Wisata Alam Pakalolo, Sungai Eksotis di Luwu yang Dikelilingi Berbagai Vegetasi Hijau

Ide Wisata52 Dilihat


Jelajahi Wisata Alam Pakalolo, sungai eksotis di Luvu yang dikelilingi vegetasi hijau asri, menjanjikan petualangan alam yang menenangkan dan mempesona.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 07.00-17.00 VITA, Alamat: Kecamatan Lengkong. distrik Bua. Luwu, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Pasti sudah banyak yang tahu kalau Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, punya potensi alam yang kaya. Artinya, masih banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi.

Sebut saja yang belakangan ini lagi hits dan viral di media sosial – Wisata Alam Pakalolo. Tempat ini sangat indah dan mempunyai suasana yang indah. Sungai yang sangat bersih mengalir di antara bebatuan, menampakkan keindahannya.

Sungai ini menjadi daya tarik wisata utama dimana pengunjung dapat merasakan kesegaran airnya dengan berenang atau mandi. Di sisi lain, berbagai vegetasi hijau mengelilinginya seolah melindunginya sehingga tempatnya sangat rindang.

Pemandangan alam yang disuguhkan sungguh menakjubkan dan udara terasa sejuk. Objek wisata di Luwu ini terletak di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, tentu saja membuat banyak wisatawan betah dan nyaman.

Sebaiknya berkunjung ke wisata alam Pakalolo secara berkelompok, baik bersama keluarga, sahabat atau berpasangan, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih kaya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Wisata Alam Pakalolo

Wisata alam Pakalolo
Foto oleh Zara Kimga di Google Maps

Objek wisata alam ini selalu ramai pengunjung. Kebanyakan keluarga didominasi oleh orang tua dan anak. Semuanya tidak lepas dari daya tarik yang dimilikinya. Di bawah ini ulasan selengkapnya untuk kami bagikan!

Pemandangan alam yang indah

Alasan mengapa banyak pengunjung datang ke sini setiap hari adalah karena keindahan alamnya. Saat akhir pekan atau libur panjang, semakin ramai. Objek wisata alam ini dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan.

Bisa dibayangkan betapa indah dan menakjubkannya panorama alam yang disuguhkan. Wisata alam Pakalolo Luvu terlihat eksotis dari atas karena gugusan perbukitan dengan kontur yang khas.

Bukit ini tampak hijau karena ditumbuhi pepohonan sekaligus sejuk. Semua tipe yang disajikan cocok untuk semua jenis aktivitas. Bahkan untuk penyembuhan, salah satu manfaatnya adalah menghilangkan stres.

Baca Juga  De Ranch Lembang, Objek Wisata Unik Sambil Belajar Berkuda di Bandung

Sungai bersih yang indah

Bisa dibilang objek utama disini adalah sungai. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung berusaha keras untuk sampai ke sungai yang bersih ini. Airnya sangat menyegarkan dan mengalir deras di sela-sela bebatuan.

Berbeda dengan sungai-sungai pada umumnya yang mungkin pernah Anda kunjungi, yang biasanya didominasi oleh daratan di sebelahnya. Sungai di Wisata Alam Pakalolo sebagian besar dihiasi dengan batu alam.

Meski sebenarnya berbeda ukuran, namun sekilas terlihat sama. Batu ini dihias di sepanjang aliran sungai. Bahkan ada yang menghalangi aliran air sehingga menimbulkan cipratan indah bak nyanyian alam yang merdu.

Pengunjung menghabiskan liburannya di sini dengan melakukan berbagai aktivitas. Beberapa orang berenang di dekat sungai untuk merasakan kesegaran airnya.

Ada pula yang berenang, kedalamannya mencapai 1-2 meter dengan panjang 3 kilometer. Wisatawan yang ingin bersantai biasanya memanfaatkan bebatuan sungai untuk duduk-duduk menikmati suasana.

Suasana alamnya tampak indah

Daya tarik wisata alam Pakalolo Luvu selanjutnya adalah suasana alamnya yang masih sangat asri. Semak tumbuh subur di sekitar sungai dan sekitarnya, seolah tak tersentuh peradaban.

Pegunungan dan perbukitan pun terlihat sejuk karena ditumbuhi pepohonan. Berkat ketinggiannya yang mencapai 200 meter di atas permukaan laut, udaranya dijamin sejuk. Menyegarkan, itulah yang dirasakan saat menghirup udara. Kualitas oksigen tidak perlu dipertanyakan lagi.

Tak hanya itu, beberapa tanaman hias sengaja dipelihara untuk menciptakan suasana alam yang lebih cerah. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang berlama-lama di sana dan tidak mau pulang.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Wisata Alam Pakalolo
Foto oleh Nugroho Hasan di Google Maps

Lokasinya yang berada di ketinggian atau di perbukitan, namun bukan berarti wisata alam Pakalolo sulit ditemukan. Di sisi lain, tempat wisata ini cukup mudah dijangkau karena letaknya yang strategis.

Jarak dari pusat kota Luwu atau Alun-Alun Belop hanya 40 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kecepatan normal. Silakan datang dengan kendaraan pribadi: mobil atau sepeda motor.

Baca Juga  Indahnya Air Terjun Ponot, Surga Tersembunyi Nan Eksotis di Asahan

Anda juga dapat mencapainya menggunakan layanan perjalanan. Di titik-titik tertentu hanya angkutan umum yang beroperasi, masih belum ada akses menuju desa. Alamat lengkapnya adalah Desa Lengkong, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Jalur tercepat menuju Wisata Alam Pakalolo di Luwu adalah melalui Jalan Poros. Saat mendekati tempat tersebut, Anda akan melihat banyak papan petunjuk karena tempat ini merupakan tempat wisata populer di Luwu, Sulawesi Selatan.

Jika Anda tidak yakin, tanyakan pada penduduk setempat. Tidak ada salahnya menggunakan Google Maps, namun pastikan Anda mengambil rute yang benar.

Mengunjungi objek wisata ini tidak memerlukan biaya yang besar karena tiket masuknya gratis. Bagi yang membawa kendaraan pribadi saja, siapkan dana untuk membayar parkir.

Tidak mahal tentunya karena sama dengan tempat wisata pada umumnya. Sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000 dan mobil dikenakan biaya Rp 5.000.

Kegiatan yang menarik

Wisata alam Pakalolo
Foto Ahyana Alwasir di Google Maps

Selama berada di objek wisata alam ini dijamin Anda tidak akan bosan dan ingin segera pulang. Pasalnya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, banyak keseruan yang bisa didapat saat berkunjung bersama keluarga dan rombongan.

1. Menikmati keindahan alam

Tidak hanya saat berada di Wisata Alam Pakalolo saja, saat berwisata juga bisa menyaksikan keindahan alam. Barisan pegunungan dan perbukitan sungguh menakjubkan. Ibarat karpet yang digulung, hanya konturnya saja yang diinjak.

Apalagi saat berada di lokasi prima, pesona alam semakin sempurna dengan jernihnya sungai yang dihiasi bebatuan.

2. Bersantai di tepian Sungai Pakalolo.

Kegiatan selanjutnya di Wisata Alam Pakalolo adalah relaksasi. Sekilas memang tidak memberikan apa-apa, namun banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Setidaknya Anda bisa bersantai sejenak dan menghilangkan pikiran stres. Untuk acara ini, pengunjung bisa menggunakan gazebo di tepi sungai atau duduk di atas batu.

3. Berenang dan mandi di sungai.

Tak lengkap rasanya jika tidak merasakan kesegaran airnya saat berkunjung ke Wisata Alam Pakalolo di Luwu. Airnya yang jernih menggoda siapapun yang melihatnya.

Baca Juga  Pulau Pisang, Wisata Bahari Tersembunyi di Pesisir Barat yang Kaya Pesona

Anda bisa berenang di pantai sambil bermain air. Selain itu, berenang agak ke tengah juga relatif aman, apalagi jika menggunakan snorkel atau pelampung.

4. Rasakan serunya tubing

Arus sungai yang cukup deras merusak segala yang dilaluinya. Kondisi tersebut membuat wisata alam Pakalolo di Luvu cocok untuk river tubing.

Berbeda dengan berperahu, kali ini Anda menaiki ban karet. Banyak wisatawan yang melakukan kegiatan ini karena menyenangkan dan membuat liburan semakin berkesan.

5. Petualangan menyusuri sungai

Jika masih ada waktu, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan dan suasana alam. Tentu saja cukup panjang, karena panjang sungai ini sekitar 3 kilometer.

Namun tidak semuanya, karena ada wilayah khusus yang dijadikan tempat wisata. Kegiatan ini tidak kalah serunya dengan yang telah disebutkan sebelumnya.

6. Berburu foto

Untuk melengkapi aktivitas di Wisata Alam Pakalolo, carilah lokasi terbaik untuk dijadikan latar foto atau video.

Memang belum ada properti yang cocok untuk itu, namun Anda bisa memanfaatkan keindahan alam yang ditawarkan. Tempat terbaiknya adalah sungai karena terlihat eksotis dan aroma alamnya tersebar merata.

Lokasi wisata yang tersedia

Tempat Wisata Alam Pakalolo
Foto oleh Sagita Ingriani di Google Maps

Di Wisata Alam Pakalolo Luwu, Anda bisa memanfaatkan cukup banyak fasilitas, mulai dari fasilitas esensial hingga fasilitas tambahan. Misalnya saja saat parkir, Anda hanya perlu membayar biaya yang tertera di atas.

Terdapat juga toilet, wastafel, dan tempat ibadah. Jika ingin sedikit bersantai, manfaatkan gazebo-gazebo yang berjejer rapi di sepanjang tepian sungai.

Cukup sekian penjelasan kami tentang Wisata Alam Pakalolo, salah satu tempat yang bisa anda kunjungi saat liburan.

Menawarkan berbagai atraksi, tiket masuk gratis, dan fasilitas yang luas. Semua alasan tersebut membuatnya selalu ramai, baik di hari kerja maupun akhir pekan.


databaru.my.id