghirup udara segar di alam.

Air terjun yang keren

Daya tarik utama dari tempat wisata ini tentu saja adalah indahnya pemandangan air terjun Tirta Buana yang dikelilingi perbukitan hijau. Berbeda dengan air terjun yang biasanya bersumber dari sungai-sungai di atasnya, Air Terjun Tibuan mengalir langsung dari mata air alami.

Air sejuk yang muncul dari celah-celah bebatuan langsung mengalir deras hingga membentuk air terjun setinggi 15 meter. Dibawahnya terdapat kolam air dimana wisatawan dapat bermain dan berenang. Airnya sangat bersih dan tentunya dingin khas air pegunungan.

Baca Juga  Candi Kalasan, Candi Bersejarah di Sleman yang Identik dengan Kerajaan Hindu Budha

Suasana tenang

Jika liburan pantai Anda terlalu ramai dengan wisatawan, mungkin wisata air terjun bisa menjadi alternatif yang cocok. Di tengah perbukitan yang indah, pengunjung bisa merasakan suasana alam yang tenang dan damai.

Anda tidak akan terganggu oleh kebisingan kota dan knalpot mobil. Satu-satunya suara di sekitar tempat wisata ini hanyalah suara angin dan air yang menenangkan. Mungkin suara burung dan binatang di hutan sekitar air terjun juga menjadi lagu alam pengiring wisatawan.

Tempat untuk foto

Daya tarik Air Terjun Tirta Buana atau dikenal juga dengan nama Tibuan adalah sebuah spot foto. Kebanyakan wisatawan berburu foto di tempat ini.

Pemandangan air terjun yang indah dari jauh menjadi backdrop favorit untuk berfoto-foto wisatawan. Aliran air terjunnya yang cukup deras menciptakan warna yang kontras dengan perbukitan dan tebing batu di dekatnya.

Di atas batu dekat air terjun juga terdapat papan nama besar yang sering dijadikan tempat selfie. Untuk menarik wisatawan, pihak pengelola membuat beberapa platform foto tambahan.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat air terjun Tirta Buana
Foto oleh Yusa Aryadana di Google Maps

Tempat wisata Air Terjun Tibuane cukup mudah dijangkau dan dapat ditempuh dengan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Lokasinya kurang lebih 30 menit berkendara dari pusat kota Singaraja.

Anda bisa menggunakan jalur Singaraja – Bedugul hingga menemukan pertigaan sepanjang 18 km menuju desa Lemukih. Lanjutkan perjalanan hingga memasuki Desa Pegadungan.

Lihatlah ke pinggir jalan dan temukan papan reklame besar bertuliskan “Air Terjun Tirta Buana” yang dapat membantu wisatawan menemukan arah menuju air terjun.

Anda dapat membawa mobil Anda ke tempat parkir. Namun setelah itu perjalanan dilanjutkan sekitar 300 meter hingga menemukan air terjun indah ini.

Objek wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat dan biaya masuknya sebesar Rp 10.000 per orang. Wisata Air Terjun Tirta Buana di Kabupaten Buleleng Provinsi Bali dibuka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung akan lebih ramai pada akhir pekan dan hari libur.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di air terjun Tirta Buana
Foto Tiang Oni di Google Maps

1. Mendaki menanjak

Perjalanan dari habitat burung beo menuju air terjun merupakan pengalaman yang menyenangkan, terutama bagi pecinta trekking. Jalannya menanjak dan menurun, jadi perlu berhati-hati saat melangkah. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan indah perbukitan dan hutan di sekitarnya.

Baca Juga  Desa Wisata Tinalah, Menyaksikan Pesona Alam & Kekayaan Budaya Berpadu di Kulon Progo

Meski jalur menuju air terjun ini tidak terlalu panjang, namun hal ini bisa menjadi aktivitas yang seru dan tentunya menyehatkan.

Disarankan untuk tiba pada cuaca cerah untuk menghindari jalan licin yang tertutup air hujan. Sebagian besar akses ke air terjun adalah melalui darat, dengan tangga yang dibangun di lereng dan turunan.

2. Berburu foto

Apakah Anda kehabisan stok foto untuk diunggah ke media sosial? Cobalah berfoto di air terjun Tirta Buana yang menyuguhkan pemandangan yang mempesona.

