Merapi Park, Destinasi Wisata Hits Jogja & Replika Landmark Terkenal Dunia

Ide Wisata25 Dilihat


Merapi World Park merupakan salah satu tempat wisata di Sleman, Jogja yang kekinian dan terpopuler. Tempat yang menawarkan replika atraksi terkenal: Taman Air Anak, Kota Koboi, Rumah Kucing, dan Kota Kelinci.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 09.00-16.30, Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kech. Pakeham, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Sleman, Yogyakarta dikenal luas sebagai kota keraton yang masih mempertahankan adat istiadatnya. Selain itu, Sleman juga merupakan kota dimana Gunung Merapi berada. Gunung ini banyak diminati wisatawan bukan hanya karena keindahannya saja, namun juga karena tempat wisata lain yang tak kalah penting seperti Taman Merapi Sleman.

Taman Merapi dibuka pada tahun 2017. Karena popularitas dan kesan yang ditimbulkannya, banyak pengunjung yang menyebut Taman Merapi sebagai daya tarik dunia. Sebuah objek wisata utama di Sleman, taman ini menawarkan banyak keistimewaan. Mulai dari desain, tata letak hingga fasilitas yang memadai.

Jadi pengunjung pasti akan sangat senang jika sampai di tempat wisata buatan ini. Tempat ini dipenuhi dengan berbagai miniatur yang menjadi simbol negara-negara di dunia. Di sinilah pengunjung akan merasakan pengalaman yang benar-benar berbeda ketika mengunjungi sebuah taman hiburan. Berbagai permasalahan mengenai Taman Merapi Sleman akan dibahas lebih lanjut.

➥ Jogja Day Tour : Candi Prambanan, Ullen Sentalu dan World Land

Atraksi The World Landmark Merapi

Shutterstock Atraksi Taman Merapi
Foto oleh Dolan Mbenga di Shutterstock

Petak taman yang indah dan rapi

Daya tarik taman di Sleman yang pertama adalah tata ruangnya yang begitu rapi. Semua video terstruktur dan memiliki keunikannya masing-masing. Selain itu, di dalam area taman terdapat jalur pejalan kaki sehingga pengunjung dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati semilir angin. Belum lagi pepohonan hijau yang mengelilingi area taman. Anda pasti akan sangat senang berada di tempat ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Letaknya yang masih berada di dataran tinggi menjadikan Taman Merapi Sleman cocok untuk melepas kepenatan. Banyak hal yang bisa dilihat, salah satunya adalah taman bunga yang memberikan kesan damai saat melihatnya. Taman ini bisa dibilang terkesan sepi dan damai karena letaknya yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan.

Bisa jadi, Taman Merapai Sleman terletak tepat di kaki Gunung Merapi. Jadi, selain menikmati taman, pengunjung juga bisa melihat pemandangan Merapi yang menjulang tinggi.

Miniatur ikon dunia dari Eropa hingga Amerika

Daya tarik utama Taman Merapi adalah di satu tempat saja Anda bisa melihat berbagai ikon dari negara-negara di dunia. Ya, berbagai bangunan terkenal seperti Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, Kincir Angin, Big Ben, dll bisa Anda lihat di Taman Merapi Sleman.

Baca Juga  Citra Raya Water World, Taman Rekreasi Air dengan Kolam Renang dan Wahana Menarik di Tangerang

Replika dibuat dalam ukuran mini. Masing-masing ikon miniatur tersusun rapi di beberapa area. Dengan begitu, pengunjung bisa merasakan sensasi berkeliling dunia tanpa harus naik pesawat. Anda bahkan bisa mengambil foto seolah-olah sedang berada di Eropa atau Amerika.

Jangan takut panas, karena taman ini memiliki pepohonan yang bisa dijadikan payung peneduh. Liburan keluarga di tempat ini juga sangat direkomendasikan.

Khusus bagi Anda pecinta fotografi, ada puluhan spot fotografi menarik di Taman Merapi Jogya yang bisa Anda coba. Kunjungi Menara Eiffel di Paris atau berjalan kaki sebentar dan Anda akan menemukan Big Ben, jam terbesar di London.

➥ Cek hotel murah di Sleman

Wahana hiburan dan permainan

Yang menjadikan Taman Merapi cocok untuk wisata keluarga adalah tersedianya tempat bersantai dan bermain. Tentu saja atraksi ini cocok untuk berbagai kalangan: dari anak-anak hingga remaja.

Sejak didirikan pada tahun 2017, objek wisata ini terus mengembangkan berbagai destinasi epic yang membuat liburan semakin seru. Salah satu tempat favorit untuk dikunjungi anak-anak adalah taman air anak.

Di waterpark taman ini ketinggian airnya hanya 30 cm, sehingga aman jika anak-anak ingin berenang atau bermain air. Bahkan terdapat seluncuran air yang membuat liburan keluarga semakin seru.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Taman Merapi
Foto oleh Aneception Bambang Sutopo di Shutterstock

Untuk mencapai tempat epik dan unik ini, Anda perlu menempuh perjalanan ke kawasan Hargobinangun, Pakem, Sleman Residency, Yogyakarta. Tempat ini mudah dijangkau karena rutenya cukup bagus. Ada beberapa rute untuk menuju tempat ini.

Yang pertama bisa memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Hanya 1 jam berkendara akan membawa pengunjung sampai ke Taman Merapi yang jaraknya sekitar 22,6 km.

Dari pusat kota Yogyakarta Anda perlu berkendara ke Jalan Abu Bakar Ali. Anda dapat menemukan jalan ini jika mengikuti rute utara. Kemudian lanjutkan berjalan hingga melewati Jln. Cik Di Tiro, selanjutnya anda akan menemukan bundaran dari kampus UGM.

Selama berwisata ke Taman Merapi Anda juga akan melewati Museum Gunung Merapi. Baru setelah melewati Jln. Pengunjung Museum Gunung Merapi akan tiba di The World Landmark.

➥ Tiket ke Edupark Sindhu Kusuma

Biaya masuk dan jam buka

Semua spot foto dan banyak objek wisata di Taman Merapi tidak bisa diakses secara gratis. Pasalnya, Anda harus menyisihkan sejumlah uang untuk biaya masuk agar bisa menikmati setiap keunikannya.

Meski begitu, pihak pengelola taman tetap menetapkan harga yang wajar bagi wisatawan. Biaya masuk ke Taman Merapi dikenakan Rp 20.000 per orang. Namun jika datang dengan kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan tarif tersebut Anda akan bisa menjelajahi seluruh tempat di taman indah ini. Silakan berjalan-jalan dan abadikan momen sebanyak-banyaknya di tempat ini.

Baca Juga  8 Spot Diving Terbaik di Pulau Mandeh, Pesisir Selatan yang Kaya Pesona Bawah Laut

Wisata Taman Merapi buka dari hari Senin sampai Jumat yaitu pukul 09.00 sampai 16.30. Dan pada akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu, tempat ini buka mulai pukul 08.30 – 15.00.

Tindakan yang dapat Anda ambil

Shutterstock Acara Taman Merapi
Foto oleh Rajimin Asyraf di Shutterstock

1. Berjalan-jalan santai di taman.

Taman Merapi memiliki beberapa tempat menarik di berbagai kawasan. Diantaranya adalah The World Landmark, Cowboy Town, dan taman air anak-anak. Jadi kamu Anisa, pilihlah tempat mana yang ingin kamu kunjungi. Di area World Landmark Anda bisa melihat berbagai miniatur bangunan yang termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia dan ikon terkenal dari berbagai negara.

Selanjutnya di Cowboy Town Anda akan diajak menjelajahi perkebunan hijau dengan menunggang kuda. Dan Children’s Water Park akan menjadi tempat yang menarik untuk permainan air.

Taman Merapi memiliki beragam tanaman berbunga warna-warni yang akan menyejukkan penglihatan Anda. Bunga yang bervariasi ini juga memberikan tampilan yang sangat tenteram. Angin sepoi-sepoi khas pegunungan pun menimbulkan sensasi tersendiri. Jadi pengunjung pasti akan betah berada di tempat wisata menarik ini.

2. Menunggang kuda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Taman Wisata Merapi memiliki kawasan Kota Koboi yang terdapat kuda-kuda kecil yang bisa Anda tunggangi. Liburan bersama anak pasti akan menyenangkan, karena mereka akan bisa merasakan serunya menunggang kuda dan serasa menjadi koboi sungguhan.

Agar semakin terasa seperti koboi, pengunjung bisa menyewa topi atau perlengkapan seperti jaket India. Untuk bisa melakukan aktivitas ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 saja.

3. Jemparingan

Selain mengunjungi kawasan utama, masih ada aktivitas seru lainnya yang patut untuk dicoba. Apalagi kalau tidak main Jemparingan. Berbagai aktivitas sudah menjadi ciri khas di Jogja, salah satunya memanah. Nah, jamparingan merupakan istilah lain dari olahraga panahan itu sendiri.

Meski begitu, jamparingan sangat berbeda dengan olahraga panahan pada umumnya. Pasalnya, aktivitas ini dilakukan sambil duduk bersila. Nah, bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menjadi seorang pemanah bisa mengunjungi kawasan Jemparingan.

Tenang saja, tempat ini masih masuk dalam kawasan Taman Merapi Sleman. Namun untuk masuk dan mengikuti acara ini dikenakan biaya. Selain itu, kawasan Jemparingan hanya buka pada akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu.

Baca Juga  Curug Sidoharjo, Perpaduan Panorama Hijau dengan Cawang Embung yang Mempesona di Kulon Progo

4. Berburu foto keren di Taman Merapi

Salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke taman ini adalah fotografi. Tempat wisata ini sangat bagus dalam tata letak dan tema. Taman Merapi, objek wisata buatan yang dilengkapi dengan miniatur simbol negara-negara di dunia, menjadi destinasi Instagrammable.

Ada banyak tempat menarik yang bisa dijadikan objek fotografi, antara lain patung Masha and the Bear, bilik telepon seperti di film luar negeri, patung New York Love dan masih banyak lagi. Belum lagi, setiap bangunan dikelilingi tanaman bunga berwarna-warni. Ini benar-benar kombinasi sempurna untuk objek wisata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Taman Merapi
Foto oleh Rajimin Asyraf di Shutterstock

1. Gazebo

Taman Merapi Sleman yang merupakan tempat wisata epic dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain gazebo untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar. Gazebo ini dibangun di beberapa titik dan cocok dijadikan tempat berkomunikasi satu sama lain.

Selain itu, gazebo juga bisa menjadi tempat Anda bisa menikmati aktivitas layaknya piknik sederhana. Tempat ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta.

2. Bangku panjang

Saking luasnya lahan, pengelola harus menyediakan bangku panjang sekedar untuk duduk dan berfoto. Bangku panjang juga tersedia di beberapa lokasi kawasan Taman Merapi. Bila lelah berjalan, Anda bisa beristirahat dan bersantai di bangku panjang ini.

3. Parkir

Untuk menjamin keamanan kendaraan pribadi dari pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa area parkir yang cukup luas. Terdapat biaya parkir untuk setiap kendaraan selain biaya masuk Taman Merapi Sleman.

4. Toilet

Fasilitas yang wajib ada dan tidak boleh ditinggalkan untuk objek wisata sebesar ini adalah toilet. Taman itu sendiri memiliki toilet yang bisa digunakan oleh siapa saja. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu lagi kebingungan jika ingin buang air kecil atau sekedar membasuh diri setelah bermain air di Water Park.

5. Kafe

Apakah perut Anda terasa lapar setelah banyak berolahraga? Kini di lokasi wisata Taman Merapi Sleman juga terdapat kafe yang bisa menjadi tempat mengisi perut keroncongan. Jadi bisa dipastikan Anda tidak akan kekurangan apa pun saat mengunjungi objek wisata ini.

Nah itulah ulasan tentang Taman Merapi tempat viral di Sleman Yogyakarta. Jangan lupa untuk memasukkan wisata ini ke dalam daftar liburan Anda. Ajak juga teman dan keluarga untuk jalan-jalan bersama.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *