Hutan Pinus Limpakuwus, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Slamet Banyumas

Ide Wisata151 Dilihat


Hutan Pinus Limpakuwus di Banyumas merupakan surga tersembunyi di kaki Gunung Slamet yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan dan beragam atraksi.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Limpakuvus, Kecamatan. Donasi, Kecamatan. Banyumas, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasi

Hutan Pinus Limpakuwus Banyumas merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang populer di Banyumas, Jawa Tengah. Destinasi ini menawarkan pengalaman outdoor yang dipenuhi keindahan alam dan udara segar.

Selain menikmati keindahan alam sekitar, pengunjung objek wisata alam ini juga bisa mencoba berbagai permainan seru yang ditawarkan pihak pengelola.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota juga menjadikannya tempat yang sering dikunjungi wisatawan.

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa jalan masuk menuju hutan pinus eksotis ini memiliki tikungan dan tanjakan yang harus dinavigasi dengan hati-hati.

Penting untuk diperhatikan bahwa pengunjung diperbolehkan membawa makanan untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan hutan pinus Limpakuvus

Landmark hutan pinus Limpakuvus
Foto Maria Tiara di Google Maps

Jika Anda berencana piknik bersama keluarga di objek wisata alam ini, berikut objek wisata yang bisa Anda nikmati:

1. Keindahan estetika pesona alam

Kesan pertama yang didapat ketika berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuvus adalah keindahan tempatnya. Karena merupakan kawasan hutan yang ditumbuhi pohon pinus, lingkungannya menawarkan udara yang sangat bersih, sejuk dan menyegarkan.

Pemandangan Gunung Slamet dari berbagai sudut membuat hutan ini semakin estetis.

2. Area luar ruangan penuh dan area bermain.

Di Hutan Pinus Limpakuvus, selain menikmati keindahan alam sekitar, pengunjung juga berkesempatan mencoba berbagai atraksi outdoor seru. Pengalaman menegangkan bisa dialami melalui flying fox, jembatan gantung, laba-laba dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Forest Walk, Wisata Alam dengan Suasana Hutan yang Sejuk di Bandung

Terdapat juga arena bermain anak atau kids area dimana anak-anak dapat bersenang-senang dengan kereta mini, trampolin, ayunan, rumah perosotan dan mobil.

Untuk menikmati field trip dan taman bermain ini, pengunjung harus membayar biaya tambahan. Namun jangan khawatir, harga tiketnya tidak melebihi Rp 20.000.

3. Akomodasi/Pondok

Pengunjung juga bisa menikmati pengalaman menginap di hutan pinus yang eksotis ini. Cottage di kawasan ini memiliki desain yang unik, mengingatkan pada tenda, namun dibangun secara permanen. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini mirip dengan hotel.

4. Area khusus untuk berkemah.

Dinas Pariwisata Hutan Pinus Limpakuvus juga menyediakan area khusus berkemah. Area ini dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin berkemah.

Pengunjung dapat membawa perlengkapan berkemah sendiri atau menyewanya kepada pihak pengelola. Namun pada akhir pekan biasanya area camping ini dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menikmati camping di dalam hutan.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Hutan Pinus Limpakuvus
Foto Daffy Duffy di Google Maps

Kawasan Wisata Hutan Pinus Limpakuwus terletak di Persawahan Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Dari Alun-alun Purwokerto, hutan pinus hanya berjarak 17 km atau kurang lebih 36 menit berkendara menyusuri Jalan Raya Baturaden.

Meski jalan menuju lokasi tidak terlalu panjang, namun bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat.

Dari Alun-Alun Purwokerto berkendara menuju Jalan Raya Baturaden, belok kanan setelah Warung Kopi Admi, lalu belok kanan lagi di Jalan Hutan Limpakuwus setelah 2,5 km untuk mencapai tujuan Anda.

Untuk menikmati keindahan Hutan Pinus Limpakuwus di Banyumas, pengunjung perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Selain itu, untuk menaiki taman bermain tersebut, pengunjung perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang.

Baca Juga  Intip Pesona Pantai Elyora, Pantai Pasir Putih yang Menakjubkan di Batam

Kegiatan yang menarik

Asyiknya di hutan pinus Limpakuvus
Foto oleh Timothy Ludovicus di Google Maps

Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung saat berwisata di kawasan wisata alam eksotik ini:

Eksplorasi hutan pinus

Aktivitas menyenangkan utama yang bisa Anda lakukan saat menyusuri Hutan Pinus Limpakuvus adalah menjelajahi keindahan hutan pinus. Kehadiran ratusan pohon pinus yang tinggi memberikan suasana sejuk dan asri di kawasan tersebut.

Terletak di kaki Gunung Slamet, udara di sekitar hutan pinus sangat segar, bersih dan tidak mencemari lingkungan, menciptakan suasana tenang dan ideal bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan keindahan alam tersebut dengan mengikuti berbagai aktivitas seperti trekking ringan atau sekadar jalan-jalan santai menyusuri hutan.

Bermain trampolin di hutan pinus Limpakuvus

Jika ingin memacu adrenalin, Anda bisa mencoba permainan trampolin yang tersedia di Hutan Pinus Limpakuvus. Apalagi jika berani melompat lebih tinggi, sensasi sejuknya akan semakin terasa.

Trampolin ini mampu menopang beban hingga 90 kilogram. Jadi bagi yang masih khawatir tidak perlu khawatir lagi.

Berkemah bersama teman dan keluarga

Jika Anda berencana liburan panjang di Banyumas, jangan lewatkan kesempatan untuk berkemah di hutan ini. Tempat wisata ini memiliki area camping yang bisa disewa.

Namun, sebelum memulai kegiatan berkemah, Anda perlu meminta izin kepada petugas untuk mendirikan tenda di lokasi perkemahan. Jika ingin lebih nyaman, pemandu menyarankan glamping atau glam camping yang bisa Anda coba.

Cobalah naik sepeda quad

Selain keindahan alamnya, hutan pinus Limpakuvus-Banyumas juga menawarkan wahana ATV dan wisata jaring laba-laba atau spider. Kedua objek wisata ini menjadi favorit dan sering dipilih pengunjung.

Sepeda quad di kawasan ini memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi kawasan tersebut tanpa perlu repot berjalan kaki. Ditambah lagi, Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan dengan cara berbeda.

Baca Juga  Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih Menawan di Gunung Kidul

Sementara itu, jaring laba-laba bisa menjadi sumber kesenangan bagi teman dan keluarga. Bermain di objek wisata ini akan menjadikan liburan Anda di Banyumas menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek hutan pinus Limpakuvus
Foto Siska Cha di Google Maps

Pengelola hutan pinus ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Situs ini memiliki tempat parkir yang luas, toilet yang bersih, musala untuk salat, dan area tenda bagi yang ingin bermalam di luar ruangan.

Selain itu, terdapat spot foto cantik, stand wisata dengan beragam makanan dan minuman, arena outdoor untuk aktivitas seru, serta berbagai permainan outdoor yang menarik.

Semua fasilitas ini diciptakan agar pengunjung dapat menikmati waktu yang nyaman dan menyenangkan.

Dengan keindahan alam dan aktivitas serunya, Hutan Pinus Limpakuvus menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona alam dan berbagai atraksi menarik.


databaru.my.id