Pantai Jatimalang, Pantai Menawan yang Menampilkan Patung Dewa Ruci yang ikonik di Purworejo

Ide Wisata179 Dilihat


Pantai Jatimalang di Purworejo merupakan pantai menawan dengan patung Deva Ruchi yang terkenal dan waterpark pantai yang menarik.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jatimalang, Kec. Purvodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasi

Terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Purworejo berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Oleh karena itu, kawasan Purvorejo ini memiliki beberapa pantai wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Jatimalang yang terletak di Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah patung Deva Ruchi setinggi 6 meter yang menjulang tinggi di tepi pantai. Mahakarya menawan ini diciptakan dengan indah oleh seniman Bali bernama Nyoman Ali. Apalagi pantai ini memiliki akses jalan yang baik dan juga dekat dengan Bandara Internasional New Yogyakarta, jaraknya hanya sekitar 5 km. Jadi jangan lupa datang kesini!

Objek Wisata Pantai Jatimalang

Objek Wisata Pantai Jatimalang
Foto Bukan Kerji Bakti di Google Maps

1. Patung Deva Ruchi

Patung Deva Ruchi setinggi 6 meter seolah menjadi ciri khas pantai ini. Selesai dibangun pada tahun 2018, patung ini dengan cepat menarik perhatian pengunjung. Mahakarya luar biasa ini diciptakan oleh seniman Bali Nyoman Ali. Jadi kalau dilihat dari penampakannya, patung itu sarat akan sejarah dan makna.

Patung ini berdiri tinggi di pinggir pantai, di belakangnya terdapat tulisan besar “Maiden Ruchi” yang menandakan identitas patung ini. Kehadiran patung ini juga membuat pantai ini semakin menarik dan dihiasi dengan ikon-ikon yang menarik. Pengunjung yang datang ke Pantai Jatimalang biasanya selalu menyempatkan diri untuk berfoto di depan patung ini sebagai kenang-kenangan.

2. Pantai dengan ombak besar

Karena letaknya yang dekat dengan Samudera Hindia, Pantai Jatimalang Purworejo memiliki ombak yang besar dan pasir pantai yang luas. Dalam kondisi seperti itu, pengunjung disarankan untuk tidak berenang di sini, namun bermain pasir di tepi pantai masih memungkinkan. Satu hal yang pasti: jangan mendekati air karena takut ombak besar akan membawa Anda pergi.

Tak kalah menariknya bermain pasir di pinggir pantai. Dengan garis pantai yang panjang, pengunjung bisa merasakan hamparan pasir pantai yang lembut dan sangat luas. Dengan cara ini mereka bisa bermain pasir. Ditemani deburan ombak dan musik pengiringnya pasti seru. Namun Anda tetap perlu berhati-hati jika datang ombak besar.

3. Taman air pantai

Tempat yang menarik untuk dikunjungi di pantai ini adalah taman air. Dimana letaknya yang berada di pinggir pantai. Dengan cara ini Anda bisa berenang dengan nyaman sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Kedengarannya menarik, ya! Apalagi pengunjung disarankan untuk tidak berenang di pantai karena ombaknya besar, berenang di Jatimalang Beach Water Park mungkin jawabannya!

4. Penyewaan ATV

Anda mungkin pernah melihat orang mengendarai ATV di pantai. Tentu terlihat seru bukan? Pantai ini juga memiliki layanan penyewaan mobil. Pengunjung yang ingin berjalan-jalan menyusuri pantai tanpa merasa lelah berjalan cukup menyewa ATV. Kami jamin pengalaman mengendarai ATV di pinggir pantai tidak akan terlupakan!

5. Tempat-tempat menarik untuk foto

Pantai ini juga mempunyai spot foto yang menarik. Mulai dari patung Deva Ruchi yang menjadi landmark dan diakhiri dengan beberapa spot buatan yang tak kalah indahnya. Sangat disarankan untuk membawa kamera karena sayang jika tidak mengambil banyak foto di tempat ini. Jangan lupa untuk berfoto di pinggir pantai dengan latar belakang pasir luas dan air laut.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Jatimalang
Foto oleh Ilham Maulana Asha Shiddique di Google Maps

Tempat yang dikenal juga dengan nama Pantai Dewa Ruchi Jatimalang ini terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah. Jika anda berangkat dari Aluna-Aluna Purworejo, jarak yang ditempuh kurang lebih 21 km melalui Jl. Nasional III. Kondisi jalan menuju pantai yang baik membuat perjalanan menuju Pantai Jatimalang semakin nyaman.

Baca Juga  Pesona Pantai Mbuluk, Pantai Di Yogyakarta Yang Masih Baru dan Asri

Dilihat dari daya tariknya, berapa harga tiket masuk ke pantai ini? Ternyata harganya tidak mahal lho! Tiket masuk pantai ini hanya seharga Rp. hanya 5000 per orang. Dilihat dari tampilan dan suasana pantai ini, harganya terbilang sangat murah. Namun jika Anda ingin memasuki waterpark dekat pantai ini, Anda harus menyiapkan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 per orang.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Pantai Jatimalang
Foto oleh Abdul Ngafifa di Google Maps

Bermain di pasir atau berenang di taman air.

Jika ingin bermain pasir di pinggir Pantai Jatimalang Purworejo diperbolehkan. Meski demikian, Anda tetap perlu waspada jika gelombang besar mendekat. Alternatif lain yang bisa Anda coba jika masih ingin berenang adalah pergi ke waterpark. Karena waterpark ini terletak di pinggir pantai, maka memiliki akses langsung ke laut. Itu hal yang sama, bukan? Anda tetap bisa berenang sambil menikmati pemandangan pantai.

Ambil foto seru dan bersepeda quad di pinggir Pantai Jatimalang.

Karena pantai ini terkenal dengan patung Deva Ruchi sebagai landmarknya, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto seru di depan patung tersebut. Banyak juga spot foto menarik di sepanjang tepian Pantai Jatimalang. Alternatifnya, Anda juga bisa mencoba berjalan menyusuri pantai dengan menggunakan ATV. Pengalaman ini pasti akan sangat menarik!

Berburu makanan laut

Saat mengunjungi pantai, pastikan untuk mencoba makanan lautnya. Sebab, semua menu tersebut tentunya akan menggunakan bahan-bahan segar. Terdapat deretan warung makan yang menjual berbagai jajanan lezat yang siap mengisi perut Anda. Jangan lupa untuk mencoba!

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Jatimalang
Foto oleh Ilham Maulana Asha Shiddique di Google Maps

Fasilitas yang disediakan Pantai Jatimalang Purworejo cukup memadai mengingat jumlah pengunjung yang selalu ramai. Anda tidak perlu khawatir apakah pantai ini memiliki toilet untuk buang air kecil atau membilas badan setelah bermain pasir, karena fasilitas dan jumlah toilet di sini sudah cukup memadai. Tak lupa, disediakan juga musala yang bersih bagi umat muslim yang ingin salat tepat waktu.

Baca Juga  Pulau Sirandah, Pulau Indah di Padang yang Pesonanya Mirip Maladewa

Sesampainya di sini Anda juga akan menemukan tempat parkir yang luas di samping pantai. Jadi Anda tidak perlu berjalan jauh dari tempat parkir. Terdapat juga loket tiket dan pusat informasi. Anda bisa membeli tiketnya langsung disana. Atau jika Anda kehilangan sesuatu atau membutuhkan informasi penting, petugas akan dengan senang hati membantu Anda.

Pantai Jatimalang juga memiliki pusat kuliner yang wajib dikunjungi. Di sepanjang pantai banyak terdapat warung dan tempat makan, dengan menu utama seafood segar tentunya. Berwisata ke pantai belum lengkap tanpa hidangan laut. Jadi jangan lupa untuk mencoba di sini!

Beragamnya destinasi wisata di kawasan ini memang sangat menarik, namun yang menjadi favorit selalu pantai. Termasuk pantai ini, banyak orang yang suka datang kesini saat berlibur. Apalagi setelah patung ikonik Deva Ruchi dan sejumlah bangunan pendukung lainnya dibangun, semakin banyak orang yang tertarik datang ke sini. Jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke sini juga!


databaru.my.id