Pemandangan indah perbukitan hijau yang mengelilingi air terjun menjadi latar belakang yang menarik untuk berfoto. Dari kejauhan air terjunnya terlihat bertingkat, ditambah lagi aliran air dari kolamnya cukup deras.

Bagi Anda yang suka selfie, Anda juga bisa berfoto di sekitar air terjun dan fasilitas yang ada. Jadi jangan lupa untuk membawa smartphone atau kamera anda ketika berlibur ke tempat ini.

Latar belakang air terjun yang mengalir menuruni tebing berbatu juga bisa mempercantik foto prewedding Anda bersama calon suami atau istri.

3. Nikmati pemandangannya

Air terjun seolah menjadi tontonan yang tak pernah membosankan. Apalagi di tengah perbukitan hijau, aliran airnya cukup deras. Anda bisa menikmati indahnya panorama alam Tibuana ini.

Terdapat tiga aliran air terjun yang masing-masing mengalir menuruni batu. Aliran air terjun di sini cukup lebar sehingga menciptakan tampilan yang estetis. Anda juga bisa melihat air terjun lebih dekat dan merasakan sejuknya percikan air di kulit Anda.

4. Piknik

Di sekitar air terjun, pengunjung bisa menjumpai gazebo. Selain untuk bersantai, gubuk sederhana ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat piknik bersama rombongan.

Bersantap dengan pemandangan alam yang akan membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Pengunjung dapat membeli makanan di kantin atau warung makan di sekitar air terjun.

Wisatawan yang ingin menikmati liburan di air terjun Tirta Buana sebaiknya membawa segala kebutuhannya. Siapkan makanan, snack dan minuman sebelum berangkat ke tempat ini. Setelah makan, pastikan untuk membuang sampah Anda dan membuangnya ke tempat sampah.

Baca Juga  Kebun Teh Wonosari, Objek Wisata Alam Hits & Sarana Edukasi di Malang

5. Berenang di air terjun Tirta Buana.

Sebuah bendungan dibangun di kolam alami di bawah air terjun untuk menjaga air lebih tenang. Pengunjung bisa berenang dengan lebih nyaman tanpa perlu khawatir terseret arus sungai. Kedalaman kolam ini mencapai pinggang orang dewasa dan lebih dalam dari air terjun.

Wisatawan sebaiknya berenang di tempat yang aman untuk menghindari efek yang tidak diinginkan. Kolam ini jarang meluap meski setelah hujan karena air terjun ini bukan aliran sungai.

6. Rendam

Jika Anda tidak membawa baju ganti atau tidak ingin kedinginan saat berenang, mungkin Anda bisa mencoba mencelupkan kaki ke sungai. Air dingin dapat memberikan efek relaksasi pada otot kaki setelah mendaki menanjak.

Air yang meluap di kolam dialirkan ke sungai yang cukup lebar. Wisatawan bisa memilih spot yang nyaman, seperti batu besar, untuk duduk dan merendam kaki. Anda bisa mendapatkan terapi gratis sambil menikmati keindahan air terjun Tirta Buana dan suara air yang jatuh ke dalam kolam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur air terjun Tirta Buana
Foto oleh Alex Travels di Google Maps

Meski dikelola secara mandiri oleh kelompok sadar wisata, namun fasilitas yang dimiliki tempat ini cukup memadai. Tersedia tempat parkir yang memadai bagi pengunjung untuk menampung kendaraan roda dua dan empat. Parkir di sini juga gratis alias gratis.

Sedangkan fasilitas bagi wisatawan di sekitar Air Terjun Tirta Buana antara lain toilet dan ruang ganti. Meski sederhana, toilet di tempat ini cukup nyaman dan bersih. Wisatawan yang ingin berganti pakaian setelah berenang bisa menggunakan salah satu fasilitas tersebut.

Gazebo juga melengkapi objek wisata alam di Buleleng yang populer ini. Jika ingin membeli makanan dan minuman, wisatawan bisa mencarinya di beberapa warung makan sederhana yang ada di sekitar kawasan wisata ini.

Menarik bukan Air Terjun Tirta Buana karena pesona alamnya yang mempesona? Tempat ini bisa kamu tambahkan ke dalam daftar destinasi wisatamu untuk menghabiskan akhir pekan bersama orang-orang tersayang.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *