Air Terjun Tanggedu, Air Terjun Eksotis di Sumba Timur yang Berjuluk Twin Canyon

Ide Wisata9 Dilihat


Air Terjun Tangedu di Sumba Timur. Air terjun eksotis ini dijuluki “Twin Canyon” karena berbagi pesona Green Canyon dengan airnya yang biru jernih dikelilingi tebing kapur hijau.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 VITA, Alamat: Ndapayami, Kecamatan. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Air Terjun Tanggedu merupakan salah satu tempat wisata di Sumba Timur NTT yang wajib Anda kunjungi. Keindahan alamnya sungguh luar biasa, aliran airnya sangat bersih. Aliran debitnya sangat deras karena tidak bersifat musiman.

Batu karang yang menjadi tempat aliran air ini terlihat sangat eksotis dan menawan dengan garis-garis alaminya. Objek wisata alam ini tidak pernah sepi, ratusan wisatawan dari berbagai daerah datang ke sini setiap harinya.

Selama masa liburan, jumlah mereka meningkat tajam. Selain keindahan dan pesona air terjunnya, suasana di sekitar objek wisata juga terkesan sangat asri. Rasa sejuk dan menyegarkan didapat ketika berada di lokasi.

Saking indahnya hingga beberapa pengunjung membandingkannya dengan Green Canyon. Twin Canyon mendapat julukan ini dari dua aliran utama yang membanjiri kolam tersebut.

Bebatuan eksotik tidak hanya menjadi tempat mengalirnya air, tetapi juga menjadi pembatas hingga berakhir di hilir sungai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Air Terjun Tanggedu

Objek Wisata Air Terjun Tanggedu Sumba
Foto Bayu Agung di Google Maps

Setiap objek wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri, tak terkecuali air terjun eksotik ini. Mungkin ada yang bertanya kenapa tempat ini selalu ramai pengunjung. Alasan-alasan berikut ini pasti akan meyakinkan Anda dan membuat Anda ingin segera berangkat ke lokasi!

1. Sabana hijau

Anda akan menerima atraksi tersebut sebelum tiba di lokasi utama. Saat Anda bepergian, Anda akan menemukan padang rumput yang luas.

Namanya padang savana Sumba Timur terkenal dengan panorama alamnya. Di sini cukup unik karena hadir dalam berbagai warna tergantung kapan Anda berkunjung.

Sabana di kawasan wisata Air Terjun Tanggedu berubah menjadi hijau menyegarkan saat musim hujan. Rerumputan yang indah dan agak tinggi menemani Anda selama perjalanan.

Saat musim kemarau, warna hijaunya berubah menjadi kekuningan sehingga terlihat eksotis. Kontur perbukitan membuat pemandangan semakin indah, apalagi juga dihiasi beberapa pepohonan.

Baca Juga  Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

2. Air bersih yang menyegarkan

Biru dan jernih menjadi daya tarik selanjutnya yang akan Anda dapatkan. Warna cat air ini mampu menghipnotis wisatawan mana pun. Seolah-olah kehilangan kesadaran, mereka mendekati aliran air dan ingin merasakan kesegarannya.

Meski debit air yang mengalir cukup besar, namun tidak mempengaruhi kejernihan air dan tetap stabil. Air Terjun Tanggedu di Mbale Timur mungkin tingginya tak mencapai puluhan meter, namun pesonanya tak tertandingi.

Sedikit penghijauan bila Anda berkunjung saat musim hujan. Keduanya tetap jernih, meski pada kedalaman tertentu bagian bawahnya terlihat. Untuk menikmati keindahan ini, Anda bisa merantai diri Anda pada sebuah batu.

3. Dihiasi bebatuan eksotik

Jika pada umumnya air terjun hanya dibatasi oleh dua batu karang di sisi kanan dan kirinya, maka kali ini semuanya berbeda. Gugusan bebatuan cadas membuat tampilannya semakin indah, bak gambaran alam yang indah.

Batuan tersebut membatasi air untuk masuk ke dalam kolam dan juga berfungsi sebagai penghalang hingga mencapai hilir. Garis-garis alami menambah eksotisme, beberapa bagian terlihat seperti teras. Batuan ini juga membelah Air Terjun Tangedou di beberapa titik.

Untuk menuju suatu tempat dari tempat lain, terdapat sepotong kayu yang dapat digunakan sebagai jalan masuk. Keindahannya semakin terlihat ketika air mengalir melalui batu karang ini. Suara alam terdengar sangat jelas, suara gemericik air menenangkan hati.

4. Suasana asri dan sejuk

Seperti halnya air terjun di tempat lain yang biasanya dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan hijau. Hal yang sama berlaku untuk Air Terjun Tangedou: batu utamanya, yang menjulang setinggi puluhan meter, ditutupi pepohonan yang rimbun.

Itu membuat suasana semakin indah dan sejuk. Karena lokasi wisata alam ini jauh dari perkotaan, kualitas udaranya sangat baik.

5. Kolam renang alami

Daya tarik Air Terjun Tanggedu Sumba Timur selanjutnya adalah kolam alaminya. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang Anda temukan di tempat lain.

Baca Juga  Museum Manusia Purba Gilimanuk, Tempat Terbaik untuk Mempelajari Kehidupan Prasejarah di Jembrana

Hanya saja jika dilihat dari airnya, tidak sebagian besar tampak transparan dan berwarna kebiruan. Tentu menyegarkan, sayang sekali jika tidak menyempatkan diri untuk mandi atau berendam.

Menariknya lagi terdapat beberapa kolam renang yang bisa dijadikan tempat berendam atau bermain air. Anda juga bisa berenang di salah satunya, cukup dalam.

Setidaknya ada 5 kolam alami di sini yang masing-masing berarus. Ukuran dan kedalamannya bervariasi, namun yang paling populer adalah kolam yang berada tepat di bawah air terjun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tanggedu, Sumba
Foto oleh Alfredo Joseph Iulianto di Google Maps

Meski jauh dari perkotaan, namun kawasan wisata Air Terjun Tangedou masih mudah dijangkau. Akses menuju rumah bagus, sebagian besar beraspal. Kunjungi saja lokasi wisata berupa tanah dan batu.

Jaraknya juga tidak terlalu lama, hanya beberapa menit berkendara. Jarak dari Taman Kota Waingapu atau pusat kota diperkirakan 50 kilometer. Dengan kecepatan mobil normal Anda dapat menempuh perjalanan dalam waktu 1 jam 30 menit.

Anda bisa menggunakan jalur Jalan Matavai Amahu karena cukup mudah. Menggunakan aplikasi Google Maps bisa sangat membantu. Secara administratif, air terjun cantik ini terletak di Desa Tangedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Air Terjun Tanggedu di Mbale Timur relatif murah dan dijamin tidak menguras kantong. Hanya dikenakan biaya 5.000 rupee per pengunjung. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menikmati semua keindahan alam yang tersaji di sini.

Selain itu, tentunya berbagai acara menarik juga digelar untuk melengkapi perayaan tersebut. Biaya tambahan hanya dikenakan kepada wisatawan yang datang dengan transportasi pribadi. Kalau naik sepeda motor siapkan 2.000 rupee, dan untuk mobil 5.000 rupee.

Total biaya maksimal yang akan Anda keluarkan hanya Rp 10.000 saja, sangat terjangkau. Silakan berkunjung sesuai jam buka yaitu pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.

Kegiatan yang menarik

Asyiknya di Air Terjun Tanggedu Sumba
Foto David di Google Maps

Untuk mengakhiri pembicaraan tentang Air Terjun Twin Canyon, berikut beberapa informasi tentang apa yang dapat Anda lakukan. Tergantung selera memang, namun inspirasi berikut ini bisa Anda jadikan aktivitas utama di lokasi.

Baca Juga  Bunut Ngengkang, Pemandian Alami di Lombok Barat yang Kaya Pesona

Perjalanan yang menarik ke air terjun Tangedu

Ada beberapa aktivitas yang sangat menarik untuk dilakukan sebelum tiba di air terjun. Apalagi kalau bukan tracking sepanjang perjalanan menuju objek wisata.

Jarak dari tempat parkir sekitar 3 kilometer. Jaraknya lumayan jauh, tapi dijamin asyik. Selama berwisata, Anda selalu ditemani alam yang indah dan menakjubkan.

Nikmati keindahan yang eksotik dan alami

Air Terjun Tangedu Sumba Timur sangat menawan baik dari alam maupun lokasi utamanya. Savannah adalah keindahan pertama yang akan Anda temukan.

Sesampainya di air terjun, pemandangan semakin eksotis dengan air yang mengalir menuruni bebatuan. Perasaan takjub itu terjadi secara otomatis, disadari atau tidak.

Berenang dan bermain air

Kunjungan ke air terjun rasanya belum lengkap tanpa aktivitas air. Apalagi Air Terjun Tangedou relatif aman meski arusnya agak deras. Jika tidak bisa berenang, pastikan memilih kolam yang dangkal.

Anda juga bisa bermain air di pinggirnya sekedar untuk merasakan kesegaran airnya yang dijamin tak kalah serunya.

Beristirahatlah di tepi sungai

Aktivitas menarik selanjutnya di kawasan wisata Air Terjun Tangedou adalah bersantai di tepian sungai. Bersantai di rumah mungkin terasa familiar, namun bisa juga membosankan dan monoton.

Namun lain halnya jika bersantai di sini, karena selalu diiringi pemandangan yang indah. Suara alam terdengar merdu: perpaduan gemericik air dan angin menyapa pepohonan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Tanggedu Sumba
Foto David di Google Maps

Memang belum ada fasilitas di kawasan air terjun. Semuanya terkonsentrasi di kawasan pemukiman, termasuk lahan parkir. Ada juga kios atau restoran tempat Anda dapat mengisi kembali perbekalan.

Terdapat juga toilet dan tempat ibadah, silakan digunakan jika diperlukan. Di sepanjang jalan terdapat tempat rekreasi dan beberapa gazebo.

Mengisi liburan dengan wisata alam mungkin masih menjadi pilihan utama sebagian wisatawan. Secara keseluruhan, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi dibandingkan konsep wisata lainnya.

Lain halnya dengan Air Terjun Tangedou, Anda tidak perlu menabung terlebih dahulu untuk menikmati semua pesona yang ditawarkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *