Forest Walk, Wisata Alam dengan Suasana Hutan yang Sejuk di Bandung

Ide Wisata119 Dilihat


Forest Walk merupakan destinasi wisata yang menawarkan pesona alam berupa pemandangan hutan dan taman kota, cocok dijadikan destinasi liburan keluarga.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Tamansari No.90, Lb. Siliwangi, Kec. Koblong, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Banyak orang yang memilih Bandung sebagai tujuan liburannya. Tak heran jika kota ini memiliki banyak tempat wisata menarik.

Iklim dan cuacanya yang sejuk karena terletak di antara pegunungan dan perbukitan menjadi favorit masyarakat. Salah satu tempat wisata menarik di Bandung adalah Forest Walk.

Tempat wisata dengan pemandangan hutan, dilengkapi dengan jalur pejalan kaki yang nyaman. Terletak di pusat kota Bandung, hutan ini menjadi destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat bersantai bersama teman atau keluarga.

Berada di kawasan yang strategis membuat wisatawan yang ingin datang berkunjung dapat dengan mudah menemukannya. Bersantai di hutan kota ini bisa menjadi tempat di mana Anda bisa menyegarkan diri dan melepas penat dari rutinitas yang melelahkan. Udara segar dan sejuk akan kembali menjernihkan pikiran.

Hotel dekat Hutan Anggrek Cikole

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan jalan-jalan di hutan

Atraksi Shutterstock Forest Walk
Foto oleh Ahmad Dodi Firmansiyah di Shutterstock

Banyak hal menarik yang membuat tempat wisata alam ini sangat digemari masyarakat. Tak hanya menyuguhkan pemandangan hutan di tengah kota, masih banyak faktor lain yang menjadi daya tarik tersendiri.

Memiliki jalur jalan kaki hutan terpanjang di Asia Tenggara.

Tempat wisata yang identik dengan jalur pendakian di tengah hutan yang mengelilingi seluruh kawasan hutan ini bukan satu-satunya. Beberapa negara di Asia Tenggara juga memiliki tempat wisata dengan konsep serupa, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan lain-lain.

Namun ada yang membuat objek wisata bandung ini semakin istimewa, yaitu objek wisata hutan dengan jalur jalan kaki yang terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara. Luas hutan terluarnya mencapai ±3,8 hektar, dan total panjang jalur pejalan kaki ±2,3 km.

Baca Juga  Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menawan dengan Budaya & Tradisi Subak di Tabanan

Konsep jalur pejalan kaki ini juga unik, yakni berupa jembatan kayu setinggi 2 meter di atas permukaan tanah. Pembangunan objek wisata ini diprakarsai oleh Ridwan Kamil yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Oleh karena itu, objek wisata utama di Kota Bandung ini masih tergolong baru.

Suasana hutan yang sejuk

Daya tarik Forest Walk di Bandung selanjutnya adalah pemandangan sekitar yang menyegarkan. Terdapat beragam tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di sekitar jalan setapak sehingga membuat udara menjadi segar. Jadi meski hanya berjalan-jalan di hutan, tapi sudah nyaman dan menyenangkan.

Tempat wisata indah ini juga aman untuk anak-anak dan orang tua karena jalur pejalan kaki yang tidak terlalu curam dan memiliki pagar yang kuat. Terdapat juga bangku-bangku di setiap sudut taman, sehingga wisatawan bisa berhenti sejenak dan menikmati pemandangan hijau sekitar.

Lokasi strategis

Tempat wisata unik ini terletak di kawasan strategis. Hal ini tentu menjadi keistimewaan dan daya tarik Forest Walk. Karena letaknya yang berada di kawasan strategis, wisatawan tidak akan kesulitan menemukan objek wisata hutan ini.

Biaya masuk taman salju di Panama Park Bandung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat jalan-jalan di hutan Shutterstock
Foto oleh Kartika D.I. di Shutterstock

Meski merupakan objek wisata hutan, namun terletak di pusat kota Bandung, Jawa Barat yaitu Jalan Tamansari No.74, Lb. Siliwangi. Lokasinya sangat strategis, bahkan wisatawan bisa mencapainya dengan angkutan umum atau BRT Bandung.

Bagi yang menggunakan angkutan umum, bisa turun di halte Tamansari. Setelah itu, Anda bisa berjalan ke arah barat menuju Jalan Siliwangi untuk mencapai tujuan Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk berjalan kaki ±15 menit.

Tiket Ranka Upas Bandung

Biaya masuk dan jam buka

Tidak ada biaya masuk ke tempat wisata alam ini. Wisatawan hanya membayar biaya parkir bagi yang datang dengan kendaraan pribadi, yakni Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca Juga  Pantai Matahari Terbit, Pantai Pasir Putih di Denpasar yang Kaya Pesona

Kegiatan yang menarik

Berjalan-jalan di Hutan Shutterstock
Foto oleh Foto Ipang di Shutterstock

Selain menikmati suasana hutan dan pemandangan hijau dari pepohonan, wisatawan juga bisa menikmati berbagai aktivitas di sini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di hutan kota ini:

1. Latihan

Olahraga merupakan kegiatan utama yang dapat dilakukan di sini. Sesuai tujuannya, Forest Walk dirancang untuk memberikan panduan untuk berjalan dan jogging. Jalur pejalan kaki di dalamnya diciptakan untuk kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Meski hanya berjalan kaki saja sudah cukup membuat badan berkeringat.

Namun karena lingkungannya memiliki pemandangan yang menakjubkan dan udara yang sejuk tentu tidak akan membuat badan terasa lelah melainkan justru nikmat. Sehingga berolahraga bukanlah suatu tugas yang memberatkan.

2. Bersantai dan menikmati pemandangan serta kesegaran alam.

Hutan kota ini diciptakan untuk memperbaiki kualitas udara perkotaan, mengingat kualitas udara saat ini mulai menurun. Udara di kawasan tersebut sangat bagus, sehingga wisatawan dapat sejenak melepaskan diri dari polusi udara yang menyesakkan akibat lalu lintas dengan mengunjungi Forest Walk.

Di sini Anda benar-benar bisa merasakan segarnya udara dan suasana hutan. Wisatawan bisa menjelajahi setiap sudut kawasan ini untuk menikmati panorama hutan kota. Berwisata menyusuri kawasan hutan akan membuat pikiran Anda jernih dan segar. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat rehat sejenak dari segala aktivitas yang ada.

3. Berburu foto bernuansa alam dan hutan

Aktivitas selanjutnya yang sering dilakukan di sini adalah mencari foto dengan nuansa natural. Pepohonan yang tumbuh di kawasan ini menciptakan suasana yang sangat alami sehingga banyak dijadikan spot foto yang menarik. Selain itu yang menjadi keunikannya adalah adanya jembatan sebagai jalan setapak dengan desain yang unik.

Baca Juga  Kampung Purbayan Jogja, Desa Wisata yang Menyimpan Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

4. Piknik bersama keluarga

Bagi Anda yang ingin piknik keluarga dengan biaya murah, tempat wisata alam ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Suasananya yang sejuk, segar dan sejuk menjadikan tempat wisata alam ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Kawasan ini juga cukup aman bagi semua kalangan masyarakat, baik lansia maupun anak kecil. Bahkan, beberapa tempat sangat cocok dijadikan tempat bermain anak.

5. Wisata kuliner

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan setelah puas berjalan-jalan di sudut-sudut hutan adalah wisatawan mencoba berbagai kuliner. Meski tidak ada menu khusus yang dijual, namun wisatawan bisa menemukan berbagai jajanan khas Bandung seperti tahu sumedan, tahu baso, dan batagor.

Menikmati jajanan khas Bandung di tempat sejuk dengan pemandangan hijau merupakan pengalaman yang luar biasa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Jalan-jalan di hutan
Foto oleh Foto Ipang di Shutterstock

Meskipun Forest Walk relatif baru, fasilitasnya lengkap. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu khawatir saat berkunjung ke objek wisata unggulan di Bandung ini. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Parkir
  • Ruang sholat
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat-tempat menarik untuk foto
  • bangku di taman

Bandung mempunyai banyak tempat wisata alam, namun Forest Walk mempunyai keunikan tersendiri. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berjalan menyusuri hutan dengan jalur pejalan kaki yang nyaman, tempat wisata cantik ini bisa menjadi pilihan tepat. Udara segar dan suasana sejuk akan membantu Anda merasa segar kembali.


databaru.my.id