Pantai Pacar, Pantai Indah di Tulungagung yang Berpadu dengan Air Terjun Eksotis

Ide Wisata143 Dilihat


Pantai Pakar di Tulungagung merupakan pantai yang indah ditambah dengan air terjun eksotis yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan unik.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pukanglaban. Pukanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Saat menghabiskan waktu liburan di Tulungagung, Pantai Pakar menjadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Wisata bahari yang satu ini mempunyai keunikan dan keindahan alam yang jarang ditemui di tempat wisata lain di Tulungagung.

Pantai ini banyak mendapat perhatian dari wisatawan pecinta pantai. Pasalnya, pemandangan yang disuguhkan di pantai ini terlihat mempesona sehingga tak heran jika tempat ini cocok dijadikan backdrop untuk berfoto.

Selain keindahannya, wisata bahari ini juga memiliki banyak aspek menarik untuk dijelajahi. Dengan mengunjungi objek wisata pantai ini, setiap wisatawan akan merasa puas sekaligus menikmati panorama alam yang menarik.

Atraksi Pantai Pakar

Atraksi Pantai Pacar
Foto Rio Adi Marendra di Google Maps

Pantai di Desa Pukanglaban ini merupakan pantai yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Meski begitu, daya tarik pantai eksotis ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Pasir pantai yang unik

Daya tarik pertama yang akan Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Pakar adalah tekstur pasirnya yang unik. Pasalnya, pasir di pantai ini dipenuhi pecahan karang dengan ukuran berbeda-beda, dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Saat ombak yang datang dari laut menyapu pantai, ombak tersebut pecah oleh pecahan batu karang. Pemandangan alam yang tercipta terlihat aduhai dan akan membuat pengunjung merasa terpesona.

Asal usul nama pantai yang menarik

Wisatawan awam mungkin mengira nama pantai ini menginspirasi terciptanya suasana romantis antar sepasang kekasih. Namun asal muasal nama pantai ini cukup unik karena kata “pakar” sebenarnya adalah nama sebuah tumbuhan.

Baca Juga  Citra Raya Water World, Taman Rekreasi Air dengan Kolam Renang dan Wahana Menarik di Tangerang

Henna air merupakan tanaman yang mendominasi wilayah pesisir. Nama pantai ini berasal dari tumbuhnya “henna air” yang menjadi inspirasi karena tanaman ini merupakan bunga indah yang penuh dengan bunga-bunga indah.

Air Terjun Mini

Salah satu daya tarik utama Pantai Pakar Tulungagung adalah hadirnya air terjun mini yang terdapat di pinggir pantai.

Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras terutama saat musim hujan, meski ketinggiannya hanya beberapa meter. Air akan mengalir dari tebing lalu langsung jatuh ke pasir dan mengalir menuju laut.

Pemandangan air terjun mini ini sangat unik karena dipenuhi busa berwarna putih. Pengunjung bebas bermain di air terjun yang sejuk ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Pakar
Foto oleh Rommy Perdana Putra di Google Maps

Pengunjung yang ingin menghabiskan liburan di Pantai Pakar dapat memilih dua rute, yakni dimulai dari Tulungagung atau Blitar, Jawa Timur.

Berangkat dari kota Tulungagung, pengunjung dapat melewati Ngunut, kemudian melalui Panjerejo dan berbelok menuju desa Pukanglaban.

Pengunjung yang memutuskan keluar dari Blitar bisa melalui Kademangan. Kemudian ikuti rambu jalan hingga mencapai Pantai Tambakrejo, lalu belok kiri di Persimpangan Suruhang hingga mencapai desa Kebonsari, Maron dan juga Pangungduvduv.

Lanjutkan perjalanan hingga mencapai pertigaan Pasar Puser, lalu ikuti jalan tersebut hingga mencapai desa Pukanglaban. Tempat wisata ini letaknya tidak terlalu jauh dari tambak udang sehingga mudah dijangkau oleh pengunjung yang datang menggunakan mobil.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin menikmati segala pemandangan dan fasilitas pantai ini hanya perlu membayar biaya sebesar Rs. 5 ribu hanya untuk parkir. Pasalnya, Pantai Pakar Tulungagung terbuka untuk umum dan dapat diakses secara gratis selama 24 jam.

Baca Juga  Goa Selarong, Goa Bersejarah dengan Panorama Air Terjun Memukau di Bantul

Meski begitu, pengunjung tetap wajib menjaga kebersihan pantai ini dengan tidak membuang sampah atau merusak benda apa pun. Hal ini penting untuk memastikan keindahan alamnya selalu terjaga dalam kondisi sempurna.

Kegiatan yang menarik

Kegembiraan pantai untuk seorang teman
Foto oleh Arif Usman di Google Maps

Ada berbagai rekomendasi apa saja yang bisa dilakukan di pantai indah ini. Berikut daftar kegiatan yang dapat dijadikan referensi:

1. Berburu foto-foto eksotis

Saat mengunjungi pantai ini, pastikan untuk mengabadikan pemandangan yang terbentang di depan mata Anda. Pengunjung dapat memotret keindahan alam Pantai Pakar dengan menggunakan lensa kamera sehingga menghasilkan foto layaknya lukisan yang berkualitas.

2. Makan ikan goreng di Pantai Pakar.

Berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyantap ikan goreng di dekat objek wisata Pantai Pakar.

Wisatawan yang sukses memancing bisa membawa ikan hasil tangkapannya ke panggangan untuk kemudian disantap bersama teman dan keluarga sambil menikmati panorama laut.

3. Berkemah di tepi pantai

Wisatawan dari luar Tulungagung bisa memanfaatkan pantai ini untuk berkemah. Pihak pengelola telah menyediakan alat untuk membuat tenda dan kasur sehingga pengunjung tidak perlu membawa perlengkapan berkemah dari rumah.

4. Menyelam ke dalam air

Jika Anda berkunjung ke Pantai Pacar namun tidak menyelam ke dalam airnya, belum lengkap rasanya. Ombak di pantai ini tidak terlalu berbahaya untuk berenang, namun pengunjung tetap harus berhati-hati agar tidak berenang terlalu jauh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Pakar
Foto oleh Diana Pracoso di Google Maps

Meski merupakan pantai kecil dan terpencil, namun Pantai Pakar memiliki fasilitas yang memadai.

Harga tersebut sudah termasuk toilet, parkir dan sewa perlengkapan camping. Bagi yang ingin memancing harus membawa perlengkapan sendiri.

Wisatawan yang tertarik dengan keindahan Pantai Pakar di Tulungagung bisa menambahkan pantai ini ke dalam daftar kunjungan wajib mereka.

Baca Juga  Coban Putri, Wisata Air Terjun Eksotis Nan Indah di Kota Batu

Dengan pemandangan laut yang mempesona dan air terjun eksotis yang berpadu serasi, destinasi tepi laut ini menawarkan pengalaman wisata yang cocok untuk segala usia.

Pantai ini merupakan tempat ideal bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sambil bersantai di tepi laut.


databaru.my.id