Indahnya Curug Bayan, Air Terjun Tersembunyi di lereng Gunung Slamet Banyumas

Ide Wisata75 Dilihat


Curug Bayan di Banyumas merupakan air terjun tersembunyi di lereng Gunung Slamet, menawan dengan keindahan alamnya yang masih alami dan suasana tenang yang kondusif bagi kedamaian.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dusun II Ketenger, Ketenger, Ketz. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasi

Curug Bayan yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik. Kawasan wisata ini juga cocok dijadikan tempat untuk menyegarkan diri sejenak dan melupakan rutinitas sehari-hari.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang relatif rendah. Kehadiran banyak batu di sekitar air terjun menciptakan aliran air yang berundak.

Meski ketinggian air tidak mencapai ketinggian, namun suasana di tempat wisata di Banyumas ini tetap sejuk dan suhu airnya sangat dingin. Selain itu, kepopuleran tempat alam ini juga karena aksesibilitasnya yang mudah bagi pengunjung.

Daya tarik Kurug Bayan

Atraksi Kurug Bayan
foto Ayo di Twitter

Curug atau air terjun ini mempunyai banyak pesona yang selalu menarik perhatian pengunjung. Berikut beberapa daya tarik objek wisata alam di lereng Gunung Slamet ini:

1. Mudah dijangkau

Air terjun biasanya terletak di daerah pegunungan yang aksesnya sulit. Untuk mencapainya memerlukan tenaga ekstra karena jalanan yang biasanya menanjak, berkelok-kelok, tepi tebing dan licin sehingga membahayakan perjalanan dengan mobil.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun air terjun di provinsi Jawa Tengah ini berbeda. Objek wisata ini dapat dengan mudah dijangkau dengan sepeda motor atau mobil.

Anda tidak perlu khawatir dengan jalanan terjal atau rusak, karena akses menuju Kurug Bayan sudah optimal di permukaan aspal halus. Anda tidak perlu berjalan jauh dari tempat parkir atau jalan masuk karena lokasinya dekat dengan pinggir jalan.

Baca Juga  Kedung Tolok, Air Terjun Alami dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bantul

2. Air jernih dan bersih

Air terjun ini menampilkan keindahan alam karena mengalir dari ketinggian sekitar 7 meter. Kolam penyimpanan ini memiliki luas 200 hingga 300 meter persegi dan kedalaman 2 hingga 5 meter.

Air di Kurug Bayan terkenal jernih sehingga dasar kolam terlihat sangat jelas. Air terjun ini bersumber dari mata air Gunung Slamet yang mengalir melalui Sungai Banjaran.

Terletak di lereng Gunung Slamet, air terjun ini dikelilingi pepohonan sehingga menciptakan suasana rindang dan menyegarkan.

Kecemerlangan air dan irama alirannya menimbulkan suara yang menyejukkan, seperti irama musik, menenangkan hati dan pikiran.

3. Panorama alam yang menakjubkan

Selama perjalanan anda akan ditemani oleh pepohonan yang rindang, karena tempatnya yang jauh dari pemukiman penduduk. Namun begitu Anda melakukan perjalanan ini, Anda tidak akan merasa kecewa saat memasuki kawasan wisata tersebut.

Suara gemuruh air terjun memberikan relaksasi pikiran dan ketenangan dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Perpaduan warna hijau tanaman, suara gemericik air dan sejuknya udara menjadi paket lengkap yang bisa dinikmati di Air Terjun Banyumas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Bayan
Foto Tom di Instagram

Untuk mencapai Curug Bayan dari Baturraden jaraknya kurang lebih 2,7 km. Dari Purvokerto Anda akan menempuh jarak sekitar 13,6 km dalam waktu sekitar 30 menit.

Mulailah perjalanan dari Baturaden Tourist Mandala, ikuti jalan lurus hingga pertigaan di Ketenger, lalu belok kiri.

Perlu diketahui bahwa jalur ini sempit dan berkelok-kelok. Setelah pertigaan berikutnya, belok kanan dan kembali ke jalan utama.

Sesaat setelah itu, di pertigaan berikutnya, belok kiri menuju Desa Ketenger, Jawa Tengah. Anda akan melewati jalan yang naik turun dan berkelok-kelok, namun jalannya beraspal dan mulus.

Baca Juga  Pantai Mirota, Pantai Indah di Batam yang Menyuguhkan Suasana Asri Khas Perbukitan

Saat memasuki kawasan air terjun, lingkungan akan berubah; Bangunan tempat tinggal semakin menyusut, digantikan hutan lebat. Setelah melewati jembatan, Anda akan memasuki kawasan wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Curug Bayan Banyumas, pengunjung dikenakan biaya tiket yang terjangkau yaitu Rp 10.000. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Perlu dicatat bahwa biaya parkir dapat bervariasi tergantung pada kebijakan pemerintah. Tikar di sekitar air terjun dapat disewa dengan harga yang bervariasi sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun sambil duduk di atas tikar.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Air Terjun Bayan
foto Mungkin di Twitter

Saat berwisata, Anda tidak hanya sekedar bersantai, namun Anda juga pasti ingin menikmati berbagai aktivitas menarik di tempat tujuan Anda. Begitu pula dengan destinasi wisata alam yang menawarkan banyak aktivitas menarik yang bisa dinikmati selama menginap di sana.

Bermain di air

Berkunjung ke lokasi wisata Kurug Bayan membuat Anda bisa menikmati kesegaran air terjun yang terus mengalir turun dari pegunungan sehingga memberikan rasa sejuk dan sejuk. Permainan air dan berenang akan sangat menyenangkan.

Terdapat sebuah kolam kecil di dekat tempat air terjun, yang merupakan tempat yang ideal untuk berenang. Banyak wisatawan yang memanfaatkan kolam renang untuk menikmati kesegaran airnya yang jernih, yang tentunya baik untuk kesehatan.

Mencari tempat untuk foto di Kurug Bayan

Berwisata ke tempat wisata ini menjadi salah satu momen yang paling berkesan ketika anda mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto. Anda dapat membagikan kenangan ini kepada teman atau keluarga Anda melalui media sosial.

ada banyak bintik-bintik Mengambil foto yang bagus adalah tujuannya, terutama di kawasan air terjun, yang patut diabadikan dalam sebuah foto atau video. Terdapat meja outdoor atau area berbatu di dekat air terjun yang bisa dijadikan spot berfoto.

Baca Juga  Curug Cisarua, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Garut

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur air terjun Bayan
Foto oleh Ernavati Soekarseno di Facebook

Jika Anda berkunjung ke destinasi Curug Bayan Banyumas ini, Anda akan mendapatkan akses ke sejumlah fasilitas yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah kenyamanan perjalanan Anda. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir, musala, toilet, pondok, bintik-bintik foto dan tempat makan.

Semua fasilitas ini memberikan kenyamanan kepada pengunjung sehingga Anda dapat menikmati liburan Anda sepenuhnya. Wisata air terjun ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran karena suasananya yang alami dan mempesona.




databaru.my.id