The Lost World Castle, Objek Wisata Hits Mirip Benteng Takeshi di Sleman Jogja

Ide Wisata21 Dilihat


Lost World Castle merupakan salah satu objek wisata populer di lereng Gunung Merapi, Sleman, Jogja. Spot populer seperti Kastil Takeshi menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan udara sejuk.

Harga tiket: Rp30.000, Jam kerja: 07.00-18.00, Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kab. Changkringan, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Objek wisata Castle of the Lost World terletak di Sleman, tepat di lereng Gunung Merapi. Selain digunakan untuk rekreasi, tempat tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak.

Bentuk bangunannya yang unik dan berbeda dari yang lain membuat tempat wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi. Ia juga memberikan segala kemudahan bagi pengunjung yang berkunjung ke objek wisata unik di Sleman ini.

Jarak dari kota hanya sekitar 29 km, sehingga pengunjung yang bepergian ke luar kota akan dengan mudah menemukan jalur menuju objek wisata ini. Selain berkesempatan berangkat dengan kendaraan pribadi, pengunjung juga dapat menggunakan angkutan umum lainnya.

➥ Paket Tour Yogya 3 hari 2 malam (Castle of the Lost World, Tebing Brexi dan tempat lainnya)

Daya Tarik Kastil Dunia yang Hilang

Shutterstock Daya Tarik Kastil Dunia yang Hilang
Foto oleh Rini Indra di Shutterstock

Wisata edukasi

The Lost World Castle merupakan objek wisata yang memiliki ciri khas gaya bangunan dan arsitekturnya yang khas. Banyak anak muda yang sering mengunjungi tempat wisata ini. Namun di luar hal-hal penting ini, ada hal lain yang mungkin disukai anak-anak.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ada satu titik di tempat ini yang berbeda dengan tempat lain di mana miniatur dinosaurus dibangun di titik ini. Hewan yang punah ini berukuran sebesar aslinya, sehingga miniatur ini akan terlihat nyata jika dilihat.

Ada pula kerangka atau fosil dinosaurus yang bentuknya mirip aslinya, diletakkan di sebuah lapangan yang dikelilingi garis pemisah. Fosil dan miniatur buatan ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada pengunjung yang membawa serta anak-anak.

Dengan miniatur dinosaurus ini, anak-anak dapat mengetahui seperti apa kehidupan pada zaman dahulu kala, pada era Jurassic. Jadi mengunjungi Castle of the Lost World tidak hanya sekedar berlibur, Anda juga akan mendapatkan ilmu.

Sejarah dan arsitektur yang menarik

Objek wisata ini dibangun berbentuk benteng dengan gaya klasik. Tema objek wisata ini diambil dari Jepang, seperti Fort Takeshi yang berdiri di atas lahan seluas 1,3 hektar. Tentunya akan agak berbeda dengan tempat wisata di Yogyakarta lainnya.

Ada cerita menarik terkait dengan nama tempat wisata ini. Nama “Kastil Dunia yang Hilang” diciptakan sebagai bentuk penghormatan kepada pedesaan yang hilang di bawah material Gunung Merapi.

Baca Juga  Gerbang Samudra Raksa, Temukan Jejak Sejarah Maritim Nusantara Sembari Kulineran di Kulon Progo

Desa tersebut bernama Kuharjo dan terletak tepat di lokasi pembangunan Kastil Dunia yang Hilang. Tujuan pemberian nama ini adalah agar desa yang hilang ini tetap dikenang oleh masyarakat luas.

Saat pertama kali tiba di kawasan wisata ini, Anda akan disambut dengan pintu masuk berbentuk gerbang seperti yang ada di negeri dongeng. Mulai saat ini Anda sudah bisa menebak seperti apa bangunan unik ini dari dalam.

Batu asli kawasan Gunung Merapi dijadikan bahan utama pembangunan objek wisata ini. Selain lebih kuat, batuan ini dipilih karena mudah ditemukan di sekitar lereng Merapi.

➥ Promosi hotel di Sleman

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Shutterstock Kastil Dunia yang Hilang
Foto oleh Widdy Azhari di Shutterstock

Kastil Lost World terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Changkringan, 6 km dari puncak Gunung Merapi.

Anda dapat memilih beberapa rute, mulai dari pusat kota hingga seterusnya. Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, Anda akan melewati Jalan Kaliurang yang cukup terkenal.

Setelah menempuh perjalanan jauh dari kota, mobil Anda akan diarahkan ke Jalan Kangkringan, jalan menuju desa Kepuharjo. Memasuki jalan desa ini struktur jalan menjadi sedikit berbatu sehingga perlu berhati-hati saat berkendara di atasnya.

Perjalanan singkat menyusuri jalan tanah dan berbatu akan membawa Anda ke tempat parkir utama objek wisata yang terletak di sebelah kiri jalan.

Bagi anda wisatawan yang datang dari luar daerah, perjalanan yang anda tempuh harus melewati jalan utama yang ada di kawasan Kaliurang terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena tidak ada jalur di dekat Gunung Merapi. Jadi bagi wisatawan yang datang dari luar daerah, objek wisata menarik ini bisa dijangkau melalui jalur yang sama.

Biaya masuk Sleman Castle Lost World Tour sebesar Rp 30.000 per orang dewasa. Jam buka objek wisata yang menawarkan banyak kesempatan berfoto ini adalah mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

Biaya lain yang harus Anda bayarkan saat membawa mobil sendiri adalah biaya parkir. Biaya kendaraan roda dua hanya Rp 2.000. Kemudian untuk kendaraan roda empat seharga Rp 5000 anda sudah bisa memarkir kendaraan anda dengan aman.

➥ Jogja Day Tour : Candi Prambanan, Ullen Sentalu dan World Land

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Dunia yang Hilang: Kegembiraan Kastil
Foto oleh Kras_Stock di Shutterstock

1. Berinteraksi dengan binatang

Anda dapat menemukan hewan-hewan lucu seperti kelinci di taman selama tur Castle of the Lost World. Pengunjung biasanya memberi makan atau bermain dengan hewan nokturnal tersebut.

Baca Juga  Pantai Modangan, Pantai Menawan dengan Spot Olahraga Paralayang di Malang

Departemen pariwisata setempat mengizinkan pengunjung untuk bermain dengan bulu lembut kelinci. Bahkan, hewan ini akan menjadi orang pertama yang mendekati pengunjung, seolah-olah sudah mengetahui kedatangan pengunjung.

Selain kelinci yang menawan, kuda setinggi 1,5 meter juga tinggal di sini. Dikenal dengan kakinya yang kuat, hewan ini bisa Anda bawa. Pengunjung yang ingin menaiki kuda akan dibantu oleh peternak kuda yang berpengalaman.

Hewan-hewan yang ada di Castle of the Lost World sudah tidak asing lagi bagi pengunjung. Jika ada pengunjung yang mendekat, hewan tersebut akan meminta makanan atau sekadar menyapa pengunjung dengan caranya sendiri.

2. Naik perahu di Lost World Castle.

Kapal dalam Lost World Castle Tour bukanlah wahana yang akan bergoyang dengan kecepatan tinggi. Namun kali ini kapal sungguhan, bahan pembuatannya adalah kayu jati.

Tak perlu takut melihat air saat berada di atas kapal, karena kapal bernama “Mutiara Hitam” ini terletak di darat. Kapal ini terlihat seperti milik bajak laut jika sering menonton serial film tertentu.

Dek atas kapal didesain agar terlihat lebih gagah. Tak lupa bendera hitam berlambang bajak laut dipasang di menara observasi kapal. Agar terlihat lebih keren, Anda bisa menggunakan properti pendukung yang telah disediakan.

3. Ambil foto lukisan 3D.

Tempat wisata ini mempunyai banyak spot foto yang menarik. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah bagian lukisan 3D. Dengan komposisi warna yang baik maka lukisan 3D ini akan terlihat hidup.

Lukisan itu digambarkan di lantai tempat pengunjung bisa berdiri. Berbagai jenis lukisan telah dilukis, mulai dari air mengalir dengan corong di tengahnya hingga bebatuan yang tampak melayang.

Tentunya dengan memotret pada sudut yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil foto yang sempurna. Tempat dengan lukisan tiga dimensi ini silih berganti dijadikan backdrop oleh pengunjung untuk berfoto.

4. Menjelajahi dunia

Di dekat objek wisata Lost World terdapat sebuah bangunan yang menyerupai ikon terbesar Tiongkok. Jembatan yang menghubungkan satu kastil dengan kastil lainnya konon mirip dengan Tembok Besar China.

Meski konon mirip dengan Tembok Besar China, namun ukuran tempat ini lebih kecil dari aslinya. Namun dengan miniatur ini Anda bisa sedikit merasakan bagaimana rasanya berjalan melintasi jembatan dengan tembok tinggi di kedua sisinya.

Tak hanya jembatannya yang menyerupai bangunan Tiongkok, ada area lain yang didekorasi ala negeri bunga sakura. Ada sungai buatan, tidak terlalu panjang, namun dengan keindahan Jepang di musim semi.

Baca Juga  Museum Sri Baduga, Museum Bersejarah di Bandung untuk Mengenal Budaya Sunda

Anda dapat mengambil foto sambil berjalan di sepanjang jalan tepi sungai yang ditumbuhi pohon sakura. Jangan lupa untuk mengenakan kimono khas Jepang dan payung agar momen bunga sakura di sini semakin berkesan.

5. Menikmati keindahan Merapi.

Jangan lupakan pemandangan latar belakang Gunung Merapi yang disediakan oleh Lost World Castle. Karena letaknya yang sangat dekat dengan gunung berapi aktif, pengunjung dapat dengan mudah melihat keindahan alam gunung tersebut.

Di kawasan wisata populer ini terdapat sebuah tempat yang bernama “Negeri Di Atas Awan”. Terletak di ketinggian dari Lost World Castle, pengunjung bisa melihat hamparan sawah hijau dan pegunungan berbentuk kerucut dengan lebih jelas.

Ada beberapa tempat di kawasan ini dengan tambahan properti menarik. Lokasi foto berkisar dari sayap burung hingga naik sepeda motor di ketinggian.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Aset Shutterstock di The Lost World Castle
Foto oleh Widdy Azhari di Shutterstock

Kantor Pariwisata Kastil Dunia yang Hilang telah melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang berkunjung. Tempat parkir yang disediakan cukup luas, bahkan jarak parkir hingga pintu masuk pun tidak terlalu jauh.

Kawasan wisata yang sedang menjadi favorit ini memiliki toilet, warung makan dan minum, serta musala. Padahal, tempat ini memiliki ruangan yang cukup bersih.

Taman bermain juga tersedia di tempat wisata luge ini. Benda tersebut berupa kendaraan tanpa mesin, mirip dengan sepeda. Ukurannya yang kecil membuat siapa pun yang mengendarainya harus meluruskan kaki ke depan.

Game ini memungkinkan Anda untuk menggunakan top skating dan kemudian Anda dapat berbelok ke mana pun Anda inginkan. Hanya dengan Rp 10.000, Anda sudah bisa merasakan permainan seru ini.

Setelah Anda bosan bermain Castle of the Lost World, ada akomodasi sederhana yang bisa Anda sewa untuk beberapa malam. Fasilitas ini disediakan pihak pengelola agar pengunjung bisa tinggal lebih lama di tempat wisata ini. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 50.000 per malam, malam Anda akan ditemani dengan suasana khas Yogyakarta.

Demikianlah beberapa informasi terkait objek wisata Castle of the Lost World di Sleman Jogja. Keindahan bangunan berdesain unik ini semakin lengkap jika dipadukan dengan latar belakang Gunung Merapi. Anda patut mencoba mengunjungi objek wisata yang terletak di bagian utara Yogyakarta ini.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *