Pohon Pelangi Bondowoso, Pohon Unik dengan Gradasi Warna Pelangi yang Dikelilingi Jenis Tanaman Indah

Ide Wisata32 Dilihat


Temukan keindahan unik Pohon Pelangi Bondovoso dengan gradasi warna pelangi yang menakjubkan dikelilingi berbagai spesies tanaman indah.

Harga tiket: 3000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Reggio Agung, Kec. Sambervringin, Kab. Bondowoso, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Pohon Pelangi Bondowoso seringkali membuat kagum orang dengan bentuknya yang sangat indah. Ditambah lagi, spesies ini tidak dapat ditemukan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat orang-orang meluangkan waktu dari kesibukannya untuk datang ke sini untuk berlibur.

Pemandangan estetis, udara sejuk dan bintik-bintik Beragam fotonya akan menjadi beberapa daya tarik tempat ini yang patut diketahui banyak wisatawan. Pohon pelangi ini juga sering disebut dengan namanya. kayu putih pelangikarena terlihat seperti gambar tangan Yang Maha Kuasa.

Sebelum mengunjungi tempat wisata yang sangat menarik di Bondovoso ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat lengkap dan rute menuju ke sana. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih nyaman saat menghabiskan liburan di sini.

Daya Tarik Pohon Pelangi Bondovoso

Landmark Pohon Pelangi Bondovoso
Foto oleh Yuniar Prihanti di Google Maps

Orang biasanya mempelajari daya tarik tujuan wisatanya terlebih dahulu sebelum mengunjunginya. Oleh karena itu disini kami juga akan berbagi informasi mengenai objek wisata Hutan Pelangi Bondowoso yang akan membuat kunjungan anda kesini semakin mantap yaitu :

1. Dilengkapi dengan berbagai macam tanaman cantik.

Dengan mengunjungi Pohon Pelangi di Bondowoso, Anda juga bisa melihat keindahan jenis tumbuhan lainnya, baik tumbuhan asal Indonesia maupun tumbuhan luar negeri. Ada beberapa jenis tumbuhan di sini yang tidak mudah kita temukan di lingkungan. Dengan demikian, Hutan Pelangi Bondowoso juga bisa dijadikan destinasi wisata keluarga.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Toko 12 12

Toko 12 12

Baca Juga  Cantiknya Pantai Sobo, Pantai Pasir Hitam yang Menakjubkan di Banyuwangi

Dengan mengajak anak-anak ke sini, Anda bisa mengajarkan kepada mereka bahwa setiap jenis tanaman memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya tampil cantik. Mulai dari pohon pinus, pohon redwood, pohon karet, pohon kayu putih dan 59 jenis tumbuhan lainnya yang ada di hutan ini. Sehingga pemandangan disini akan terlihat semakin memukau dengan hadirnya tanaman tersebut.

2. Gradasi warna kayu pelangi yang menakjubkan

Tentu saja alasan utama orang datang ke Pohon Pelangi Bondowoso adalah untuk melihat keunikan keindahan pohon tersebut dengan gradasi warnanya yang indah. Indahnya warna pohon ini berasal dari getah yang dikeluarkan dari bagian dalamnya. Jus pertama akan memiliki warna biru yang bagus dan jus berikutnya akan memiliki warna berbeda.

Karena proses keluarnya getah terjadi secara bergantian, maka batang pohon memperoleh warna biru, jingga, ungu, dan merah anggur. Sebelum getah pohon keluar, kulit pohon tersebut akan terkelupas pada saat yang bersamaan. Jadi, pola warna ini tidak terbentuk dalam sekejap.

3. Diusulkan untuk masuk dalam UNESCO Global Geopark.

Tak banyak yang tahu kalau hutan dengan pepohonan pelangi ini pernah masuk dalam UNESCO Global Geopark. Pada tahun 2020, Hutan Pelangi Bondowoso diusulkan sebagai Taman Geologi Global di UNESCO. Sejak saat itu, nama hutan ini semakin dikenal banyak wisatawan.

Oleh karena itu, masyarakat disarankan untuk mengunjungi Pohon Pelangi Bondowoso pada hari biasa. Jika Anda datang saat liburan, Anda harus berhadapan dengan banyak wisatawan lain. Meskipun hal ini tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, ada pula yang berpendapat bahwa ini adalah masalah yang harus dihindari.

4. Karakter pohon yang unik

Berbeda dengan jenis pohon lain yang ada di hutan ini, Pohon Pelangi Bondowoso tidak memiliki cabang atau dahan pada sisinya. Jadi perbedaan pohon ini dengan jenis pohon lainnya tidak hanya terlihat pada warnanya saja, tetapi juga pada bentuk batangnya yang lurus dan menjulang tinggi.

Baca Juga  Pantai Kerandangan, Pesona Pantai Pasir Putih Indah di Lombok

Namun ada juga beberapa pengunjung yang mengaku pernah melihat dahan di pohon tersebut. Namun ukuran dan jumlah cabangnya tidak sebesar pohon pada umumnya. Oleh karena itu, keunikan pohon ini mungkin menjadi alasan orang ingin berlibur ke sini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pohon Pelangi Bondovoso
Foto oleh Najmi F. Shidka di Google Maps

Banyak wisatawan yang lebih memilih wisata alam yang unik dibandingkan wisata alam serupa dengan tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika objek wisata hutan pelangi ini semakin banyak dikunjungi wisatawan. Namun sebelum datang ke sini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat lengkap dan rutenya.

Wisata Pohon Pelangi Bondowoso terletak di Kawasan Hutan Tujuan Khusus (KHDTK) Sambervringin, lebih tepatnya di Desa Vringinanom, Kecamatan Sukosari, Bondowoso, Jawa Timur. Jarak objek wisata alam ini dengan Alun-Alun Bondovoso sekitar 30 km, waktu tempuh 45 menit.

Objek wisata alam yang terletak di dekat Alun-Alun Bondovoso ini bisa dikunjungi dengan kendaraan pribadi maupun umum. Sedangkan wisatawan yang berangkat dari Jember harus menempuh jarak sekitar 60 km dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Cara
Foto Google Street View di Google Maps

Kawasan Hutan Tujuan Khusus (KHDTK) yang berisi Pohon Pelangi di Bondowoso telah dijadikan pusat penelitian dan konservasi beberapa jenis tumbuhan lainnya. Oleh karena itu tidak heran jika tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti:

  • Toilet
  • ceruk
  • Parkir besar
  • Warung makan
  • Tempat foto yang menarik

Tips mengunjungi Pohon Pelangi Bondovoso

Tips Pohon Pelangi Bondovoso
Foto oleh Hassan Abdilla di Google Maps

Kebersihan dan keindahan di sini harus selalu dijaga agar pepohonan dan tanaman lainnya dapat hidup dengan nyaman. Ketika satwa liar dapat hidup dengan nyaman di sini, pengunjung akan dapat menikmati pemandangan yang lebih indah. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti saat berkunjung ke tempat ini, yaitu:

Baca Juga  Jembatan Kaca Tangerang, Spot Foto Ikonik dengan Latar Sungai Cisadane yang Mempesona

Jangan lupa membawa segala keperluan dari rumah.

Meski di sekitar Pohon Pelangi Bondowoso terdapat warung makan yang menjual menu-menu lezat, namun letaknya cukup berjauhan. Oleh karena itu, agar lebih aman, sebaiknya Anda membawa perbekalan dari rumah. Tips ini akan lebih wajib bagi wisatawan yang datang bersama anak-anak.

Datanglah pada pagi atau sore hari

Untuk menghindari terik matahari, wisatawan disarankan datang pada pagi atau sore hari. Pemandangan alam di sini akan terlihat semakin indah saat ini. Apalagi jika Anda datang saat matahari akan terbenam, tentu pemandangan indah ini akan selalu meninggalkan kesan dan menjadikan liburan tak terlupakan.

Selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar Anda

Pengunjung destinasi wisata ini tidak boleh sembarangan membuang sampah demi menjaga keindahan pepohonan dan tanaman di sekitarnya. Pengunjung yang melihat pengunjung lain sembarangan membuang sampah dapat melaporkan hal tersebut kepada pihak venue.

Karena Pohon Pelangi di Bondovoso bisa dikunjungi oleh semua wisatawan secara gratis, hal ini membuatnya selalu ramai pengunjung. Namun jumlah pengunjung tempat ini pada akhir pekan dan hari libur melebihi jumlah pengunjung pada hari biasa. Jadi pastikan memilih hari liburan yang cocok untuk kenyamanan keluarga Anda.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *