Wisata Batu Katak, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Langkat

Ide Wisata35 Dilihat


Wisata Batu Katak, Objek wisata alam Langkat dengan sejuta pesona, memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang memukau serta mengenalkan asal usul nama batu yang menarik tersebut.

Harga tiket: 3000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.30–21.00 WIB, Alamat: Distrik Lau Damak. Bokhorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Keindahan Wisata Katak Batu memang sungguh menakjubkan, sehingga selalu banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai kota.

Objek wisata ini terletak di kecamatan Bohorok yang masih berada di wilayah kabupaten Langkat dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Karena itulah suasana asri dan menyegarkan selalu Anda dapatkan saat mengunjunginya.

Banyak hal yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke objek wisata indah ini, salah satunya deretan perbukitan yang nyaris tak terlihat karena banyaknya pepohonan rindang yang menutupinya.

Selain itu, di sini terdapat gua-gua yang biasanya menjadi objek wisata utama. Berbagai flora dan fauna mudah ditemukan di sini karena pada hakikatnya merupakan hutan lindung.

Pengunjung biasanya akan disambut oleh sekelompok siamang lucu yang bergelantungan di pepohonan. Ada juga beberapa hewan liar yang diperkirakan akan menjauh saat ditemui. Lokasi wisata ini cocok sebagai sarana mengajar anak-anak atau sekedar piknik santai bersama keluarga.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Batu Kodok

Objek wisata Batu Katak
Foto oleh Jiri Janas di Google Maps

Nama Wisata Batu Katak memang unik, meski di lokasi tersebut tidak terdapat batu berbentuk katak. Namun ternyata ada cerita di balik nama tersebut yang menjadi salah satu daya tariknya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak atraksi berikut ini!

Asal Nama Katak Batu

Sebelum namanya, desa ini hanyalah ladang pertanian dan perkebunan yang hanya dihuni oleh beberapa keluarga saja.

Suatu hari, dua orang nenek dari desa pergi ke sungai untuk mencari ikan dan udang. Memang saat itu warga mengandalkan sungai di dekat desa untuk memperoleh lauk pauk.

Salah satu dari dua nenek tersebut tidak menerima ikan atau udang, melainkan menerima batu yang bentuknya seperti katak. Karena bentuknya yang unik dan menggugah rasa penasarannya, batu tersebut akhirnya dibawa pulang dan ditempatkan dalam wadah khusus menyerupai altar.

Malam itu, sang nenek bermimpi didatangi seorang laki-laki berjubah putih dan menyuruhnya memberi nama desa Batu Katak.

Berbagai gua yang indah

Daya tarik Wisata Batu Katak selanjutnya adalah gua yang indah dan eksotik. Bukan satu goa, melainkan terdiri dari 6 goa sekaligus.

Baca Juga  Observatorium Bosscha, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung

Beberapa nama goa dengan keindahan alam yang masih dilestarikan adalah Goa Jodo, Goa Air, Goa Pinto Angin dan Goa Mbelin. Setiap gua mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri.

Berbagai flora dan fauna

Seperti halnya di dalam hutan, tentunya banyak terdapat satwa liar dan berbagai tanaman hias. Flora dan fauna di Wisata Batu Katak cukup lengkap, bahkan terdapat jenis tumbuhan langka. Jenis tumbuhan langka yang dimaksud antara lain Bunga Rafflesia dan Bunga Mayat yang populasinya saat ini tidak terlalu besar.

Selain owa yang merupakan salah satu jenis primata, fauna yang terdapat di tempat wisata ini antara lain babi hutan, orangutan, monyet ekor panjang, dan kera. Saat menjelajahi hutan hujan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis burung, termasuk burung enggang, kalajengking batu, dan bahkan elang.

Pemandian alami yang menawan

Tidak hanya flora dan faunanya saja yang menjadi daya tariknya, Wisata Batu Katak juga mempunyai sungai dengan pesona yang tak kalah dengan sungai wisata lainnya.

Airnya yang segar dan dingin membuat banyak wisatawan ingin terjun ke dalamnya. Terdapat pepohonan rindang di kiri dan kanannya yang membuat suasana semakin asri.

Sungai yang sering dijadikan tempat pemandian alami ini memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan keindahannya. Bukan hanya dari pepohonan, tapi juga dari bebatuan di sekitar sungai.

Namun hati-hati saat berada di sungai berenang alami ini. Pasalnya, beberapa batu cukup tajam dan licin. Belum lagi arusnya yang cukup deras dan terdapat bebatuan berserakan di tengahnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Batu Katak
Foto oleh Ori Masrijal di Google Maps

Sebagian orang mengira Wisata Batu Katak terletak di Binjai, padahal tidak demikian. Objek wisata eksotik ini terletak di st. Utama, Lau Damak, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Namun Binjai sering dijadikan jalur alternatif karena jaraknya yang cukup dekat.

Jarak dari kota Medan sekitar 80 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam. Anda bisa mengambil jalan menuju Penang Baris dari pusat kota Medan.

Kemudian melajukan mobil menuju Binjai dan berakhir di Bakhorok. Sesampainya di perempatan pasar Bakhorok, jarak menuju tempat tersebut sekitar 30 kilometer.

Baca Juga  21 Wisata Kuliner di Surabaya yang Enak & Wajib Anda Coba

Biaya masuk dan jam buka

Harga tempat wisata di Sumatera Utara ini sangat murah, dengan tiket masuk hanya Rp 3.000 per orang. Namun harga tiket masuk Wisata Batu Katak belum termasuk biaya parkir sebesar 5.000 untuk sepeda motor dan 10.000 untuk mobil.

Untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan permainan tersebut, wisatawan harus membayar biaya tambahan sesuai harga yang berlaku.

Misalnya untuk melihat keindahan dan keunikan Bunga Mayat, Anda harus membayar lagi sebesar Rp 35.000. Tiket masuk gua mulai dari Rp 30.000, lengkap dengan pemandu. Dan rafting tentunya lebih mahal yaitu mulai dari 60.000 per orang.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Wisata Katak Batu
Foto Dipurama di Google Maps

Dilihat dari berbagai fasilitas dan pesonanya, kita pasti sudah tahu kalau banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Wisata Batu Katak. Namun, akan lebih baik jika kami menyebutkan secara urut apa saja yang biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung.

1. Eksplorasi gua

Bagi Anda yang belum pernah merasakan keunikan dan eksotisme gua, inilah kesempatan yang ditunggu-tunggu. Keindahannya tidak akan pernah hilang dengan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi setiap dinding dan atap gua. Beberapa gua bahkan memiliki air yang mengalir, mirip sungai kecil.

Tak perlu takut menjelajahi segala penjuru, karena sudah ada pemandu yang siap mengantar dan menunjukkan jalan keluar jika tersesat. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dan tetap mengikuti rombongan touring. Tiap goa memiliki tarif yang berbeda-beda, namun Anda bisa memilih paket yang disediakan agar lebih berhemat.

2. Mandi alami.

Aktivitas di Wisata Katak Batu yang banyak digemari dan tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan adalah berenang di alam. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara. Kesegaran airnya menggoda siapa pun untuk berenang dan mengompol.

Apalagi banyak sekali keindahan yang bisa Anda saksikan, salah satunya adalah pepohonan hijau rindang yang mengelilingi sungai. Keunikan aliran airnya juga cukup menarik karena terdapat bebatuan di tengahnya sehingga menimbulkan riak-riak kecil yang menyebar ke berbagai arah.

3. Penuh masalah dengan arung jeram

Jika berenang kurang memuaskan, cobalah olahraga air yang memacu adrenalin di Wisata Batu Katak. Hanya sedikit orang yang berani berarung jeram di sungai yang arusnya deras dan bebatuan di sepanjang sungai. Bagi para petualang, olahraga ini penuh dengan tantangan yang harus dihadapi dalam upaya menaklukkan sungai.

Baca Juga  Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

Jangan terlalu khawatir tentang keamanan, semuanya mengikuti prosedur keamanan standar. Peserta arung jeram dilengkapi dengan helm yang akan melindungi buah kelapa jika terjadi benturan.

Mereka juga wajib memakai jaket pelampung yang disediakan pihak manajemen. Selain itu, biasanya ada satu pemandu untuk setiap tiupan.

4. Melihat keanekaragaman flora dan fauna

Siapkan kamera terbaik dan memori bebas. Pasalnya, hal menarik lainnya yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Wisata Batu Katak adalah mengamati keunikan flora dan faunanya. Dari pepohonan rindang yang berdiri megah terlihat pohon Jeni Damar, Meranti, dan Kayu Raja.

Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk melihat tanaman langka di tempat ini karena Anda mungkin tidak bisa melihatnya di tempat lain. Jenis tanaman hias juga ada, antara lain bunga mawar dan anggrek. Jenis fauna yang disebutkan sebelumnya antara lain siamang, orangutan, kera dan berbagai jenis burung.

5. Temui warga desa Batu Katak.

Penduduk yang tinggal di sekitar kawasan wisata Batu Katak sebagian berasal dari suku Karo. Mereka dikenal ramah dan senang bergaul dengan orang lain, meski orang asing.

Tidak ada salahnya mengenal budaya setempat, seperti pakaian adat, tarian, dan alat musik. Jika beruntung, Anda bisa mencicipi lezatnya masakan tradisional Karo yang akan menggugah selera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Wisata Batu Kodok
Foto oleh Jiri Janas di Google Maps

Fasilitas wisata Batu Katak sudah lengkap, termasuk tempat parkir dan toilet. Saat ini musala masih digunakan di pemukiman warga.

Barang lain yang mudah ditemukan dalam jumlah cukup banyak adalah warung makan. Harganya masih sama, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.

Selain warung, terdapat juga restoran yang cukup besar dengan menu yang lebih lengkap. Bagi pengunjung yang berencana menginap, tersedia akomodasi dan dapat dipesan berdasarkan jumlah kamar. Tempat wisata cantik ini juga memiliki tempat persewaan khusus, salah satunya ban untuk berenang di sungai.

Pesona wisata Batu Katak memang tiada tandingannya, bahkan mungkin unik di Sumatera Utara. Selain keindahan alam, Anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang flora dan fauna. Selain itu, banyak juga aktivitas seru di sini yang tidak ada ruginya bahkan sayang untuk dilewatkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *