Pantai Drini, Objek Wisata Pantai Nan Eksotis di Gunung Kidul

Ide Wisata5 Dilihat


Pantai Drini merupakan salah satu objek wisata pantai favorit di Gunung Kidul Jogya. Pantai ini menawarkan panorama alam yang indah, bebatuan karang, dan air laut yang jernih mampu memanjakan setiap orang yang mengunjunginya.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pantai Drini atau yang sering disebut oleh penduduk setempat sebagai Pantai Perawan merupakan sebuah objek wisata tepi pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia ini dinamakan demikian karena lokasinya yang berada di kawasan terpencil masih sangat asri, bersih dan masih alami oleh banyak wisatawan.

Pantai yang terbagi menjadi sisi barat dan timur ini sangat indah dan siap memanjakan pengunjung dengan pemandangannya yang luar biasa. Pasalnya, ketika pengunjung tiba, mereka langsung dihadapkan pada hamparan pasir putih dan udara yang sangat sejuk.

Tak hanya keindahan pantai berpasir putihnya saja yang menjadi daya tarik pantai di Jogja ini. Wisatawan juga bisa menikmati hidangan laut yang luar biasa nikmat, bermain kano, naik kapal feri ke Pulau Drini dan masih banyak aktivitas menarik lainnya saat berkunjung ke tempat ini.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Atraksi Pantai Drini

Shutterstock Daya tarik Pantai Drini
Foto oleh Lucky Vectorstudio di Shutterstock

Pantai Drini yang masih perawan

Sesuai dengan namanya, pantai ini belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan sehingga kondisinya masih sangat asri. Anda bisa melihat pantai dan laut yang masih bersih dan udaranya sangat sejuk.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan alam yang mempesona

Pantai ini disebut juga Tanah Lot Yogyakarta karena pemandangannya yang mirip dengan tempat wisata di Bali dan sangat memukau. Selain itu juga memiliki pasir putih yang bersih, laut biru dengan ombak yang tidak terlalu kuat, pepohonan dan biota laut yang kaya.

Puncak Kosakora dan Bukit Amarei

Anda bisa datang ke Cosacora Hill atau Amarei Hill yang berada di tengah pantai. Perbukitan di dekat pantai ini menawarkan pemandangan menakjubkan dari atas bukit. Apalagi jika Anda mengunjunginya saat matahari terbenam.

➥ Cek promosi hotel di Gunung Kidul

Batuan karang yang menawan

Di sekitar pantai Drini banyak terdapat bebatuan karang yang indah. Anda bisa menjelajahi bebatuan karang dan melihat betapa kayanya sumber daya alam dan betapa hijaunya tempat tersebut. Anda juga bisa melihat rumput hijau dan rumput laut tumbuh subur dan banyak ditemukan di sekitar bebatuan tersebut.

Baca Juga  Intip Pesona Candi Ijo, Candi Hindu Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Sleman

Datanglah ke Pulau Drini

Pulau di seberang pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di kawasan wisata ini. Pulau karang yang dulunya harus menunggu air laut surut baru bisa dikunjungi, kini memiliki jembatan khusus yang bisa dilalui. Panorama dari atas pulau ini sangat indah.

Cobalah wahana air yang mengasyikkan

Pihak pengelola dan penduduk setempat menawarkan banyak atraksi air seru yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke pantai. Di pantai ini wisatawan bisa bermain dan menjelajahi lautan dengan menggunakan kano.

Masakan makanan laut yang khas

Wisatawan yang datang ke sini untuk mencoba jajanan khas pantai tidak perlu khawatir karena kekayaan laut di pantai ini sangat beragam. Dikelola oleh para nelayan yang selalu membawa makanan segar langsung dari laut, pantai ini menjadi salah satu pantai yang menyajikan makanan lezat dan juga memuaskan selera makan Anda.

Ada banyak jenis masakan yang bisa Anda coba. Mulai dari olahan udang, ikan, dan makanan laut lainnya yang bisa dinikmati sambil bersantai di gazebo atau duduk di atas tikar di pinggir pantai.

Banyak spot foto keren

Selain alamnya yang mempesona, Pantai Drini juga menawarkan spot-spot foto yang dibuat khusus untuk pengunjungnya, yang tentunya sangat menarik. Spot tersebut antara lain logo pantai yang tertulis dengan latar belakang laut biru luas, perahu nelayan yang banyak difoto, dan payung pantai warna-warni.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Shutterstock Drini
Foto oleh Masdinnu di Shutterstock

Tempat wisata alam tepi laut kota Yogyakarta ini terletak di Desa Banjarejo tepatnya di Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai tempat ini dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus berkendara sekitar 60 km atau 2-3 jam perjalanan.

Rute yang bisa Anda tempuh adalah dari pusat kota Yogyakarta menuju Piyungan, Pathuk, Lapangan Terbang Gading. Setelah itu lanjutkan berjalan menuju Pantai Baron. Di pertigaan sebelum memasuki Pantai Baron, belok kiri dan ikuti tanda yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Drini.

Anda tidak perlu khawatir tersesat atau terhenti karena banyaknya rintangan yang ada. Pasalnya, akses jalan dan jalur menuju pantai ini sudah beraspal dan cukup baik untuk dilalui kendaraan besar sekalipun.

Biaya masuk dan jam buka

Tidak ada biaya mahal untuk mengunjungi Pantai Drini. Buka 24 jam sehari, tempat ini memerlukan tiket masuk hanya Rp 10.000 dengan jam berkunjung sepuasnya. Namun perlu diingat meskipun pantai ini buka 24 jam sehari, wisatawan hanya bisa membeli tiket pada jam buka loket.

Baca Juga  Intip Pesona Pantai Gandoriah, Pantai Indah yang Memukau di Pariaman

Kemudian, selain tiket masuk, pengunjung juga perlu menyiapkan uang untuk membayar parkir. Dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk parkir kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk parkir kendaraan roda empat.

Menariknya di tempat ini wisatawan bisa bebas memilih tempat parkir yang ingin digunakan, dan masuk kemanapun, tarif masuknya tetap sama.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Drini
Foto oleh Martin Baktiar Adi S di Shutterstock

1. Melihat matahari terbenam yang indah

Bagi Anda yang datang ke pantai ini, sayang sekali jika melewatkan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa. Karena pantainya terbagi menjadi dua sisi, wisatawan tentunya akan melihat dua jenis matahari terbenam dengan nuansa berbeda.

2. Menikmati pemandangan sambil bersantai

Wisatawan yang sekedar ingin bersantai bisa duduk-duduk di bawah payung warna-warni di pinggir pantai yang indah sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Atau dengan membayar Rp 50.000, Anda dan keluarga bisa duduk di cabana nyaman di pinggir pantai sambil menyeruput berbagai jajanan pantai yang dijual.

3. Berkano

Penggemar mendayung atau berperahu pasti harus mencoba berkano di pantai. Dengan biaya sekitar Rp 50.000, Anda dan pasangan bisa menyewa kano dan mendayung sepuasnya. Apalagi pemandangan lautnya sangat menakjubkan.

4. Berenang di pantai Drini.

Tidak adanya ombak besar di laut membuat tempat ini sangat cocok untuk bermain air. Anda bisa berenang dengan nyaman di laut sambil menikmati pemandangan biota laut yang berenang di sekitar Anda.

5. Bermain voli pantai.

Areanya yang luas cocok untuk berbagai olah raga kelompok seperti voli pantai dan sepak bola pantai.

6. Joging

Garis pantainya yang panjang membuat pantai ini sangat luas untuk dijelajahi. Anda bisa mencoba jogging dari satu ujung pantai ke ujung lainnya sambil menikmati indahnya pemandangan pantai.

7. Menjelajahi Bukit Karang

Pantai Drini, yang jarang dikunjungi, merupakan rumah bagi gundukan karang berlumut yang menakjubkan dan kehidupan laut yang unik. Menjelajahi perbukitan ini bisa menjadi salah satu tantangan saat berkunjung ke pantai ini.

8. Berkemah dan Mendaki Kosakara

Anda bisa mendirikan tenda untuk berkemah di bukit kecil ini. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan membawa perlengkapan berkemah sendiri, Anda bisa menikmati pemandangan alam dan matahari terbenam sambil merasakan bagaimana rasanya berkemah di pinggir pantai.

9. Cobalah masakan khas pantai

Pantai ini memiliki beragam kuliner seafood yang pastinya patut untuk dicoba saat Anda berkunjung. Olahan ikan, udang, dan masih banyak lagi olahan laut lezat lainnya bisa dipesan di restoran-restoran sepanjang pantai. Tentunya dengan harga yang masih terjangkau.

Baca Juga  Merapi Park, Destinasi Wisata Hits Jogja & Replika Landmark Terkenal Dunia

10. Kunjungi Pulau Drini.

Anda yang ingin mencoba wisata pantai dengan cita rasa berbeda bisa datang ke pantai ini dan mencoba menyeberangi jembatan menuju Pulau Drini. Dengan membayar Rp 5.000 atau lebih, Anda bisa mencoba menyeberangi jembatan ini menuju pulau tengah pantai yang sangat hijau dan memiliki pemandangan yang luar biasa.

11. Berburu foto

Berkunjung ke pantai kurang lengkap tanpa foto. Pantai ini memiliki banyak spot foto menarik, seperti perahu nelayan di dekatnya, payung pantai warna-warni, logo unik nama pantai, dan tentunya pemandangan yang mempesona.

Akomodasi murah dekat pantai

1. Hotel Kampoeng Drini

Terletak hanya 68 meter dari pantai, hotel ini menawarkan tarif terjangkau dan kamar dengan berbagai fasilitas berkualitas. Harga mulai dari Rp 300.000 sudah mendapatkan kamar dengan AC, TV, dan shower. Apalagi lokasinya dekat dengan stasiun kereta api, Yogyakarta City Mall dan tempat wisata lainnya.

2. Hotel Joko Samudro

Terletak di kawasan Pantai Kukup, dekat dengan pantai Yogyakarta, guesthouse ini menawarkan akomodasi nyaman dengan harga terjangkau. Dengan tarif kamar mulai dari Rp 126.000, Anda bisa mendapatkan kamar dengan suasana tradisional khas Jawa.

3. Vila dan Pondok Radika Paradise

Asrama di jalan Pantai Selatan Jawa. Selain letaknya dekat dengan Pantai Drini, kawasan Pantai Indrayanti juga dekat dengan tempat wisata di Yogyakarta lainnya. Dibanderol mulai Rp 450.000, Anda mendapatkan fasilitas dalam kamar dengan AC, teras, dan shower. Selain itu, tersedia juga meja depan 24 jam dan layanan kamar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Pantai Drini
Foto oleh Pondrafi di Shutterstock

Kawasan pantai Drini mempunyai fasilitas umum yang sangat baik bagi wisatawan yang berkunjung. Terdapat lahan parkir yang luas terutama untuk menampung bus wisata berukuran besar, penjual souvenir, wastafel dan toilet, gazebo bahkan mushola.

Anda juga tidak perlu khawatir kerepotan mencari tempat makan karena di pinggir pantai banyak terdapat restoran dan tempat makan dengan harga terjangkau dan makanannya enak. Banyak juga toko suvenir, persewaan perahu atau kano, gazebo untuk pengunjung, dan zona foto dengan atribut unik.

Pantai Drini merupakan bagian dari Kota Yogyakarta yang menarik wisatawan dengan sejuta pesonanya. Tempat yang mirip dengan Tanah Lot di Pulau Jawa ini mampu memikat wisatawan dalam dan luar negeri untuk berkunjung.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *