Pantai Gondo Mayit, Pantai Indah di Blitar yang Memiliki Sejarah Kelam

Ide Wisata68 Dilihat


Pantai Gondo Mayit di Blitar memiliki sejarah kelam dan legenda mistis yang dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul sehingga menjadikannya lebih dari sekedar destinasi wisata pantai.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Crayan, Tambakregio, Kab. Vonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Bersantai di Pantai Gondo Mayit Blitar menjadi pilihan ideal untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Anda bisa menikmati segarnya suasana, pasir lembut, deburan ombak atau bersantai sambil menikmati segarnya angin dan pemandangan di pantai ini.

Meski namanya “Gondo Mayit” terkesan mengintimidasi, namun pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit karena keindahan wisata alamnya. Ombaknya yang tinggi menjadikan pantai ini tempat yang ideal untuk berselancar.

Selain itu, pengunjung dapat melakukan hiking dan menjelajahi perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Untuk melengkapi rencana liburan Anda, berikut beberapa informasi penting mengenai pantai ini.

Objek Wisata Pantai Gondo Mayit

Objek Wisata Pantai Gondo Mayit
Foto: Google Maps/Kopenk Ferdian

Nama “Gondo Mayit” yang terdengar menakutkan justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah masa lalunya.

Menurut cerita yang beredar di kalangan penduduk setempat, ada cerita sedih yang dikaitkan dengan nama ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sejarah pantai ini melibatkan banyak ditemukannya mayat pada masa kolonial dan Orde Baru, yang konon menimbulkan bau tak sedap di kawasan tersebut.

Selain itu, penduduk setempat juga percaya bahwa Pantai Gondo Mayit Blitar memiliki kaitan mistis dengan sosok Nyi Roro Kidul atau Ratu Laut Selatan.

Terlepas dari keunikan dan nuansa seram dari namanya, pantai ini menawarkan pengalaman pantai khas wilayah selatan Jawa.

Ombaknya yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar, ditambah pemandangan indah dengan siluet perbukitan saat senja serta pasir halus akan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan pantai ini.

Baca Juga  Benteng Rotterdam, Saksi Sejarah Perjuangan Kerajaan Gowa Tallo di Makassar

Kawasan wisata pantai ini berdekatan dengan pantai Tambacrejo yang populer, namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pantai-pantai ini cenderung memiliki lebih sedikit wisatawan, sehingga menciptakan suasana yang lebih tenang dan pengalaman yang lebih kaya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Gondo Mayit
Foto: Google Maps/Moci Mocil

Secara administratif pantai ini terletak di Desa Tambakrejo yang merupakan bagian dari Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Karena letaknya yang dekat dengan Pantai Tambacrejo, tentu saja kedua pantai tersebut memiliki jalur akses yang sama.

Akses mudah menuju pantai ini dijamin mudah karena lokasinya bersebelahan dengan Pantai Tambakrejo yang dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Blitar yang sangat populer. Penggunaan Google Maps dapat mempermudah akses ke pantai ini.

Untuk mencapai pantai ini pengunjung harus terlebih dahulu menempuh perjalanan ke Kota Blytar. Misalnya saja dari Surabaya Anda bisa melalui tol Surabaya – Mojokerto dan langsung melanjutkan perjalanan ke tujuan Anda.

Perjalanan dari Surabaya ke Blitar biasanya memakan waktu sekitar 3 jam 30 menit. Sesampainya di Blitar, langkah selanjutnya adalah menuju Desa Krajan di kawasan Vonotirto, dari situ anda bisa langsung menuju kawasan wisata Pantai Gondo Mayit tanpa melalui jalur yang sulit.

Biaya masuk dan jam buka

Pantai Gondo Mayit Blitar menawarkan wisata pantai yang sangat terjangkau. Untuk menikmati pesona pantai ini, pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp 10.000, sedangkan anak-anak tidak dikenakan biaya masuk.

Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor, biaya parkirnya cukup terjangkau yakni Rp 2.000 per kendaraan. Namun bagi yang menggunakan mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan.

Dengan biaya masuk dan biaya parkir yang terjangkau, pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau namun juga menjadi pilihan wisata hemat bagi pengunjung.

Baca Juga  Daya Tarik Pantai Mesra Gunungkidul Yogyakarta, Ternyata Seindah Ini!

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Gondo Mayit
Foto: Google Maps/Chandra Noordian

Berikut berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi pantai ini bersama keluarga atau teman:

1. Berkemah

Kawasan di sepanjang pantai, terutama yang dikelilingi pepohonan, sering dijadikan tempat berkemah oleh pengunjung. Kawasan wisata Pantai Gondo Mayit juga menjadi favorit karena memberikan keteduhan alami dari rimbunnya dedaunan.

Keamanan untuk berkemah di tempat ini cukup terjamin karena lokasinya yang cukup jauh dari garis pantai sehingga terlindung dari paparan ombak secara langsung.

Meski begitu, pengunjung tetap bisa menikmati indahnya pemandangan pantai dari tendanya.

2. Trekking di pantai Gondo Mayit.

Pendakian menyusuri pantai ini lebih mudah dibandingkan mendaki gunung dan melewati perbukitan yang terletak di antara pantai Gondo Mayit, Pasetran dan Tambacrejo.

Kegiatan ini sangat cocok bagi pengunjung Pantai Tambacrejo yang ingin mengunjungi pantai ini dalam waktu singkat. Di puncak bukit, pengunjung akan disuguhi panorama dua pantai bertetangga dengan deburan ombak putih.

3. Bermain pasir dan berenang

Saat Anda berada di pantai ini, luangkan waktu untuk bermain-main di pantai yang luas dan datar. Meski bermain di pantai diperbolehkan, namun pengunjung harus mewaspadai kemungkinan terjadinya ombak besar yang tidak terduga.

Situasi ini bisa berbahaya, terutama jika anak-anak bermain pasir atau air tanpa pengawasan.

4. Nikmati matahari terbenam

Menyaksikan matahari terbenam di pantai ini merupakan salah satu pengalaman terbaik dimana Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam tanpa hambatan apapun.

Sembari bersantai di pinggir pantai, pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam perlahan dan berganti menjadi malam.

5. Memasak

Di sepanjang pantai ini banyak terdapat warung yang menjual berbagai produk antara lain ikan, jajanan dan lainnya. Harga makanan di warung ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 per porsi.

Baca Juga  Situ Wulukut, Objek Wisata Alam dengan Panorama Danau & Hutan di Kuningan

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Gondo Mayit
Foto: Google Maps/Kukuh Ari Pambudi

Berbagai fasilitas telah disediakan pihak pengelola untuk menjamin kepuasan pengunjung selama berada di pantai. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir, kamar mandi umum, toilet, spot foto, area camping, toko oleh-oleh, warung makan, dan gazebo.

Pantai Gondo Mayit di Blitar menawarkan keindahan alam yang memukau dan banyak aktivitas seru untuk keluarga atau teman. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan menikmati keindahan pantai ini selama berada di Blitar.


databaru.my.id