Pura Tanah Lot, Keindahan Pura yang Terapung di Tengah Laut Tabanan

Ide Wisata25 Dilihat


Saksikan keanggunan Pura Tanah Lot, situs suci yang mengapung megah di tengah Laut Tabanan, mengundang Anda merasakan keajaiban spiritual.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 06.00-19.00 VITA, Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali; Map: Periksa lokasi

Berkunjung ke Bali rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi Pura Tanah Lot yang menawarkan sejuta keindahan. Pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri berbondong-bondong meluangkan waktu untuk merasakan aura sakral tempat ibadah ikonik ini.

Pura ini awalnya digunakan sebagai tempat peribadatan masyarakat Hindu Bali di Tabanan. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ibadah ini menjadi lebih terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat umum.

Keindahan dan keunikan objek wisata di Tabanan inilah yang membuatnya begitu populer. Hingga saat ini, siluet Pura Tanah Lot menjadi salah satu ikon wisata yang begitu dibanggakan Pulau Dewata.

Atraksi Pura Tanah Lot

Atraksi Pura Tanah Lot
Foto oleh Pan Species di Unsplash

Ketenaran Pura Tanah Lot sebagai objek wisata bukan tanpa alasan. Banyak sekali atraksi disini yang membuat masyarakat dari seluruh dunia tertarik untuk mengunjunginya dan melihat langsung kemegahan tempat ikonik tersebut.

Lokasi candi yang unik

Daya tarik Pura Tanah Lot Tabanan yang pertama adalah lokasi pura yang dibangun di lokasi yang tidak alami dan unik. Kawasan pura terletak di atas batu karang yang cukup besar di sepanjang tepi pantai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pura ini dinamakan “Tana Lot” karena kata “tanah” mengacu pada pulau atau daratan dan “lot” berarti laut. Karena nilai spiritualnya yang tinggi dan keindahannya yang luar biasa, hal ini meningkatkan minat pengunjung untuk langsung menjelajahi candi ini.

Kuil terapung di laut

Letak pura yang strategis akan menjadi pemandangan yang mengesankan bagi pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke Bali. Pasalnya, saat permukaan air laut sedang tinggi, pura ini akan terlihat seperti terapung di tengah laut.

Baca Juga  Curug Song, Air Terjun Tersembunyi di Banyumas yang Dilengkapi Berbagai Wahana Seru

Saat air laut sedang surut, pengunjung dapat berjalan menuju pura saat ombak menerpa mereka tanpa perlu khawatir karena kedalaman air yang cukup dangkal sehingga menjamin keselamatan mereka selama perjalanan menuju pura.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pura Tanah Lot
Foto oleh David Dwipayan di Unsplash

Kawasan wisata Pura Tanah Lot tidak terlalu jauh dari pusat kota Denpasar, hanya berjarak 25 kilometer. Pengunjung dapat melalui jalan menuju Bandara Ngurah Rai kemudian menggunakan Jalan Bypass Ngurah Rai untuk perjalanan yang lebih cepat.

Selanjutnya Anda perlu berkendara menyusuri Sunset Road dan Jalan Raya Changu, Bali. Pengunjung kemudian akan sampai di Jalan Raya Tanah Lot di Beraban, semakin mendekatkan lokasi pura ini.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket yang harus dibayar untuk mengunjungi Pura Tanah Lot di Tabanan dibedakan berdasarkan kategori umur. Wisatawan yang datang dari negara tersebut akan dikenakan biaya dalam mata uang Rupiah. 20 ribu untuk dewasa dan Rs. 15 ribu untuk anak-anak.

Sedangkan wisatawan asing harus memesan tiket seharga Rs. 30 ribu untuk anak-anak dan Rp. 60 ribu untuk dewasa.

Tak hanya biaya masuk, pengunjung juga harus membayar tiket parkir mobil atau kendaraan pribadi seperti bus.

Kegiatan yang menarik

Peristiwa menarik di Pura Tanah Lot
Foto oleh David Dwipayan di Unsplash

Pengunjung akan sangat senang dengan keindahan yang ditawarkan wisata religi ini sekaligus menikmati berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di destinasi wisata ini.

1. Menonton ular Lipi-Poleng

Hal pertama yang sering dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pura Tanah Lot adalah melihat ular Lipi-Poleng. Penduduk setempat percaya bahwa ular ini merupakan perwujudan selendang pendiri Pura Dang Hyang, Nirartha.

Saat air laut surut, pengunjung bisa melihat ulat bulu tepat di lubang-lubang karang. Ular keramat ini berbentuk pipih seperti ikan dan tidak akan mengganggu wisatawan karena jinak.

Baca Juga  Pantai Wediombo, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Gunung Kidul

2. Menonton upacara keagamaan

Seperti diketahui, Pura Tanah Lot Tabanan masih aktif digunakan warga setempat untuk beribadah, bahkan pengunjung bisa menyaksikan upacara adat seperti Piodalan atau HUT Pura yang diadakan setiap enam bulan atau empat hari setelah Hari Raya Kuningan.

Upacara yang khidmat dan penuh nilai spiritual ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi para pengunjung yang hadir.

3. Memotret matahari terbenam

Pengalaman tak terlupakan dari Pura Tanah Lot adalah pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, sehingga pengunjung disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada sore hari.

Keindahan matahari terbenam ini menjadi momen yang indah untuk diabadikan dengan kamera. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong mencoba mengabadikan momen indah ini, menjadikan kawasan ini sibuk setelah makan siang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Bangunan Pura Tanah Lot
Foto oleh David Dwipayan di Unsplash

Pengelola objek wisata berupaya memberikan pengalaman pengunjung yang memuaskan dengan menyediakan fasilitas yang menarik dan lengkap.

Fasilitasnya meliputi tempat parkir yang luas, pusat pengunjung, penginapan dan banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Mereka juga menjaga kebersihan dengan toilet berstandar internasional, dengan mengutamakan kenyamanan pengunjung.

Pura Tanah Lot di Tabanan menjadi daya tarik tersendiri yang menarik banyak orang kesini. Pihak pengelola menerapkan aturan berpakaian yang harus dipatuhi pengunjung sesuai peraturan pemerintah untuk memasuki kompleks candi.

Dengan cara ini, mereka memberikan pengalaman pengunjung yang menyenangkan dengan tetap menjaga lingkungan yang bersih, aman, dan patuh.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *