Wisata Sungai Oya Kedung Parangan, Nikmatnya Bermain Kano dan Berenang di Bantul

Ide Wisata13 Dilihat


Wisata Sungai Oya Kedung Parangan di Bantul, Yogya menawarkan pengalaman menarik bagi pecinta alam dengan bermain kano, berenang, dan berkemah.

Kabupaten Bantul yang dikenal dengan Bumi Projothamansari menawarkan banyak destinasi wisata menarik, mulai dari pantai yang menawan hingga hutan pinus yang rindang dan asri.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Objek Wisata Air Kedung Parangan yang terletak di Padukukhan Kedungjati, Desa Selopamioro, Kecamatan Kepanewon Imogiri, Kabupaten Bantul.

Tempat wisata di Bantul yang baru dibuka ini menawarkan pengalaman unik menyusuri aliran Sungai Oya yang membelah Perbukitan Kedungjati dengan airnya yang jernih.

Sungai Oya berhulu di Pegunungan Gajah Mungkur di Kabupaten Manyaran, Wonogiri, Jawa Tengah dan mengalir ke Laut Selatan.

Pesona Wisata Kedung Parangan Bantul

Pesona Wisata Kedung Parangan Bantul
Foto oleh Yosef Adhi di Google Maps

Kedung Parangan yang terletak di tengah Sungai Oya ini memiliki daya tarik unik yang menarik pengunjung.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kejernihan air sungai dan suasana tenang memisahkannya dari hiruk pikuk kota, menjadikannya destinasi ideal bagi mereka yang mencari ketenangan.

Pengunjung dapat merasakan segarnya air Sungai Kedung Parangan dengan berenang menggunakan jaket pelampung yang disediakan pihak pengelola untuk menjamin keselamatannya.

Selain berenang, pengunjung juga bisa menjelajahi keindahan alam sekitar dengan menaiki kano di sungai.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di area tersebut, terdapat tempat perkemahan dengan perlengkapan yang bisa Anda sewa.

Rute menuju tempat itu

Untuk mencapai Objek Wisata Alam Kedung Parangan di Kedung Jati, Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul dari Jalan Malioboro, Yogyakarta, ikuti rute berikut.

Mulai dari Jalan Malioboro, berjalan ke selatan menuju Jalan Sosrokusuman, lalu belok kiri ke Jalan Panembahan Senopati.

Baca Juga  Observatorium Bosscha, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung

Setelah sekitar 500 meter di Jalan Panembahan Senopati, belok kanan menuju Jalan Brigjend Katamso dan berjalan lagi sejauh 1,5 kilometer.

Belok kiri ke Jalan Kolonel Sugiyono, lalu belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja. Ikuti jalan utama kurang lebih 11 kilometer hingga sampai di Pasar Barongan, belok kiri menuju Jalan Bakulan Imogiri dan ikuti jalan utama kurang lebih 850 meter.

Belok kanan sejauh 90 meter, lalu belok kanan lagi menuju Jalan Imogiri – Siluk. Berkendara sejauh 5 kilometer menyusuri Jalan Imogiri – Siluk melewati SMPN 2 Imogiri, SD Siluk dan SMPN 3 Imogiri.

Dekat SMPN 3 Imogiri belok kiri sejauh 180 meter lalu belok kanan. Lanjutkan perjalanan menyusuri jalan utama kurang lebih 2,3 km melewati Jembatan Lanteng 1, Masjid Al Amin dan SD Lemahrubuh. Lanjutkan menyusuri jalan utama sejauh kurang lebih 2,5 kilometer untuk mencapai tujuan Anda.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Kedung Parangan

Aktivitas menarik di Kedung Parangan Bantul
Foto oleh Rahman Adrian di Google Maps

Selain biaya parkir, wisatawan perlu membayar beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini, yaitu:

1. Cobalah bermain kano

Berkano merupakan kegiatan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kedung Parangan Kedungjati. Karena banyaknya peminat, seringkali pendaftaran acara ini ditutup beberapa jam sebelum kawasan wisata ditutup.

Bagi yang ingin mencoba bermain kano perlu menyiapkan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Selama masa antrian, waktu yang dihabiskan di dalam sampan dibatasi hanya 10-15 menit saja.

2. Berenang

Wisatawan bisa menikmati segarnya air Sungai Oya dengan berenang yang sebenarnya merupakan aktivitas gratis.

Namun ada ketentuan yang menyatakan setiap wisatawan wajib menggunakan jaket pelampung atau ban saat berenang.

Untuk menggunakan peralatan ini, wisatawan perlu menyewanya. Sewa jaket pelampung biayanya Rp 5.000 dan ban seharga Rp 10.000.

Baca Juga  Lokasi, Review Interior dan Harga Menu Makanan

3. Berkemah

Sebelum lokasi Kedung Parangan dibuka sebagai tempat rekreasi sungai dan sampan, awalnya dikenal sebagai tempat berkemah.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah di Lembah Oya Kedungjati dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

Perlengkapan camping memerlukan biaya tambahan seperti sewa tenda – Rp 45.000 untuk 4 orang, sewa kasur – Rp 8.000, sleeping bag – Rp 12.000 dan lampu gantung – Rp 15.000.

Kedung Parangan menawarkan destinasi wisata alam yang menarik bagi pengunjung yang berlibur di Jogja. Kami berharap berbagai informasi menarik mengenai tempat wisata ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi wisatawan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *