Pantai Sawarna, Pantai yang Sarat Mitos di Lebak yang Dikelilingi Pegunungan Eksotis

Ide Wisata37 Dilihat


Pantai Savarna merupakan pantai mistis di Lebak yang dikelilingi pegunungan eksotis dan menawarkan keindahan alam serta pesona budaya yang unik.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Savarna, Kecamatan. Bahia, Kab. Lebak, Banten; Map: Periksa lokasi

Pantai Savarna merupakan salah satu pantai yang terkenal di Banten dan banyak dikunjungi wisatawan terutama pada musim liburan.

Pengunjung pantai ini tidak hanya warga lokal saja, namun juga dari berbagai kota di Indonesia bahkan dari luar negeri.

Pasalnya, pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan harga tiket yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, wisata bahari ini sangat cocok bagi masyarakat yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin bersantai di tepi pantai.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi pantai ini, penting untuk memahami terlebih dahulu informasi terkait wisata bahari agar terhindar dari kesulitan dan kekecewaan pada saat Anda tiba untuk bertamasya.

Nah jika anda ingin tahu lebih jauh tentang pantai di Lebak ini, simak ulasannya dibawah ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Pantai Savarna

Atraksi Pantai Savarna
Foto oleh Reynardtan Ponto di Google Maps

Seperti yang telah disebutkan di atas, pantai ini banyak dikunjungi orang karena keindahan dan keunikannya yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Daya tarik wisata ini adalah sebagai berikut:

Keindahan panorama pantai

Objek wisata ini terkenal dengan keindahan dan alamnya yang mampu memukau seluruh pengunjungnya. Hal ini dikarenakan wisata pantai savarna dikelilingi oleh pegunungan, mempunyai banyak goa, pasir putih bersih dan juga terdapat sungai.

Pantai ini juga memiliki ombak yang besar dan bagus sehingga sangat cocok untuk berselancar. Sebab, wisata bahari ini berhadapan langsung dengan Laut Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang besar.

Baca Juga  Coastarina Batam, Destinasi Wisata yang Pesonanya Mirip The World Dubai

Selain kekayaan pemandangan alam yang masih asri dan terawat, masyarakat sekitar pantai juga sangat ramah. Oleh karena itu, tidak heran jika wisata bahari ini banyak dikunjungi wisatawan.

Mitos

Terdapat dua buah karang besar di Pantai Savarna Lebak yang diyakini penduduk setempat sebagai wujud kekuatan yang terpancar dari kapal yang dibangun Sangkuriang.

Kapal tersebut awalnya dibangun oleh Sangkuriang untuk memenuhi permintaan Nyonya Sumbi yang merupakan ibu kandungnya untuk menikah dengannya.

Dengan bantuan para jin, Sangkuriang bekerja keras membangun kapal dan bendungan yang diminta Dayang Sumbi sebelum matahari muncul.

Namun pada akhirnya Sangkuriang tidak mampu memenuhi tuntutan yang diberikan Dayang Sumbi dan marah karenanya. Karena frustrasi, dia menendang kapalnya ke utara dan layarnya ke selatan.

Bagian kapal yang terlempar ke selatan menjadi Tangkuban Perahu, dan bagian layar yang terlempar ke selatan menjadi Tanjung Layar.

Selain sejarah Tangkuban Perahu, pantai ini juga dikaitkan dengan mitos sosok Kabayan. Pasalnya salah satu karang yang ada di kawasan wisata ini memiliki jejak kaki yang banyak diyakini sebagai jejak kaki Kabayan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Savarna
Foto Hendi Resmi di Google Maps

Pantai ini terletak di desa Savarna, kecamatan Baya, kabupaten Lebak, provinsi Banten. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi wisata ini.

Jalur menuju kawasan wisata Pantai Savarna dari Jakarta terbagi menjadi 2 jalur utama yaitu jalur timur dan jalur barat. Penjelasan rute yang harus ditempuh kedua rute tersebut adalah sebagai berikut:

Jalur Timur

  • Jakarta Chiavi ke Bogor, lalu ke Cibadak, ke Pelabuhan Ratu, lalu ke Chisolok, Savarna.
  • Jakarta Chiawi ke Bogor, lalu ke Chikidang, ke Pelabuhan Ratu, lalu ke Chisolok, Savarna.
  • Dari Jakarta ke Bogor, lalu ke Sijeruk, ke arah Cikidang/Cibadak, lalu ke Pelabuhan Rata, terus ke Chisolok, Savarna.
Baca Juga  Coban Jahe, Air Terjun Eksotis yang Sarat Nilai Sejarah di Malang

garis barat

  • Dari Jakarta ke Serang, lalu ke Pandeglang, ke Saketi, lalu ke Malingping, lalu ke Baya, Savarna.
  • Dari Jakarta ke Rangkasbitung, lalu ke Gunung Kencana, ke Malingping, lalu ke Baya, Savarna.
  • Dari Jakarta ke Silegon, lalu Anyer ke Labuan, lalu ke Malingping, lanjut Baya, Savarna.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Pantai Savarna di Lebak sebenarnya cukup murah: hanya Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 10.000 di hari libur. Pengunjung hanya perlu membayar Rp5.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp10.000 untuk parkir mobil.

Jam buka objek wisata tepi pantai ini adalah 24 jam, sehingga pengunjung bisa leluasa mengunjungi kawasan tersebut kapan pun, bahkan pada malam hari.

Namun perlu diingat, jika Anda berencana mengunjungi pantai ini pada malam hari, berhati-hatilah agar tidak terjadi hal buruk.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Savarna
Foto Egiii di Google Maps

Selain berenang, wisatawan bisa melakukan beberapa hal menarik saat berkunjung ke destinasi wisata bahari ini. Berikut ini disebutkan peristiwa-peristiwa menarik:

1. Berselancar

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Savarna adalah berselancar karena ombak di pantai ini cukup bagus untuk itu.

Meski berselancar di pantai ini relatif aman, namun pengunjung tetap harus berhati-hati karena banyak terdapat karang di kawasan wisata ini.

2. Kunjungi tempat wisata di sekitar Pantai Savarna.

Terdapat beberapa tempat wisata lain di dekat pantai ini seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Muara dan beberapa gua.

Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke pantai ini, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk berkendara singkat menjelajahi tempat wisata Pantai Savarna Lebak.

3. Berkemah

Pantai indah ini sangat cocok untuk berkemah karena suasana malamnya sangat indah. Tentu saja pendakian tersebut akan menjadi pengalaman menarik yang tidak akan terlupakan.

Baca Juga  Citra Raya Water World, Taman Rekreasi Air dengan Kolam Renang dan Wahana Menarik di Tangerang

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Savarna
Foto oleh Josef Antony di Google Maps

Perlu Anda ketahui, pengunjung yang datang ke pantai eksotik ini bisa memanfaatkan beberapa fasilitas. Beberapa fasilitas tersebut antara lain paviliun shelter, berbagai warung makan, dan tempat tinggal.

Berikut informasi yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Savarna jika ingin berkunjung ke kawasan tersebut. Semoga informasi yang kami berikan diatas dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang berencana mengunjungi resor tepi laut ini.


databaru.my.id