Pantai Cijeruk, Pantai Indah dengan Panorama Memukau di Garut

Ide Wisata15 Dilihat


Pantai Sieruk, pantai indah dengan panorama menakjubkan di Garuta, menawarkan pesona alam yang menakjubkan bagi pengunjungnya.

Harga tiket: 6000 rupee Indonesia, Jam kerja: 07.00-17.00 WIB, Alamat: distrik Sankan. Sibalong, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Jawa Barat punya banyak tempat indah yang bisa menjadi destinasi Anda. Salah satunya di Kota Garut. Garuta memiliki banyak pilihan wisata, termasuk beberapa pantai indah yang patut untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Sieruk.

Wisata pantai merupakan salah satu tempat wisata populer yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Sieruk salah satunya, pantai yang dijuluki “perawan” ini setiap harinya banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi saat hari raya, banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke sini.

Konon menurut warga sekitar, kata “perawan” berasal dari nama pantai yang keberadaannya masih jarang diperhatikan warga, apalagi pantai ini juga terletak di pedalaman Tanah Air.

Namun seiring berjalannya waktu, pantai ini mulai dikenal banyak warga lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, Anda wajib datang ke sini.

Pemandangan Pantai Sieruk

Alamat pantai Sieruk
Foto saluran Aulia di Google Maps

Panorama pantai

Daya tarik utamanya adalah suasana pantai itu sendiri. Situasi yang tenang, damai dan sejuk selalu menjadi sesuatu yang menarik bagi Anda. Kondisinya seperti suara deburan ombak, pemandangan hamparan air yang luas dan nuansa pasir putih yang lembut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pantai ini juga mempunyai air yang sangat jernih, yaitu berwarna bening kecoklatan pada pintu masuk mulut dan mempunyai warna bening kebiruan pada bagian tengah dan tepi pantai. Anda juga bisa mengajak keluarga atau teman Anda untuk berjalan-jalan menyusuri pantai.

Selain itu, ombak di Pantai Sieruk tidak terlalu tinggi karena tinggi ombak pantai hanya sekitar 1 meter dengan dasar laut yang landai dan landai. Oleh karena itu, Anda bisa berenang di pantai. Sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berenang di tepi pantai.

Bagi anda yang ingin berkunjung disarankan untuk datang pada sore hari karena pada saat ini anda akan menyaksikan keindahan pantai yang berpadu dengan panorama langit malam. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan bermain di tepi pantai atau sekedar duduk-duduk di pasir putih yang lembut.

Baca Juga  Negeri Suah, Melihat Lebih Dekat Destinasi Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Deli Serdang

bukit yang indah

Selain panorama pantai dengan hamparan air yang luas, Anda juga bisa melihat bentuk kawasan alam yang permukaan tanahnya lebih tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya, atau lebih sering disebut bukit. Pantai Sieruk menjanjikan perbukitan yang indah.

Bukit-bukit indah terdapat di sisi kanan dan kiri pantai. Bukit ini ditumbuhi tanaman hijau yang menyegarkan tampilan. Anda juga dapat mengabadikan perbukitan dalam potret yang indah menggunakan kamera Anda. Beberapa spesies hewan kecil hidup diam-diam di bukit ini.

Berinteraksi langsung dengan hewan-hewan kecil pantai

Terdapat ekosistem hewan hidup di sepanjang pantai. Karena aman, Anda bisa mengajak keluarga seperti anak-anak untuk merasakan sensasi bermain dengan hewan laut. Berinteraksi langsung dengan hewan dan habiskan waktu bermain.

Hewan laut tersebut antara lain siput, makarel, kerang, cakar dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda mungkin juga melihat rumput laut. Populasi rumput laut di Pantai Sieruk cukup besar, apalagi rumput lautnya bisa dipetik langsung!

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket pantai Sieruk
Foto Astro Boy di Google Maps

Objek wisata Pantai Sijeruk yang indah ini terletak di Desa Sagara, Kecamatan Pameungpeuk Sijeruk Indah, Kota Garut, Jawa Barat. Lokasi pantai ini cukup jauh dari kota Garut, yaitu sekitar 108 kilometer perjalanan menuju tempat tersebut. Meski jauh, namun Anda tidak akan bosan di jalan, karena panorama perjalanan menuju lokasi sangat menarik.

Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat areal perkebunan karet di sisi kiri dan kanan jalan. Tanaman hijau ini tentu menciptakan kondisi sejuk dan cuaca cukup dingin. Perjalanan ini tidak akan berliku.

Jalan beraspal dan perjalanan yang tidak berkelok-kelok akan menjamin perut Anda stabil sehingga tidak goyang dan mengeluarkan isinya. Hal ini tentu bisa menghilangkan tekanan tersebut, terutama bagi Anda yang mempunyai masalah mabuk laut.

Untuk mencapai lokasi, Anda dapat menggunakan mobil atau sepeda motor sebagai alat transportasi menuju pantai. Selain mobil sendiri, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum, namun sayangnya angkutan umum di pantai ini masih sangat sedikit. Oleh karena itu, akan lebih praktis jika menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga  Pantai Parangtritis, Pantai Eksotis di Bantul Jogja yang Dibaluti Misteri

Waktu perjalanan mungkin memakan waktu 3 jam. Wisatawan yang datang dari Garut, cukup berjalan ke Jalan Raya Garut menuju Chikajang, lalu lurus ke selatan hingga terus ke Jalan Amblas, Chiparai dan lurus ke Jalan Chisompet hingga sampai di pertigaan, belok kiri.

Belok kiri, Anda akan melihat Jalan Sinar Bakti ke arah timur, melewati Jalan Miramareu. Di sana Anda akan menemukan gardu induk menuju ke Pantai Sieruk. Untuk menuju pantai ini anda hanya perlu berjalan kaki karena jalannya akan sedikit terjal dan sempit.

Biaya masuk dan jam buka

Menjanjikan keindahan yang memanjakan mata, pantai ini bisa Anda kunjungi dengan harga ekonomis, dengan satu tiket masuk seharga Rp. 6000. Harga tiket sudah termasuk tamasya keliling pantai, seperti jalan-jalan di pantai atau berenang. Namun jika ingin berenang sebaiknya bersiap membawa baju ganti.

Biaya parkir mobil hanya Rp 5.000 dan biaya parkir sepeda motor Rp 3.000. Adapun jam buka pantai ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Pantai Sieruk
Foto Abbized di Google Maps

1. Bermalam

Bermalam merupakan salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan saat menuju pantai. Apalagi bagi Anda yang sedang mengundang keluarga atau teman. Anda bisa menyewa beberapa tempat gratis di pantai atau mendirikan tenda di tepi pantai yang landai.

Kegiatan ini tidak akan lengkap tanpa menyalakan api. Bernyanyi bersama dan memasak makanan di atas panggangan, seperti jagung bakar, barbeque dan hidangan lainnya. Anda juga bisa merasakan suasana wisata pantai Garuta yang angin bertiup dan deburan ombak seakan bereaksi berirama satu sama lain.

2. Spot foto di pantai Sieruk

Tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen-momen indah bukan? Salah satu alasan berwisata adalah untuk mengabadikan momen yang bisa diabadikan dalam kamera.

Banyak tempat indah yang bisa anda ambil seperti di pesisir Pantai Sieruk, di beberapa bukit atau sambil berenang anda juga bisa memotret hewan-hewan laut.

3. Memasak

Pantai identik dengan nelayan. Salah satu kuliner yang populer di Pantai Sieruk adalah ikan. Banyak nelayan yang menjual ikannya dengan harga murah. Ikan ini didapat dari hasil tangkapan. Biasanya nelayan berangkat sore hari untuk mencari ikan dan pulang pagi harinya.

Baca Juga  Curug Leuwi Lieuk, Surga Tersembunyi di Sentul Bogor yang Menyegarkan

Selain ikan, ada beberapa masakan khas Sunda yang disajikan dengan ikan juga sebagai bahan utamanya. Anda bisa memesan kuliner yang sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

4. Memancing

Sama seperti nelayan, Anda juga bisa melakukannya. Anda perlu mempersiapkan peralatan memancing Anda atau Anda bisa menyewa peralatan memancing lengkap dengan umpan dari para nelayan.

5. Berenang

Anda yang ingin merasakan sentuhan dinginnya air laut bisa mencoba berenang di tepi pantai. Anda tidak perlu khawatir terkena ombak karena Pantai Sieruk merupakan salah satu pantai yang kondisi ombaknya mendukung. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati!

6. Berlayar

Pantai Sieruk juga menyediakan beberapa perahu bagi anda yang ingin berlayar, ada pula yang berlayar di ujung bukit demi bukit. Anda juga bisa berlayar bersama seluruh keluarga. Di atas kapal Anda akan memiliki satu petugas-sopir yang siap mengantar Anda berlayar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Sieruk
Foto oleh Febrian Femmi di Google Maps

Wisata ke Pantai Sieruk tentu punya banyak pilihan. Meski tiket masuknya sangat ekonomis, namun kualitas fasilitas pantainya tidak minim.

Beberapa fasilitasnya antara lain tempat parkir mobil dan sepeda motor yang luas, serta terdapat warung makan di pinggir pantai.

Selanjutnya terdapat musala untuk wanita dan pria dengan air bersih, selain itu terdapat toilet terpisah untuk pria dan wanita. Bagi yang ingin berenang, tersedia juga ruang ganti khusus yang dapat digunakan secara gratis.

Bagi yang ingin bermalam di pantai, tersedia pula akomodasi ramah dompet di tepi pantai. Anda bisa mengajak keluarga untuk bermalam dengan pemandangan kamar yang menghadap ke permukaan air.

Pantai Sieruk merupakan pantai yang indah, tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai populer lainnya di Jawa Barat. Meski letaknya jauh dari kota, namun suasananya sebanding dengan pantai dan membuat Anda merasa tenang. Oleh karena itu, tempat ini wajib Anda kunjungi jika berada di Jawa Barat.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *