Pantai Watu Lawang, Pantai dengan Pemandangan yang Eksotis di Gunung Kidul

Ide Wisata9 Dilihat


Pantai Watu Lawang menawarkan pemandangan Gunung Kidul yang eksotis serta keindahan gua/benteng batu yang menakjubkan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Tepus, Kets. Tepus, Taksi. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pantai Watu Lawang merupakan salah satu pantai menawan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Ya, ada banyak sekali pantai populer di kawasan Gunung Kidul. Tak heran jika kawasan ini kerap disebut sebagai gudangnya sejumlah pantai. Termasuk Watu Lawang yang eksotisme alamnya menjadi magnet wisatawan.

Pantai indah ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Ada banyak bebatuan dan karang yang kuat di sini. Hal ini dikarenakan pantai ini dikelilingi perbukitan. Bebatuan ini membuat pantai ini semakin eksotik dan indah.

Istilah Vatu Lawang mempunyai arti filosofis yang berarti pintu batu. Di pantai ini terdapat sebuah gua batu yang bentuknya seperti sebuah pintu. Biasa digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat pelaksanaan upacara Nyadran, sebuah upacara adat yang diadakan pada bulan Sya’ban dalam penanggalan Islam.

➥ Cek promosi hotel di Gunung Kidul

Objek Wisata Pantai Watu Lawang

Shutterstock Atraksi Pantai Watu Lawang
Foto oleh Dimas Satriaa di Shutterstock

Pemandangan pantai yang sangat eksotis

Wisata pantai selalu menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. Tak terkecuali pantai Watu Lawang yang indah ini. Sesampainya di pantai, Anda langsung disambut hamparan pasir putih kecoklatan, bebatuan karang yang kokoh, jenis tanaman pandan hijau, dan birunya air laut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ditambah lagi ada gazebo yang berdiri di atas pasir. Seolah-olah Anda tidak ingin melewatkan pemandangan indah ini sama sekali. Bahkan pasir di pantai ini masih sangat bersih. Anda bisa berolahraga dengan bermain pasir, dll tanpa melihat sampah berserakan.

Belum ramai dikunjungi wisatawan reguler

Jika Anda ingin merasakan pantai yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, maka Anda sangat direkomendasikan untuk mengunjungi pantai menawan ini. Suasananya tenang, jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota. Kepenatan akibat pekerjaan yang menumpuk pun bisa terlupakan sejenak berkat ketenangan dan keindahan pantai.

Tak heran jika suasana pantai indah ini lebih banyak menarik pengunjung saat hari libur dibandingkan hari biasa.

Terdapat gua/benteng batu

Salah satu keunikan pemandangan Watu Lawang adalah gua/benteng batu alam. Di depannya terdapat pintu masuk gua, membentuk bukaan menyerupai pintu.

Pada waktu-waktu tertentu seperti bulan Sya’ban, masyarakat setempat biasanya melakukan upacara adat di gua ini. Jadi, jika Anda ingin melihat situs cagar budaya di pinggir pantai, Anda bisa merencanakannya pada waktu tersebut.

Baca Juga  Indahnya Grojogan Sewu, Air Terjun Eksotis di Kulon Progo Jogja

➥ Tiket ke teras kaca Pantai Nguluran Jogya

Fotografi lanskap yang Instagrammable

Pemandangan pantai yang dikelilingi bebatuan karang ini sangat keren jika dijadikan untuk fotografi. Nuansa hijau alami, air laut jernih kebiruan, dan pasir putih lembut menjadi gradasi warna yang sangat indah.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke Watu Lawang untuk mencari tempat-tempat eksotik. Bahkan sering digunakan untuk fotografi prewedding karena pantainya kurang ramai dan pemandangannya bagus.

Jangan lewatkan pemandangan unik pantai ini. Siapkan kamera terbaik Anda sebelum berkunjung. Ambil foto setiap sudut pantai dengan pemandangan yang eksotis. Dengan begitu, Anda bisa mengunggah hasilnya ke akun media sosial Anda sebagai tambahan koleksi foto liburan Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Watu Lawang
Foto oleh Ndari Kusmintasih di Shutterstock

Belum banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Watu Lawang karena keberadaannya masih tersembunyi. Padahal keindahan yang ditawarkan setara dengan sejumlah pantai populer di Gunung Kidul.

Pantai menawan ini terletak di Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul. Di daerah Tepus dan desa Tepus. Jika pengunjung memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 2 jam. Akses dapat dilalui kendaraan roda empat maupun kendaraan bermotor.

Untuk mencapai pantai ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan dari kota Jogya. Selanjutnya berjalan menuju Jalan Wonogiri Barat. Lanjutkan menuju pantai Kukup, Krakal dan Baron yang terletak di kawasan yang sama. Selanjutnya Anda akan sampai di Pantai Indrayanti. Setelah berjalan kurang lebih 200 meter Anda akan sampai di Watu Lawang.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Biaya masuk dan jam buka

Setiap pengunjung yang ingin memasuki Pantai Watu Lawang harus membayar biaya masuk. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang untuk tiketnya. Bahkan dengan kecepatan tersebut, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan dua pantai yaitu Indrayani dan Watu Lawang.

Gerbang masuk ke pantai sejuk ini sama dengan gerbang menuju Pantai Indrayanti. Dengan demikian, pengunjung hanya perlu membayar satu tiket masuk saja. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 saja. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil bisa membayar parkir sebesar Rp 3.000.

Jam buka pantai cantik ini buka 24 jam sehari. Oleh karena itu, wisatawan dapat mengunjunginya kapan saja, tanpa melihat jadwal berkunjung pada hari-hari tertentu saat lokasi wisata pantai dibuka. Bagi yang ingin berkemah juga bisa datang dan mendirikan tenda di lokasi pantai kapan saja.

Baca Juga  11 Destinasi Wisata Alam di Jogja untuk Berburu Kabut yang Menyejukkan

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai Watu Lawang
Foto oleh Ndari Kusmintasih di Shutterstock

1. Menikmati pemandangan hijau

Padahal berada di lokasi khas pantai pasir putih. Meski demikian, pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan alam yang hijau. Sebab banyak sekali pandana laut yang tumbuh di bebatuan karang.

Sehingga pemandangan Pantai Watu Lawang tidak terlihat tandus. Masih menyenangkan untuk melihatnya sampai sekarang. Jiwaku menjadi lebih sejuk.

2. Berenang

Karena kemiringan pantainya, ombak di pantai cantik ini tampak tenang. Wisatawan yang berkunjung bisa bermain air dengan nyaman. Salah satunya adalah berenang.

Pengunjung juga bisa menyewa ban atau jaket pelampung dari pantai. Dengan cara ini Anda merasa lebih aman saat berenang. Anak-anak khususnya harus tetap berada di bawah pengawasan orang dewasa.

3. Berjalan menyusuri garis pantai Watu Lawang.

Sebuah aktivitas sederhana namun manfaatnya sangat menyejukkan jiwa, yaitu berjalan-jalan di tepi pantai. Hamparan pasir putihnya yang lembut berpadu dengan pemandangan air laut yang biru jernih akan membuat mata Anda serasa dimanjakan dengan alam.

Apalagi Anda juga akan merasakan semilir angin pantai dan deburan ombak yang lembut pasti akan membuat jiwa Anda semakin tenteram. Rasa penat akibat rutinitas sehari-hari, apalagi karena pekerjaan yang menumpuk, akan terlupakan berkat keindahan Pantai Watu Lawang.

Jadi jangan ragu untuk menghabiskan waktu luang Anda di pantai yang indah ini. Suasananya yang tenang dan pantainya yang bersih, tidak tercemar aktivitas manusia, membuat Anda semakin merasa nyaman.

4. Bersantai di bawah gazebo

Anda bisa memanfaatkan gazebo pantai sebagai tempat melepaskan diri dari terik sinar matahari. Selain itu juga bisa dijadikan tempat bersantai sambil meminum air kelapa muda. Memandangi lautan luas yang tak berbatas.

Uniknya gazebo yang ada di pantai ini memiliki atap yang terbuat dari bahan alami seperti jerami kering. Oleh karena itu, bisa dijadikan tempat untuk mengambil foto.

5. Wisata kuliner

Berwisata tak hanya sekedar menikmati pemandangan Pantai Watu Lawang saja. Pengunjung juga bisa berwisata kuliner. Banyak warung-warung di pinggir pantai yang mengundang wisatawan untuk mencoba kulinernya.

Nah, bagi Anda pecinta seafood tentunya bisa langsung memesan beragam hidangan khas pantai. Ada kepiting, udang, kerang, ikan bakar atau goreng, cumi dan lauk lainnya. Dijamin bikin ketagihan. Harganya juga sangat terjangkau karena produknya segar langsung dari nelayan.

6. Berfoto selfie dengan pemandangan yang menakjubkan

Liburan rasanya tak lengkap tanpa selfie. Ya, termasuk menginap di Pantai Watu Lawang. Banyaknya bebatuan karang, pantai berpasir dengan pemandangan menakjubkan akan membuat foto Anda tak terlupakan.

Baca Juga  Pantai Biru Langkat, Pesona Pemandian Alami yang Dikelilingi Pepohonan Hijau & Perbukitan Menawan

Anda bahkan bisa melihat pantai dari atas. Yakni memanjat bebatuan karang yang terdapat jembatan atau mengibarkan bendera merah putih. Apalagi, gua batu yang menjadi pintunya juga menjadi tempat tak kalah eksotis yang patut diabadikan.

7. Berjalan menyusuri jembatan yang menghubungkan bebatuan karang.

Pemandu juga memberikan peluang unik yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk mengabadikan sudut yang tepat. Yakni ada jembatan yang terbuat dari anyaman bambu. Di sepanjang tepinya dibatasi oleh ban yang diikat erat.

Jembatan ini menghubungkan batu dengan batu di depannya. Sehingga pengunjung yang lewat bisa berswafoto sambil sedikit merasa kagum. Apalagi saat angin pantai bertiup. Anda bisa bergoyang maju mundur seolah sedang menari di jembatan unik ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Watu Lawang
Foto oleh Muhad Fouad Abd Rahim di Shutterstock

1. Ruang sholat

Segala fasilitas di Pantai Watu Lawang yang indah dikatakan lengkap. Salah satunya memiliki musala. Wisatawan muslim yang ingin salat tidak perlu mencari musala jauh dari tempat wisata. Karena terdapat musholla yang lengkap dengan perlengkapan sholatnya.

2. Kamar mandi

Kamar mandi tidak memiliki satu pintu, melainkan beberapa pintu yang bisa digunakan. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu antri panjang, apalagi saat musim liburan saat banyak wisatawan.

3. Gazebo

Di tepian pantai, atau tepatnya di hamparan pasir putih yang luas, terdapat gazebo-gazebo. Jika pengunjung ingin menikmati bersantai di gazebo, bisa menyewanya dengan harga terjangkau. Cukup bayar Rp 5.000 untuk gazebonya.

4. Lokasi perkemahan

Anda yang ingin menikmati sensasi berkemah bersama teman bisa menyewa tenda dan mendirikannya langsung di lokasi perkemahan. Anda bisa menikmati suasana di malam hari hingga menikmati pagi hari saat matahari mulai bersinar.

5. Sewa tenda

Nah, bagi anda yang ingin camping namun tidak ingin membawa tenda, anda bisa menyewa tenda di tempat ini. Cukup bayar Rp 10.000 per tenda. Anda bisa menikmati suasana pantai yang masih tergolong bersih.

6. TPA

Meski belum banyak yang tahu tentang Watu Lawang, namun deretan kios bisa ditemukan di sepanjang pantai. Warung-warung ini menjual berbagai macam masakan seafood, aneka minuman dan makanan yang mampu menggugah selera dengan kelezatannya.

Demikianlah informasi mengenai Pantai Watu Lawang sebagai salah satu tempat paling keren di Gunung Kidul. Khususnya anda yang ingin mencari suasana liburan pantai yang tenang dan bersih disarankan untuk datang ke pantai indah ini. Pemandangannya dijamin akan membuat Anda ternganga terkagum-kagum.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *