Indahnya Pantai Indrayanti, Surga Bahari yang Eksotis di Jogja

Ide Wisata57 Dilihat


Pantai Indrayanti merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan keindahan alam surgawi. Pantai yang eksotik dengan pasir putihnya yang menawan dan fasilitas wisata yang memadai.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Ngasem, Sidohardjo, Kec. Tepus, Taksi. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pariwisata di Yogyakarta memang tiada duanya, mulai dari budaya, seni, pendidikan hingga keindahan pantainya yang patut diacungi jempol. Banyak sekali hal menarik disini yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang selalu berusaha untuk berkunjung ke sini. Kenangan sejarah masa lalu yang tercermin pada bangunan peninggalan sejarah menjadi bagian pesona yang banyak diingat pengunjung.

Ada satu kawasan dengan keindahan bahari yang tiada duanya, yakni Gunung Kidul. Pantai Indrayanti merupakan tempat yang dikenal banyak orang. Pemandangan eksotis yang dipadukan dengan cerita mistis menjadi salah satu kelebihannya. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap hari banyak orang yang datang berkunjung.

Jika Anda sedang berada di kawasan tersebut, tak ada salahnya mampir sejenak untuk melihat keindahan sekaligus melepas penat yang menumpuk di kepala. Tentu saja akan ada banyak tarian dan hiburan.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Objek Wisata Pantai Indrayanti

Shutterstock Objek Wisata Pantai Indrayanti
Foto oleh Hafidmukriyanto di Shutterstock

Pasir putih

Daya tarik utama tempat ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas dan indah. Warnanya yang putih dan teksturnya yang lembut cocok dijadikan alas relaksasi. Berjalan-jalan di sekitar area juga nyaman. Kondisinya juga sangat bersih sehingga cocok untuk dijadikan tempat bermain dan juga aman untuk aktivitas bersama anak-anak seperti bermain pasir.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tebing Karang

Batuan karang yang menjulang indah dari pinggir pantai, gradasi warna dan teksturnya memberikan sentuhan eksotis pada pantai. Cocok dijadikan tempat foto-foto atau sekedar bersenang-senang di area sekitar. Panorama yang ditawarkan menambah nilai estetika berpadu dengan suasana damai menyejukkan tanpa kebisingan lalu lintas kota besar.

Panorama Matahari Terbenam

Sunset inilah yang paling menarik perhatian setiap orang untuk berkunjung dan menghabiskan hari dalam suasana romantis di Pantai Indrayanti. Fenomena ini tentu saja bisa ditemukan di tempat lain, namun sensasinya tentu saja berbeda. Jika Anda memang menyukai panorama fenomena alam yang nyata, maka singgah di sini adalah pilihan paling tepat.

Pemandangan laut terbuka

Pemandangan laut lepas yang terhampar tak berujung dengan air biru jernih sungguh tak tertahankan untuk dipandang mata. Semuanya akan tersaji kepada Anda saat mendekati pintu masuk. Sesaat kemudian, Anda akan diliputi perasaan lega, tenang dan damai. Tampilan ini pastinya sangat cocok jika Anda ingin menyegarkan otak dari penat yang menumpuk akibat beban kerja.

Baca Juga  Pantai Bali Lestari, Pantai Pasir Putih di Serdang Bedagai yang Pesonanya Mirip Pulau Bali

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Wahana ekstrim di Pantai Indrayanti

Daya tarik lain yang hanya bisa ditemukan di beberapa destinasi tepi laut adalah wahana ekstrim. Salah satunya yang bisa Anda temukan adalah jet ski yang harga sewanya cukup murah. Kondisi ombak yang mendukung akan memberikan pengalaman berkendara di laut lepas yang luas. Pemula juga memiliki akses ke layanan pengendara profesional.

Kafe dan Restoran

Bagi Anda pecinta kuliner, tempat ini pasti akan menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya berbagai restoran dan kafe berjejer rapi di sekitar lokasi, menyajikan makanan lezat dan lezat. Hal ini tentunya membutuhkan penganggaran yang baik agar tidak terjadi kebocoran pengeluaran liburan.

Alamat dan rute menuju tempat tersebut

Shutterstock Alamat Pantai Indrayanti
Foto oleh Zelika Kirana di Shutterstock

Alamat objek wisata pantai indah ini adalah Desa Tepus Gunung Kidul. Tempat ini juga dekat dengan beberapa destinasi laut lainnya seperti Sundak, Omandeng, Sadranan serta Ngandong yang berada tepat di sebelah timur. Kawasan tersebut termasuk jalan yang sering digunakan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Rute yang digunakan mungkin dimulai dari titik pemberangkatan di pusat kota dengan jarak sekitar 70 km. Jalur aksesnya adalah jalan Vonosari yang melintasi aliran sungai. Cincin ke timur, lalu menuju Piyungan. Setelah perjalanan ikuti arah Patuk menuju Vonosari, lalu menuju Karandzherek dan Khargosari. Jalur terakhir menuju Tepus, lalu ikuti petunjuknya.

Anda juga bisa mengambil jalur alternatif melalui kawasan Imogiri lalu melanjutkan perjalanan menuju Siluk. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Pangang, Saptosari, Trovono dan Baron. Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan ke timur sekitar 10 km hingga ke Pantai Indrayanti.

Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan tempat-tempat tersebut, disarankan untuk mengambil jalur pertama. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebugaran fisik dan karakteristik kendaraan yang akan digunakan. Hal ini disebabkan karena akses jalan tersebut memiliki medan yang cukup terjal dan menanjak serta tanjakan dan turunan yang cukup curam serta berbahaya.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Biaya masuk dan jam buka

Informasi harga tiket yang dikenakan per pengunjung hanya berkisar Rp 10.000 saja. Biaya-biaya ini kecil dan masih dapat dipenuhi oleh berbagai kelompok dari latar belakang yang berbeda. Apalagi Anda tidak akan menyesali pembayaran ini karena keindahan yang ditawarkan sungguh akan membuat Anda takjub.

Baca Juga  Pantai Modangan, Pantai Menawan dengan Spot Olahraga Paralayang di Malang

Selain jumlah di atas, ada juga sejumlah pembayaran tambahan yang perlu disiapkan bagi Anda yang berniat melakukan kunjungan wisata bersama keluarga ke Pantai Indrayanti. Terdapat biaya parkir sebesar Rp 4.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 15.000 untuk kendaraan roda empat. Keamanan dan ketersediaan lahan terjamin dengan baik oleh pihak pengelola.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Shutterstock Pantai Indrayanti
Foto oleh Zelika Kirana di Shutterstock

1. Memasak

Bepergian dan melakukan banyak aktivitas yang pasti menguras energi pasti akan membuat perut terasa lapar. Apalagi akses jalurnya yang cukup terjal membuat setiap pengunjung ingin segera menyegarkan badan dengan air dan makanan lezat sambil menyaksikan keindahan laut lepas. Ada banyak kafe dan restoran di sana yang menjual makanan.

2. Bermain jetski

Atraksi ekstrim yang patut untuk dicoba saat berkunjung ke tempat wisata ini adalah jet ski. Pihak manajemen juga menyediakan persewaan dengan rentang harga yang berbeda-beda, mulai dari harga termurah hanya Rp 25.000. Jika Anda merasa belum tahu cara mengendarainya, bukan berarti Anda tidak bisa menikmatinya karena ia juga menawarkan layanan pengendara profesional.

3. Melihat keindahan matahari terbenam

Pemandangan matahari terbenam menjadi tujuan utama kapanpun dan dimanapun seseorang melakukan aktivitas pariwisata. Apalagi jika mengunjungi tempat-tempat yang objek yang diusulkan bertemakan alam. Di Pantai Indrayanti Anda bisa mendapatkan semua pengalaman tersebut. Kesannya pun tak kalah dibandingkan di tempat lain.

4. Bermain di pinggir Pantai Indrayanti.

Jika Anda tidak suka berenang atau tidak pandai berenang, Anda bisa mencoba alternatif aktivitas bermain pasir di sekitar pantai. Hamparan pasir putih bersih dan lembut yang luas menjadi tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu terutama bersama anak-anak. Ombaknya juga tidak terlalu berbahaya, jadi Anda bisa melakukan berbagai hal di sekitarnya.

5. Ambil foto

Berwisata tanpa mengabadikan momen lewat foto tentu kurang lengkap. Apalagi kebutuhan update media sosial sudah menjadi kebutuhan di era modern. Di sana Anda akan menemukan banyak tempat terbaik sebagai latar belakang. Abadikan setiap momen terbaik dari sudut yang tepat agar gambar yang dihasilkan juga layak untuk diunduh.

6. Berkemah

Garis pantai yang luas dan luas dapat dimanfaatkan untuk bermalam dengan membangun tenda. Tentunya semua peralatan dan perlengkapan yang diperlukan bisa disiapkan di rumah. Apalagi warung lokal hanya buka hingga siang hari. Saksikan matahari terbit dan nikmati pemandangan malam yang menyedihkan ditemani cahaya bulan dan bintang.

7. Menikmati keindahan laut lepas

Bagi Anda yang menyukai pemandangan biru laut lepas yang menyejukkan, Pantai Indrayanti adalah pilihan yang tepat. Pesona alam yang asri dengan pepohonan hijau rindang menambah kesejukan suasana. Apalagi gradasi warna air laut yang indah juga menjadi nilai tambah, duduk dan berjalan-jalan di sini adalah cara terbaik untuk menikmati liburan Anda.

Baca Juga  Cimory Dairyland Puncak, Destinasi Liburan Keluarga yang Seru di Bogor

Akomodasi murah dekat pantai

1. OYO 2634 Griya Birovo Syariah

OYO 2634 Griya Birowo Syariah merupakan akomodasi terdekat yang bisa direkomendasikan bagi Anda yang melakukan perjalanan dari luar kota menuju tempat wisata Indrayanti. Kamar mempunyai fasilitas yang cukup baik, kebersihan dan pelayanan baik. Biaya akomodasinya Rp 151.000 per malam.

2. Hotel Baroka

Barokah Inn merupakan salah satu alternatif resort yang bisa Anda pilih karena letaknya dekat dengan lokasi. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 6,61 kilometer. Jumlah kamar yang disediakan juga terbatas. Jika Anda tertarik untuk menginap di sini, Anda perlu menyediakan budget tambahan. Sedangkan biaya yang harus dibayar per malam adalah Rp 264.807,-.

3. Jaya Vonosari

Jaraknya paling dekat (19,88 km) dengan Pantai Indrayanti. Bentuk kamarnya menyerupai rumah kos. Fasilitas yang ditawarkan cukup sesuai dengan akomodasi standar. Kebersihan dan pemeliharaan infrastruktur yang ada sangat terjamin sehingga sangat nyaman disini. Harga per malam – Rp 250.000.

4. Resor Hijau Azana

Hotel ini menghadap ke halaman hijau yang memanjakan mata. Terdapat cukup banyak ruangan dengan perlengkapan pembantu yang cukup lengkap. Kebersihan dan kenyamanan tetap terjaga dalam kondisi sangat baik. Jika Anda ingin bermalam dan/atau menyewa salah satu kamar untuk menginap selama perjalanan, biayanya adalah Rp 250.000.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Indrayanti
Foto oleh Lucky Vectorstudio di Shutterstock

Fasilitas sepenuhnya disediakan oleh manajemen. Segala biaya yang dihasilkan dijadikan modal untuk memperbaiki dan memelihara infrastruktur yang ada. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir bagaimana menghabiskan liburan Anda. Karena keamanan dan segala kebutuhan dukungan dapat dengan mudah diberikan.

Fasilitas penunjang yang dimaksud antara lain musala, kamar mandi/toilet, tempat parkir, serta kafe dan restoran. Sedangkan atraksi yang disediakan juga sangat menarik, misalnya saja jet ski dan beberapa jenis lainnya. Pembaharuan dan penambahan sarana dan prasarana pendukung terus dilakukan untuk menjamin kenyamanan pengunjung.

Demikianlah gambaran singkat mengenai objek wisata Pantai Indrayanti dan dapat dijadikan panduan dalam merencanakan liburan anda. Akan ada banyak keunikan, pesona dan hal-hal mengesankan yang akan menyempurnakan waktu Anda bersama keluarga atau kolega. Tak ada salahnya mampir ke sini saat berwisata kawasan Yogyakarta.


databaru.my.id