Intip Pesona Pantai Cemare Lembar, Pantai yang Menakjubkan di Lombok Barat

Ide Wisata13 Dilihat


Jelajahi keindahan alam Pantai Semare Selamat di Lombok Barat yang menawan dengan pemandangan lautnya yang menakjubkan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.00-18.00 VITA, Alamat: Pelabuhan, distrik Daun, Kecamatan. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasi

Pantai Semare Sial mungkin tidak terlalu populer dibandingkan pantai lain di Lombok. Namun tidak ada salahnya datang berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan suasana damai.

Pantai ini sebenarnya tak kalah indahnya dengan pantai lainnya, hamparan laut luas terlihat sangat jelas sebagai pemandangan utama.

Meski tidak terlalu populer, penduduk setempat sering memanfaatkannya sebagai tempat berkumpul. Biasanya pada pagi dan sore hari saat cuaca sedang sejuk dan menyegarkan.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari berjalan-jalan di pantai, bermain air, naik perahu, hingga mencari spot foto.

Seringkali, pantai ini tidak terlalu sibuk, memberikan pengunjung pengalaman yang lebih tenang dan santai. Namun layanan yang diberikan cukup lengkap.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Bahkan di sekitar pantai terdapat berbagai warung makan yang sebagian besar menjual produk olahan ikan laut seperti udang, kepiting, dan cumi.

Objek Wisata Pantai Kemare Selamat

Objek Wisata Pantai Cemare Selamat
Foto akun Mencapai No. 1 Lombok di Instagram

Meski terdapat banyak pantai di Lombok, namun masing-masing pantai memiliki daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan objek wisata ini dengan pesona pantainya yang indah.

Tak jauh dari kawasan pantai terdapat hutan bakau yang terlihat asri. Suasananya tenang, cocok dijadikan tempat healing untuk menyegarkan pikiran.

Keindahan Pantai Cemare Selamat

Tak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya, terdapat hamparan pasir putih yang berwarna agak coklat. Pasirnya cukup lembut, bahkan saat diinjak pun tidak terasa.

Terdapat sedikit batuan karang dan cangkang, namun tidak terlalu memprihatinkan. Terdapat bukit-bukit yang indah dan indah di depan pantai.

Objek wisata Pantai Semareshit Lombok Barat yang paling utama adalah Gunung Agung. Meski terlihat cukup jauh, namun tetap terlihat jelas karena tingginya.

Pada siang hari, pemandangannya semakin memukau: matahari terbenam di balik gunung terbesar Lombok. Gelombang yang datang relatif kecil, dan jarang ada gelombang tinggi yang mencapai tepian.

Baca Juga  Tugu Rimau, Landmark Ikonik Kota Pagar Alam di Kaki Gunung Dempo

Oleh karena itu, banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berenang dan bermain air. Karena letaknya yang dekat dengan Pelabuhan Selamat, kawasan ini menawarkan pemandangan unik yang tidak bisa ditemukan di pantai lain.

Kapal-kapal berukuran cukup besar kerap hilir mudik di depan pantai, seolah menyambut setiap wisatawan yang datang.

Hutan bakau yang indah

Daya tarik Pantai Semare Selamat Lombok Barat selanjutnya adalah hutan bakau atau yang lebih dikenal dengan hutan bakau.

Kehadiran hutan ini membuat suasana pantai menjadi berbeda, semakin indah dan sejuk. Hutan ini merupakan habitat banyak satwa, dan bukan hanya satwa laut saja. Selain kepiting, udang, dan ikan, kawasan ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis burung.

Pengunjung tidak hanya bisa melihatnya dari jauh, tapi juga berjalan-jalan di hutan menikmati suasananya. Di sini terdapat jembatan kayu yang bisa dijadikan akses menuju hutan bakau.

Jika memiliki dana lebih, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling. Luasnya yang sekitar 70 hektar membuatnya semakin menarik untuk dijadikan destinasi petualangan.

Hutan bakau di Pantai Jemare Selamat mempunyai peranan ekologis yang sangat penting, termasuk melindungi pantai dari abrasi dan badai.

Selain itu, juga menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut, serta penyimpan karbon. Selama kunjungan Anda, pastikan Anda ramah lingkungan dan menjaga kebersihan.

Suasana tenang dan tenang

Secara umum, akan selalu ada banyak wisatawan dari berbagai daerah di pantai ini. Namun berbeda dengan pantai Lombok yang kita bahas kali ini, pengunjung di sini tidak banyak.

Meski begitu, sebagian besar penduduk setempat menghabiskan waktu bersama keluarga mereka. Mereka datang pada pagi, sore atau saat hari libur.

Keadaan inilah yang sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Djemare Selamat. Bisa jadi, bagi yang menginginkan suasana tenang, pantai ini cocok dijadikan alternatif utama.

Baca Juga  Indahnya Pantai Indrayanti, Surga Bahari yang Eksotis di Jogja

Selain itu suasana dan keindahan alam pun sangat terasa, pemandangan terkesan asri karena adanya hutan mangrove. Deburan ombak dan angin membuat suasana semakin tenteram.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat pantai Jemare Selamat
Foto oleh Listo Adi Prabowo di Google Maps

Selain keindahan alam dan hutan bakau yang telah dijelaskan di atas, pantai indah di Lombok ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Jarak dari pusat kota pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 33 kilometer.

Jarak tersebut didasarkan pada start dari Tastura Square yang biasanya dapat ditempuh dalam waktu 50 menit.

Rute menuju Pantai Semareshit Lombok Barat jika keluar alun-alun harus melalui Jalan Raya Mandalika lalu ke Jalan Raya Sengkol. Lanjutkan perjalanan sekitar 16 kilometer dan Anda akan sampai di bundaran Gerung.

Belok kiri menuju Jalan Raya Selamat, lalu ikuti jalur utama hingga mencapai Jalan Imam Bonjol.

Tujuan Anda selanjutnya adalah Jalan Raya Selamat Serumbung sebelum melewati Polres Lombok Barat. Setelah Jembatan Cemara, tempat wisata tersebut hanya berjarak 500 meter saja.

Ikuti saja rambunya atau tanyakan pada penduduk setempat. Pantai ini terletak di pelabuhan, kecamatan Sial, kabupaten Lombok Barat, NTB.

Tidak ada biaya masuk apabila berkunjung ke kawasan wisata Pantai Djemare Selamat. Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk membayar parkir sebesar 2000 bagi yang membawa sepeda motor, dan 5000 bagi mobil.

Jika ingin menggunakan toilet harap menyiapkan dana tambahan sebesar Rp 3000. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WITA.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Kemare Selamat
Foto oleh Maulidin Isnaen di Google Maps

Mengunjungi tempat wisata berupa pantai memang tidak pernah membosankan karena banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini.

Anda bisa bermain air dan berenang karena ombaknya relatif tenang. Selain itu, masih ada beberapa kegiatan lain yang tak kalah menarik.

1. Berjalan-jalan di pantai

Aktivitas menarik pertama di Pantai Kemare Selamat adalah jalan-jalan. Pantai ini cukup luas dan terlihat dari hamparan pasir putih yang panjang.

Baca Juga  Embung Nglanggeran, Pesona Keindahan Waduk Air Raksasa di Gunung Kidul

Anda bisa berjalan-jalan menikmati keindahannya secara keseluruhan. Usahakan untuk tidak memakai sepatu di sore hari, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan sangat baik.

2. Berenang dan bermain air di Pantai Cemare Selamat.

Jika Anda lelah berjalan, tidak ada salahnya untuk berenang atau bermain air. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini sangat tenang karena ombak besar jarang datang.

Arusnya tidak terlalu deras, apalagi di bagian pinggir. Namun Anda tetap harus berhati-hati, apalagi dengan kedalaman air yang tidak menentu.

3. Kunjungi hutan bakau.

Berkunjung ke hutan bakau menjadi aktivitas seru selanjutnya yang bisa dilakukan di Pantai Semare Selamat, Lombok Barat. Anda dapat memilih dua pilihan: perjalanan di jembatan kayu atau dengan perahu.

Jika Anda memilih jembatan kayu, tidak ada biaya; jika Anda menyewa perahu Anda harus membayar 40.000 rupee.

4. Menanti indahnya matahari terbenam

Di mana pun, matahari terbenam atau terbenamnya matahari akan sangat indah bila tidak terhalang oleh apa pun. Keindahan ini memang tidak bisa Anda saksikan saat berada di Pantai Djemare Selamat.

Sunset akan tersembunyi oleh ketinggian Gunung Agung. Namun siapa sangka hal ini justru membuat tampilannya semakin menakjubkan dan eksotis.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Djemare Selamat
Foto Hari Narmada di Google Maps

Hingga saat ini kawasan wisata Pantai Semare Sial belum terkelola dengan baik dan hanya mengandalkan swadaya warga setempat. Namun fasilitasnya cukup lengkap mulai dari tempat parkir, toilet hingga musala.

Di sekitar pantai banyak terdapat warung atau warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman lezat, terutama makanan laut.

Tempat wisata berupa pantai masih sangat digemari oleh sebagian kalangan. Hal ini terlihat ketika musim liburan tiba, pantai ini akan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Apalagi jika terdapat banyak objek wisata seperti Pantai Jemare Selamat yang menawarkan keindahan alam, hijaunya hutan bakau, dan suasana yang tenang.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *