Curug Song, Air Terjun Tersembunyi di Banyumas yang Dilengkapi Berbagai Wahana Seru

Ide Wisata175 Dilihat


Curug Song merupakan air terjun tersembunyi di Banyumas yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan dilengkapi dengan berbagai atraksi menegangkan untuk pengalaman petualangan seluruh keluarga.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kalisalak, Kec. Kebasen, Kab. Banyumas, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasi

Pernahkah anda mendengar tentang objek wisata Kurug Song? Air terjun yang terletak di Kabupaten Banyumas ini merupakan tempat tersembunyi yang sering terlupakan.

Di Jawa Timur air terjun biasa disebut Koban, sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Barat dikenal dengan nama Kurug yang dalam bahasa Sunda berarti air yang jatuh dari ketinggian.

Tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan air terjun saja, namun juga dilengkapi dengan hutan pinus yang lebat, area terbuka yang luas dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Ini adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga Anda.

Membawakan Lagu Kurug

Objek Wisata Kurug Song Banyumasa
Foto oleh Ahmad Nurul Imam di Google Maps

Keindahan air terjun yang eksotis

Objek wisata alam ini terkenal memiliki air terjun setinggi sekitar 40 meter yang mengalir deras di antara tebing batu yang ditumbuhi lumut. Memiliki bentuk berjenjang yang indah dan terlihat menawan dari berbagai sudut.

Meski aliran airnya tidak setajam lainnya, Kurug Song di Banyumas memiliki kolam yang cukup dalam, berukuran lebih besar sekitar 3 meter.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung disarankan untuk tidak langsung bermain di bawah air terjun, melainkan menikmati kesegaran air terjun di sungai atau di kolam renang yang tersedia.

Tempat-tempat menarik untuk foto

Berkunjung ke tempat ini tidak lengkap tanpa foto-foto sebagai kenang-kenangan. Kawasan wisata Kurug Song memiliki banyak spot foto dengan setting yang menarik dan Instagram-friendly. Beberapa tempat wisata ini bahkan menyuguhkan pemandangan air terjun di kejauhan.

Baca Juga  Air Terjun Tirta Buana, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Bali

Perjalanan rekreasi lainnya

Selain kolam renang, Curug Song Banyumas memiliki berbagai atraksi menarik antara lain taman satwa dengan berbagai jenis satwa seperti burung hias, kera, dan rusa.

Ada juga Istana Kelinci yang sangat disukai anak-anak, di mana Anda bisa memberi makan kelinci dan bermain dengannya.

Wahana lain seperti pedal boat, flying fox, quad bike, outboard bike dan ride on ride juga tersedia sehingga cocok menjadi destinasi liburan bagi seluruh keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kurug Song Banyumasa
Foto oleh Chirasubho Klp di Facebook

Kawasan Wisata Curug Song terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Meski minim angkutan umum, rute menuju Air Terjun Song cukup nyaman untuk transportasi pribadi.

Kawasan ini juga memiliki kepentingan strategis: hanya 10 km dari Alun-Alun Banyumas. Anda juga bisa berkendara ke arah selatan dari Purvokerto dan menempuh jarak kurang lebih 23 km.

Tempat parkir yang tersedia cukup luas dan loket masuknya juga dekat dengan pintu masuk objek wisata. Dari pintu masuk air terjun Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 500m hingga air terjun mulai terlihat.

Biaya masuk dan jam buka

Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. Dengan membayar 10.000,00 per orang Anda sudah bisa menikmati keindahan Kurug Song dan Taman Chandra Giri.

Tentunya jika ingin menikmati atraksi lain yang tersedia, seperti ATV atau Flying Fox, harus membayar lagi secara terpisah.

Song Falls buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 dan dikunjungi ratusan wisatawan setiap harinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena mampu menampung hingga 3.000 orang.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Air Terjun Song Banyumas
Foto oleh Sam Sudin di Google Maps

Di destinasi wisata yang dikelilingi hutan pinus ini, Anda punya banyak pilihan hiburan. Lebih dari sekedar air terjun, destinasi wisata ini semakin berbenah dengan berbagai atraksi dan aktivitas menarik, yaitu:

Baca Juga  Tlogo Putri Kaliurang, Spot Foto Keren dengan View Panorama Alam Eksotis di Sleman

1. Bersantai di Taman Chandra Giri.

Taman bunga yang indah di sekitar Kurug Song Banyumas akan menyambut Anda saat mendekati air terjun, dengan bunga berwarna-warni.

Banyak sekali tempat-tempat indah di Taman Chandra Giri yang sayang untuk dilewatkan. Area taman ini memiliki tempat tidur gantung sehingga Anda dapat bersantai setelah berkendara.

2. Perjalanan ke Kurug Lagu.

Jangan heran jika melihat banyak anak sekolah yang mengikuti karyawisata ke Kurug Song. Tempat wisata ini menyediakan area yang luas untuk beraktivitas di luar ruangan, baik untuk satu hari maupun beberapa hari. daerah berkemah yang ada.

3. Menikmati pesona air terjun.

Air terjun adalah salah satu alasan utama untuk mengunjungi air terjun yang indah ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa Air Terjun Song bisa dinikmati dari dekat dan jauh. Jika Anda takut air, Anda tetap bisa menikmati keindahan air terjun dari jarak yang nyaman.

4. Berkemah

Berkemah sering kali dianggap sebagai cara terbaik untuk menikmati alam. Anda juga bisa berkemah di sekitar Kurug Song. Anda dapat membawa perlengkapan mendaki sendiri dan hanya ada biaya masuk ke air terjun.

Jika tidak ingin repot dengan perlengkapan camping, Anda bisa menyewa tenda untuk 4 orang hanya dengan Rp. 60.000,-.

Meski area air terjun tutup pada pukul 10 malam, namun petugas dan ranger tetap bertugas saat pengunjung mendirikan kemah.

5. Mencoba berbagai wahana seru

Anda yang menginginkan wisata alam lebih menantang bisa mencoba Flying Fox. Dan jika Anda khawatir akan terdorong menuruni bukit, Anda bisa mencoba trampolin dan mengayuh perahu.

Anda juga bisa mengendarai ATV mengelilingi hutan pinus. Tidak perlu takut tersesat, karena rute yang ditentukan sudah diperhitungkan demi alasan keamanan.

Baca Juga  Pantai Watu Lawang Menyuguhkan Keindahan Alam Yang Memesona

6. Taman bermain anak.

Salah satu tempat favorit anak-anak dan keluarga adalah istana kelinci dan kebun binatang mini. Di sini Anda bisa melihat berbagai satwa yang hidup di sekitar kawasan Kurug Song Banyumas.

Di Istana Kelinci, anak-anak dapat menyentuh dan mengelus kelinci. Atraksi ini bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan anak Anda pada binatang sejak dini.

7. Platform selfie

Bagi Anda pecinta fotografi, Air Terjun Song punya cukup banyak spot menarik yang patut diabadikan. Dan buat kamu yang suka selfie dan sudah tidak sabar untuk mengunggahnya ke media sosial, ada beberapa selfie deck yang bisa kamu gunakan.

Salah satu yang populer terletak tepat di depan air terjun, sehingga Anda tetap bisa menikmati pemandangan sambil tetap mengunggah video ke Instagram. Selain area selfie, terdapat juga jembatan yang banyak digunakan untuk selfie.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Lagu Banyumas
Foto oleh Chirasubho Klp di Facebook

Objek wisata ini memberikan banyak pilihan untuk menambah kenyamanan Anda selama berwisata. Dari akses mudah ke tempat parkir hingga banyak tempat duduk dan… tempat tidur gantung istirahat.

Bagi Anda yang mudah lapar, terdapat beberapa warung makan di dekat air terjun. Namun Anda juga bisa membawa bekal dari rumah, apalagi jika berencana berkemah di kawasan air terjun. Akses air bersih dan toilet juga terjamin di kawasan wisata.

Apakah Anda siap untuk berwisata ke Kurug Song? Sebagai objek wisata alam, ingatlah untuk menjaga kebersihan dan keindahan air terjun dengan mengikuti aturan, terutama dengan membuang sampah pada tempatnya.


databaru.my.id