Kebun Buah Mangunan, Keindahan Negeri di Atas Awan Bantul Jogja

Ide Wisata35 Dilihat


Kebun Mangunan merupakan salah satu tempat wisata alam yang menakjubkan di Bantul, Jogja, menawarkan pemandangan bumi di atas awan dan kebun buah-buahan yang menarik untuk dijelajahi selama liburan Anda.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 05:30-17:00, Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kech. Longo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan segala hal yang dimilikinya. Kota Jogja sangat kaya akan budaya sehingga dikenal sebagai kota budaya. Apalagi Jogja juga terkenal dengan berbagai destinasi wisata di Bantul. Hampir setiap sudut kawasan mempunyai ikon wisata tersendiri.

Salah satu daerah yang memiliki destinasi wisata yang tak terhitung jumlahnya adalah Kabupaten Bantul. Kawasan tersebut memiliki destinasi wisata bahari dan alam. Kali ini wisatawan akan diajak berwisata ke kebun Mangunan. Salah satu destinasi wisata yang menawarkan panorama alam yang indah.

Bagi wisatawan yang sedang mencari liburan, jangan lupa menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi wisatanya. Kota ini istimewa, begitu pula kebun buah-buahan yang terletak di Mangunan. Ketika wisatawan masuk ke kebun buah ini pasti akan merasa ketagihan dan tidak ingin meninggalkannya, yang tentunya karena beberapa alasan.

Atraksi Kebun Mangunan

Shutterstock Daya Tarik Kebun Buah Mangunan
Foto oleh Hafidmukriyanto di Shutterstock

Pesona menarik di atas awan

Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan pasti tidak akan membuat Anda menyesal sedikit pun. Lalu apa alasannya? Tentu saja kebun buah ini menjanjikan keindahan alamnya. Itu benar. Dan bagi wisatawan yang mengunjunginya pasti akan terbayar langsung dengan pesona indahnya panorama di depan mata.

Saat wisatawan sampai di tempat wisata, Anda akan mendaki sebuah bukit kecil sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Sesampainya di puncak bukit, wisatawan akan disuguhi panorama di atas awan. Dari ketinggian ini, Anda bisa menikmati indahnya awan yang bergerak perlahan dan hijaunya pedesaan dengan hamparan sawah yang luas.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Waktu terbaik mengunjungi kebun ini adalah pagi atau sore hari. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan pada pagi dan sore hari yang ingin berburu foto panorama alam yang indah. Sebab saat itu warna langit sangat indah dengan warnanya yang merah kemerahan. Ditambah lagi, udaranya masih segar.

Namun banyak wisatawan yang lebih memilih pemandangan di pagi hari dibandingkan siang hari. Jadi mereka bersiap berangkat selagi langit masih gelap. Artinya wisatawan bisa tiba di tempat wisata dengan disambut terbitnya matahari.

Baca Juga  Pulau Onrust, Merasakan Sensasi Liburan Layaknya Pulau Pribadi di Kepulauan Seribu

Sungai Oya dan dek observasi

Setelah terpesona dan terkesima dengan keindahan di atas awan, daya tarik kebun buah ini selanjutnya adalah Sungai Oya dan dek observasi. Jika sebelumnya kita sudah membahas keindahan di atas awan yang ada, kali ini kita beralih ke keindahan yang ada di bawah objek wisata ini.

Sungai Oya merupakan salah satu sungai yang terletak di bawah Taman Mangunan. Sungai ini juga terlihat dari ketinggian kebun buah ini. Keberadaan sungai ini cukup diminati wisatawan karena keindahan airnya yang berwarna hijau toska. Tempat favorit wisatawan untuk berfoto adalah di puncak bukit ini dengan latar belakang indahnya Sungai Oya.

Alamat dan rute menuju tempat tersebut

Shutterstock Alamat Kebun Mangunan
Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock

Wisatawan yang menghabiskan liburannya di kebun buah ini tentunya harus mengetahui keberadaan tempat wisata ini. Jangan sampai saat berencana menghabiskan liburan di tempat wisata ini, malah tersesat di tempat wisata lain. Akan sangat disayangkan jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Jadi solusinya Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. ponsel pintar Anda atau bertanya pada masyarakat setempat.

Saat Anda masuk ke “Kebun Mangunan” di Google Maps, alamatnya muncul secara otomatis. Yakni di daerah bernama Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini juga dekat dengan Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Imogiri yang juga memiliki destinasi wisata menarik lainnya.

Jika Anda sudah mengetahui keberadaan kebun buah ini, tentunya Anda juga perlu mengetahui rute menuju tempat ini. Kebun buah ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan. Jarak lokasi wisata dengan Kabupaten Bantul adalah 15 km. Sedangkan jarak dari kota Yogyakarta sekitar 35 km.

Anda bisa menuju tempat wisata ini dengan kendaraan umum maupun pribadi. Untuk akses lebih mudah menuju lokasi, Anda bisa melalui Jalan Imogiri Timur setelah melewati Terminal Giwangan. Ikuti saja jalan tersebut hingga akhirnya sampai di pertigaan pertama, lalu belok kiri. Begitu seterusnya ikuti jalan tersebut hingga menemukan tanda “Kebun Mangunan”.

Namun jika ingin menggunakan angkutan umum yang tersedia seperti bus atau Trans Jogja, maka kendaraan tersebut tidak akan mampu mengangkut wisatawan menuju tempat tersebut. Bagi mereka yang masih ingin menggunakan angkutan umum, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan layanan yang ditawarkan masyarakat setempat, seperti ojek online.

Baca Juga  Pantai Cemara Kembar, Pantai Pasir Puith yang Menakjubkan di Serdang Bedagai

Biaya masuk dan jam buka

Bagi yang berencana mengunjungi Kebun Mangunan tentunya harus menyiapkan biaya terlebih dahulu. Tenang saja, karena tarif masuk dan berbagai layanan berbayar yang dihadirkan di sini tidak akan mengosongkan kantong Anda. Harga yang dipatok tentu saja bersahabat. Anda hanya dikenakan biaya Rp 5.000 untuk memasuki kebun ini.

Selain biaya masuk ke kawasan wisata, wisatawan akan dikenakan sejumlah biaya yang berguna untuk menjaga sarana dan prasarana yang disediakan. Biaya tambahan tersebut di antaranya adalah denda parkir yang dibagikan berdasarkan jenis kendaraan.

Tiket parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000 dan tiket parkir mobil dikenakan biaya Rp 5.000. Beberapa fasilitas yang terdapat di kawasan wisata ini juga memiliki biaya operasional yang tentunya masih murah bagi yang menggunakannya. Tentu saja mereka tidak akan mengambil sepeser pun dari mereka yang tidak menggunakan layanan berbayar.

Waktu yang tepat dan juga direkomendasikan bagi anda yang ingin berkunjung adalah pagi hari. Sampai pukul 06:00 VIB. Sehingga wisatawan bisa melihat panorama matahari terbit.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Acara di Kebun Mangunan
Foto oleh Muhad Fouad Abd Rahim di Shutterstock

1. Pemetikan buah

Sesuai dengan nama tempat wisata alam populer ini yaitu Kebun Buah Mangunan, aktivitas menarik utama di tempat ini adalah memetik buah-buahan. Sebelum memetik buah, wisatawan tentunya akan dilatih dan dikenalkan dengan pohon-pohon yang tumbuh di kebun ini.

Setelah menikmati beragam pepohonan di kebun ini, wisatawan diperbolehkan memetik dan mencicipi buahnya. Asalkan tentu saja musim buah sudah tiba. Jika ingin membawa pulang buah tersebut, wisatawan akan dikenakan biaya untuk pembelian buah tersebut.

2. Menikmati matahari terbit dan terbenam.

Hal seru berikutnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Hal ini disebabkan adanya kebun buah-buahan yang terletak di perbukitan. Apalagi berfoto selfie saat matahari terbit atau terbenam menjadi salah satu hal favorit wisatawan, ditemani kabut tipis menghiasi langit.

3. Melihat koleksi satwa yang ada di kebun Mangunan.

Kebun buah ini tidak hanya menjadi tempat wisata alam di Jogja, namun juga menjadi tempat wisata edukasi yang menarik. Dikatakan wisata edukasi karena tentunya wisata ini dapat mengedukasi pengunjung mengenai apa yang ditawarkan.

Siapa yang mengira akan ada binatang di kebun? Kebun ini adalah rumah bagi hewan yang dilindungi negara. Hewan – Rusa Timor. (Cervus timorensis) yang memang dilakukan untuknya di penangkaran. Rusa ini berada di dalam sangkar yang diberi pagar besi. Namun rusa masih terlihat di balik pagar.

Baca Juga  Lava Tour Merapi, Menikmati Pesona Alam Eksotis & Batu Alien Unik di Jogja

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Kebun Mangunan
Foto oleh Rana Dee di Shutterstock

Bagi yang belum mengetahui fasilitas apa saja yang tersedia di kebun ini, kali ini kami akan menjelaskan fasilitas apa saja yang disediakan. Fasilitas tersebut antara lain adalah tempat parkir. Kemungkinan ini nampaknya sepele. Namun, tanpa tempat parkir yang memadai, kendaraan yang datang kemungkinan besar akan berantakan dan tidak terawat.

Struktur selanjutnya adalah toilet atau wastafel. Tempat ini harus tersedia di objek wisata mana pun. Tanpa toilet tersebut, wisatawan akan kewalahan saat berwisata. Biasanya terdapat bangunan kecil bernama musala di sebelah toilet. Mushola ini diperuntukkan bagi wisatawan muslim yang ingin salat.

Sebuah tempat wisata akan terkesan sepi jika tidak ada gazebo atau pendopo di dalamnya. Gazebo juga menjadi salah satu komponen yang dibutuhkan wisatawan. Pasalnya, wisatawan bisa duduk bersantai sambil berbincang di gazebo ini. Atau jika memungkinkan wisatawan bisa bercengkerama di gazebo yang telah disediakan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati produk yang dibawa dari rumah.

Pos pengamatan pun tak kalah menarik untuk dikunjungi. Di dek observasi ini wisatawan akan disuguhkan panorama yang tentunya tidak akan mengecewakan. Di area gardu pandang ini, Anda bisa mengambil foto apa pun yang Anda inginkan untuk mengabadikan keindahan yang mempesona ini. Sayang sekali kalau kita tidak menikmati keindahan sudut pandang ini dan mengabadikannya.

Bagi Anda yang merasa perut keroncongan setelah bermain Kebun Buah Mangunan, jangan khawatir atau khawatir. Karena di sekitar tempat wisata tersebut mudah ditemukan berbagai tempat wisata gastronomi dan kuliner. Tempat ini biasanya menyajikan berbagai masakan khas Chokyan dan tentunya harga per porsi makanan berat ini sangat terjangkau.

Begitu Anda sudah merasa kenyang namun mungkin masih malas untuk pulang, jangan khawatir. Di sekitar kebun ini terdapat berbagai jenis akomodasi yang tersedia dengan tingkat harga berbeda.

Berikut sekilas Kebun Mangunan yang ternyata seru sekali untuk dikunjungi. Bagi kamu yang berada di Jogja, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini ya!


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *