Goa Pinus, Goa Jepang dengan View Alam Eksotis Nan Memukau di Kota Batu

Ide Wisata31 Dilihat


Jelajahi keindahan alam Kota Batu yang eksotik dan mempesona dengan mengunjungi Gua Pinus dan Gua Jepang, dua tempat wisata menakjubkan yang dilengkapi dengan taman kelinci yang menambah pesonanya.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 07.00–17.30 WIB, Alamat: Gunung Mbah Bai, Kecamatan Gunungsari. Bumiagi, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Gua Pinus Batu merupakan perpaduan antara gua dan hutan pinus. Gua-gua yang ada di kawasan ini merupakan bekas tempat penambangan pasir yang ditinggalkan pada masa penjajahan Jepang. Panjang gua hanya 5 meter dan tingginya hanya 1,5 meter, sehingga pengunjung yang memiliki tinggi badan lebih dari tersebut harus membungkuk saat memasukinya.

Gua ini mempunyai ciri khas yang unik. Meski gua ini buatan manusia, namun stalaktit dan stalagmit di dalamnya terbentuk secara alami sehingga aura di sekitarnya terkesan misterius. Keindahan alam yang dimiliki goa ini memang cukup populer, namun tak hanya goa Jepang ini yang menjadi destinasi populer sehingga hits di kalangan anak muda.

Potensi wisata yang ada membuat pihak pengelola berinisiatif menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi Instagramable di Bantul. Tidak perlu masuk ke dalam kawasan Gua Pinova, pengunjung cukup berjalan kaki mengelilinginya untuk menuju berbagai tempat yang sangat menarik untuk berfoto. Udara segar dan pemandangan indah membuat pengunjung betah berada di sini.

➥ Tiket Selecta Batu Malang Holiday Park

Atraksi Gua Pinus

Shutterstock Daya Tarik Gua Pinus
Foto oleh Zainul Yudharta di Shutterstock

Banyak banget tempat wisata menarik di Batu, salah satunya Gua Pinus Malang. Saat ini destinasi wisata ini sudah sangat populer dan sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi anak muda yang tertarik untuk berburu foto. Kepopuleran destinasi wisata ini tak lepas dari banyaknya atraksi yang ditawarkan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Suasana alam

Terletak di dataran tinggi, destinasi wisata ini menawarkan suasana alam yang indah. Lingkungan bersih, pohon pinus memberikan keteduhan. Tak hanya itu, pemandangan alam di bawahnya juga sangat indah, penuh dengan pepohonan hijau. Dari sini pengunjung juga bisa menyaksikan indahnya pemandangan Gunung Arjuna.

Suasana alam yang masih alami ini menarik banyak pengunjung yang mencari rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Tidak ada polusi di sini, sehingga pengunjung bisa leluasa menghirup udara bersih. Destinasi wisata ini juga sangat cocok sebagai tempat menyegarkan badan dan pikiran. Gemerisik pepohonan dan aroma hutan pinus sungguh menenangkan.

2. Gua Jepang

Gua ini sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang, jauh sebelum kawasan tersebut menjadi tujuan wisata. Karena itulah gua ini menjadi salah satu objek wisata yang memungkinkan Anda melihat kembali sisa-sisa zaman kolonial. Jika Anda takut gelap, Anda tidak perlu khawatir. Karena letak gua ini tidak terlalu dalam, sinar matahari masih bisa menembus ke dalamnya sehingga kondisinya tidak terlalu gelap.

Baca Juga  Megahnya Masjid Tiban di Malang, Dibangun Tanpa Arahan Arsitek

Sayang sekali kalau kita melewatkan gua bekas penambangan ini. Karena meski tidak terlalu dalam dan tingginya hanya 1,5 meter, goa ini mempunyai keunikan tersendiri. Berkat letaknya yang berada di ketinggian dan dikelilingi hutan pinus, gua ini seolah menyatu dengan alam meski diciptakan oleh manusia.

➥ Hotel murah di Batu Malang

3. Sudut Pandang

Tempat wisata ini memiliki beberapa gardu pandang. Hal ini sangat menarik karena letaknya yang tinggi membuat pengunjung bisa melihat pemandangan alam di bawah dengan lebih leluasa dan tidak terhalang. Dari sudut pandang ini, pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan sawah, hutan, pegunungan, dan perkampungan Kota Batu.

Tempat ini tidak hanya sekedar dek observasi, pihak pengelola telah menciptakannya yang benar-benar unik sehingga pengunjung bisa memanfaatkannya untuk fotografi. Inilah salah satu daya tariknya, pengunjung bisa berfoto dengan latar alam terbuka. Hadirnya beberapa gardu pandang juga membuat pengunjung dapat melihat kondisi alam yang berbeda-beda.

4. Tempat Foto

Tak hanya postingan yang dilihat saja yang bisa Anda jadikan video foto, pihak pengelola juga sudah menyiapkan banyak video foto lainnya yang tak kalah menarik untuk Instagram. Tempat-tempat yang berkonsep natural ini sebagian besar menggunakan bahan kayu atau bambu yang merupakan suatu seni estetika yang sangat indah sebagai tempat berfoto.

Spot foto yang paling populer di Goa Pinus adalah Lego Spot. Daerah ini memiliki banyak tempat dengan berbagai bentuk, tanaman hijau dan alam yang segar. Di beberapa tempat terdapat perahu, ada juga rumah hobbit, sangkar burung, dan balon udara. Masih banyak juga tempat lain untuk memanjakan pengunjung. Untuk masuk ke Lego Spot pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 saja.

5. Rumah Papua

Rumah Papua merupakan objek wisata yang cukup populer. Pengunjung akan disuguhkan beberapa rumah kecil khas Papua. Rumah Papua ini menjadi sarana edukasi untuk mempelajari warisan budaya nusantara. Ditambah lagi latar belakang alam sekitar juga turut andil dalam hal ini.

Kawasan Rumah Papua juga memiliki kafe yang akan memanjakan pengunjungnya dengan menu makanan dan minuman yang bervariasi. Kafe ini sangat nyaman, namun keindahan alam tetap menjadi daya tariknya. Untuk memasuki kawasan Rumah Papua, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang dengan cashback untuk secangkir susu.

Baca Juga  20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Kekinian, Murah dan Tahan Lama

6. Taman Kelinci

Taman kelinci ini sangat ramah anak. Karena mengedepankan nilai edukasi, anak-anak bisa bermain sambil belajar di area ini. Untuk masuknya kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Jika Anda menyukai kuliner sate kelinci, Anda juga bisa menikmatinya di taman yang menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata ini.

➥ Biaya masuk Taman Kelinci Malang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gua Pinus Shutterstock
Foto oleh Afandi Tegu Afriyanto di Shutterstock

Gua Pinus berlokasi di Puhon. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Batu, Jawa Timur. Jaraknya hanya sekitar 11,6 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 25 menit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, namun sayangnya masih belum tersedia angkutan umum untuk mencapai tujuan Anda.

Anda hanya perlu menuju ke Bu Cheon jika ingin mengunjungi destinasi wisata ini. Sesampainya di Bu Hong, ada beberapa destinasi yang menanti Anda. Jika bingung, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat yang akan menunjukkan jalannya. Aplikasi GoogleMap juga dapat membantu Anda mendapatkan petunjuk arah ke lokasi tertentu.

Gua Pinus terletak di dataran tinggi, sehingga perjalanan Anda akan ditemani pemandangan alam hijau yang indah. Tempat yang masih alami akan membuat perjalanan Anda tidak terlalu melelahkan. Jalan tersebut hampir seluruhnya tertutup aspal. Namun ada beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan sehingga pengendara harus berhati-hati.

Biaya masuk dan jam buka

Gua Pinus buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB. Biaya masuknya sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk berwisata ke hutan pinus dan gua Jepang. Anda juga akan dikenakan biaya parkir mobil mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung kendaraan Anda.

Beberapa lokasi fotografi juga mengenakan biaya, seperti Taman Kelinci atau Rumah Papua. Harga setiap spot foto berbayar pun bervariasi, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Harga tersebut terjangkau untuk dijadikan spot foto yang indah untuk Anda nikmati. Di Taman Kelinci Anda tidak hanya bisa berfoto, tapi juga menikmati kuliner sate kelinci.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Gua Pinus
Foto oleh Afandi Tegu Afriyanto di Shutterstock

Gua Pinus merupakan destinasi wisata yang cukup populer karena selain menawarkan berbagai atraksi, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas menarik yang menghasilkan uang. Aktivitas berikut juga bisa Anda nikmati jika berkunjung ke kawasan wisata yang sangat populer di kalangan anak muda ini.

Menikmati pemandangan Gua Pinus Batu.

Jika bosan, maka Anda bisa datang ke Goa Pinus Batu untuk menyegarkan pikiran. Sambil memberikan suasana alam yang masih sangat asri, Anda juga bisa menghirup udara bersih dengan leluasa. Anjungan observasi telah disiapkan agar Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam tanpa hambatan.

Baca Juga  Pantai Ngeden, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Destinasi wisata ini memang menjadikan alam sebagai daya tarik tersendiri dengan pepohonan pinusnya yang rindang. Apalagi Gunung Arjuna juga membuat pemandangan semakin indah. Apalagi jika datang pada siang hari, Anda akan menyaksikan indahnya matahari terbenam di antara Gunung Arjuna.

Difoto

Datang ke tempat wisata alam ini tentu akan sangat dirindukan jika tidak berfoto. Banyak sekali tersedia spot foto yang estetis dan Instagrammable. Berburu foto di kawasan ini tidak akan mengecewakan. Beragam spot dengan bentuk berbeda pasti akan menyenangkan Anda.

Santai

Terdapat juga hammock untuk relaksasi di area Gua Pinus. Berbaring di bawah desiran angin akan menghilangkan kepenatan. Hammock ini dipasang di antara pohon pinus, sehingga beristirahat di bawahnya akan sangat segar dan menenangkan. Anda juga bisa mencoba hammock ini jika hanya ingin bersantai.

Tak hanya di hammock, Anda juga bisa bersantai di kafe. Berkat sajian makanan dan minumannya, bersantai di kafe dengan suasana alami juga bisa menjadi pilihan tepat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Gua Pinus Shutterstock
Foto oleh Zainul Yudharta di Shutterstock

Gua Pinus memiliki banyak fasilitas yang cocok untuk pengunjung. Tempat parkirnya sangat luas, sehingga bisa menampung mobil dan sepeda motor. Parkir masih sederhana namun dilengkapi dengan baik. Pengunjung tidak perlu lagi khawatir meninggalkan mobilnya. Terdapat juga beberapa toilet umum yang dapat digunakan pengunjung kapan saja.

Kawasan ini juga memiliki spot-spot foto yang dikelola dan dipelihara dengan baik. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih menikmati spot-spot fotografi tersebut dari waktu ke waktu. Pengunjung juga bisa melepas penat dan mengisi perut karena di kawasan ini juga terdapat kantin dan kafe yang menyajikan makanan dan minuman a la carte yang bisa disantap sambil menikmati alam sekitar.

Fasilitas lainnya meliputi musala dan perlengkapan sholat. Pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas ini dengan nyaman. Kawasan ini juga memiliki jalur pejalan kaki yang mudah diikuti. Berkat adanya blok-blok yang dipasang di sepanjang jalan, pengunjung tidak perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Gua Pinus di Batu menjadi salah satu tempat favorit yang kini populer terutama di kalangan anak muda. Dengan beragam spot foto yang cantik dan Instagrammable, tempat ini tidak pernah sepi. Selain sebagai spot foto, tempat ini juga sangat nyaman untuk menyegarkan badan dan pikiran karena tempatnya yang indah sekaligus alami.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *