Pesona Gua Kristal, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Kupang

Ide Wisata31 Dilihat


Terpesona oleh eksotisme Gua Kristal di Kupang yang menarik cahaya alami dan menciptakan panorama menakjubkan bagi pengunjung.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Bolok, Kec Kupang Barat, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Gua Kristal memang pantas menjadi destinasi wisata unggulan di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, khususnya di kawasan Kupang. Keindahan alam dan panorama yang Anda miliki tidak dapat ditemukan di tempat lain. Stalaktit dan stalagmit yang eksotis adalah beberapa keindahan yang bisa Anda lihat.

Objek wisata Kupang ini memang belum ramai pengunjung, namun wisatawan datang ke sini setiap hari. Bisa jadi kedepannya disini akan lebih ramai lagi. Hal ini tidak lepas dari rumitnya teknologi digital yang memuat berbagai foto pengunjung yang baru pertama kali datang ke lokasi.

Seperti gua pada umumnya, tempat wisata ini tidak terlalu besar. Hanya sekitar 30 meter persegi jika melihat bagian dalamnya.

Dari luar terlihat seperti bongkahan batu yang tidak menarik, namun jika dimasuki ke dalam terlihat berbeda. Pesonanya yang indah membuat pengunjung akan betah berlama-lama.

Daya tarik Gua Kristal

Gua Kristal Kupang
Foto oleh Yerlissa Kesuma Putri/Google Maps

Daya tarik Gua Kristal tentu saja terletak pada keindahannya. Ada yang mungkin mengira gua itu hanya berisi batu-batuan yang tersusun semrawut akibat proses pelarutan air. Ternyata tak hanya itu saja, masih ada beberapa lainnya yang membuat pengunjung takjub, berikut detailnya!

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Air bersih di kolam

Tidak semua gua memiliki kolam renang, sebagian besar hanya memiliki gua yang terletak di dekat laut. Lokasi goa cantik di Kupang ini dekat dengan laut, tepatnya di sebelah pelabuhan Bolok. Oleh karena itu terdapat kolam renang yang menjadi salah satu daya tariknya.

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa kolam Gua Kristal sungguh menakjubkan. Meski tidak terlalu luas, hanya berukuran panjang 10 meter dan lebar 3 meter, namun kejernihan airnya tak terbantahkan. Satu titik berwarna biru cerah dan titik lainnya sedikit lebih gelap sehingga menciptakan gradasi warna yang indah.

Batu-batu yang ada di dasar kolam terlihat jelas dan memperlihatkan keindahannya. Perairannya yang tenang dan arusnya kecil membuat sebagian wisatawan memanfaatkan kolam ini untuk berenang. Menariknya, airnya tidak terasa asin seperti air laut, melainkan sedikit tawar atau biasa disebut payau.

Baca Juga  Curug Leuwi Lieuk, Surga Tersembunyi di Sentul Bogor yang Menyegarkan

2. Kontur khas batuan gua.

Seperti halnya gua, kontur Gua Kristal Kupang juga memiliki keindahan yang menjadi daya tarik tersendiri. Stalaktit dan stalagmit tersebar di beberapa titik tidak beraturan sehingga semakin eksotis. Sebagian lainnya memiliki atap datar dengan tekstur kasar dan sedikit berlubang.

Batu-batu di dinding gua pun tak kalah menarik perhatian. Ada yang menonjol seolah ingin diperhatikan, ada pula yang bersembunyi seolah malu.

Gua cantik ini tidak jauh berbeda dengan gua pada umumnya, jalur batunya terkadang licin. Jadi berhati-hatilah saat pergi ke kolam renang.

3. Memiliki pancaran cahaya alami yang menawan.

Pernahkah Anda menggunakan teknik Sinar Cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih indah? Saat Anda berada di Gua Kristal, Anda tidak perlu lagi melakukan teknik ini. Pasalnya, terdapat celah pada atap goa yang menjadi menakjubkan ketika cahaya matahari perlahan masuk dan menyinari bagian dalam goa.

Cahayanya sedikit dibiaskan, menerangi sebagian kecil gua dan tampak seperti bayangan palsu. Masih banyak bagian yang belum terkena sinar matahari, namun hal inilah yang menjadikannya unik sekaligus indah yang tidak bisa dilihat di tempat lain. Sayangnya pemandangan ini tidak selalu terbuka, melainkan hanya saat matahari terbit tepat di atas kepala.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gua Kristal
Foto oleh Ortolan/Instagram

Nama “Gua Kristal” diberikan karena airnya yang jernih menyerupai kristal, dan bukan karena terdapat batu kristal di dalamnya.

Keindahan dan keanggunannya bisa Anda saksikan dengan pergi ke Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya dekat dengan pusat kota Kupang, hanya sekitar 20 kilometer.

Jarak tersebut bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit, tergantung kecepatan mobil. Landmark utama agar tidak bingung adalah Kepolisian Daerah Perairan (Polair) Bolok. Sesampainya di tempat parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju pintu masuk gua.

Biaya masuk dan jam buka

Sebelumnya, pengunjung Gua Kristal Kupang umumnya gratis. Namun karena semakin ramai, kini dijalankan oleh penduduk setempat dan mengharuskan setiap pengunjung membeli tiket masuk sebesar 5.000 rupee. Harga tersebut belum termasuk tiket parkir mobil senilai Rp 10.000 dan sepeda motor senilai Rp 5.000.

Baca Juga  Air Terjun Waimarang, Air Terjun Tiga Tingkat di Sumba Timur yang Diapit Tebing Eksotis

Bagi Anda yang berkunjung, harap membawa senter sendiri karena minimnya penerangan di gua eksotis ini. Jika tidak, sewalah senter yang biasanya disertakan bersama pemandu. Harga sewa senter cukup mahal, sekitar 100.000 selama Anda berada di dalam gua.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Gua Kristal
Foto oleh Radik Cho / Google Maps

Tidak banyak yang bisa dilakukan di Gua Kristal karena sebenarnya ini bukan objek wisata. Namun, bukan berarti tidak ada: beberapa aktivitas berikut ini pasti asyik dilakukan selama berada di lokasi!

Perjalanan yang menyenangkan ke kolam renang

Setelah berjalan sekitar 500 meter, Anda akan disambut oleh lubang yang tidak terlalu besar. Lubang tersebut merupakan mulut gua berukuran 2 kali 1 meter.

Tidak terlalu luas tentunya, namun disinilah semua keseruan perjalanan dimulai. Tujuan utama wisatawan berkunjung tentu saja untuk melihat keindahan kolam, namun untuk mencapainya tidaklah mudah.

Bukan karena tempat ini terlalu luas, bahkan bisa dibilang 30 meter itu sangat sempit untuk sebuah objek wisata alam. Namun karena kondisi gua yang gelap gulita, wisatawan sulit menemukan lokasi kolam tersebut.

Bagi sebagian orang, ini adalah perjalanan yang mengasyikkan dan menantang. Anggap saja Anda sedang mencari harta karun yang terpendam, betapa bahagianya Anda ketika berhasil menemukannya.

Berenang santai di kolam Crystal Cave.

Setelah menemukan kolam Gua Kristal, apalagi berenang bukanlah hal menyenangkan berikutnya. Kejernihan air di kolam membuat takjub semua orang dan membuat Anda ingin merasakan sensasi berenang semakin seru. Batu-batu yang ada di dasar kolam seolah menghipnotis dan mengajak setiap orang yang melihatnya untuk berenang.

Bersantai dan berenang di air jernih menjadi aktivitas utama wisatawan yang berkunjung. Bagi yang tidak bisa berenang, lebih baik bermain air di pinggir dengan menggunakan batu besar sebagai titik penyangga.

Meski airnya terlihat jernih, namun kedalaman airnya mencapai sekitar 8 meter, sehingga tidak disarankan bagi Anda yang belum berpengalaman dalam olahraga air ini.

Sensasi lompat tebing

Crystal Cave memiliki banyak bebatuan dengan ukuran berbeda-beda di sepanjang tepian kolam. Selain digunakan sebagai tempat duduk dan istirahat, batu tersebut juga sering digunakan untuk lompat tebing.

Baca Juga  Pesona Pantai Sigurgur, Spot Terbaik Menikmati Panorama Lautan Sembari Kulineran di Samosir

Untuk mencapainya sangatlah mudah karena ada banyak langkah yang bisa digunakan. Namun sebaiknya berhati-hati saat melompat, karena di pinggir kolam terdapat batu-batu besar yang terendam air hingga setinggi perut orang dewasa.

Menyelam ke dasar kolam

Jika berenang masih belum memberikan kepuasan, cobalah menyelam. Tidak ada hewan laut seperti ikan kecil di kolam ini. Kesemuanya didominasi batuan dengan berbagai ukuran. Berkat kejernihan airnya, seluruh bebatuan dan benda yang ada di dasar kolam terlihat jelas sehingga cocok untuk menyelam.

Sayangnya, belum ada tempat penyewaan alat selam di Gua Kristal Kupang. Jika Anda ingin mencoba aktivitas ini, silakan bawa sendiri dari rumah.

Perlu diketahui, kolam ini terhubung langsung dengan lautan yang letaknya di dekat gua. Jadi mungkin saja ada celah-celah sebagai pintu masuk air yang belum pernah dicoba dieksplorasi oleh siapa pun.

Berburu tempat-tempat indah untuk foto

Berfoto selfie atau selfie merupakan aktivitas yang wajib dilakukan saat liburan. Tak hanya mengabadikan momen, tapi juga memamerkannya di jejaring sosial.

Kondisi gua yang gelap tentu menyulitkan pengambilan gambar yang indah. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa senter saat mengunjungi Gua Kristal.

Waktu terbaik untuk pemotretan adalah saat terdapat pancaran cahaya alami. Saat inilah yang ditunggu-tunggu oleh setiap wisatawan yang datang ke sini.

Jika ingin berburu spot foto dengan fenomena langka ini, datanglah antara pukul 23.00 hingga 13.00. Saat itu juga matahari terbit tepat di atas kepala dan cahaya masuk ke dalam gua.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Gua Kristal
Foto Citra Pandu Wicaksono / Google Maps

Fasilitas Gua Kristal tidak dikelola dengan baik karena hanya dikelola secara mandiri oleh penduduk setempat. Hanya ada satu kabin di depan pintu masuk gua yang digunakan sebagai tempat ganti pakaian, jadi bersabarlah dalam antrean.

Masih belum ada warung makan di sekitar gua; mereka dapat ditemukan di tempat parkir.

Minimnya fasilitas bukan berarti objek wisata Kupang ini tidak layak untuk dikunjungi. Pesona dan eksotismenya seolah mampu melupakan permasalahan tersebut. Untuk berjaga-jaga saat berkunjung ke Gua Kristal Kupang, pastikan membawa segala perlengkapan dan perbekalan dari rumah, terutama makanan dan senter.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *