Pantai Trisik, Objek Wisata Pantai yang Menawan di Kulon Progo

Ide Wisata71 Dilihat


Pantai Trisik merupakan salah satu tempat wisata pantai di Kulon Progo Yogya yang populer dan menawarkan pemandangan yang mempesona. Pantai berpasir hitam ini memiliki laguna dengan berbagai spot foto dan atraksi air menarik.

Harga tiket: 2000 rupee Indonesia, Jam kerja: 05:00-18:00, Alamat: Banaran, Kec. Galur, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Indonesia menawarkan banyak tempat wisata menarik bagi warganya. Sebab seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan. Oleh karena itu, wisata bahari merupakan hal yang biasa kita jumpai. Semua tempat wisata ini menawarkan keindahan tersendiri.

Cocok sekali bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama teman, keluarga atau pasangan. Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda adalah Pantai Trisik Kulon Progo. Saat Anda berkunjung ke kota ini, pastikan untuk mampir sejenak menikmati keindahan dan keanggunan pantai berpasir hitam ini.

Nantinya Anda mungkin bisa merasakan pemandangan yang tidak bisa Anda dapatkan dari tempat lain. Anda bisa melepas kepenatan di tempat wisata Kulon Progo ini. Ada banyak hal yang bisa Anda lihat dan lakukan.

Objek Wisata Pantai Trisik

Shutterstock Atraksi Pantai Trisik
Foto oleh Muhana Syafikuddari di Shutterstock

1. Panorama pantai yang indah

Daya tarik pantai Trisik yang pertama adalah panoramanya yang menakjubkan. Anda akan melihat perpaduan pemandangan laut dan pantai yang begitu indah dan mempesona.

Semua jenis ini dapat merusak mata Anda. Angin sepoi-sepoi dan ombak yang saling berkejaran akan menambah indah suasana pantai ini. Sangat cocok bagi anda yang menyukai alam untuk dikunjungi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Banyak jenis burung

Atraksi ini pasti akan menyenangkan para pecinta burung. Karena Anda akan menemukan banyak jenis burung di tempat ini. Pasalnya, Pantai Trisik menjadi tempat persinggahan burung-burung dari berbagai daerah. Ada banyak jenis burung yang bisa Anda temukan.

Misalnya saja trinil pantai, trinil rawa, cerek dan masih banyak lagi jenis burung lainnya. Jadi ketika Anda berkunjung ke tempat ini, jangan kaget jika melihat banyak burung yang nongkrong di pinggir pantai.

Baca Juga  Linggai Park, Taman Wisata Kekinian untuk Liburan Keluarga di Agam

3. Pasir pantainya lembut dan airnya jernih.

Hal lain yang bisa Anda dapatkan adalah pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut dan air laut yang sangat jernih. Banyak wisatawan datang ke sini hanya untuk menikmati pemandangan. Apalagi bagi Anda yang tinggal jauh dari pantai, Anda bisa datang ke sini untuk merasakan lembutnya pasir pantai.

4. Ada laguna

Setidaknya ada empat laguna pantai Trisik. Dua dari empat kawasan tersebut telah dikembangkan sebagai kawasan mangrove. Tumbuhan ini berperan sebagai penahan erosi tanah oleh air laut. Sedangkan dua laguna sisanya digunakan sebagai wahana bermain air.

Di sana Anda akan menemukan atraksi berupa perahu bebek. Dan tentunya hal ini akan semakin menarik pengunjung ke sini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Trisik
Foto oleh Defa H di Shutterstock

Sesuai dengan namanya, Pantai Trisik terletak di kawasan Kulon Progo. Bagi yang berencana mengunjungi tempat ini, Anda bisa menempuh perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta untuk sampai ke spot pantai ini.

Anda akan mengambil rute dari Bantul menuju Purworejo. Nantinya Anda akan melewati daerah seperti Shrandakan dan Palbapang. Sesampainya di Shrandakan, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Brosot. Dari sini Anda hanya perlu langsung menuju Pantai Trisik yang berjarak sekitar 5 km.

Untuk memudahkan perjalanan Anda, Anda bisa mengecek rute menuju lokasi pantai menggunakan Google Maps. Sepanjang perjalanan menuju objek wisata pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indahnya.

Untuk mencapai tempat wisata ini sangatlah mudah. Karena akses jalan yang begitu mulus, tidak akan ditemukan lubang besar menganga di jalan menuju pantai. Karena tempat ini tidak dapat dijangkau dengan kendaraan umum, sebaiknya Anda datang ke sini hanya dengan kendaraan pribadi.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa roda empat atau dua. Pasalnya, akses jalan sangat nyaman untuk dilalui kendaraan tersebut. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa mobil atau sepeda motor yang banyak tersedia di sekitar pusat kota Yogyakarta.

Baca Juga  Gua Maria Sendangsono, Destinaso Wisata Religi di Kulon yang Kaya Pesona

Biaya masuk dan jam buka

Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi Pantai Trisik, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu berapa harga tiket masuknya. Pantai indah di Kulon Progo ini merupakan salah satu tempat wisata, tarif masuknya sangat terjangkau.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda hanya perlu membayar antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000 saja. Namun akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua berkisar Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat Rp 10.000.

Anda bisa mengunjungi objek wisata ini pada jam bukanya. Jam buka pantai ini dimulai pada jam 5 pagi dan tutup pada malam hari. Jadi usahakan untuk datang ke tempat ini sedini mungkin agar anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan lebih maksimal.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai Trisik
Foto oleh Muhana Syafikuddari di Shutterstock

Menikmati keindahan Pantai Trisik

Seperti yang sudah dijelaskan, Pantai Trisik mempunyai keindahan alam yang mempesona. Oleh karena itu, hal pertama yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah berjalan-jalan dan menikmati pemandangan alam sekitar.

Anda bisa berjalan di atas pasir yang sangat lembut sehingga membuat Anda merasa nyaman. Ketenangan yang menyelimuti tempat ini pasti akan membuat Anda rileks sejenak. Pikiran Anda akan menjadi lebih jernih dan tentunya membantu menghilangkan stres ringan.

Nikmati beragam pilihan kuliner

Hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menikmati beragam sajian kuliner yang tersedia di warung-warung tersebut. Ada banyak jenis menu seafood yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Tentu saja menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah merupakan sebuah ide yang luar biasa. Anda akan mendapatkan dua hal dari kegiatan ini.

Berburu foto

Cocok sekali bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer, atau mungkin bagi Anda yang hanya sekedar mempunyai hobi di dunia fotografi. Pemandangan alam yang ditawarkan pantai Trisik Kulon Progo sangat cocok untuk dijadikan background foto.

Di sini juga terdapat banyak perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan yang dapat menambah nilai estetika seni fotografi Anda.

Baca Juga  Pantai Mengening, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Badung Bali

Beli ikan laut

Para pecinta seafood tidak hanya bisa menikmati makanan dari warung-warung yang tersedia, tapi juga membeli ikan laut yang baru ditangkap nelayan setempat dan membawanya pulang.

Jika membeli ikan langsung di tempat pelelangan ikan tentunya berbeda dengan membeli di supermarket atau pasar tradisional. Selain harganya yang lebih murah, ikan yang didapat juga masih segar.

Pasalnya ikan ini baru ditangkap oleh nelayan yang pulang dari melaut. Banyak jenis ikan yang bisa Anda temukan di sana. Tentu saja hal ini akan menambah kesan hidup dalam perjalanan Anda.

Akomodasi murah terdekat dekat pantai Trisik

1. Hotel Cordia Yogyakarta

Untuk bisa menginap di hotel ini, Anda perlu membayar sekitar Rp 300.000 ke atas untuk satu malam. Fasilitas yang akan Anda temukan di tempat ini adalah tempat parkir yang luas, Wi-Fi gratis, restoran, lift, resepsionis 24 jam dan masih banyak lagi.

2. OYO 2314 Hapsari Syariah Homestay

Hotel ini menawarkan fasilitas seperti Wi-Fi gratis, parkir, dan banyak lagi. Terletak di dekat pantai Trisik Kulon Progo. Bagi kamu yang ingin menginap di tempat ini, kamu perlu membayar sebesar Rp 200.000 per malam.

3. Hotel Raja

Biaya menginap di tempat ini melebihi Rp 200.000 per malam. Fasilitas di sana tak jauh berbeda dengan dua hotel sebelumnya. Beberapa hal yang bisa Anda temukan antara lain AC, Wi-Fi, tempat parkir, resepsionis 24 jam dan lain sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Pantai Trisik
Foto oleh Enda Rustiati di Shutterstock

Sedangkan untuk fasilitas yang tersedia di tempat wisata pantai ini mungkin belum terlalu memadai. Pasalnya pemanfaatan tempat wisata ini belum dioptimalkan oleh pemerintah setempat. Namun meski begitu, Anda tidak akan kecewa jika memutuskan untuk mengunjungi tempat ini.

Demikianlah gambaran singkat Pantai Trisik di Kulon Progo, Yogya. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Yogyakarta, tempat wisata ini layak untuk Anda kunjungi. Panorama alamnya tak akan membuat Anda menyesal menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata.


databaru.my.id