Tebing Breksi Jogja, Bekas Tambang yang Disulap Jadi Objek Wisata

Ide Wisata257 Dilihat


Tebing Brexi merupakan bekas pertambangan yang berubah menjadi tempat wisata populer di Sleman, Jogja. Terdapat banyak spot foto menarik dan fasilitas wisata memadai yang cocok untuk liburan akhir pekan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.00-20.00 WIB, Alamat: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Sambirejo, Kech. Prambanan, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Brexey Cliff merupakan salah satu lokasi wisata bekas pertambangan. Namun kini tempat tersebut telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dulunya masyarakat memanfaatkan kawasan ini sebagai lokasi penambangan karena sulitnya menanam tanaman di sini. Tambang yang digali masyarakat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembangunan gedung.

Wisata Sleman dibuka sebagai objek wisata pada tahun 2015 yaitu berdasarkan keputusan Kementerian ESDM. Kawasan tersebut kini masuk dalam kawasan konservasi dan tidak lagi digunakan sebagai lokasi pertambangan. Menyusul hal tersebut, beberapa komunitas lokal berinisiatif mengembangkan tempat tersebut menjadi destinasi wisata.

Saat pertama kali dibuka, jumlah pengunjung setiap harinya hanya sekitar belasan orang. Seiring berjalannya waktu, dengan didukung berbagai acara di Tebing Breksi, baik berupa konser musik maupun pameran seni, tempat tersebut semakin diminati wisatawan. Hingga saat ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tanah Air mencapai puluhan hingga ratusan per harinya.

➥ Tur satu hari ke Lava Merapi, Candi Plaosan, dan Batu Brexi

Daya Tarik Batu Breksi di Jogja

Shutterstock Daya Tarik Batu Brexi di Jogja
Foto oleh Rahmat_isnaini di Shutterstock

1. Panorama yang indah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat ini dulunya merupakan kawasan pertambangan. Oleh karena itu, saat berada di atas batu karang tersebut, Anda akan disuguhi panorama yang sangat indah. Batuan ini mempunyai bentuk yang menjulang tinggi dan dihiasi dengan pahatan-pahatan yang kaya akan nilai seni. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Patung-patung dengan desain yang agak eksotis telah terbentuk di beberapa bagian situs. Ukirannya akan terlihat di sepanjang tangga menuju puncak tebing. Motif pahatannya antara lain ukiran berupa boneka dan ular naga. Jika diperhatikan lebih dekat, tempat ini hampir mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang.

Jika menaiki tangga tersebut, Anda akan melihat pemandangan kawasan Yogyakarta dari atas. Banyak wisatawan yang mengambil foto di sini. Dari sini Anda juga bisa melihat Candi Prambanan, Candi Merapi, Candi Sojiwan, dan Candi Barong. Saat cuaca cerah, pemandangan ini akan semakin menakjubkan.

Bahkan, jika dilihat lebih dekat, Anda akan melihat landasan Bandara Adi Sucipto. Tak hanya itu, dari sini Anda juga bisa melihat pesawat-pesawat yang sedang melakukan proses landing maupun take off.

Baca Juga  Tempat Wisata Bangkok Beberapa Pasti Kamu Belum Ketahui

➥ Hotel murah di Sleman

2. Tempat-tempat menarik untuk foto

Banyak destinasi wisata yang kini menawarkan spot foto menarik, salah satunya Brexi Rock. Ada berbagai spot foto yang cukup populer di atas tebing di sini. Perlu anda ketahui, sebelum tempat ini menjadi begitu menarik, tempat ini hanyalah bebatuan alam yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat tandus.

Beberapa spot foto yang menarik perhatian pengunjung adalah ukiran batu, pemandangan kota, matahari terbenam, dan burung hantu. Dengan beragamnya fotografi bidadari memukau yang tersedia, tak heran jika lokasi ini kerap dijadikan tempat pemotretan pre-wedding.

3. Memiliki latar belakang yang bahagia

Tlathar Sengeng merupakan bangunan yang berbentuk panggung terbuka. Gedung ini biasanya digunakan untuk berbagai jenis acara dan pertunjukan. Bangunan ini disebut juga amfiteater.

Ada juga kursi yang dibangun di sekeliling panggung, terletak di sekitar panggung. Sehingga ketika ada pertunjukan, wisatawan bisa lebih leluasa menikmatinya, karena bisa dilihat dari berbagai sudut.

Namun jika ingin menyaksikannya, Anda harus datang sebelum acara dimulai. Tujuannya agar Anda tetap mempunyai tempat duduk yang nyaman sambil menikmati pertunjukan. Karena tempatnya relatif ramai, kemungkinan penonton yang menonton pertunjukan juga akan ramai.

4. Anda bisa menikmati momen matahari terbenam

Sunset yang menakjubkan ternyata tidak hanya bisa disaksikan dari pinggir pantai saja, tapi juga dari tempat tinggi, misalnya dari puncak Brexey Rock. Oleh karena itu, jika Anda ingin melihat betapa indahnya matahari terbenam di tempat ini, Anda bisa menginap di sini hingga senja.

Momen matahari terbenam menjadi momen favorit banyak orang karena panoramanya yang begitu indah dan mampu memukau siapa pun dengan semburan warna yang diciptakannya. Wisatawan kerap mengabadikan kesempatan ini dalam foto kamera. Foto-foto yang dihasilkan mampu menghasilkan siluet yang sangat eksotis.

➥ Paket Tour Yogya 3 hari 2 malam (Castle of the Lost World, Tebing Brexi dan tempat lainnya)

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Tebing Brexi Jogja
Foto oleh Tirtapervitasari di Shutterstock

Lokasi wisata ini terletak di wilayah Sleman atau lebih tepatnya di Desa Sambirejo. Sleman sendiri merupakan salah satu daerah Yogyakarta yang memiliki tempat wisata unik. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengunjung yang memilih tempat ini sebagai tujuan wisata.

Untuk menuju tempat wisata tersebut, jika memulai dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa menempuh jalur yang sama seperti jika menuju ke Candi Prambanan. Namun begitu sampai di pertigaan Pasar Prambanan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berbelok ke kanan menuju Piyungan. Dari arah pasar Prambanan menuju tempat wisata akan menempuh jarak 3 kilometer.

Baca Juga  De Ranch Lembang, Objek Wisata Unik Sambil Belajar Berkuda di Bandung

Alternatifnya, Anda bisa mengambil rute lain, misalnya ke arah Candi Ijo. Jika melalui jalur ini, Anda akan sampai di pertigaan sebelum sampai di SD N Sambirejo. Dari sini belok kiri dan Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan terus menyusuri jalan setapak sejauh 1 kilometer lagi. Meski akses jalan ini dirasa kurang nyaman, namun Anda tetap bisa dengan mudah menjangkau tempat-tempat wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin berlibur di tempat ini harus membayar tiket masuk seharga Rp 5.000. Namun tarif tersebut hanya berlaku untuk wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan dari luar negeri diharuskan membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000.

Namun tiket ini belum termasuk biaya parkir sehingga pengunjung harus membayar biaya parkir tersendiri. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Selain biaya tersebut, jika ingin berfoto dengan burung hantu juga perlu mengeluarkan biaya tersendiri. Namun, tidak ada patokan berapa yang harus Anda bayarkan, jadi Anda bisa memberikan apa pun yang Anda mau.

Biaya masuk yang dibayarkan pengunjung sudah termasuk dalam biaya pengelolaan pariwisata, termasuk gaji pengelola pariwisata. Dana ini juga meningkatkan pendapatan daerah. Dalam setahun, jumlah yang bisa disumbangkan ke daerah hampir mencapai Rp 100 juta.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Shutterstock di Jogya Brexi Rock
Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock

Selfie

Kegiatan ini menjadi pilihan favorit wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini. Jika Anda melihatnya secara langsung, Anda pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengambil foto yang estetis. Pasalnya, jarang sekali destinasi wisata yang menawarkan panorama unik seperti itu.

Hadirnya beragam spot foto menarik memang mendorong wisatawan untuk mengoleksi foto sebanyak-banyaknya. Dari sekian banyak foto yang diterima, ada pula yang biasanya diambil untuk dipublikasikan di media sosial. Dengan demikian, secara tidak langsung pengunjung juga membantu memperkenalkan banyak orang kepada destinasi wisata ini.

Santai

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Tebing Brexi memang ingin bersenang-senang dan bersantai. Wisatawan dapat menjelajahi tempat tersebut dengan berjalan-jalan di sekitar tempat wisata. Apalagi untuk menyegarkan diri dari kerja keras, Anda bisa menikmati pemandangan dari atas tebing.

Di sini Anda akan terkesima dengan pemandangan luas Yogyakarta dari atas. Karena berada di ketinggian, kesegaran udara yang berhembus terasa. Pengalaman berwisata ini pastinya akan membuat Anda semakin semangat menjalani aktivitas rutin.

Baca Juga  Monumen Bom Bali, Destinasi Wisata Bersejarah di Kuta

Nikmati pertunjukan di Tebing Brexi

Pada waktu-waktu tertentu tempat ini dipilih untuk menyelenggarakan acara-acara tertentu. Kebanyakan acara yang berlangsung di tempat ini berupa pertunjukan atau pagelaran seni.

Jika Anda cukup beruntung untuk tiba pada waktu yang tepat untuk pertunjukan tertentu, Anda sangat beruntung. Karena selain bisa menikmati keindahan tempatnya, Anda juga bisa menikmati penampilan dari orang-orang yang berbakat di bidangnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Shutterstock di Batu Breksi Jogya
Foto oleh Anwar Sadad di Shutterstock

1. Parkir

Petugas pariwisata telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan yang dititipkan kepada wisatawan yang berkunjung. Satpam yang bertugas akan menjamin keamanan mobil selama pemiliknya menikmati liburan.

2. Panduan

Tebing Brexi juga menyediakan beberapa pemandu yang dapat menemani Anda dalam perjalanan menuju tempat wisata. Pemandu akan bercerita tentang awal mula terbentuknya tempat wisata ini dan berbagai hal yang terkait dengannya.

Destinasi wisata ini buka dari pagi hari, tepatnya jam 5 pagi, dan tutup pada jam 6 sore. Jadi bagi anda yang menginginkan kesempatan tersebut bisa hadir pada jam tersebut.

3. Tempat makan

Di sekitar tempat wisata ini terdapat beberapa pedagang yang menjajakan dagangannya, baik minuman maupun makanan. Jadi jika persediaan Anda habis tidak perlu khawatir karena bisa dibeli di tempat wisata.

4. Toilet

Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan toilet di tempat ini. Seiring bertambahnya jumlah pengunjung dari waktu ke waktu, pengelola pariwisata pun berinisiatif untuk memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan. Sehingga kini sudah terdapat beberapa toilet di sekitar tempat wisata tersebut.

5. Penyetelan Kinerja

Adanya pemandangan untuk pertunjukan membuat tempat ini sering digunakan untuk menyelenggarakan acara-acara tertentu yang sifatnya cukup besar. Biasanya, ruang-ruang ini disewa oleh komunitas atau organisasi tertentu. Bahkan, fasilitas ini juga dimanfaatkan oleh kampus-kampus di kawasan tersebut.

Dengan demikian, tempat ini semakin terkenal di kalangan masyarakat. Lagi pula, semakin banyak acara besar yang diadakan di tempat ini, semakin banyak pula wisatawan yang datang ke sini untuk bersantai.

Pengalihan fungsi kawasan pertambangan ke objek wisata Tebing Brexey membuat masyarakat sekitar semakin sejahtera. Hal ini disebabkan pendapatan yang diterima dari banyaknya wisatawan yang berkunjung. Banyaknya pengunjung menyebabkan banyaknya pembelian barang-barang yang diperdagangkan oleh penduduk setempat di sekitar tempat wisata. Selain itu, banyak pula warga sekitar yang menjadi pemimpin.


databaru.my.id