Pantai Timang, Pantai Unik yang Menantang Adrenalin di Gunung Kidul Jogja

Ide Wisata55 Dilihat


Pantai Timang salah satu pantai populer di Gunung Kidul, Jogja dengan wahana adrenalinnya. Pantai berpasir putih dengan pemandangan pulau karang kecil dan jembatan tali ini menarik untuk dijelajahi selama liburan di Yogya.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Pantai Selatan, Kec. Tepus, Taksi. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Kawasan Gunung Kidul mempunyai destinasi wisata bahari berupa Pantai Timang yang terkenal. Pantai ini merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang menakjubkan. Banyaknya wisatawan menjadikan pantai ini sebagai simbol dan highlight bagi warga sekitar.

Pemandangan pantai dan alam sekitarnya sangat indah. Mungkin banyak orang yang ingin datang ke pantai ini. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun pun tak mau melewatkan kesempatan menikmati pesona pantai ini.

Banyak orang yang tertarik dengan keunikan apa saja yang dimiliki pantai ini. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai pantai ini. Berikut beberapa informasi menarik mengenai Pantai Timang.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Objek Wisata Pantai Timang

Shutterstock Atraksi Pantai Timang
Foto oleh Amirul Afif di Shutterstock

1. Pulau karang di tengah laut

Ada sebuah pulau yang cukup menarik di tengah pantai. Bukan sembarang pulau biasa, melainkan pulau karang. Pulau ini dulunya merupakan tempat persinggahan warga yang berprofesi sebagai nelayan. Pasalnya, di pulau karang tersebut banyak terdapat lobster yang bisa ditangkap oleh nelayan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Jembatan gantung

Adanya jembatan gantung membuat Pantai Timang semakin menarik karena keunikannya. Melewati jembatan gantung di tempat ini bisa memberikan pengalaman yang luar biasa. Adrenalinnya juga akan teruji karena jembatan akan bergoyang seolah-olah akan runtuh. Ditambah lagi, jembatannya membentang dari pantai hingga pulau karang.

3. Gondola Gantung Ekstrim

Selain jembatan gantung, ada juga gondola atau kereta gantung yang menggunakan tenaga manusia untuk memindahkannya. Kereta gantung digunakan sebagai sarana penyeberangan ke pulau seberang. Banyak pengunjung yang ingin merasakan kereta gantung. Jadi, Anda harus bersabar karena harus mengantri terlebih dahulu.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

4. Pantai yang bersih

Kebersihan suatu tempat itulah yang menentukan kenyamanan kita selama berlibur. Apalagi saat berkunjung ke pantai, jika tempatnya bersih maka pikiran akan terasa segar. Pantai Timang dirawat dengan baik oleh pihak pengelola. Jadi, pantainya terlihat bersih dan terawat.

5. Pemandangannya indah

Perpaduan air laut, pepohonan, pasir pantai dan beragam fauna di sekitar pantai menambah pesona tempat wisata ini. Keindahan dan kelestarian alamnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan begitu, pengunjung bisa merasakan udara bersih dan segar yang datang langsung dari alam yang indah.

Baca Juga  Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Cantik yang Super Jernih di Gunung Kidul

6. Matahari terbenam yang menakjubkan

Pemandangan terbenamnya matahari atau terbenamnya matahari merupakan salah satu hal yang sering dinanti-nantikan oleh anak muda. Momen seperti ini sangat cocok dinikmati di Pantai Timang Gunung Kidul. Siluet yang terbentuk menjadi daya tarik tersendiri. Rasanya semakin nikmat ditemani air kelapa muda dan jajanan sambil menyaksikan matahari terbenam di tepi pantai.

7. Tebing terjal

Daya tarik pantai selanjutnya adalah banyaknya bebatuan dengan tebing yang sangat terjal. Batuan ini terlihat besar dan megah karena ukurannya yang sangat tinggi. Keindahannya membuat siapapun yang melihatnya semakin geleng-geleng kepala. Meski sangat indah, namun Anda tetap perlu berhati-hati saat berada di atas batu tersebut agar tidak terjadi hal yang fatal.

8. Deburan ombak yang besar

Keindahan wisata pantai ini juga terdapat pada ombaknya yang lumayan besar. Pasalnya, pantai ini terletak di kawasan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Deru ombak pun semakin terdengar dan membuat suasana semakin santai. Apalagi ombak yang dirasakan di tepian pantai sungguh menakjubkan.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Shutterstock Shutterstock Alamat Pantai Timang
Foto oleh Syahrizad bin Abdul Ghani di Shutterstock

Pantai dengan berbagai daya tariknya ini terletak di pesisir pantai Yogyakarta. Lebih tepatnya Desa Danggolo, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kepopuleran kawasan Gunung Kidul.

Rute dari Yogyakarta sekitar 50 km menuju Wonosari. Setelah itu dilanjutkan menuju Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron, belok kiri menuju Pantai Siung. Begitu Anda melihat Pasar Dakbong, Anda akan melihat rambu-rambu jalan yang akan memandu Anda hingga mencapai Pantai Timang.

Wisatawan diimbau berhati-hati saat berwisata ke lokasi pantai. Anda akan menemukan jalan setapak yang dipenuhi bebatuan kapur. Ukuran batunya pun bermacam-macam, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Namun, Anda hanya perlu berjalan beberapa meter melalui jalur yang relatif sulit ini.

Pantai Timang merupakan tempat wisata yang cocok bagi Anda yang berkunjung sendiri maupun berkelompok. Apalagi harga tiket masuk pantainya sangat ramah di kantong yakni murah.

Nominal yang harus dibayar hanya Rp 10.000, namun tetap dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan begitu, Anda bisa berlibur tanpa mengeluarkan banyak uang.

Baca Juga  Tugu Rimau, Landmark Ikonik Kota Pagar Alam di Kaki Gunung Dempo

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Timang
Foto oleh Tirtapervitasari di Shutterstock

Mencari lobster

Kelimpahan lobster di Pantai Timang bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung. Lobster boleh diburu oleh siapa saja asalkan tidak merusak ekosistem.

Hal ini tentu menjadi aktivitas yang sangat menarik bagi pengunjung. Ditambah lagi, mendapatkan lobster seharusnya tidak terlalu sulit.

Kuliner

Berburu kuliner menjadi kegiatan favorit seluruh pengunjung pantai. Kawasan pantai ini menjual berbagai macam makanan dan minuman yang lezat.

Misalnya saja olahan makanan laut, kelapa muda, gorengan dan masih banyak lagi. Harga pun berkisar dari terjangkau hingga relatif mahal.

Memotret Riya

Banyak spot foto keren di sekitar pantai yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Spot foto favorit pengunjung adalah gondola, jembatan gantung, dan pulau karang.

Apalagi keindahan pantainya sendiri juga cocok dijadikan tempat berfoto. Terdapat juga bebatuan yang tinggi dan megah sebagai backdrop foto Anda agar semakin eksotis.

Berkemah

Aktivitas menyenangkan berikutnya yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah berkemah. Anda bisa leluasa berkemah di sini kapan saja, karena pantai ini buka 24 jam sehari. Bagi pecinta camping, kegiatan ini tentu sangat menarik.

Suasana malam hari menjadi momen pendakian yang paling menyenangkan. Akhiri momen camping dengan menyalakan api dan bernyanyi bersama agar semakin seru.

Piknik di Pantai Timang

Jika Anda ingin piknik di tempat yang nyaman dengan udara segar, Pantai Timang Gunung Kidul adalah tempatnya. Hanya berbekal permadani dan makanan yang dibawa dari rumah.

Tak sedikit juga pengunjung lain yang piknik di pinggir pantai. Kegiatan ini cocok untuk mempererat hubungan dengan keluarga dan teman.

Bermain dengan pasir

Membuat istana pasir di pinggir pantai bisa menjadi kegiatan yang bisa membuat Anda melupakan berbagai permasalahan. Pasir di pantai ini juga sangat bersih, halus dan berkilau.

Anak-anak juga akan sangat senang jika diajak bermain pasir di sana. Di pasir pantai juga banyak terdapat kerang-kerang cantik.

Bermain di air

Bermain air sambil membasahi kaki sambil deburan ombak juga menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Timang Gunung Kidul. Jadi pastikan untuk membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga jika basah karena bermain air.

Namun, Anda juga perlu lebih berhati-hati saat bermain air di pantai cantik ini. Tidak ada apa-apa, hanya saja ombak di pantai ini cukup besar.

Baca Juga  Bunut Ngengkang, Pemandian Alami di Lombok Barat yang Kaya Pesona

Akomodasi murah dekat Pantai Timang

1. Penempatan rumah BoB

Pantai Timang di Gunung Kidul hanya berjarak sekitar 7,3 km. Pelayanan di hotel sangat profesional, ramah dan nyaman. Meja depan juga buka 24 jam sehari. Fasilitasnya meliputi tempat parkir, antar-jemput bandara, AC, ruang khusus merokok, dll.

2. Hotel Sundak Indraprastha dengan pemandangan laut

Kamar ini memiliki TV layar datar dengan saluran satelit dan kamar mandi pribadi. Bagi kamu yang ingin membawa hewan peliharaan, hotel ini juga memperbolehkannya. Parkir mobil juga disediakan gratis. Jarak antara properti ini dengan tempat wisata di pantai ini kurang lebih 7 km.

3. Vila dan Pondok Radika Paradise

Biaya hidup di sana sekitar Rp750.000 per malam. Villa dilengkapi dengan balkon, kolam renang dan taman yang indah. Layanan lain yang tersedia di Radika Paradise Villa & Cottage Restaurant adalah AC, akses pantai, parkir gratis, antar-jemput bandara dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Unsplash Timang
Foto oleh Aaron Kiru di Unsplash

Berbagai fasilitas yang ada di Pantai Timang bisa dikatakan bagus. Yang terpenting tempat wisata ini dilengkapi dengan toilet umum. Toilet di sana juga rutin dibersihkan dan dijaga kebersihannya. Jadi pengunjung pantai tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ingin buang air kecil.

Yang tak kalah penting bagi pengunjung lokasi wisata pantai ini adalah fasilitas berupa tempat parkir. Ukuran lahan parkirnya pun tidak hanya kecil, namun juga cukup luas. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir untuk mobil Anda. Namun layanan ini tidak gratis, artinya Anda membayar dengan harga yang relatif murah.

Hebatnya lagi, ada asuransi kecelakaan jika naik jembatan gantung. Tentu saja hal ini dilakukan untuk memastikan pengunjung tetap aman jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Manfaat asuransi kecelakaan sudah termasuk biaya tiket masuk Jembatan Gantung Pulau Karang sebelumnya. Adanya asuransi ini juga memperhitungkan bahwa jembatan gantung di Pantai Timang cukup ekstrim.

Demikian ulasan mengenai berbagai hal yang dapat dilakukan di Pantai Timang, Gunung Kidul. Semoga pembahasan menarik diatas dapat menjawab rasa penasaran anda mengenai tempat wisata ini. Jika masih ingin tahu lebih jauh, rencanakan saja kunjungan ke pantai ekstrem ini bersama orang tercinta.


databaru.my.id