Pantai Ponnori, Pantai Unik di Luwu yang Menyuguhkan Suasana Alami Nan Asri

Ide Wisata12 Dilihat


Pantai Ponnori di Luwu memukau pengunjung dengan keunikan pasirnya yang berwarna agak kemerahan serta menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang sangat alami.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Ponnori, Kecamatan Temboe. Larompong Selatan, Kab. Luwu, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Destinasi wisata yang menawarkan panorama indah masih menjadi dambaan para pelancong dari berbagai daerah. Misalnya pantai, pesona lautan, dan pasir yang menghiasinya tak henti-hentinya memanjakan mata.

Salah satunya adalah Pantai Ponnori di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Pantai ini sangat indah, dengan dekorasi berpasir yang unik. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang sebagian besar berwarna putih atau hitam.

Di sini pasirnya berwarna kecoklatan dan agak kemerahan. Warnanya menjadi semakin indah ketika bagian yang terkena air dan bagian yang kering bersatu membentuk gradasi yang sempurna.

Pantai indah di Lavu ini dulunya merupakan tempat anak-anak setempat bermain dan menghabiskan sore hari. Mereka sangat senang berenang dan bermain air di pantai.

Melihat potensi wisata yang ada, pemerintah setempat menyetujuinya sebagai destinasi liburan baru.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Pantai Ponnori

Atraksi Pantai Ponnori
Foto oleh Samuel Zhang di Google Maps

Dulunya pantai ini hanya sebagian kecil saja, dipenuhi sampah-sampah yang berserakan dimana-mana. Namun hal tersebut tidak lagi terjadi karena dianggap sebagai pariwisata. Karena daya tariknya, banyak pengunjung datang ke sini dari berbagai daerah.

Keindahan pantai yang menakjubkan

Keindahan yang dihadirkan menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata bahari ini. Tak heran jika tidak hanya warga lokal saja yang datang ke sini, tapi juga warga dari berbagai daerah.

Pada waktu-waktu tertentu sering datang wisatawan mancanegara yang tertarik dengan panoramanya. Air lautnya sangat jernih dan membentang sejauh mata memandang.

Tidak berwarna biru seperti pantai pada umumnya, Pantai Ponnori Luvu memiliki air yang agak kehijauan.

Sudah pasti bersih, hanya sedikit mendung di bagian tepinya. Hal ini terjadi karena air laut bercampur dengan pasir. Faktor lainnya adalah kedalamannya yang dangkal, sehingga dasarnya mengembang karena pengaruh arus.

Baca Juga  Lembah Cilengkrang, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Kuningan

Pantai ini sangat bersih, terbukti dengan tidak adanya sampah. Sebelum dibuka sebagai tempat wisata di Luu, keadaannya berbeda, dulu banyak sampah berserakan.

Mengingat sifat pantai yang tenang, hampir tidak ada ombak yang tinggi di sini. Kondisi ini memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air.

Keunikan pasir di pantai

Sekilas tentang sejarah nama Pantai Ponnori yang cukup unik. Konon ada warga yang memasak makanan di pinggir pantai dengan menggunakan penggorengan.

Namun, sesaat setelah dimasak, wajan tiba-tiba penuh. Ia kemudian secara spontan mengucapkan “Penno Oring” yang artinya “Panci Penuh” dalam bahasa Boogie.

Terlepas dari namanya, pantai cantik ini memiliki keunikan karena pasirnya yang menambah daya tariknya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pasir di sini tidak berwarna hitam atau putih, melainkan berwarna kecoklatan dan sedikit kemerahan. Wisatawan kerap memanfaatkan pasir sebagai lingkungan bermain untuk menambah keseruan liburannya.

Suasana asri dipenuhi pepohonan

Daya tarik wisata Pantai Ponnori selanjutnya adalah pantai ini memiliki banyak sekali pepohonan. Lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk, hanya beberapa meter dari bibir pantai.

Di bawah pepohonan telah dibangun beberapa bale atau gazebo yang dapat dijadikan tempat wisatawan bersantai sambil menikmati pemandangan. Gazebo ini sebenarnya digunakan oleh para nelayan sebagai tempat istirahat setelah melaut.

Anda juga bisa melihat cara pembuatan jaring dan alat penangkapan ikan lainnya. Meski dekat dengan perkotaan, namun suasananya tetap asri. Udaranya sejuk seperti saat mengunjungi gunung atau perbukitan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai ponnori
Foto oleh Samuel Zhang di Google Maps

Kawasan Wisata Pantai Ponnori terletak di Teluk Boni, Temboe, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Menemukan tempat wisata ini tidaklah sulit karena letaknya yang strategis.

Selain letaknya yang dekat dengan pusat kota, tempat ini setara dengan pantai-pantai populer di Luwu lainnya yang menjadi daya tarik wisata utama bagi penduduk setempat. Dari alun-alun kota Belop pantai ini terletak kurang lebih 32 kilometer arah selatan.

Baca Juga  Tebing Breksi Jogja, Bekas Tambang yang Disulap Jadi Objek Wisata

Anda bisa menggunakan angkutan pribadi karena angkutan umum masih langka di sini. Biasanya jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan sepeda motor atau mobil. Jalur pertama yang bisa Anda tempuh adalah Pasar Sentral Suli.

Jalur selanjutnya menuju Pantai Ponnori di Luwu adalah Jalan Poros Palopo, lalu ikuti hingga sampai di Pasar Rakyat Keppe. Lanjutkan perjalanan menuju desa Babang lalu menuju kecamatan Temboe.

Jarak wisata dari pemerintahan Desa Temboe sekitar 2 kilometer, sehingga disarankan untuk aktif bertanya kepada warga atau menggunakan aplikasi peta digital.

Biaya masuk dan jam buka

Awalnya gratis sebelum menjadi objek wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Sekarang berbayar, tapi tidak terlalu mahal dan relatif terjangkau.

Anda hanya perlu berhemat sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan harga murah, Anda bisa menikmati pemandangan dan segala kesenangan di dalamnya.

Selain biaya masuk Pantai Ponnori yang tertera di atas, Anda juga perlu membawa dana tambahan jika datang dengan kendaraan pribadi.

Bagi yang datang dengan sepeda motor harap menyiapkan biaya tambahan sebesar 2000 rupee. Sementara itu, harga mobil sedikit lebih mahal yaitu Rs 5.000. Anda bisa berolahraga di sini 24 jam sehari, namun disarankan berolahraga pada pagi atau sore hari.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Ponnori
Foto oleh Mukha Kusmali di Google Maps

Dari segi hiburan pun tak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Karena pantai ini bercirikan liburan santai, berenang dan bermain air menjadi aktivitas wajib di sini.

Masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan selain ini, berikut beberapa saran yang dapat kami sampaikan kepada Anda!

1. Bersantai di pantai

Bersantai di tepi pantai Ponnori Luvu merupakan kegiatan pertama dan wajib. Namun yang kami maksud tentu bukan sekadar relaksasi, melainkan menikmati panorama alam yang indah.

Dengan adanya bale atau gazebo kegiatan ini menjadi lebih menarik. Apalagi letaknya yang berada di bawah pepohonan rimbun membuat suasana asri semakin terasa.

Baca Juga  Air Terjun Kali Pedati, Air Terjun Eksotis yang Sarat dengan Legenda Dewi Rengganis di Probolinggo

2. Berenang atau bermain air di Pantai Ponnori.

Menyenangkan bukan jika sekadar menikmati keindahan dan keunikan suasana lautan? Jangan khawatir, pantai cantik ini terkenal dengan suasananya yang bersahabat sehingga aman untuk berbagai aktivitas air.

Anda bisa berenang ke tengah, tetapi untuk keamanan lebih baik menyewa metro. Anda juga bisa sekedar bermain air di pinggir Pantai Ponnori sambil bermain pasir dan merasakan kelembutannya.

3. Naik perahu

Meski tidak mendapatkannya setiap hari, Anda bisa mencoba naik perahu jika beruntung. Penduduk Pantai Ponnori sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Banyak dari mereka yang menyewakan perahu untuk berkeliling jika hasil tangkapan sedikit. Kegiatan ini sangat menarik dan membuat liburan anda semakin berkesan.

4. Mencari subjek fotografi terbaik

Ini merupakan tempat wisata non selfie yang menyediakan berbagai objek sebagai spot foto. Namun bukan berarti Anda tidak memiliki subjek yang cocok sebagai latar belakang foto Anda.

Keindahan Pantai Ponnori Luvu secara keseluruhan tidak pernah mengecewakan. Air laut yang tenang, pasir unik berwarna kemerahan, vegetasi hijau disekitarnya, semuanya cocok sebagai background.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Ponnori
Foto oleh Samuel Zhang di Google Maps

Infrastruktur kawasan wisata Pantai Ponnori cukup memadai karena saat ini dikelola oleh pemerintah setempat dengan bantuan warga. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena semua kebutuhan Anda akan terpenuhi.

Parkir luas, toilet umum, dan tempat ibadah. Terdapat juga warung makan, dan bale atau gazebo bisa Anda manfaatkan sebagai tempat bersantai.

Dulu berbeda, sekarang berbeda – berikut beberapa kalimat yang menggambarkan salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan. Jika sebelumnya hal ini tidak diketahui wisatawan, kali ini justru sebaliknya.

Pantai Ponnori dengan daya tariknya memang pantas menjadi destinasi wisata unggulan. Selain itu, tiket masuknya murah, lokasinya strategis, dan fasilitasnya lengkap.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *