Pantai Batu Bengkung, Menikmati Panorama Alam Sembari Kulineran di Malang

Ide Wisata5 Dilihat


Nikmati keindahan alam Pantai Batu Bengkung sambil menjelajahi Bukit Malang dan mencicipi kuliner lokal yang lezat.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Gajarejo, Kecamatan. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Pantai Batu Bengkung merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang paling terkenal. Pasalnya, pesona lautnya sangat menarik minat wisatawan. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan menantang. Selain itu, bentuk pantainya juga cukup unik karena airnya membentuk kolam di antara bebatuan besar.

Menurut penduduk setempat, pantai ini dinamakan Batu Bengkung karena bentuknya yang menyerupai wanita berlekuk. Pantai ini juga aman untuk berenang karena banyak bebatuan sehingga tidak terbawa ombak. Birunya air laut di tempat ini pasti akan membuat siapa pun takjub.

Usahakan untuk membawa berbagai macam pakaian, makanan dan barang penting lainnya saat berlibur ke pantai ini. Liburan di pantai ini tentu akan seru dan menyenangkan, apalagi jika Anda datang bersama keluarga atau rombongan teman. Sebelum Anda pergi berlibur, ada baiknya Anda membaca informasi di bawah ini terlebih dahulu.

➥ Cek hotel murah di Malang

Objek Wisata Pantai Batu Bengkung

Shuttershock: Landmark Pantai Batu Bengkung
Foto oleh LiaoZ Huang Jiu di Shutterstock

Keindahan dan pesona pantainya

Pantai Batu Bengkung sendiri mempunyai keindahan alam yang hampir sama dengan pemandangan laut lainnya di Indonesia. Namun pantai ini sangat terkenal dengan keindahan air lautnya yang biru. Warna laut akan semakin indah jika Anda berfoto di dalamnya. Air laut yang jernih ini akan berkilau jika terkena sinar matahari.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Apalagi Anda juga bisa menikmati panorama matahari terbenam yang cukup indah dari tempat wisata ini. Tentunya Anda bisa menyaksikan matahari terbenam ini saat menginap di hotel atau berkemah saat liburan. Kesegaran air laut juga bisa Anda rasakan saat mencoba berenang di pantai ini.

Bukit untuk fotografi

Di sebelah barat pantai ini terdapat sebuah bukit yang akan terlihat pada pagi hari. Bukit ini dapat dicapai dengan cukup mudah saat laut sedang surut. Namun jika kondisinya normal, maka Anda harus mendaki gunung melalui jalur yang berbeda, dan mencapai puncak akan lebih sulit.

Bukit tercinta ini menjadi salah satu spot foto terbaik di Pantai Batu Bengkung. Wisatawan biasanya rela melewati jalur yang agak berbahaya untuk mencapai puncak bukit ini. Jika Anda berhasil dan mengambil foto di atas, tentu ini akan memberikan Anda pemandangan terbaik dari segala keindahan air laut.

Baca Juga  Petirtaan Watugede, Tempat Pemandian Kerajaan yang Menyimpan Berbagai Cerita Masa Lalu di Malang

Tempat yang indah dan tenang

Selain pesonanya yang indah, pantai ini juga mempunyai suasana yang sangat tenang dan asri di kawasan sekitarnya. Akan sangat menyenangkan jika berlibur ke pantai ini untuk melupakan stress setelah bekerja yang melelahkan. Tempat wisata ini juga bisa memanjakan mata Anda dengan pemandangan indah yang terbuka setiap hari.

Apalagi Pantai Batu Bengkung juga sangat cocok bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Anda bisa duduk bersantai di bawah pohon sambil menikmati deburan ombak dan angin segar di tepi pantai. Jalan-jalan sore sambil memandangi panorama matahari terbenam juga akan menambah pengalaman liburan Anda yang tak terlupakan.

Sistem parkir mobil 24 jam

Tempat wisata ini juga memiliki sistem parkir 24 jam. Pelayanan ini menjadi daya tarik tersendiri yang memberikan kemudahan kepada seluruh pengunjung. Anda tidak perlu lagi khawatir jika ingin bermalam di tempat wisata ini karena mobil Anda berada di tempat yang aman. Anda juga dapat menikmati liburan Anda dengan nyaman.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Shuttershock Batu Bengkung
Foto oleh Ifan Bim di Shutterstock

Pantai Batu Bengkung sendiri terletak di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya pantai ini terletak di jalan yang disebut Jalur Lintas Selatan di Desa Gayahrejo. Meski jauh dari pusat kota, namun pantai ini banyak dikunjungi wisatawan sehingga menjadikannya destinasi wisata terbaik di kota Malang.

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 64 kilometer dalam waktu dua jam, yang cukup melelahkan selama perjalanan. Namun, tak ada salahnya melihat keindahan pantai yang mempesona.

Sedangkan untuk rutenya sendiri, Anda bisa menuju tempat wisata tersebut dengan dua cara. Pertama dari pusat kota Malang Anda perlu mengendarai mobil menuju kawasan Touren lalu ke Sumbermanjing Wetan. Setelah itu, kembali ke tiga pantai yaitu Sendangbir, Goa Cina dan Bajulmati, dengan beberapa rute yang cukup berbahaya di sepanjang perjalanan.

Sedangkan wisatawan memiliki jalur yang jauh lebih cepat yakni melalui Kepanjen, lalu Pagak dan Gondanglegi. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju pantai Bantur dan Balekambang yang dekat dengan tempat wisata. Dengan cara yang lebih cepat ini, Anda bisa langsung sampai di tujuan wisata Anda.

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk ke Pantai Batu Bengkung sendiri sangat murah, anda cukup membayar sebesar Rp 10.000 saja. Namun biaya parkir mobil bagi yang menginap adalah $10,000. Jika tidak berniat menginap, Anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar 5000 saja. Namun total biaya liburannya bervariasi.

Baca Juga  Pantai Watu Lawang, Pantai dengan Pemandangan yang Eksotis di Gunung Kidul

Meski harga tiketnya murah, Anda pasti harus menyiapkan pengeluaran lain seperti makanan, akomodasi, perbekalan, dan lain sebagainya. Anda akan merogoh kocek hingga ratusan ribu rupee untuk berlibur, apalagi jika Anda datang dari luar kota. Namun harga tersebut masih tergolong standar dibandingkan destinasi wisata terkenal lainnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shuttershock Batu Bengkung
Foto oleh Alfian Muzaki di Shutterstock

1. Nikmati makanan laut yang lezat

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berlibur di Pantai Batu Bengkung adalah wisata kuliner. Setiap warung yang ada di kawasan pantai ini menawarkan beragam menu seafood yang lezat. Kuliner khas pantai ini wajib Anda coba dengan berbagai macam rasa lezat yang akan membuat siapa pun yang menyantapnya ketagihan.

2. Berkemah

Selain bermalam, Anda juga bisa menikmati pantai ini dengan berkemah bersama teman-teman. Berkemah sambil menikmati deburan ombak di pinggir pantai memang akan menyenangkan. Apalagi jika mengadakan acara malam hari dengan bakar ikan akan membuat liburan semakin menarik dan berkesan.

Namun sebelum melakukan aktivitas trekking, Anda dan rombongan sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada penduduk setempat. Hal ini untuk memastikan warga mengetahui berbagai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berkemah di pantai ini. Selain itu, pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup dan perlengkapan lengkap selama perjalanan Anda.

3. Ambil foto

Merupakan kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan ketika mengunjungi berbagai destinasi wisata. Anda bisa mengambil foto dengan background yang lebih menarik, seperti birunya air laut dan ombak yang sejuk. Kumpulan foto liburan ini pasti akan membuat anda puas selama berwisata di Pantai Batu Bengkung.

4. Berenang

Anda, teman atau keluarga bisa menikmati bersih dan segarnya air laut di pantai ini. Anda juga bisa berenang sambil mengagumi keindahan pemandangan alam yang tersedia. Anda akan merasa nyaman saat berenang di pantai ini karena bentuknya yang unik dan tidak ditemukan di tempat wisata lainnya.

5. Melihat matahari terbenam di Pantai Batu Bengkung.

Aktivitas menarik berikutnya adalah melihat panorama matahari terbenam yang biasa disaksikan semua wisatawan saat berkunjung ke pantai. Cobalah mengambil foto dengan latar belakang matahari terbenam yang menakjubkan. Tentunya mode ini akan menghasilkan foto dengan kualitas lebih baik dengan latar belakang yang lebih baik.

Baca Juga  Jendela Langit Prigen, Spot Camping Favorit di Pasuruan dengan Panorama Gunung Arjuno

Akomodasi murah dekat pantai

1. Penginapan Ariesta

Penginapan pertama yang letaknya sangat dekat dengan Pantai Batu Bengkung adalah Ariesta Homestay dengan fasilitas basic. Ini adalah tipe rumah biasa yang memiliki kamar tidur, toilet, dan lemari di dalamnya. Jarak dari tempat tinggal Anda ke tempat tujuan sekitar tujuh kilometer, lebih cepat dibandingkan dari pusat kota.

2. Vila Asmara Bukit

Villa ini paling dekat dengan kawasan wisata dan memiliki fasilitas sederhana serta bangunan kayu rustic. Jarak menuju pantai tujuan sekitar 5,5 kilometer. Meski terbilang dekat, Anda tetap perlu menggunakan mobil saat berlibur di pantai indah ini selama menginap di villa ini.

3. Penginapan wisata “Berkah Alam”

Rumah ini memiliki tempat parkir serta kamar tidur yang jauh lebih besar. Kamar mandinya sendiri juga modern dan modern. Hotel ini bahkan memiliki AC. Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar tujuh kilometer dengan menggunakan mobil pribadi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Shuttershock Batu Bengkung
Foto oleh LiaoZ Huang Jiu di Shutterstock

Tempat wisata ini memiliki musala yang dapat digunakan oleh seluruh wisatawan dan masyarakat sekitar untuk beribadah. Anda tidak perlu lagi bertanya kepada warga kapan ingin beribadah karena fasilitas ini sudah tersedia. Anda juga bisa menikmati liburan di destinasi wisata ini dengan tenang dan nyaman tanpa menunda ibadah.

Pantai Batu Bengkung juga memiliki fasilitas lain seperti tempat parkir dan toilet umum. Hal ini tentu membuat pengunjung merasa lebih aman meninggalkan mobilnya selama liburan. Anda juga tidak akan kesulitan mencari toilet karena pemerintah setempat telah menyediakan fasilitas tersebut sejak dibukanya destinasi wisata ini.

Selain itu, warung makan juga tersedia di destinasi wisata ini. Fasilitas ini akan membantu Anda menghindari membawa terlalu banyak makanan saat berlibur. Beberapa warung bahkan menawarkan menu seafood yang pasti patut untuk dicoba saat berkunjung ke pantai ini. Anda juga akan bisa merasakan nikmatnya cita rasa setiap kulinernya.

Itulah beberapa informasi wisata Pantai Batu Bengkung yang bisa anda gunakan ketika ingin berkunjung ke tempat ini. Pantai ini juga bisa Anda kunjungi saat berlibur di Malang untuk menikmati keindahan alamnya. Apalagi Anda juga bisa menikmati liburan yang cukup murah namun nyaman dan menyenangkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *