Pantai Tiga Warna, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Malang

Ide Wisata6 Dilihat


Pantai Tiga Warna di Malang merupakan surga alam menakjubkan yang mencerminkan perpaduan warna yang mempesona dan keindahan alam yang begitu murni.

Harga tiket: 6000 rupee Indonesia, Jam kerja: 05.00-14.00 WIB, Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kech. Sumbermanjing, Cab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Pantai Tiga Warna Malang merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di kawasan mangrove. Oleh karena itu tidak heran jika pemandangan dari tempat ini masih asri dan unik sekali. Untuk menjaga keindahan pantai ini, pembatasan bagi wisatawan diberlakukan setiap hari. Pantai ini sendiri juga menjadi salah satu model keindahan milik Kabupaten Malang.

Jika sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa keindahan Malang hanya terletak pada pemandangan pulau dan pegunungannya, maka hal tersebut tidak benar. Pasalnya masih banyak pantai eksotik yang sayang untuk tidak dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Tiga Bunga. Nah bagi anda yang berdomisili di Jawa Timur patut mencoba berlibur ke tempat wisata di Malang ini.

Disarankan juga untuk mengundang teman, kolega, dan keluarga agar liburan Anda lebih menyenangkan. Beragam jenis kearifan lokal yang ditawarkan pantai ini siap memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung. Nah, berikut ini berbagai hal yang sayang untuk dilewatkan karena berkaitan dengan Pantai Tiga Varna.

➥ Cek hotel murah di Malang

Daya Tarik Pantai Tiga Warna

Objek Wisata Pantai Tricolor Shutterstock
Foto oleh Teofani di Shutterstock

Memiliki warna campuran

Jika dilihat dari pilihan nama tempat wisata ini, Anda sudah bisa melihat bahwa pantai ini mempunyai keunikan dalam warnanya. Perpaduan warna yang menjadi daya tarik tempat ini antara lain kehijauan, biru tua, putih, dan merah muda. Namun yang sangat mencolok dan sering terlihat adalah warna pasir pantainya yang berwarna biru kehijauan, biru laut, dan putih.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Perpaduan beberapa warna inilah yang membuat banyak orang datang ke pantai eksotis ini. Bahkan ada juga pengunjung yang rela datang dari jauh untuk melihat langsung fenomena unik tersebut. Pasalnya, fenomena unik ini bisa menarik perhatian siapa pun, khususnya pecinta wisata pantai.

Suasana tenang dan sejuk

Dengan membatasi jumlah pengunjung, suasana di pantai menjadi tenang dan tidak terlalu bising dari suara orang. Tentu saja ketenangan pikiran penting untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain itu, setiap pengunjung pasti akan merasakan suasana segar dan sejuk.

Baca Juga  Pesona Pantai Mbuluk, Pantai Di Yogyakarta Yang Masih Baru dan Asri

Sebab, ada angin sepoi-sepoi. Dengan cara ini tentunya pikiran Anda bisa menjadi lebih tenang. Wajar jika banyak orang yang mengunjungi Pantai Tiga Varna karena suasana di sini sangat cocok untuk relaksasi dan menyegarkan pikiran. Apalagi bagi masyarakat yang kesehariannya melibatkan pekerjaan di kota besar.

Pantai Tiga Warna sangat terawat.

Kebersihan suatu tempat wisata merupakan hal yang utama, karena kenyamanan seluruh pengunjung sangat bergantung padanya. Tempat wisata yang bersih membuat pengalaman menginap Anda semakin nyaman. Nah, jangan khawatir, kebersihan sudah menjadi salah satu ciri khas pantai unik di Malang ini.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tricolor Shutterstock
Foto Velica Florencia di Shutterstock

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambak Reggio, lebih tepatnya di Kawasan Konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Untuk dapat memasuki kawasan pantai ini harus mendapat izin dari Konservasi hutan bakau Klungup Pertama-tama, karena letaknya di kawasan lindung.

Anda dapat memesan tempat terlebih dahulu kepada petugas atau manajemen konservasi dengan menghubungi nomor telepon yang tersedia. Selanjutnya untuk mencapai pantai tersebut pengunjung terlebih dahulu menempuh jalur menuju Pantai Goa Sina. Konon jalur ini paling sering dipilih orang.

Dari pusat kota Malang Anda bisa mengambil jalan menuju Gadang lalu ke Touraine. Setelah itu ikuti jalan menuju Pantai Sendang Biru. Lanjutkan perjalanan selama kurang lebih dua jam dan Anda akan menemukan persimpangan antara Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Sina.

Cukup ambil jalan menuju Pantai Goa Cina, lalu ikuti jalan lurus sejauh dua kilometer hingga bertemu perempatan lagi. Belok kiri menuju TPI atau Tempat Pelelangan Ikan. Nantinya anda akan memasuki Desa Kembang dan mengambil jalan menuju ke sana Klungup ngobrol di hutan bakau. Nah, di kawasan lindung ini pengunjung bisa menemukan pintu masuk menuju pantai Tiga Varna.

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk yang perlu Anda bayarkan saat mengunjungi lokasi wisata ini tidak mahal, yakni hanya Rp 6 ribu per orang. Tentu saja harga ini sangat terjangkau dan ramah kantong. Pengunjung juga bisa menyewa pemandu di sana dengan biaya Rp 100.000 per rombongan.

Pantai Tiga Varna buka mulai pukul 05.00 hingga 14.00. Jadi pastikan Anda bisa berkunjung pada jam-jam tersebut. Namun ada keunikannya: sebelum pengunjung datang ke tempat wisata ini, mereka harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Baca Juga  Lobang Jepang, Destinasi Wisata yang Sarat Nilai Sejarah di Bukittinggi

Karena hanya ini satu-satunya cara untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Jumlah pengunjung maksimal yang diperbolehkan setiap harinya hanya 100 orang. Jadi pastikan Anda memilih hari yang tepat jika ingin mengunjungi pantai tersebut. Akan lebih baik juga jika Anda membuat grup sendiri yang terdiri dari 10 orang.

Sebab, apabila rombongan yang datang bukan kelipatan 10, maka tidak diperbolehkan. Misalnya, jika rombongan Anda berjumlah 15 orang, Anda hanya diperbolehkan memesan meja untuk 10 orang dalam satu rombongan. Sedangkan 5 orang sisanya harus membuat grup sendiri.

Selain itu, pengunjung diharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari hari kerja daripada akhir pekan. Hal ini karena pemesanan pada hari kerja umumnya akan lebih sepi dibandingkan pemesanan akhir pekan.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Pantai Tricolor menyenangkan
Foto: Gegeee di Shutterstock

1. Berenang di Pantai Tiga Warna.

Pengunjung bisa berenang bahkan snorkeling di pantai ini. Jika tidak memiliki alat snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan biaya Rp 15 ribu per orang. Sembari snorkeling, Anda akan bisa menikmati indahnya pemandangan terumbu karang bawah laut yang dipenuhi biota laut.

2. Berkemah

Karena diperlukan reservasi untuk berkunjung ke sini, tentu sayang jika Anda tidak bermalam atau berkemah di tepi pantai. Semua pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda di lokasi. Jika tidak membawa tenda, Anda bisa menyewa tenda dengan harga Rp 25 ribu per malam dan ditambah lagi Rp 25 ribu untuk sewa tanah.

3. Trekking

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Anda bisa menyewa pemandu dengan biaya Rp 100 ribu. Nantinya, seorang pemandu akan membantu pengunjung menjelajahi cagar alam dan kawasan pantai Tiga-Varna.

4. Lihat ubur-ubur

Di sana, pengunjung akan melihat ubur-ubur berkeliaran dengan bebas. Jadi jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan hewan cantik ini. Ingatlah juga untuk selalu berhati-hati karena ubur-ubur bisa menyengat.

Akomodasi murah dekat pantai

1. Wisma Dilpratis

Dhipatris Homestay terletak di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Harga akomodasi di hotel ini mulai dari Rp 266 ribu. Menyediakan berbagai jenis fasilitas termasuk tempat tidur yang nyaman, kipas angin, layanan kamar 24 jam, tempat parkir dan kamar mandi.

Bahkan akomodasi ini juga cukup dekat dengan tempat wisata alam lainnya. Misalnya Pantai Ngopet, Pantai Mbehi, Pantai Kondang Merak, dan Pantai Balekambang.

Baca Juga  Pantai Sri Mersing, Pantai Indah di Serdang Bedagai dengan Berbagai Watersport Menarik

2. Lina, rumah singgah

Lina Homestay terletak di Bajul Mati, Gedangan, Kabupaten Malang. Harga bermalam di sini sangat terjangkau, mulai dari Rp 262 ribu per malam saja. Berbagai fasilitas seperti kipas angin, tempat parkir, kamar mandi, tempat tidur dan layanan kamar 24 jam disediakan.

Lokasinya sangat strategis karena dekat juga dengan Pantai Sumenggung, Pantai Goa Sina, Pantai Vatu Leter dan Pantai Bajul Mati. Pemandangan alam disekitarnya juga sangat segar dan alami.

3.Labda Asri, homestay

Labda Asri Homestay Alamat: Jl Sendang Biru, Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Biaya satu malamnya sendiri kurang lebih sebesar Rp 301 ribu. Fasilitasnya hampir sama dengan kamar lainnya yaitu: kamar mandi, tempat tidur nyaman, tempat parkir, kipas angin dan layanan kamar 24 jam.

Selain Tiga-Varna, hotel ini juga dekat dengan pantai indah lainnya. Di antaranya Pantai Waru Waru, Pantai Kondang Bantung, dan Pantai Sendang Biru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Tiga warna di pantai
Foto oleh Teofani di Shutterstock

Pantai Tiga Varna memiliki berbagai fasilitas yang kelengkapannya tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda akan disediakan lahan parkir yang cukup luas. Setiap pengunjung juga tidak perlu takut kelaparan selama perjalanan, karena banyak terdapat warung dan toko yang menjual makanan dan minuman yang menggugah selera.

Gazebo dan gubuk tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin bersembunyi dan bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Bagi Anda yang sudah selesai berenang, tersedia kamar mandi dengan ruang ganti yang bersih dan nyaman. Selain itu, terdapat juga musala yang dirancang khusus bagi pengunjung muslim untuk melaksanakan ibadahnya.

Pantai ini juga menawarkan fasilitas berupa zona foto yang indah. Pastinya cocok banget buat kamu yang suka fotografi. Sedangkan pengunjung yang ingin berenang namun takut tenggelam tidak perlu khawatir. Pasalnya, banyak tempat yang bisa menyewakan jaket pelampung dengan harga terjangkau.

Berikut beberapa hal menarik dari resor tepi laut Malanga yang populer bernama Pantai Tiga Varna. Anda bisa mengunjungi pantai indah ini untuk mendapatkan pengalaman berharga yang akan dikenang selamanya. Karena keindahannya, tak heran jika menjadi salah satu tempat wisata alam di Jawa Timur yang paling populer.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *