Air Terjun Grenjengan Kembar, Pesona Air Terjun di Tengah Panorama Hutan Pinus Magelang

Ide Wisata73 Dilihat


Temukan pesona tersembunyi Air Terjun Grengengan Kembar Magelang, surga alam dengan air deras dan jernih di tengah panorama hutan pinus yang menakjubkan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Pakistan, Satap Cragilor, Muneng Warangan, Kech. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasi

Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan objek wisata di lereng Gunung Merbabu yang menawarkan beberapa air terjun sekaligus dalam satu kawasan. Tempat wisata cantik ini selalu dijadikan tujuan liburan bersama rombongan teman dan keluarga. Tak heran jika banyak pengunjung yang tertarik dengan panorama yang disodorkan.

Air Terjun Grengengan Kembar selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan atau hari libur. Wisata alam menawarkan banyak hal menarik, mulai dari nuansa alam hingga fasilitas yang dapat diakses. Bagi anda yang tertarik, penting sekali untuk mengetahui apa itu wisata air terjun sebagai berikut.

Cek tiket masuk tempat parkir mobil Junkyard Magelang

Daya Tarik Air Terjun Kembar Grengengan

Daya tarik Air Terjun Kembar Grengengan
Foto oleh Albertdigd Buan di Google Maps

1. Terletak di lereng gunung.

Daya tarik utama Air Terjun Kembar Grenjengan Magelang adalah lokasinya yang berada di lereng Gunung Merbabu. Perlu diketahui bahwa gunung megah ini menjadi sumber air bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Air Terjun Grenjengan Kembar terletak di tengah hutan pinus yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu.

2. Air Terjun Kembar

Ciri khas dari air terjun fenomenal ini adalah adanya dua aliran air terjun yang mengalir dalam satu tempat. Air terjun pertama tingginya sekitar 12 meter ke tingkat pertama dan kemudian turun 2 meter ke tingkat kedua. Air terjun kedua tingginya 18 meter.

Voucher Sarapan Piknik Dagi Abhinaya Magelang

3. Air tawar

Perlu diketahui bahwa sumber air terjun Grenjengan Kembar yang terletak di Magelang ini merupakan anak sungai Sebong yang mengalir dari lereng Gunung Merbabu. Sebab, air yang mengalir sangat bersih, bening dan segar saat disentuh. Pengunjung yang merasa lelah langsung bersemangat dan segar begitu mandi atau bermain air di sini.

Baca Juga  Curug Sidoharjo, Perpaduan Panorama Hijau dengan Cawang Embung yang Mempesona di Kulon Progo

4. Pemandangan hutan pinus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air terjun unik ini terletak di tengah hutan pinus, sehingga selama perjalanan pengunjung bisa menikmati pemandangan pepohonan yang tumbuh hijau dan asri. Akses jalan sangat mudah karena terdapat jalan setapak yang dapat digunakan oleh pejalan kaki.

5. Spot foto yang estetis

Daya tarik lainnya adalah berbagai spot foto estetis yang bisa dijadikan bahan fotografi. Mulai dari panorama pegunungan, air terjun Grenzhengan Kembar hingga hutan pinus yang bisa dijadikan backdrop untuk berfoto. Tidak mengherankan jika banyak pengunjung berlomba-lomba mendapatkan pukulan bagus.

Hotel Murah Magelang

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Air Terjun Kembar Grengengan
Foto peternakan Otentik di Google Maps

Sebelum mengunjungi suatu objek wisata, sangat penting untuk mengetahui alamatnya agar perjalanan berjalan lancar. Lokasi: Desa Citran, Desa Muwarang, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Lebih tepatnya, air terjun ini terletak di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Jalan tersebut mudah diakses dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Namun seluruh kendaraan harus berhenti di Desa Munawarang dan tetap parkir. Pengunjung selanjutnya harus berjalan kaki mulai dari Alun-Alun Magelang yang berjarak kurang lebih 21 km.

Seperti yang Anda ketahui, harga tiket masuk objek wisata alam indah ini sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahannya yang eksotis. Biaya masuk ke tempat ini adalah Rp 10.000 termasuk biaya parkir mobil.

Kegiatan yang menarik

Acara menarik Air Terjun Kembar Grengengan
Foto oleh Andri Hermawan di Unsplash

Eksplorasi kawasan hutan pinus

Setelah memarkir kendaraan pribadi, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi utama Air Terjun Grengengan Kembar dengan berjalan kaki atau trekking. Anda bisa menggunakan jalur yang disediakan untuk menjelajahi kawasan hutan pinus. Waktu tempuhnya cukup lama, sekitar 30 menit.

Baca Juga  8 Spot Diving Terbaik di Pulau Mandeh, Pesisir Selatan yang Kaya Pesona Bawah Laut

Perlu diketahui bahwa jalan dalam kondisi baik dan tidak berkelok-kelok, panjang atau curam. Namun ada beberapa tempat yang masih berbahaya karena tidak dilengkapi pagar pembatas. Dengan begitu, Anda akan tetap waspada dan berhati-hati saat berjalan di sekitar area tersebut.

Di awal pendakian, Anda akan menyusuri jalan setapak yang diapit oleh dua bukit kecil kembar yang membentuk tembok terkenal itu. Tembok terkenal ini dikenal dengan nama Tembok Cinta, dimana Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk berfoto. Selanjutnya Anda akan melewati hutan bambu dan jembatan kecil.

Nikmati pemandangan Air Terjun Kembar Grengengan.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan selama berlibur di Air Terjun Grengengan Kembar tentu saja menikmati keindahannya. Pasalnya, keberadaan air terjun ganda dan bertingkat jarang ditemukan di wisata air terjun pada umumnya. Pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan alam sambil duduk santai merasakan kesejukan air terjun.

Setelah melakukan pendakian yang cukup melelahkan, tentunya perlu istirahat sejenak. Anda bisa bersantai di gazebo yang disediakan sambil menikmati indahnya panorama air terjun dan pepohonan di sekitarnya. Tentu saja rasa penat dan bosan akan langsung hilang begitu melihat keindahannya.

Difoto

Dengan berbagai spot foto yang menarik, kamu bisa berfoto sepuasnya di kawasan Air Terjun Kembar Grengengan Magelang. Tak perlu khawatir mencari spot foto, Anda bisa menemukannya dengan mudah: mulai dari jalan masuk, hutan pinus, air terjun, hingga tanaman asri dan hijau.

Bermain di air

Sesampainya di objek wisata tersebut pasti Anda akan tergiur dengan kesegaran air terjunnya dan ingin segera berendam di dalamnya. Anda bisa bermain air, berenang atau berendam di dekat kolam air terjun. Kesegaran air putih yang selalu mampu mengusir rasa penat dan penat seketika yang menyelimuti Anda. Anda akan kembali bersemangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Baca Juga  Pantai Mirota, Pantai Indah di Batam yang Menyuguhkan Suasana Asri Khas Perbukitan

Kuliner

Setelah menyelesaikan serangkaian aktivitas seru, Anda pasti akan merasa lapar dan haus. Rasanya perut ingin diisi dengan makanan enak agar energi terisi penuh. Tak perlu khawatir karena di sekitar objek wisata terdapat warung-warung wisata sederhana yang menawarkan beragam menu makanan dan minuman lezat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Kembar Grengengan
Foto oleh Eco Zazida di Google Maps

Air Terjun Grengengan Kembar memiliki tarif masuk yang sangat terjangkau dan menawarkan layanan yang sangat lengkap. Dengan begitu, pengunjung merasa nyaman berlama-lama di sini karena kebutuhannya terpenuhi. Untuk alasan keamanan, pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi dapat meninggalkannya di tempat parkir yang dapat diakses.

Tentunya tersedia lahan parkir yang cukup untuk sekaligus menampung semua jenis kendaraan pribadi pengunjung. Terdapat pula area terpisah yang khusus diperuntukkan bagi sepeda motor dan mobil untuk memudahkan pengunjung mencari kendaraannya. Selain itu, gazebo juga bisa digunakan untuk bersantai setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan.

Toilet atau kamar mandi juga tetap terjaga kondisinya yang cukup bersih dan terawat berkat petugas kebersihan. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu bingung mencari tempat untuk buang air besar atau kecil. Warung sederhana juga mudah ditemukan dan menyajikan berbagai menu lezat. Pengunjung juga bisa memanfaatkan berbagai spot foto menarik secara gratis.

Ini informasi penting yang perlu diketahui sebelum mengunjungi Air Terjun Grengengan Kembar. Tempat wisata alam eksotik ini berbeda dengan tempat wisata alam lainnya karena terdapat dua air terjun di tengah hutan pinus yang indah dan berbunga. Airnya yang bersih dan segar karena berasal dari mata air di Gunung Merbabu menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai.


databaru.my.id