Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

Ide Wisata33 Dilihat


Pantai Balekambang merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang unik dan eksotik di Malang. Pantai ini menawarkan keindahan yang memukau, terutama hamparan pasir halus, pulau-pulau, dan pura.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Balaikambang, Kecamatan Srigonko. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Pantai Balekambang sering disebut Tanah Lot Jawa Timur. Pantai yang terletak di Malang ini memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Pantai ini dibuka pada tahun 1983 oleh Eddie Slamet, Bupati Malang, saat menjadi tempat wisata di Malang.

Wisata bahari ini menawarkan panorama garis pantai yang eksotik. Pantai ini mempunyai nilai lebih karena pemandangan dan topografinya mirip dengan Tanah Lot di Bali. Suasana sejuk dan angin segar membuat setiap orang yang datang merasakan keinginan untuk menginap disini.

Selain pantai, kawasan wisata ini mempunyai wisata religi, wisata budaya dan lain sebagainya. Wisatawan akan terkesima dengan beragam keindahan alam yang ada di objek wisata ini. Selain itu, kondisi di sini juga cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Objek Wisata Pantai Balekambang

Shuttershock: Landmark Pantai Balekambang
Foto oleh Novi Ummai di Shutterstock

Pesona surga laut di Malang ini tak kalah dengan pantai lainnya. Hamparan laut biru yang luas dan indah akan menyambut kedatangan wisatawan. Ada sebuah pura di salah satu pulau karang. Pantai dan kawasan lanskapnya menarik bagi wisatawan. Suasana sejuk dan udara segar memenuhi tempat wisata ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pantai yang eksotis

Pantai ini menyimpan banyak hal menarik dan memanjakan mata wisatawan. Pantai yang bersih dan tertata rapi ini memiliki pasir putih dan dihiasi bebatuan karang. Deretan pepohonan menambah keindahan objek wisata ini. Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam pertemuan laut dan matahari saat matahari terbit dan terbenam.

Kunjungi pulau-pulau di sekitar pantai

Hal lain yang bisa dinikmati wisatawan di objek wisata ini adalah mengunjungi tiga pulau menakjubkan yang bertengger di bebatuan karang di sekitar Pantai Balekambang. Tiga pulau yaitu Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni. Wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau satu per satu untuk menjelajahi dan menikmati pesona masing-masing pulau. Pulau-pulau ini mudah dijangkau, wisatawan hanya perlu menyeberangi jembatan beton yang menghubungkan pantai dengan pulau tersebut.

Pura Amartati Jati

Diantara ketiga pulau yang ada di sekitar Pantai Balekambang, terdapat satu pulau yang terkenal yaitu Pulau Ismoyo. Terdapat sebuah pura di Pulau Ismoyo yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Amartha Jati.

Baca Juga  Pantai Baron, Wisata Bahari Eksotis dengan Sejuta Pesona di Gunung Kidul

Pura ini biasanya digunakan untuk peribadatan umat Hindu pada Hari Raya Nyepi. Karena pura merupakan tempat suci bagi agama Hindu, maka wisatawan wajib mengikuti aturan yang berlaku di sana. Khususnya bagi wanita yang sedang menstruasi, dilarang masuk ke dalam pura.

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Shuttershock di Balekambang
Foto oleh Denis Moskvinov di Shutterstock

Objek wisata pantai ini terletak di Jawa Timur, lebih tepatnya di desa Samber Jambe di Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur. Kawasan wisata ini buka setiap hari. Selama jam kerja, akses ke area ini dapat dilakukan 24 jam sehari.

Tempat wisata dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda berangkat dari Malang, pantai ini bisa Anda capai dalam waktu 2 jam dengan jarak kurang lebih 60 km.

Jika menggunakan angkutan umum, rutenya cukup sulit. Rute yang harus dilalui wisatawan dimulai dari Terminal Arjosari Malang hingga ke Terminal Gadang.

Wisatawan selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan menuju kawasan Pangelaran atau Gondanglegi dengan menaiki angkutan menuju Bantur. Selain itu, wisatawan dapat menggunakan ojek untuk mencapai kawasan wisata.

Untuk bisa menikmati keindahan alam Pantai Balekambang, Anda perlu menyiapkan biaya masuk sebesar Rp 20.000. Harga tiketnya pasti sangat terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan keindahan pantai yang ditawarkan di tempat ini.

➥ Promosi hotel di Malang

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shuttershock di Balekambang
Foto: Kreator Wirestock di Shutterstock

1. Berkemah

Berkemah diperbolehkan di Pantai Balekambang. Wisatawan tidak dipungut biaya tambahan untuk berkemah karena di pantai ini tidak menyediakan persewaan perlengkapan camping sehingga wisatawan harus mempersiapkan sendiri perlengkapannya.

Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati panorama alam yang luas sambil bersantai di perkemahan. Anda bisa mengadakan pesta sederhana di alam, menyalakan api dan menyantap makanan sambil mendengarkan musik dan suara deburan ombak.

Sangat menyenangkan jika Anda melakukannya bersama-sama. Selain itu, wisatawan juga harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan bibir pantai untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti tenda terbawa ombak.

2. Bersantai dan berjemur

Wisatawan juga bisa bersantai dan berjemur di tepi pantai. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pada pagi hari, saat matahari belum terlalu terik. Atau bisa juga tengah hari saat matahari mulai terbenam.

Suara deburan ombak menenangkan dan membuat wisatawan rileks. Kios-kios di sekitar area tersebut menawarkan persewaan permadani yang dapat digunakan sebagai permadani. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir.

Baca Juga  Petirtaan Watugede, Tempat Pemandian Kerajaan yang Menyimpan Berbagai Cerita Masa Lalu di Malang

3. Berenang dan bersantai di tepi pantai.

Jika Anda mengunjungi pantai ini, berenang adalah suatu keharusan. Selain berenang, masih banyak hal menarik lainnya yang melibatkan air, seperti permainan air. Wisatawan bisa leluasa bersantai di tempat ini.

Wisatawan harus mengikuti batasan yang ditetapkan petugas dan berhati-hati terhadap ombak. Petugas selalu berada di pinggir pantai dan memantau aktivitas wisatawan berenang atau bermain.

4. Mengunjungi Pura Amarti Jati.

Saat anda berada di Pantai Balekambang anda wajib mengunjungi Pura Amarti Jati. Bentuknya mirip sekali dengan pura yang ada di Tanah Lot, sehingga sangat sayang untuk melewatkan tempat ini.

Untuk menuju pura, Anda perlu menyeberangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan Pulau Ismoyo. Anda juga bisa mengabadikan momen dengan melintasi jembatan di atas laut ini. Namun perlu sangat diketahui bahwa wisatawan yang sedang menstruasi tidak diperkenankan memasuki kawasan pura ini.

5. Mainkan Flying Fox

Pantai Balekambang mempunyai wahana yang memacu adrenalin. Kendaraan ini: rubah terbang. Permainan ini sudah ada di pantai ini sejak tahun 2012. Namun, Anda hanya bisa menikmati permainan ini pada hari-hari tertentu saja. Pasalnya, hanya berfungsi pada hari Sabtu dan Minggu.

rubah terbang Itu terjadi di tepi daratan di ujung laut. Tak heran jika permainan ini sangat digemari karena indahnya pemandangan pantai yang indah ini bisa terlihat dengan jelas saat menaiki Flying Fox ini.

6. Memancing

Jika Anda suka memancing, pantai ini juga merupakan tempat yang bagus untuk memancing. Garis pantainya yang berbatu tentunya menjadi rumah bagi banyak biota laut, seperti ikan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin merasakan sensasi memancing di sini, Anda harus menyiapkan peralatan memancing di rumah. Hasil pemancingan anda bisa dibawa pulang atau diolah di pinggir pantai.

7. Memasak berburu di pantai.

Setelah seharian menghabiskan waktu di tempat wisata ini, berburu kuliner menjadi pilihan tepat untuk memuaskan rasa lapar selama berlibur. Di kawasan pantai banyak terdapat kafe dan warung makan dengan harga terjangkau.

Harga per porsinya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Menariknya, makan diperbolehkan di pantai. Namun, Anda tetap bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan area dan tidak meninggalkan sampah.

8. Permainan di sungai

Bagi anak kecil yang ingin bermain aman di pantai ini, terdapat sungai kecil yang bisa digunakan. Selain itu, di sini terdapat toko persewaan ban.

Baca Juga  Cantiknya Pantai Sobo, Pantai Pasir Hitam yang Menakjubkan di Banyuwangi

9. Berburu oleh-oleh

Nampaknya bukan hanya jalan-jalan saja, tapi pulangnya juga tidak membawa oleh-oleh. Untuk itu pihak pengelola telah menyediakan ruang untuk kios oleh-oleh di sekitar pantai ini. Toko ini menawarkan berbagai macam suvenir: mulai dari pakaian, topi, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Wisatawan dapat membeli oleh-oleh untuk dirinya sendiri atau membagikannya sebagai oleh-oleh. Wisatawan yang tidak membawa baju ganti karena basah dapat membelinya di toko-toko tersebut.

Akomodasi murah dekat pantai

1. Hotel Wibisono II

Penginapan Wibisono II Akomodasi ini berjarak 0,24 km dari Pantai Balekambang. Hotel ini terletak persis di Bantur. Hotel ini memiliki pelayanan yang baik dan harga yang wajar. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas. Pelayanan hotel yang tersedia meliputi resepsionis 24 jam dan keamanan 24 jam.

2. Penginapan Fira

Penginapan Fira merupakan tempat menginap yang berjarak 0,61 km dari kawasan pantai. Hotel ini terletak persis di Bantur. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas. Pelayanan hotel yang tersedia meliputi resepsionis 24 jam dan keamanan 24 jam.

3. Penginapan Dilpratis

Dilpratis, homestay Ini adalah tempat menginap yang berjarak 0,69 km dari pantai eksotis ini. Dilpratis, homestay memberikan pelayanan yang baik dengan harga terjangkau. Tempat ini cukup mudah dijangkau karena dekat dengan fasilitas umum. F

4. Ruang hemat di Istana Laut 1

Kamar hemat di hotel Istana Laut 1 Akomodasi ini berjarak 8,38 km dari Pantai Balekambang. Hotel ini terletak di kota Donomuglio. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas. Layanan hotel mencakup meja depan 24 jam. Kamar ini memiliki meja. Aksesibilitas meliputi aksesibilitas parkir dan akses jalan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Shutterstock Pantai Baron
Foto: Foto Sakti di Shutterstock

Fasilitas umum menjadi faktor penting dalam kenyamanan pengunjung. Untuk itu pengelola tempat wisata telah menyediakan fasilitas tersebut demi kenyamanan pengunjung.

Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat tinggal, toilet, musala, warung makan dan minum. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung lainnya antara lain toko oleh-oleh dan persewaan permadani.

Pantai Balekambang sering disebut Tanah Lot Jawa Timur. Hal ini tidak mengherankan, karena keindahannya mampu memikat wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, ketika waktu liburan tiba, pantai ini menjadi tempat liburan utama para wisatawan.


databaru.my.id