Bukit Bengkaung, Menyaksikan Pesona Alam dari Atas Ketinggian Sembari Kulineran di Lombok Barat

Ide Wisata27 Dilihat


Bukit Bengkaung di Lombok Barat mempesona pengunjung dengan pemandangan alam yang menakjubkan dari atas dan beragam pengalaman kuliner yang nikmat.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.00-22.00 WIB, Alamat: Lembah Sari, Kecamatan. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasi

Lombok merupakan salah satu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Salah satunya Bukit Bengkaung yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Dari atas, Anda akan menyaksikan pesona hijaunya perbukitan yang menyegarkan. Saat malam pun tak kalah menariknya yakni dari gemerlap lampu kota.

Tempat wisata di Lombok ini bukan satu-satunya, namun tetap layak untuk dikunjungi. Di sini tidak pernah sepi, setiap hari ada yang datang untuk mengagumi indahnya panorama alam.

Kebanyakan dari mereka adalah anak muda dan tujuan utama mereka adalah mencari spot foto untuk dipamerkan di jejaring sosial mereka.

Bisa dibilang tempat ini adalah sebuah kafe atau toko yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Namun selain itu, ada banyak tempat wisata yang pasti patut untuk dikunjungi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Anggap saja ada spot foto cantik yang cocok untuk dijadikan desain jejaring sosial. Pemandangan dari atas menjadi salah satu alasan kenapa disini selalu ramai.

Cek hotel murah di Lombok Barat

Objek Wisata Bukit Bengkaung

Objek wisata Bukit Bengkaung
Foto oleh Ivan Lin di Google Maps

Setiap tempat wisata pastinya memiliki daya tarik yang mendatangkan wisatawan ke sana, tak terkecuali Bukit Bengkaung di Lombok.

Kami telah membahas secara singkat apa yang menarik di sini. Apalagi kalau bukan pemandangan alam yang indah, ada spot foto, konsep kafe unik dan masih banyak lagi.

1. Pesona alam di atas

Tidak dapat dipungkiri pesona alam menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata Lombok Barat ini. Dari atas Anda akan disuguhi pemandangan luas berupa hamparan perbukitan hijau.

Kabut tipis yang menyelimutinya rupanya tak mengganggu kecantikannya, malah justru membuat penampilannya semakin eksotis.

Keindahan Bukit Bengkaung di Lombok barat tidak hanya bisa disaksikan di siang hari, tapi juga saat malam tiba. Namun yang akan Anda lihat bukanlah perbukitan hijau, melainkan kerlap-kerlip lampu kota Mataram yang begitu indah.

Baca Juga  Pantai Teluk Asmara, Pantai Indah dengan View Alam yang Memesona di Malang

Bahkan dari satu sisi terlihat indahnya lampu-lampu Islamic Center yang sangat tinggi dan memiliki bentuk menara yang khas.

2. Konsep kafe yang unik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kafe menjadi konsep utama wisata alam ini. Terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman di sepanjang jalan ketika Anda berada di lokasi.

Setiap kafe dijalankan oleh orang yang berbeda, artinya tidak memiliki pemilik yang sama. Namanya pun bermacam-macam, salah satu contoh uniknya adalah Kedai Taman Langit.

Beberapa kafe yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Bukit Bengkaung adalah: Benhill Lombok, Payawangan Resto, Bukit Bintang, Angkringan Wong Ndeso dan masih banyak lagi.

Menariknya, kafe ini berhadapan langsung dengan keindahan dan pesona alam sekitar. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan tampilan yang sejuk dan menyegarkan saat menikmati makanan.

Perjalanan ke Gili Nanggu Lombok dengan snorkeling

3. Spot foto yang instagenic

Selain keindahan alam dan konsep kafe yang unik, tempat wisata ini juga menawarkan banyak spot foto cantik yang layak untuk dibagikan ke media sosial.

Lokasinya yang prima tak kalah dengan pesona alam perbukitan yang luas. Pihak manajemen sengaja menambahkan banyak video foto untuk menambah daya tarik tempat tersebut.

Di Bukit Bengkaung terdapat spot berbentuk sayap burung yang sangat luas, sehingga siapa pun yang mengambil foto di tengahnya akan mendapatkan hasil kepakan sayap burung.

Selain itu, ada juga sky door yang desainnya cukup unik. Wisatawan hanya perlu berpose di dekat pintu untuk mendapatkan hasil jepretan sempurna.

4. Jalur sepeda yang menantang

Meski bukan menjadi daya tarik utama, namun jalur sepeda di sini cukup menarik banyak wisatawan. Khusus bagi warga sekitar, banyak yang memanfaatkannya sebagai tempat liburan bersepeda.

Sebagian besar rutenya menanjak, seperti halnya perbukitan pada umumnya. Hanya saja sebagian besar jalan sudah beraspal sehingga memudahkan untuk dilalui.

