Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Mini yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru

Ide Wisata7 Dilihat


Rasakan keseruannya di Lembang Park dan Bandung Zoo, kebun binatang mini yang menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan berbagai atraksi menarik untuk seluruh keluarga.

Harga tiket: 40.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Kolonel Masturi No. 171, Kecamatan Sukaya. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Kebun binatang terus menjadi tujuan liburan yang menarik, terutama bagi anak-anak. Di Bandung, Jawa Barat, tepatnya Lembang, terdapat sebuah tempat wisata bernama Lembang Park & ​​​​Zoo. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan kebun binatang dengan koleksi berbagai jenis hewan. Saat ini terdapat lebih dari 550 spesies hewan, dari yang jinak hingga liar.

Tempat wisata di Jalan Kolonel Masturi nomor 171 ini sebenarnya sudah dibuka sejak tahun 2019, dengan biaya uji coba sebesar Rp 35.000. Menariknya, pengunjung bisa membayar atau membeli tiket masuk menggunakan kartu kredit atau debit. Oleh karena itu, tidak perlu mencari ATM terlebih dahulu jika tidak membawa uang tunai.

Biaya masuk Taman dan Kebun Binatang Lembang

Atraksi Taman dan Kebun Binatang Lembang

Shutterstock Atraksi di Taman dan Kebun Binatang Lembang
Foto di tepi Sungai Andriani di Shutterstock

Daya tarik utama Lembang Park and Zoo termasuk kebun binatang tentunya adalah koleksi satwa yang dapat dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak. Pembelajaran anak melalui bermain tentu mudah diterima dan dipahami. Apalagi jika konsep yang digunakan hampir mirip dengan habitat aslinya. Misalnya kera diberi banyak pohon dan kolam kecil, seperti di hutan.

Daya tarik selanjutnya adalah lokasinya yang dikelilingi medan perbukitan dengan udara yang masih alami. Udara sejuknya mampu menghilangkan sebagian penat akibat aktivitas sehari-hari. Udara yang jauh dari polusi mampu memberikan sedikit istirahat pada organ tubuh untuk menyaring racun-racun yang banyak terdapat di kota.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tergantung lokasinya, pemandangannya pun tak kalah menarik. Melihat kawasan sekitar, mata tak akan jauh dari pepohonan rindang dan kontur alam yang berbukit-bukit. Apalagi jika lokasi tepatnya berada di kaki gunung, kesan eksotis langsung terasa di sana.

Konsep bangunan yang dibuat dapat menjadi daya tarik tambahan. Memadukan gaya Eropa klasik dan modern, Taman dan Kebun Binatang Lembang bisa Anda jadikan tempat wisata favorit untuk dikunjungi.

Cek tiket ke Kidzooona 23 Paskal Shopping Center

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Taman dan Kebun Binatang Lembang
Foto oleh Nurizzi di Shutterstock

Apapun kendaraan yang akan digunakan kedepannya, baik angkutan umum maupun pribadi, tujuan akhirnya adalah Jl. Kolonel Masturi No. 171, Sukayaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tergantung pada posisi awal Anda, Anda dapat memilih banyak rute. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan mobil pribadi.

Ambil jalur dari Alun-Alun Kota Bandung, lalu ambil jalan HOS Tjokoroaminoto. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Sukajadi hingga sampai di Jalan Sersan Bajuri. Di lokasi terakhir ini, temukan Jalan Kolonel Masturi yang berada di dekatnya. Lokasi Taman dan Kebun Binatang Lembang berada di sebelah kanan jalur yang Anda ambil tadi.

Baca Juga  Jendela Langit Prigen, Spot Camping Favorit di Pasuruan dengan Panorama Gunung Arjuno

Hotel dekat Taman dan Kebun Binatang Lembang

Biaya masuk dan jam buka

Memang tidak murah dan mahal, harga tiket masuk per orangnya adalah Rp 40.000 pada hari senin sampai jumat. Pada hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur – 60.000 rupee. Anak-anak di bawah 3 tahun bisa langsung masuk tanpa membeli tiket dan tidak dikenakan biaya.

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan digunakan sebagai biaya masuk kebun binatang saja. Artinya, Anda harus membayar biaya lain jika Anda menyukai fasilitas atau permainan yang ada di dalamnya.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Taman dan Kebun Binatang Lembang
Foto oleh Edwin Ek Nugraha di Shutterstock

Ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kebun Binatang Wisata Lembang ini. Memang lebih ditujukan untuk anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa bersenang-senang di sana.

1. Saksikan parade satwa di Taman dan Kebun Binatang Lembang.

Anda tidak hanya akan melihat hewan-hewan lucu dari kejauhan beraksi di habitat buatan manusia, namun ada juga parade hewan yang tidak boleh Anda dan anak Anda lewatkan. Kebanyakan dari mereka adalah hewan avian yaitu burung. Anda akan bisa melihat berbagai spesies burung unik yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Di bawah bimbingan seorang pawang, burung-burung tersebut menunjukkan ketangkasan, pesona dan kecerdasannya. Sambil menonton, Anda bisa mengajari anak dengan menjelaskan nama-nama binatang yang digambarkan.

Selain burung, ada juga gajah dan harimau. Jangan khawatir, kehadiran pemandu akan melindungi Anda dari keganasan hewan tersebut. Selain itu, dia sudah dilatih dan diberi makan sebelumnya, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Kunjungi Rumah Kelinci.

Terdapat rumah kelinci dimana anak-anak bisa masuk dan berinteraksi langsung dengan puluhan bahkan ratusan kelinci. Anda tidak hanya bisa menontonnya, tetapi juga memberinya makan sesuai dengan pola makan mamalia.

Seperti taman bermain anak lainnya, dikenakan biaya masuk sebesar Rs 15.000 per orang. Sangat murah jika melihat keuntungan yang didapat. Selain itu, Anda dan anak-anak Anda bisa bersenang-senang di sana sepuasnya.

3. Naik kuda poni

Anak-anak pasti akan menyukai kesempatan untuk menunggangi salah satu hewan, terutama kuda poni. Kuda lucu ini berukuran cukup kecil dibandingkan jenis kuda lain pada umumnya. Anak Anda tidak akan kesulitan untuk mendakinya, apalagi mereka akan selalu didampingi petugas selama perjalanan menjelajahi beberapa tempat wisata populer tersebut.

Untuk menaiki kuda poni untuk satu anak, Anda cukup membayar Rp 25.000 saja. Itu mahal? Tentu saja tidak sebanding dengan keceriaan anak-anak yang menaikinya.

Baca Juga  Pantai Tlangoh, Tempat Terbaik Menikmati Panorama Lautan dengan Beragam Spot Foto Keren di Bangkalan

4. Naik panah air mini

Kehadiran kolam renang atau waterpark mini menambah keseruan aktivitas yang bisa Anda lakukan di Lembang Park & ​​​​Zoo. Kali ini orang tua tidak bisa masuk atau berenang, karena khusus untuk anak-anak. Meskipun ukurannya kecil, game ini cukup bagus untuk memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak. Sebut saja seluncuran air dan pancuran mini yang bentuknya seperti air hujan yang jatuh dari langit.

Tidak mahal, hanya Rp 15.000 per anak. Anda juga bisa mampir untuk sekedar mengawasi mereka. Anda juga bisa mengamati dari kejauhan apakah anak Anda sudah cukup mandiri.

5. Menikmati alam sambil bermain di taman bermain.

Kegiatan menarik berikutnya adalah bermain alam di arena yang telah disediakan. Taman bermain memiliki banyak manfaat, antara lain mengajarkan anak berinteraksi dengan lingkungan, meningkatkan keterampilan sosial dan rasa percaya diri, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, dll.

Harga Rs. 30.000, anak Anda sudah bisa bermain skateboard, berjalan di jembatan ayun, memanjat tali, dan juga bermain ayunan. Jangan lupakan ayunan yang selalu hadir di setiap arena bermain.

6. Sensasi mengayuh pedalo keliling danau

Masih kegiatan yang melibatkan anak-anak, kali ini ada perahu kayuh. Biarkan anak Anda menikmati berperahu di danau buatan. Lokasinya cukup luas sehingga mereka bisa bergerak sesuka hati. Anda akan didampingi petugas, atau bila perlu minta izin kepada petugas untuk mendampingi putra atau putri Anda.

Tiket harus dibayar sebesar 20.000 rupee untuk durasi 20 menit. Jika waktunya sudah habis, petugas akan memanggil mereka di nomor perahu yang mereka tumpangi. Jika kurang puas, Anda dapat kembali mengantri dari awal karena perpanjangan tidak diperbolehkan pada wisata perahu ini.

7. Jelajahi kebun binatang dengan e-skuter.

Kenikmatan mengendarai skuter di halaman atau di jalan masih kalah dibandingkan dengan mengendarainya di kebun binatang. Silakan melewati Lokasi Wisata Lembang Park & ​​​​Zoo menggunakan rute yang telah ditentukan.

Untuk menikmatinya, Anda harus merogoh kocek sebesar Rs 75.000 untuk skuter listrik mini dan Rs 120.000 untuk skuter listrik ukuran biasa. Keduanya memiliki durasi yang sama yakni 1 jam penuh.

8. Panahan

Selain aktivitas satwa, kebun binatang di Lembang ini juga memiliki arena panahan. Untuk tiket masuknya mulai dari 10.000 hingga 25.000 (tergantung harinya), Anda mendapatkan 12 set anak panah lengkap.

Seperti yang Anda ketahui, olahraga panahan melatih konsentrasi dan kestabilan tubuh. Setelah Anda membidik dengan benar, pastikan tubuh Anda stabil agar tidak meleset dari sasaran. Tidak disarankan untuk anak di bawah umur, jadi nikmatilah sendiri.

Baca Juga  Goa Selarong, Goa Bersejarah dengan Panorama Air Terjun Memukau di Bantul

9. Nikmati kafe dengan konsep unik

Jika kejadian di atas menyangkut perusahaan game, kali ini semuanya berbeda. Keberadaan Neko Cat Café menjadi penambah aktivitas menarik saat liburan di destinasi wisata yang juga memiliki lokasi asri dan asri ini.

Dikatakan unik karena konsep yang diajukan mewakili hewan paling menggemaskan yang mudah ditemukan yaitu kucing. Sebenarnya bukan sekedar konsep, memang benar ada kucing di lokasi kafe. Jumlahnya cukup banyak sehingga siapapun bisa bermain sambil bersantai. Namun, tidak disarankan bagi yang alergi bulu kucing!

Selain kafe-kafe tersebut, terdapat juga restoran yang menyajikan hidangan pokok nusantara, khususnya wilayah Jawa Barat. Namanya juga unik yaitu “Restoran Ayo Makan”, disini anda bisa mencicipi masakan seperti sate, bakso, soto dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Aksi foto dengan tempat berbeda

Berwisata ke mana pun, termasuk Taman dan Kebun Binatang Lembang, pasti kurang lengkap tanpa fotografi. Bahkan, aktivitas ini bisa dibilang wajib dilakukan untuk mengabadikan momen seru. Berbagai tempat menarik bisa Anda gunakan sebagai background, misalnya foto dengan burung, menunggang kuda poni, atau selfie dengan latar belakang binatang buas.

Salah satu tempat yang sayang untuk dilewatkan dan juga menjadi favorit para pengunjung kebun binatang ini adalah Aviary. Terdapat heboh atau sangkar berbentuk kubah yang berisi banyak burung menarik dengan pose dan gayanya masing-masing.

Sekalipun Anda bukan seorang fotografer profesional, hasil fotonya akan tetap bagus dan menarik. Bukan karena kamera atau fotografernya, tapi karena tempat ini terlalu indah dan Instagrammable.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Meskipun Taman dan Kebun Binatang Lembang tergolong baru, namun fasilitasnya lengkap dan setara dengan tempat wisata lainnya. Parkir, musala, dan toilet merupakan fasilitas wajib yang harus ada di setiap objek wisata, termasuk kebun binatang ini.

Untuk melayani objek yang ada di wilayah tersebut dapat menggunakan kendaraan yang disebut “Kendaraan Wara Wiri”. Seperti namanya, fungsinya adalah sebagai kendaraan yang digunakan untuk mengelilingi area suatu lokasi. Ini bisa berguna jika Anda lelah dan kehabisan tenaga.

Masih ada fasilitas lain, namun belum termasuk layanan yang diberikan pihak pengelola, yakni penukaran uang. Tempatnya dekat dengan tempat wisata, yang pasti bukan untuk anda, tapi untuk turis mancanegara yang butuh uang rupee.

Demikian pembahasan lengkap tentang Objek Wisata Taman dan Kebun Binatang Lembang yang dapat kami sampaikan. Jika Anda tertarik dan ingin segera menuju lokasi, sebaiknya mulai bersiap dari sekarang. Ingatlah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan Anda selama bepergian, karena keselamatan lebih penting daripada kesenangan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *