Taman Wisata Rita, Destinasi Wisata Keluarga di Takalar yang Kaya Pesona

Ide Wisata165 Dilihat


Taman Wisata Rita di Takalara merupakan destinasi wisata keluarga yang menarik dengan kekayaan pesona alamnya dan menawarkan beragam aktivitas rekreasi.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Desa Rita, Kecamatan Bonto Kanang. Galesong Selatan, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Taman Wisata Rita merupakan sebuah objek wisata perairan di Takalar, Sulawesi Selatan. Tempat ini tidak pernah sepi, baik di hari kerja maupun saat musim liburan.

Bagaimana tidak, karena banyak hal menarik di sini. Pemandangan alam di sekitar lokasi sangat asri dan terkesan asri berkat beragam vegetasi hijau yang menghiasi.

Waterpark selalu bisa dijadikan alternatif untuk mengisi liburan Anda. Apalagi jika Anda datang bersama rombongan keluarga, termasuk anak-anak. Mereka selalu menyukai kolam renang.

Suasana semakin seru jika di dalam kolam terdapat berbagai atraksi air, seperti seluncuran air, ember cipratan, atau pancuran.

Tempat wisata yang kita bahas kali ini juga sama, tempat wisata airnya pun cukup lengkap. Anak-anak dapat berenang di kolam dan menyesuaikan kedalamannya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Mereka juga dapat mencoba atraksi yang tersedia untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru. Tidak hanya memiliki kolam renang saja, namun juga memiliki kolam terapi ikan yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah.

Pemandangan Taman Wisata Rita

Pemandangan Taman Wisata Rita
Foto oleh Permandian Taman Visata Rita di Google Maps

Di Takalar, Sulawesi Selatan, bukan hanya Taman Wisata Rita yang menerapkan konsep waterpark.

Namun tak bisa dimungkiri kalau tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, ada beberapa atraksi di sini yang tidak ditemukan di tempat lain.

1. Susana cantik dan keren

Jarang sekali kita menemukan destinasi wisata yang berkonsep waterpark dan dikelilingi keindahan alam. Kebanyakan hanya berupa kolam renang, dengan suasana yang cukup kering di siang hari.

Kali ini berbeda karena nuansa yang didapat begitu indah dan sejuk. Pasalnya, di sekitar kolam banyak terdapat pepohonan rindang.

Daya tarik wisata Rita Tourist Park cukup menarik minat wisatawan. Bagaimana tidak, pengunjung bisa bermain di setiap atraksi tanpa merasakan terik matahari.

Baca Juga  Candi Sewu, Candi Buddha Megah & Eksotis Dekat Prambanan

Jika di tempat lain lebih disarankan pada pagi atau sore hari, maka di sini bisa dilakukan kapan saja. Apalagi pemandangan sekitar cukup indah dan menakjubkan.

Sebagian besar pohon di sini adalah pohon kelapa dan palem. Membuat suasana terasa seperti pantai, namun tidak ada ombak dan pasir putih yang menghiasi.

Desain setiap kolam juga menarik, penuh warna yang meramaikan suasana. Tak heran jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama.

2. Kolam penuh

Taman Wisata Rita Takalar menawarkan lebih dari satu atau dua kolam renang. Ada banyak kolam renang yang bisa digunakan tergantung usia pengunjungnya.

Usia ini biasanya beradaptasi dengan kedalaman, anak-anak dapat menggunakan kolam setinggi lutut orang dewasa. Dan untuk dewasa tersedia kolam dengan kedalaman 1 hingga 1,5 meter.

Jarak antara satu kolam dengan kolam lainnya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1-2 meter. Dengan begitu, orang tua bisa lebih leluasa mengontrol aktivitas anaknya. Memang desain yang dibuat tidak terlalu unik dan terkesan sederhana.

Kolam di sini berbentuk persegi panjang, namun bagian tepinya dicat dengan warna-warna cerah agar lebih menarik. Terdapat jalan setapak dan jembatan untuk akses dari satu kolam ke kolam lainnya di taman wisata Rita.

Salah satu kolam yang cukup ramai dan banyak peminatnya adalah kolam Olimpiade. Terdapat garis memanjang pada bagian dasarnya, sehingga terlihat seperti sebuah kompetisi. Karena ukurannya yang besar, kolam ini mampu menampung banyak wisatawan sekaligus.

3. Permainan air

Sebuah objek wisata bertema waterpark rasanya kurang lengkap jika tidak memiliki wahana permainan air. Semakin lengkap atraksi yang dihadirkan maka akan semakin menarik untuk dikunjungi.

Apalagi usia anak yang akan menarik dan membuatnya semakin menyenangkan. Kolam ini menyediakan atraksi yang lengkap. Taman Wisata Rita Takalar mempunyai atraksi seluncuran air, sama seperti taman air pada umumnya.

Anak-anak sangat menyukai seluncuran air ini karena sangat seru dan mengasyikkan. Ada dua jenis perosotan yang bisa digunakan tergantung usia. Untuk anak-anak tidak terlalu tinggi dan jalurnya lurus, namun untuk dewasa lebih tinggi dan berkelok-kelok.

Baca Juga  Bukit Candi Lawang Saketeng, Objek Wisata Alam Hits di Majalengka

Selain itu, wahana lain yang disediakan adalah ember tumpah. Atraksi ini dirancang khusus untuk anak-anak dan hanya tersedia di kolam renang anak.

Meskipun tidak lebih menyenangkan daripada bermain seluncuran air, masih banyak orang yang menikmati ember tumpah. Tak jauh dari objek wisata ini terdapat air mancur unik yang biasa dibuat oleh pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Wisata Rita
Foto Yugi Permandian di Google Maps

Alamat Taman Wisata Rita : Desa Rita, Bonto Kanang, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Kawasannya cukup strategis, dekat dengan pusat kota.

Jarak dari Alun-Alun Takalar hanya sekitar 15 kilometer. Artinya, Anda bisa sampai ke sana dengan mobil dalam waktu 15 menit.

Dari pusat kota menuju Jalan Sultan Hasanudin, lalu menuju Jalan Poros Galesong hingga mencapai Pasar Bontoramba.

Lanjutkan ke Jalan Poros Bontocassi, lalu Jalan Sidayu dan Jalan Poros Galesong Utara. Obyek wisata yang dituju berjarak kurang lebih 3 kilometer, lanjutkan perjalanan menyusuri jalur utama.

Sebelum sampai di Taman Wisata Rita, Anda akan menjumpai Kantor Desa Bontocanang di sisi kiri jalan. Jalan lurus terus hingga mencapai pertigaan, lalu belok kiri.

Jika Anda menemukan SD Inpres 225 Rita, berarti landmark tersebut sudah tepat di depan mata Anda. Jika masih bingung, tanyakan langsung pada penduduk setempat.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk menjadi kebutuhan pokok di setiap objek wisata, tak terkecuali waterpark kali ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya yang harus Anda keluarkan tidak terlalu mahal.

Tentu saja ini berarti perbandingan dengan atraksi dan fasilitas yang disediakan. Selain itu, ini juga merupakan liburan yang tak terlupakan.

Biaya masuk Taman Wisata Rita hanya Rp 15.000 per pengunjung. Harga ini berlaku setiap hari, tidak ada perbedaan antara weekdays dan weekend. Jika menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya parkir di sini adalah 2000 untuk sepeda motor dan 5000 untuk pengemudi mobil.

Baca Juga  Indahnya Air Terjun Ponot, Surga Tersembunyi Nan Eksotis di Asahan

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Taman Wisata Rita
Foto Yuga di Google Maps

Liburan Anda akan semakin menyenangkan jika kawasan wisata menawarkan banyak aktivitas seru. Apalagi jika datang bersama seluruh keluarga pastinya akan menyenangkan. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati bersama keluarga, berikut beberapa contohnya!

Berenang dan bermain air

Berenang merupakan aktivitas yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke Taman Wisata Rita Takalar. Wajar saja karena konsep wisata kali ini adalah waterpark.

Pastikan Anda memilih kolam yang sesuai dengan kemampuan Anda. Anak-anak yang lebih besar disarankan untuk bermain di kolam yang dangkal. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda bisa bermain air dan merasa segar.

Sensasi meluncur di seluncuran air Rita Tourist Park

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba seluncuran air saat berada di sini. Tak hanya untuk dewasa, kolam renang anak juga dilengkapi seluncuran air.

Ukurannya tidak terlalu besar, jalurnya lurus. Meluncur dari ketinggian tidak hanya seru dan menyenangkan, tapi juga melatih keberanian.

Wisata kuliner yang lezat

Taman Wisata Rita di Takalata merupakan tempat yang ideal untuk liburan keluarga. Di sekitar kawasan wisata terdapat warung-warung dengan menu makanan yang bervariasi.

Menu yang ditawarkan sebagian besar merupakan makanan khas Sulawesi Selatan. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena relatif terjangkau untuk beberapa jenis makanan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Taman Wisata Rita
Foto oleh Permandian Taman Visata Rita di Google Maps

Setelah berdiskusi tentang objek wisata, lokasi dan harga tiket masuk, Anda juga perlu mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan.

Hal ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan Anda selama liburan. Kawasan wisata Taman Wisata Rita memiliki lahan parkir yang cukup luas, toilet, tempat bilas, loker, persewaan ban, dan musala.

Tempat wisata yang menggunakan konsep waterpark atau kolam renang memang selalu digemari. Pasalnya, Anda bisa melakukan banyak hal menarik dan menambah keseruan.

Apalagi jika anda berkunjung ke Taman Wisata Rita dijamin liburan anda tidak akan terlupakan. Namun, akan lebih baik jika Anda datang bersama rombongan, terutama bersama keluarga.


databaru.my.id