Baca Juga  Pantai Parangendog, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Gunung Kidul

Jalur mendaki Bukit Bengkaung di Lombok Barat ini cukup populer di kalangan pecinta sepeda. Kebanyakan dari mereka pergi bersama rombongan.

Selain kesulitannya, karena sebagian besar rutenya menanjak, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah selama perjalanan. Perbukitan hijau dan persawahan membuat perjalanan semakin sejuk.

Snorkeling dan island hopping di Gili Nanggu, Gili Sudak dan Gili Kedis

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat: Bukit Bengkaung
Foto Google Street View di Google Maps

Karena letaknya yang berada di perbukitan atau bisa dikatakan daerah pegunungan, maka tidak mudah untuk mencapainya. Menawarkan keindahan alam dan spot foto pemandangan, tempat wisata ini terletak cukup jauh dari kota.

Jika memulai dari Tastura Square, Anda harus menempuh jarak sekitar 38 kilometer. Jarak ini dapat ditempuh dalam waktu lebih dari 1 jam.

Meski demikian, jalur menuju Bukit Bengkaung tidak terlalu sulit. Jika Anda datang dari pusat kota, kunjungi Jalan Gajah Mada terlebih dahulu.

Kemudian silakan menuju Jalan Raya Puyung lalu Jalan Raden Pugu. Jalur selanjutnya ke Jalan Raya Kediri, lalu ke Jalan TGH Faesal.

Perjalanan anda mulai menanjak, silahkan arahkan kendaraan anda menuju Jalan Ahmad Yani.

Tujuan selanjutnya adalah Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Raya Mataram dan Jalan Pesona. Secara administratif, objek wisata alam ini terletak di Desa Lembah Sari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Biaya masuk dan jam buka

Mengunjungi Bukit Bengkaung di Lombok Barat memang tidak gratis, namun harga tiket yang harus Anda bayarkan tidak terlalu mahal. Dibandingkan keindahan alam yang bisa dinikmati, biaya sebesar Rp 5.000 per orang rasanya tidak seberapa.

Apalagi dengan harga tersebut Anda bisa menggunakan video foto yang disediakan pengelola secara gratis. Setidaknya ada 10 spot foto yang bisa Anda manfaatkan dan semuanya menarik.

Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda harus menambahkan biaya masuk yang disebutkan di atas. Tentu saja biaya parkirnya adalah 2.000 rupee untuk sepeda motor dan 5.000 rupee untuk mobil. Jika ingin menikmati makanan dan minuman di kafe akan dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga  Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Bengkaung
Foto oleh Ivan Lin di Google Maps

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Bengkaung, semuanya menarik. Mirip dengan wisata alam, Anda bisa menikmati semua keindahan yang dipamerkan.

Namun karena konsep wisatanya dipadukan dengan kafe dan zona foto, akan ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini.

Wisata kuliner

Bukit Bengkaung di Lombok Barat dibangun dengan konsep yang benar-benar unik yaitu dipadukan dengan kafe atau toko makanan dan minuman.

Tak ada salahnya mencoba wisata kuliner saat berada di objek wisata alam ini. Apalagi menu yang ditawarkan beragam, mulai dari masakan lokal hingga mancanegara yang rasanya enak dan nikmat.

Menikmati keindahan Bukit Bengkaung

Saat berkunjung ke objek wisata menawan ini, perhatikan panorama indahnya. Pemandangan utama di sini adalah perbukitan, selain persawahan.

Namun, ada hal lain yang tak kalah menariknya, dan pastinya kamu akan menyesal jika melewatkannya. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit adalah hal yang paling kita nantikan.

Berburu foto

Disebutkan sebelumnya, destinasi wisata ini tidak hanya bergantung pada keindahan alam dan konsep kafe saja, tapi juga ketersediaan spot foto.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tempat ini semakin menarik minat wisatawan. Anda bisa mencoba semua tempat mulai dari sayap burung, pintu langit, hingga bangku sederhana menuju perbukitan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Bukit Bengkaung
Foto oleh Erma Dn di Google Maps

Fasilitas di Bukit Bengkaung Lombok Barat sudah lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir. Tempat parkir yang disediakan cukup luas dan kondisinya relatif aman.

Terdapat juga musala bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadahnya. Toilet, spot foto, akses Wi-Fi, dan lounge adalah beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Bagi yang saat ini berada di Lombok Barat, sayang sekali jika tidak mengunjungi tempat wisata yang kita bahas kali ini.

Keindahan alamnya yang mempesona, spot foto yang mudah diakses, deretan kafe yang tertata rapi, serta fasilitas yang lengkap menjadikan Bukit Bengkaung semakin layak dikunjungi untuk mengisi kekosongan liburan Anda.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *