Indahnya Air Terjun Ponot, Surga Tersembunyi Nan Eksotis di Asahan

Ide Wisata102 Dilihat


Indahnya Air Terjun Ponot di Asahan, surga eksotik yang tersembunyi, menawarkan pesona tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Harga tiket: 10.000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Sigura – Gura, Halado, Kech. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Wisata air terjun menjadi pilihan yang menyenangkan saat liburan tiba. Salah satu air terjun paling terkenal di negeri ini adalah Air Terjun Ponot.

Air terjun yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Betapa tidak, tingginya mencapai 250 meter dari permukaan tanah. Tal kaget karena menjadi pusat perhatian para pecinta perahu di Tanah Air.

Yang unik dari air terjun ini adalah airnya tidak mengalir lurus ke bawah. Melainkan melalui dua anak tangga batu berupa air terjun. Sebab, luapan air menimbulkan cipratan yang membasahi wisatawan yang berkunjung di dekatnya. Perasaan airnya sangat sejuk dan dingin. Seperti es yang mencair.

Air yang mengalir di air terjun ini berasal dari anak sungai Asahan. Ketinggiannya mencapai sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Sebelum melihat lokasi tumpahan air deras, pengunjung sudah bisa mendengar suara gemuruh air terjun dari jauh. Udaranya juga cukup dingin. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa jaket.

Objek Wisata Air Terjun Ponot

Atraksi Air Terjun Ponot
Foto oleh Anak Traveling Asahan di Instagram

Pembuangan air deras dan bersih

Air Terjun Ponot memiliki aliran air yang cukup deras. Aliran ini berasal dari anak sungai Asahan yang masih alami dan belum tercemar oleh aktivitas manusia maupun polusi udara. Oleh karena itu, wisatawan dapat menikmati kondisi air terjun dengan air yang bersih dan jernih. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Untuk menjaga kejernihan dan kemurnian air, seluruh wisatawan diimbau untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. Jika Anda menikmati kuliner di tempat ini, pastikan tidak ada sampah yang dibuang di dekatnya.

https://www.youtube.com/watch?v=5tbXzAMPDrs

Banyak pepohonan rindang

Letaknya yang berada di tengah hutan pinus membuatnya sangat asri. Sebab, wisatawan bisa menikmati deretan pohon pinus yang tinggi dan subur.

Selain itu, masih ada beberapa pohon lagi yang tumbuh di dekat Air Terjun Ponot sehingga terlihat alami. Bahkan bebatuan terjalnya menawarkan pemandangan hijau subur karena ditumbuhi berbagai pepohonan. Oleh karena itu, suasana di lokasi ini tetap dijaga seindah mungkin.

Baca Juga  Columbus Waterpark, Destinasi Wisata Air di Bekasi yang Bertema Kepulauan Karibia

Bagi wisatawan yang ingin mencari suasana liburan dengan kondisi alam yang masih terjaga, bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan yang cocok. Selain asri, suasananya juga nyaman, tenang dan enak dipandang.

Memiliki tingkatan batu

Air yang mengalir dari atas tebing tidak langsung jatuh ke bawah. Tapi pertama-tama, pecahkan level batuannya. Pesona gemericik air yang eksotis membuat suasana semakin sejuk.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan pelangi yang dihasilkan dari pembiasan sinar matahari pada tetesan embun air terjun. Pemandangan ini akan menambah eksotisme air terjun.

Pemandangan kelelawar

Letak Air Terjun Ponot yang berada di tengah hutan pinus menciptakan pemandangan berbeda. Salah satunya adalah adanya ribuan kelelawar yang beterbangan di sekitar tumpahan air terjun.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan langka tersebut dan mengabadikannya dengan kamera terbaik yang dibawanya. Akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Pesona tebing tinggi

Air terjun ini menyuguhkan pemandangan tebing-tebing tinggi yang berdiri kokoh di udara. Jika Anda berada di dekat tempat ini, Anda akan merasakan sensasi berada di objek wisata alam yang megah.

Aliran air yang jatuh ke tepi tebing sungguh luar biasa. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengabadikan momen di bawah air terjun ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Ponot
Foto Pendaki Keche di Instagram

Bagi yang ingin mengunjungi Air Terjun Ponot bisa langsung menuju Desa Tanga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Wisatawan bisa mengunjunginya kapan saja mulai Senin hingga Minggu. Saat hari libur tiba, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mencapai lokasinya juga cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Akses jalan cukup baik karena dapat dilalui kendaraan roda empat, baik mobil pribadi maupun bus wisata kecil.

Waktu tempuh menuju tempat tujuan sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Samosir. Sedangkan dari kota Medan perjalanan bisa memakan waktu 6 jam. Jaraknya lumayan jauh jika ingin menempuh perjalanan dari ibu kota. Namun perjalanan jauh akan terbayar dengan keindahan air terjun ini.

Untuk menuju lokasi air terjun, Anda bisa memilih beberapa pilihan. Pertama bisa melalui kota Rantau Parapat di Asahan, kedua dari Pematang Siantar dan ketiga dari kawasan Tobasa.

Baca Juga  Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Eksotis di Bogor yang Pesonanya Mirip Green Canyon

Untuk menghindari kesalahan alamat, Anda dapat menggunakan Google Maps melalui ponsel Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Ponot, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp 10.000. Namun tarif parkir untuk kendaraan roda dua mulai dari Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat mulai dari Rp 5.000. Harga yang cukup terjangkau bukan?

Namun harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola daerah setempat. Oleh karena itu, tetap alokasikan uang lebih untuk berwisata ke air terjun yang luar biasa indahnya ini.

Acara-acara menarik digelar

Kegiatan di Air Terjun Ponot
Foto oleh Zach Nangin di Google Maps

1. Berfoto selfie di tempat yang sejuk

Salah satu kegiatan yang selalu menjadi tujuan utama wisatawan adalah berburu foto tempat-tempat yang Instagrammable. Nah, tempat yang sering menjadi tempat favorit untuk berfoto di sekitar suatu lokasi adalah bebatuan eksotik yang ada di sekitar aliran air.

Wisatawan bisa duduk di atas bebatuan dengan pemandangan air terjun yang jatuh. Ini jelas merupakan tempat untuk mendapatkan beberapa gambar yang sangat lucu.

2. Berenang di kolam renang.

Air Terjun Ponot mempunyai banjir air dengan debit yang deras. Pengunjung bisa merasakan sensasi dinginnya air sambil berenang di bawah derasnya air terjun yang membentuk kolam renang.

Berenang di samping air terjun yang mengalir dan perasaan bertahan di air dingin membuat pengalaman semakin menantang. Namun Anda harus tetap waspada karena bebatuan di sekitar area tersebut sangat licin.

3. Menikmati kuliner yang nikmat

Mengingat suasana wisata lokal yang cukup dingin akibat gemercik air, wisatawan bisa memesan kuliner berupa makanan atau minuman hangat. Diantaranya membeli secangkir kopi atau teh dan mie instan yang masih hangat.

Kios di sekitar lokasi memiliki menu ini. Tentu saja Anda tidak perlu khawatir dengan harganya. Pedagang menetapkan harga standar.

4. Menikmati pemandangan dari atas Air Terjun Ponot.

Kegiatan ini cukup ekstrim. Wisatawan bisa naik ke puncak Air Terjun Ponot untuk menikmati pemandangan kawasan sekitarnya. Namun tentunya Anda harus didampingi oleh pemandu yang akan memandu Anda dengan aman.

Baca Juga  Ohana Waterpark, Taman Wisata Air di Bekasi yang Berkonsep Kepulauan Hawaii

Setelah puas bermain dan menikmati suasana air di bawah, Anda bisa mencari tempat lain yaitu di atas air terjun. Jalan menuju puncak cukup ekstrim.

Oleh karena itu, agar lebih aman, sebaiknya Anda didampingi oleh pemandu lokal. Tidak hanya itu, persiapkan diri Anda secara fisik, mental, dan persiapkan perlengkapan trekking yang memadai seperti sepatu trekking dan bawa bekal seperti air minum.

Sesampainya di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan indah sekitar. Dari atas Anda akan melihat pembangkit listrik tenaga air Shiguro-Sigura dan pemandangan alam yang indah. Hamparan pepohonan hijau membuat Anda bisa bernapas lebih lega.

5. Duduk di atas batu

Duduk di bebatuan, mencelupkan kaki ke air mengalir, mencuci muka atau sekadar merasakan sejuknya Air Terjun Ponot sudah cukup membuat jiwa terasa damai.

6. Menikmati suasana alam yang indah.

Banyak pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar lokasi air terjun. Oleh karena itu, suasana alam di tempat ini masih terkesan sangat asri. Tidak ada polusi dari kendaraan dan aktivitas industri seperti di kota-kota besar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Ponot-Asahan
Foto oleh Huang Seng di Google Maps

Lokasi parkir

Wisatawan yang ingin menuju Air Terjun Ponot dapat memarkir mobilnya di tempat parkir yang telah disediakan. Lahan yang tersedia cukup untuk memungkinkan kendaraan terparkir dengan rapi.

Kamar mandi

Benda ini tentunya penting dan bisa Anda temukan di lokasi air terjun. Wisatawan bisa menggunakan produk ini untuk ke toilet atau berganti pakaian. Fasilitas tersebut tentunya harus dijaga dengan baik agar semua orang dapat menggunakannya dengan nyaman.

Warung pinggir jalan

Bosan bermain di tempat wisata pastinya akan merasa lapar. Jangan khawatir, karena di sekitar lokasi banyak terdapat warung dengan kuliner yang lezat. Sebelum memasuki lokasi air terjun, Anda akan menemukan beberapa kios yang berjejer rapi.

Demikian informasi singkat tentang Air Terjun Ponot, salah satu wisata alam yang dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. Tempatnya berada di tengah hutan, namun untuk mencapainya melalui jalan darat cukup mudah dan sedikit kesulitan. Namun segala rasa lelah dan kekhawatiran Anda akan terbayar dengan keindahan air terjun cantik ini.




databaru.my.id